INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

oprah winfrey infj,infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Kepribadian INFJ dan Pasangannya

 

Nah! Berikutnya kita bahas tentang gimana sih asmara dan kisah cinta versi INFJ. Jadi kayak apa sih pasangan yang INFJ idam-idamkan?

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Orang dengan kepribadian INFJ dikenal perfeksionis dalam mencari pasangan. Mereka punya standar yang sangat tinggi. Bagi mereka kalo nggak dapet pasangan pun nggak papa. Mereka puas sendirian, dan bagi mereka nggak perlu menurunkan standar cuma demi punya pacar.

Punya tipe ideal sebenernya bagus, soalnya INFJ jadi jarang terlibat dalam cinta monyet atau pacaran tanpa kepastian. Tapi ini juga bisa jadi hal buruk, soalnya INFJ jadi gampang kecewa dalam kekurangan pasangan.

INFJ yang sejatinya idealis jadi susah melanjutkan hubungan ketika tau pasangannya punya kekurangan. Padahal kan semua orang punya kekurangan, dan memakluminya adalah kunci hubungan harmonis.

Orang dengan INFJ punya beberapa hal yang diinginkan dalam sebuah hubungan. Apa aja ya?

Iklan!

 

1. INFJ ingin pasangan yang jujur

Para manusia berkepribadian INFJ sepakat bahwa kejujuran adalah prioritas utama mereka dalam suatu hubungan.

Sebagai seorang introvert yang berintuisi tajam, Orang dengan kepribadian INFJ pintar menemukan agenda dan kemunafikan, dan ini akan menjadi penyebab illfeelnya mereka kepada seseorang.

Salah satu hal yang paling penting bagi kepribadian INFJ adalah komunikasi terbuka. Apabila kepercayaan mereka udah dirusak sekali aja sama seseorang, maka setelahnya apapun yang keluar dari mulut si orang itu nggak dianggap serius lagi. Nggak ada kode-kodean, pujian kosong, atau omongan manipulatif.

 

2. INFJ ingin pasangan yang bisa diskusi

Orang dengan kepribadian INFJ adalah pemikir besar yang selalu ingin tahu dan ingin mengeksplorasi topik yang lebih jauh dalam kehidupan.

Mereka mau ngobrol tentang teori, hidup, visi jangka panjang, dan kadang mengajukan pertanyaan filosofis yang ngelantur.

Mereka menginginkan pasangan yang bisa mengimbangi mereka dan mendiskusikan obrolan cerdas yang seru.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

 

3. INFJ menginginkan komunikasi yang terbuka

Kalo nyaman sama seseorang, INFJ yang tertutup bisa jadi cerewet. Ini karena sepanjang hidup, mereka harus memendam isi pikiran mereka karena kebanyakan orang nggak ngerti sama cara dia memandang dunia.

Makanya di dalam suatu hubungan, INFJ berharap bisa membuka pikiran, perasaan, visi, dan persepsi mereka sebebas-bebasnya.

Mereka menginginkan pasangan yang transparan dan tulus dengan mereka; seseorang yang bisa membagi perasaan dan mendiskusikan kelebihan dan kekurangan mereka.

 

4. INFJ ingin mengejar tujuan bersama-sama

Orang dengan kepribadian INFJ selalu mencari cara agar bisa mengembangkan diri. Maka mereka selalu belajar, membaca buku, atau melihat-lihat video pengembangan diri.

Mereka nggak mau tetap stagnan; mereka selalu mengincar menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal serupa diharapkan ada pada pasangannya. INFJ berharap pasangannya mau mengembangkan diri dan nggak puas sama potensi dirinya. Pasangan yang puas tetap stagnan atau yang cuma mau seneng-seneng akan membuat mereka bosan.

 

5. INFJ menginginkan pasangan yang berempati

Orang dengan kepribadian INFJ menginginkan pasangan yang bisa memahami sesuatu dari perspektif orang lain. Berada di deket orang yang egois akan membuat mereka kesal.

Orang yang mengambil keputusan tergesa-gesa dan egois akan susah akur dengan orang berkepribadian INFJ.

 

6. Kepribadian INFJ menginginkan kesendirian… sesekali

 

Sebagai seorang introvert yang intuitif, INFJ terkenal penyendiri dan independen.

INFJ menghabiskan banyak waktu sendirian untuk memikirkan berbagai hal dan menganalisisnya. INFJ menginginkan kebebasan untuk mengeksplorasi minat, tujuan, dan impian mereka sendiri.

Makanya, INFJ membutuhkan pasangan yang memberi ruang sendiri serta tidak berusaha mengekor atau kepo berlebihan.

 

7. INFJ menginginkan pasangan dengan prinsip yang sama dengannya

Sebagai idealis, Orang dengan kepribadian INFJ memegang erat prinsip-prinsip hidup mereka, dan menginginkan pasangan yang memiliki prinsip-prinsip yang sama.

INFJ memang bisa mencoba terbuka tentang banyak hal dan mereka nggak berharap pasangannya bisa sama persis kayak mereka, tetapi pasangannya harus punya pendapat yang sama dengannya tentang apa yang benar dan apa yang salah.

 

8. INFJ mau pasangan yang berkomitmen

Orang dengan kepribadian INFJ biasanya bukan tipe yang suka kencan, cinta monyet, atau pacaran yang cuma iseng.

Mereka mengharapkan pasangan yang mau bertahan dalam onak dan badai, hubungan yang lebih dalam dan serius. Pacaran yang dangkal jarang menarik minat mereka.

 

9. INFJ mau pasangan yang perhatian

Orang dengan kepribadian INFJ dikenal sebagai pendengar yang baik. Mereka penuh empati, sehingga kadang ketika orang cerita pun mereka ikut nangis.

Ketika mendengarkan, INFJ mencoba memahami bukan hanya kata-kata yang terucap, tetapi juga makna dan emosi di balik kata-kata itu. Jadi pokoknya kalo INFJ ngedengerin tuh mereka pahamnya mendalam.

Nah, INFJ mengharapkan perlakuan yang sama dari pasangannya. Orang dengan kepribadian INFJ berharap, dalam diri pasangannya, mereka menemukan seseorang yang mau mendengarkan, memahami, dan ngasi perhatian penuh.

 

10. INFJ menginginkan keintiman emosional.

Di dalam sebuah hubungan, orang INFJ nggak cuma mencari keintiman fisik, tetapi juga keintiman secara emosional.

INFJ bukan tipe pengumbar kisah cinta. Kisah cinta mereka adalah rahasia, jadi pasti bakalan jarang diumbar di sosmed. Bukan berarti mereka cuek, tapi emang orangnya tertutup kan.

INFJ juga nggak mengharapkan kedatangan seseorang yang hanya menyukai diri luarnya aja. Apalagi yang mendekati karena mengharapkan sesuatu, misalnya cuma suka parasnya aja atau duitnya aja.

INFJ mengharapkan adanya keintiman yang real, seseorang yang mau memahami dia secara emosional.

 

balik ke atas

 

 


Karir Orang dengan kepribadian INFJ

 

Setelah melihat INFJ dan apa yang dia mau dari pasangan, sekarang apa sih karir yang pas buat INFJ?

Orang berkepribadian INFJ menganggap kerja di perusahaan kurang cocok untuk mereka, karena buat mereka kerja kantoran semacam itu cocok buat yang mau fokus pada status dan materi mereka.

Meski gitu, INFJ sebenernya bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka di bidang apa pun.

Faktanya , orang berkepribadian INFJ cenderung bingung memilih mau kerja apa. Sebagian dari mereka bingung memulai, karena di tiap opsi pekerjaan dia melihat jenjang karir dan perjalanan yang berbeda-beda.

Mereka bekerja bukan hanya mau cari uang, tapi juga memikirkan nanti peluang “naik level” selanjutnya bisa jadi apa. Hal ini bisa menyulitkan, karena bagi mereka memilih satu berarti meninggalkan yang lain.

 

Motivasi utama INFJ dalam memilih karier adalah kesesuaian karir itu dengan prinsip hidup mereka. Misalnya prinsipnya pengen membantu orang, maka karirnya biasanya deket-deket ke situ, misalnya jadi perawat, dokter, atau relawan.

INFJ adalah pemikir, dan karier yang memungkinkan mereka untuk banyak mikir akan menjadi opsi menarik.

INFJ acapkali ditemukan sebagai pekerja di bidang sosial. Tapi ada juga sih yang kerja di bidang permesinan atau sains.

INFJ juga pintar ngomong, sehingga dunia broadcasting juga bisa dipilih oleh mereka. Contohnya Oprah Winfrey, yang terkenal dengan acara Oprah-nya, yang mengundang tamu inspiratif dari berbagai golongan.

Pilihan karier teratas untuk INFJ meliputi:

 

Bidang Kesehatan

Karier di bidang kesehatan adalah opsi bagi INFJ yang mau memadukan sikap empati dengan kemampuan intelektual mereka. Banyak INFJ menikmati belajar sains dan merasa puas menggunakan pengetahuan ilmiah mereka untuk membantu orang lain.

 

Pelayanan Sosial

INFJ, kayak yang udah kita bahas berulang kali, adalah pendengar sekaligus pemikir yang hebat. Kemampuannya menempatkan diri melalui perspektif orang lain membuat dia mudah memahami perasaan orang.

Mereka memiliki intuisi yang tinggi dalam menilai orang serta sabar dalam menghadapi situasi emosional yang sulit.

Semua kualitas ini menjadikan mereka cocok juga menjadi psikolog, guru BK, relawan, dan pekerja agama.

 

Sains

INFJ menikmati kerumitan sains, dan gairahnya terlihat bila prinsip/cita-cita yang ingin ia capai ternyata terkait dengan ilmu pengetahuan.

 

Bisnis dan Hukum

Secara umum INFJ bukan tipe pekerja kantoran, walaupun ada juga posisi di perusahaan yang bagus kalo INFJ yang menempati.

INFJ bisa cocok di pengembangan SDM, pelatihan, atau profesi yang lebih bersifat kemanusiaan dalam hukum. Contoh karir untuk INFJ di bidang bisnis dan hukum meliputi:

 

Mengajar

Mengajar adalah kegiatan yang agak terbuka dan banyak orang. Sebagai introvert tentu ini bisa jadi tantangan tersendiri, tapi INFJ yang prinsipnya ingin mendidik orang lain akan puas dengan dunia ajar mengajar.

Karier pendidikan yang siswanya hanya terdiri dari kelompok-kelompok kecil, atau satu-satu, bisa cocok buat mereka. Kalo sesuai dengan prinsip hidupnya, menjadi guru TK, guru SD, atau guru untuk anak berkebutuhan khusus pun akan dilakukan INFJ dengan senang hati.

 

Terkait Seni dan Bahasa

Banyak INFJ pintar berbahasa, dan mereka biasanya punya fokus dan konsentrasi yang dibutuhkan untuk jadi penulis dan yang hebat.

 

Jenis karir yang harus dihindari INFJ

 

Sebenernya sih tipe kepribadian apa pun bisa berhasil dalam pekerjaan apa pun. Memang ada jenis pekerjaan yang cocok banget sama tipe kepribadian tertentu, dan ada juga pekerjaan yang ternyata NGGAK BISA BANGET buat dijalani.

Orang dengan kepribadian INFJ juga gitu. Dengan karakternya yang cerdas, berempati, dan idealis, maka jenis pekerjaan yang nggak membutuhkan tiga aspek ini bisa menyulitkan INFJ dalam berkarir.

Pekerjaan-pekerjaan berikut ini kurang disukai kalangan INFJ, berdasarkan data yang dikumpulkan dari survei populasi umum.

  • Kontraktor
  • Mekanis
  • Engineering
  • Surveyor
  • Petani
  • Agen properti
  • Teknisi Rekam Medis

 

Kepribadian INFJ Saat Bekerja Sebagai Anggota Tim

INFJ adalah problem solver yang kreatif, membawa ide-ide inovatif untuk mengembangkan potensi banyak orang.

Mereka biasanya pinter mengendus bakat orang lain, dan pandai memotivasi rekan tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

Mereka peduli dengan situasi di dalam tim, mendengarkan opini semua orang, lalu menyatukan keinginan semua anggota untuk dikerjakan bersama.

Kalo bekerja dalam tim, INFJ adalah sumber inspirasi. Kehadirannya bisa menggerakkan kelompok, dia mampu menenangkan anggota kelompok lain yang kebingungan.

INFJ bekerja dengan hebat kalo rekan-rekannya mau bekerja pake etika dan fair. Jika diibaratkan dengan olahraga, INFJ mau dia dan timnya menang dengan terhormat. INFJ mau berhasil, tapi pake cara yang etis.

Tim yang tergesa-gesa bergerak dan menghalalkan segala cara akan membuat INFJ merasa terasing.

 

INFJ sebagai pemimpin

Seandainya dijadikan pemimpin, INFJ siap memotivasi orang lain dengan berbagi visi positif.

Para pemimpin dari kalangan INFJ seringkali pendiam dan tertutup, tetapi memenangkan hati orang lain melalui action, prinsip-prinsip yang dipegang teguh, dan ide-ide yang menginspirasi.

INFJ akan memimpin dengan baik kalo didukung tim yang berkomitmen sama visi yang udah disepakati, serta kalo tim itu memang sejak awal berniat memberi kebaikan pada orang banyak.

Karena para pemimpin INFJ sering dimotivasi oleh prinsip-prinsip pribadi, mereka akan melakukan yang terbaik kalo visi dari perusahaan sesuai dengan prinsip ini. Tantangan mereka adalah menjaga gagasan dan inisiatif mereka tetap realistis, dan mempertimbangkan kepraktisan saat mereka merencanakan perubahan.

 

balik ke atas

 

 


Berteman dengan Orang berkepribadian INFJ

 

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Tadi kita udah bahas tentang gimana INFJ sebagai pasangan dan apa yang ia inginkan. Sekarang anggaplah kamu ternyata berkepribadian INFJ, teman seperti apa yang pas buat kamu? Apa yang diharapkan seorang INFJ dalam hubungan pertemanan?

 

1. Dalam hubungan, INFJ Perlu Merasa Aman

INFJ perlu merasa aman dalam persahabatan yang mereka rasakan. Siapapun nggak suka disakiti. INFJ pun demikian, bahkan mereka bukan seorang yang mudah memaklumi. Kalo ada seorang teman yang mengecewakannya atau merusak kepercayaannya, maka itu sudah cukup bagi INFJ untuk pergi menjauh.

INFJ yang kepribadiannya tertutup enggan membuka diri kecuali dia merasa si teman ini bisa dipercaya; baik secara fisik maupun emosional.

 

2. INFJ Ingin Pikirannya Dipahami

INFJ sadar kok kalo mereka aneh.

Sebagian besar INFJ telah menerima fakta ini dan mereka terbiasa bertemu orang yang tidak memahami pikiran mereka.

INFJ tau, jika mereka bicarapun, orang lain tidak benar-benar mendengarkan dan nggak memahami apa yang terjadi di kepala INFJ.

Jika kamu mau berteman dengan orang berkepribadian INFJ, kamu harus menunjukkan bahwa kamu adalah satu dari sedikit orang yang berusaha memahami INFJ.

3. INFJ berharap orang lain menyapa duluan

Orang dengan kepribadian INFJ jarang mengajak bicara lebih dulu.

Banyak dari INFJ menahan diri untuk memulai percakapan, soalnya mereka nggak yakin apa orang lain benar-benar mau ngobrol dengan mereka.  INFJ nggak suka dicuekin, apalagi jika obrolannya kemudian nggak ditanggapi serius.

 

4. INFJ menginginkan teman yang apa adanya

INFJ  punya intuisi tinggi yang membuatnya mahir mendeteksi kebohongan.

Kemampuan  mereka dalam membaca emosi orang membuat INFJ mudah sekali menemukan kemunafikan.

Jika INFJ mendapatkan tanda-tanda kebohongan darimu, kamu mungkin tidak akan pernah berhasil masuk ke lingkaran pertemanan INFJ sama sekali.

 

5. INFJ membutuhkan koneksi yang dalam

INFJ, layaknya kebanyakan jenis introvert lain, membenci obrolan yang dangkal atau nggak bermutu.

Energi sosial INFJ terbatas dan INFJ lebih suka menggunakannya untuk pertemanan yang akrab dan sepemikiran.

INFJ membutuhkan teman yang nggak jaim, ngobrol tentang hal-hal yang random dan mendalam, saling membantu saat keadaan menjadi sulit, dan seorang yang bisa diandalkan saat INFJ membutuhkan.

Singkatnya, INFJ ingin persahabatan yang dalam dari segi obrolan dan komitmen.

 

6. INFJ berharap bahwa mereka diinginkan

INFJ nggak mau keliatan insecure, tapi diem-diem dia sering berpikir bahwa kok temen-temennya mau ya berteman sama dia.

Sebagian dari mereka pernah ditolak di masa lalu. Kepedihan itu nggak ingin mereka rasakan lagi, dan makanya mereka kemudian jadi selektif dalam berteman. Ketika akhirnya mereka menemukan teman yang menyayangi mereka apa adanya, haduhhh surga banget.

Makanya ketika mereka beneran menemukan teman yang tulus, mereka bertanya dalam hati,”kamu kok mau ya temenan sama aku?”

 

7. INFJ butuh temen yang sabar

Kayak yang udah disebutkan, INFJ butuh waktu untuk terbuka dan menjadi diri sendiri ke orang lain.

Saat INFJ membangun persahabatan yang lebih dekat dengan seseorang, mereka membutuhkan waktu untuk mencari tahu apakah orang ini emang bener-bener aman dan trusted.

Makanya kalo kamu mau berteman dengan INFJ, sikap tertutupnya bukan berarti karena dia sombong; dia mau kamu bersabar selagi dia membuka diri sedikit demi sedikit.

 

8. INFJ membutuhkan persahabatan yang saling percaya

Kebanyakan INFJ sangat intuitif dan sensitif. Perasaan yang mudah terluka ditambah ketajaman mengendus kebohongan membuat INFJ kadang merasa tidak dipercaya.

Kadang seorang seperti INFJ memang mau perlindungan dan rasa nyaman, tapi mereka bukan manja.  INFJ mandiri dan jauh lebih kuat daripada kesan yang pertama kali mereka perlihatkan.

INFJ nggak mau teman-temannya membantu secara berlebihan, menutup-nutupi sesuatu, atau apapun yang membuat INFJ merasa cemen.

 

9. Kepribadian INFJ adalah sahabat yang sesekali mau sendirian

Orang berkepribadian INFJ tetaplah introvert dan membutuhkan waktu sendiri. Itu bukan karena mereka lagi bete, dasar dari sananya udah begitu.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Jika INFJ sedang menarik diri sementara waktu, maka jangan tersinggung yes. Lebih baik lagi, jangan membuat INFJ merasa bersalah karena sedang butuh waktu sendiri dari kamu. INFJ akan kembali kalo mereka sudah siap. Yang penting jangan diburu-buru.

 

10. Percayalah, INFJ siap memberikan segalanya untuk sahabat

INFJ memiliki standar tinggi untuk persahabatan, tetapi INFJ juga akan ngasi standar tinggi sebagai seorang teman. Kalo INFJ meminta sesuatu, maka mereka juga akan memberikan yang sama.

INFJ ingin berteman dengan orang-orang yang percaya bahwa INFJ tidak akan menyakiti. INFJ memperlakukan sahabat sebagaimana INFJ ingin diperlakukan. INFJ akan tulus, berusaha keras membangun hubungan yang lebih dalam, dan berkomitmen total demi persahabatan.

INFJ butuh orang-orang yang mengerti dengan mereka, dan teman yang menyadari bahwa INFJ siap berkorban segalanya demi temen-temen terbaiknya.

 

Nah, itu tadi penjelasan seputar kepribadian INFJ. Semoga kamu jadi bisa memahami diri kamu lebih baik yes :)))

 

Sumber

https://www.yourtango.com/2018314935/dark-side-negative-traits-enfj-t-myers-briggs-personality-type

https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/

https://www.16personalities.com/infj-personality

https://www.truity.com/personality-type/INFJ

 

102 Replies to “INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

    1. Aku berdoa smg sepanjang hidup penulis artikel ini dipenuhi warna bahagia 💙 Yaampun, makasih byk ya kak, tiap kali aku cape sama dunia ini dan ngerasa gak ada seorang pun yg cukup sabar utk pahamin aku, aku dgn sengaja balik kesini cuma buat baca berulang-ulang. Aku ngerasa bener² dimengerti dan rasanya terharu, nggak percaya klo trnyata seenggaknya ada sesuatu yg bisa pahamin aku!! It seems too much but thats the truth!! Makasih byk ya kaaak 💙💙

  1. Dari beberapa artikel yang saya baca tentang INFJ, artikel ini yang paling mengena(k) dan sejiwa dengan INFJ sebenarnya. Terimakasih sudah merangkai pemahaman mendalam seperti ini 🙂

  2. Terimakasih sudah menulis artikel tentang INFJ dengan sangat rapi. Saya merasa terharu sekaligus senang karena ada orang yang memahami kepribadian saya. Tetap semangat menulis, kak! 💖

  3. Terimakasih telah menulis artikel tentang kami yang kadang kebingungan dengan diri sendiri,sering merasa sendiri,selalu berpikir banyak hal yang tidak hanya menguntungkan jangka pendek tapi merugikan jangka panjang..

  4. Gak sengaja nemu artikel ini. Dan benar-benar mirip dengan apa yang selama ini saya alami. Akhirnya saya tidak benar-benar merasa aneh sendiri 🙂

    1. Semua yang aku pertanyain selama hidup akhirnya terpecahkan :’) seneng banget jadi kenal sama diri sendiri. Hai sobat #INFJ pengen deh bisa ketemuan :” kayanya asik.

  5. Hallo. Aku INFJ dan aku sangat suka artikel ini. Semacam merasa ada yang mengerti aku xD thanks!!!

  6. Akhir nya nemu artikel yg bener2 ngerti luar dalam kepribadian ini, aku jadi sedikit dapet petunjuk untuk kedepan nya harus gimana

  7. terima kasih sudah menulis artikel ini, aku INFJ, terkadang memang butuh waktu sendiri meski senang bergaul

  8. Makasih akhirnya saya gak merasa sendiri lagi.. Bener2 artikel yang ngertiin perasaan ku luar dalam…. Saya belum mnemukan teman yg cocok.. Saya tinggalkan kontak wa saya 082250590719 mari berteman sesama org aneh yg sulit di pahami hehee

  9. This is the first time aku baca artikel yg bnr2 mengena(k) ttg diri aku sndiri, berasa kaya baca buku harian diri sndiri, dan liat komen lainnya aku ngerasa senang krn trnyata aku ga bnr2 sndirian :’) Rasany kaya ad yg bner2 ngertiin diri aku, thank you

  10. this is interesting! saya gadis INFJ , umur saya 15 tahun .beberapa yg di sebutkan di atas hampir semua benar dengan tipe kepribadian unik saya. saya sangat mudah memahami derita, beban,masalah orang lain dan bahkan saya bisa menyelesaikan masalah masalah tersebut dengan mudah. saya juga bisa membuat orang agar bisa terbujuk atau terpengaruhi dengan suatu pemikiran saya, beberapa teman saya mengatakan bahwa setelah saya memberikan nasehat atau saran kepada mereka, mereka merasa lebih baik dan sangat berterima kasih kepada saya. saya pun senang bisa membantu mereka karena saya berpikir seperti ini : ” KITA SEMUA SUDAH TINGGAL DI DUNIA INI CUKUP LAMA, KONTRIBUSI APA YANG HARUS KITA BERIKAN, DARI KITA DATANG KE DUNIA INI SAMPAI MENINGGALKAN DUNIA INI NANTINYA” .intinya bagi seorang infj, Sukses itu adalah hal yang dimana jika anda mengerjakan suatu hal bukan hanya berguna bagi diri saya tetapi berguna juga untuk jutaaan orang di luar sana . Tetapi sebagai seorang introvert, terlebih saya seorang INFJ saya juga selalu berpikir mengapa orang sangat sulit memahami pikiran saya. tetapi sy juga sadar kalau saya ini benar benar berbeda dari orang lain dan saya hanya bisa seperti yaa sudahlah its ok. . . . . .Yang lebih saya sayang kan adalah kepribadian INFJ itu langka, Padahal seharusnya Dunia ini sangat membutuhkan orang orang seperti kami. .Salam INFJ 🙂

  11. Artikel ini benar-benar berguna bgt bagi aku kak. Aku jdi paham sma diri aku sendiri. Bener bgt klo selama ini aku tuh merasa jdi org yg aneh. Dengan baca dan memahami artikel ini aku jdi paham sma diriku sendiri. Makasih bgt kak uda menulis artikel ini dgn saat detail.

  12. Terimakasih buat artikelnya yg dimuat dalam bahasa indonesia dan bener2 bisa dimengerti. Aku akan balik kesini terus jika butuh semangat. Aku INFJ-T dan dengan artikel ini bisa membuatku paham dg diri sendiri dan mulai merencanakan satu persatu rencana buat masa depan.

  13. Awalnya aku mikir ada yang aneh sama diriku, aku aslinya introvert kok kadang kayak ekstrovert😀 akhirnya aku ngerti, thx ya kak😇

  14. Makasih banget buat pembuat artikel ini😭, aku pikir aku orangnya aneh dari orang lain dan mulai pikiran aneh2 ttg diri sendiri, eh taunya aku punya kepribadian INFJ dan setelah baca artikel ini akhirnya aku tau kepribadian aku yang sebenarnya itu kek apa

  15. Hey kamu gak sendirian, ayo kita buat dunia ini lebih baik lagi, mulai dari yang terkecil dan yang terdekat. Salam INFJ.

  16. Dari kecil udah ngerasa beda dari yg lain, mulai dari tau seseorang bohong, mau manfaatin sampe munafiq pun udah ketebak banget. Dan percaya ga percaya gw cuman punya 2 temen loyal selama 19 tahun ini, karena tau banget mana yg bener temen atau sekedar ‘temen’. Thank’s buat yg udah nulis ini, jadi bisa lebih tau tentang diri sendiri dan lebih pd aja kedepannya 🙂
    *pas baca artikel ini kek gw banget nih wkwk

  17. Selama ini aku suka bertanya2 sifat seperti apa yg aku miliki ini. Dan setelah ngelakuin tes MBTI + baca ini artikel, akhirnya aku paham dengan sifat ku yg selama ini aku pertanyakan. Makasih buat yg udah nulis artikel ini☺

  18. Terimakasih karena sudah mendeskripsikan INFJ dengan sangat baik. Akhirnya ada yg memahami kami as a human being. Di saat teman-teman saya membahas tentang artis, atau sesuatu yg sedang hits, sy merasa terasing krn tidak tahu sama sekali (& tidak berminat untuk tahu). Sy merasa hidup ini terlalu sayang jika dihabiskan untuk membahas artis/ gosipin orang lain. Tp di sisi lain kita akan dianggap aneh jika tidak ikut membahas hidup orang lain, karena dengan begitulah kebanyakan manusia akan lebih akrab, dengan membahas hal yg tidak penting. Sekian curhat saya, hehe.

  19. all of them, its “ME” basically from top to toe. hahaha thanks for this article 🖤 i literally dont see much from everyone surrounding me, its like “they could never understand me” and yes, up till now, i havent met people who really did.

  20. Wah, baru kali ini nemu artikel yang bener2 cocok sama diri gw sesungguhnya. Akhirnya jadi makin ga bingung sama tingkah diri gw sendiri ini wkwk. Terimakasih ya mas Robi selaku penulis artikel ini.

  21. Luar biasa.. tulisannya ngena bgt, ibarat penulisnya udah lama interaksi/ kenal lama sama diri saya, padahal belum 😄
    Keren.. jadi tambah wawasan & lebih bisa nerima diri sendiri sbg pribadi yg unik
    Terimakasih byk penulis 👍

  22. Ayo temen-temen INFJ kita ketemuan huhu 🙁 seneng banget baca komentarnya serasa bertemu kawanan sepemikiran

  23. Terima kasih banget dengan artikel ini cocok sama guwe terimakasih telah menjelaskan dengan baik , bener bener ngerasa sulit dipahami sama teman” dan sering berasa aneh beda dengan yang lain, kok aku gampang pergaul tapi aku ini introvert ,mudah stress banget,

  24. aku baru nemu artikel ini dan terharu karena sevalid itu :” Terima kasih untuk kalimat-kalimatnya yang sangat menggambarkan apa yang aku sering rasakan. Rasanya seperti ada yg meluk dan bilang gpp jadi rumit. Keep inspiring!

  25. Artikel yang mendalam dan detail. Bikin saya jadi bisa flashback semua kejadian dalam hidup saya dan tarik benang merahnya.

    Saya ga yakin dengan kepribadian saya, setiap tes kadang intj, kadang infj. Kalo baca-baca lagi koq mirip infp juga. Hahaa sudahlah. Terlalu sering tes kepribadian bikin saya jadi punya pola jawaban yang sama.

    Baca artikel ini harus sampai habis, karena kita bisa lihat kemiripan karakter yang tertulis dengan kita bisa sampai 90% dari sisi positif maupun negatif.

    Thank you so much for the article 👍😊

  26. Selama ini suka bingung sama kepribadian sendiri, akhirnya menemukan yg sama. Ini aku bgt .

  27. Seandainya bisa ketemu sama sesama INFJ secara ga sengaja. Pasti seru, di bumi yang bulat ini kenyataannya INFJ sering merasa kesepian karena kepribadiannya yang sulit dipahami.

  28. Persis banget kyak yg aku rasain selama ini. Semua hal udah aku laluin selama ini dan artikel ini mewakili perasaan gw selama ini, gw kira gw yg paling idealis😭

    1. Sangat relate. Ngerasa baca tulisan sendiri. Thanks a lot for ur article. I wonder whether u r INFJ. Salam kenal semua teman2 di kolom komentar yang selama ini merasa aneh sendiri. You are not alone guys. Semoga bisa meet up in person ya. I wish to keep in touch with you, the INFJs. If u don’t mind, just contact me on my Instagram: syasa_ma. I’d like to have people in this rarest personality. I feel the same way with yours. Happy feeling in iNtuition teman-teman :-))

  29. Aku pernah request tentang INFJ, sekarang udah ditulis yeee.Terimakasih banyak, tulisanya lengkap banget. Dari berbagai artikel INFJ yang ku baca cuma ini yang paling lengkap. Terimakasih ya,banyak tulisanya yang aku ss wkwk.

    Semangat nulisnya lagi mas robi, aku banyak terinspirasi dari website ini ;))

  30. Hai, terima kasih sudah menulis versi bahasa Indonesianya dengan bahasa yg tidak kaku, jadi bisa lebih memahami.

    1. Sebenarnya sy tdk terlalu percaya dengan hasil akhir tes mbti krn sy pikir kepribadian orang bisa berubah2 tp tetep coba2 tes mbti 2x malah😅 krn kesenangan tersendiri aja sih. Dan hasilnya selalu INFJ-T. Dan saya baca2 mengenai INFJ ada benarnya tp ada juga kata yg kurang saya pahami, pas cari lg tentang INFJ nemu dan baca artikel ini saya sangat paham dan mengerti dr setiap katanya krn 90% mirip dengan saya. Mulai dari kelebihan, kekurangan sampai pertemanan dsb-nya pun hampir sama. Diantara semua teman ada satu yang membuat saya merasa dimengerti yah artikel ini. Makasihh ya udah buat artikel ini😊 sy aslinya pendiam tp klo nemu yg nyambung dan ngerti sampe nulisnya panjang lebar gini sesama INFJ pasti paham dong haha. Suskses terus yahh

  31. Dear writer,

    Makasih udah terlahir.
    Makasih udah hadir. Dan,
    Makasih udah nulis artikel ini :’)

    Salam kenal ya İNFJ’ers ;).
    Calon2 orang hebat full manfaat insha’Allah

  32. Thanks ya, akhirnya ada yang benar-benar memberikan pemahaman soal kami dengan baik, dan ngeliat komen temen2 diatas, akhirnya nemu yang sepemikiran😊 panjang umur semuanya😙

  33. Artikelnya bermanfaat sekalee kak, isinya jg padet dan mudah dimengerti. Rasanya aku jd lebih bersyukur dan bisa mengenal diri sendiri dgn lebih baik. Smngt trs ya kak dlm berkarya, bagus bgt nih artikel, isinya mendalam bgt. Terimakasih kak 🙂

  34. dari tadi selama baca artikel ini selalu bilang sendiri YES,YES.YES :),karena memang yang dituliskan di artikel ini itu benar benar apa yang selalu aku lakukan dan inginkan selama ini 🙂

  35. Hmmm bnr cm klo g mau beresin kamar, cuci baju, dan belajar ko g sesuai y ma ak sdg ak malah nglakuin itu smua. Hehe..anyway thank you udh atas penjelasannya.

  36. Tim INFJ merapat yuk guysss, aku tinggalin nomor WA ku yah semoga bisa jadi teman hehe. 0878 5355 5676 | IG : rakawica

  37. Aku kepo-kepo setelah tau aku INFJ. eh gak sengaja Nemu page ini. Dan setelah ngebaca semuanya, aku bener-bener ngerasa tenang dan seneng banget. Tiap katanya itu detail terus sesuai banget sama aku. Makasih banyak buat yang nulis,artikelnya bener-bener bermanfaat🥰😘

  38. Sangat relate. Ngerasa baca tulisan sendiri. Thanks a lot for ur article. I wonder whether u r INFJ. Salam kenal semua teman2 di kolom komentar yang selama ini merasa aneh sendiri. You are not alone guys. Semoga bisa meet up in person ya. I wish to keep in touch with you, the INFJs. If u don’t mind, just contact me on my Instagram: syasa_ma. I’d like to have people in this rarest personality. I feel the same way with yours. Happy feeling in iNtuition teman-teman :-))

    1. Salam kenal.. Aku infj juga.. Senang akhirnya semua kebingunganku selama ini tentang diri sendiri ternyata memang termasuk salah satu jenis kepribadian hehe.. Aku kira aku orang aneh sendiri atau aku punya masalah kejiwaan apalah.. Ternyata emang seperti ini yaaa… Hah sy lega. Terima kasih penulis 😊🙏🏻

  39. Yg selama ini kurasakan tp gak bisa mengkalimatkan, dan artikel ini bisa membuat kami kaum INFJ bahagia setelah membacanya, sebab kami merasa di mengerti, kami merasa legah sebab kami bisa lebih mengenali diri sendiri, kami juga akhirnya gak merasa sendiri lagi sebab ternyata di sini banyak juga kaum INFJ. Salam Hangat💕

  40. Seneng banget bisa baca kepribadianku secara lengkap di sini.
    Well yg ditulis mengenai INFJ di sini, bener² pas banget sama yg aku rasakan selama ini.

    Hai kalian para INFJ, apakah ada grup khusus bagi kita?
    Sepertinya akan seru jika kita berkawan baik, meski jarak jauh.
    Anyone, silahkan mampir ke IG ku ya @timoybudhyarto, mari kita berteman. Jangan lupa sapa aku dan katakan jika kalian menemukanku melalui artikel INFJ ini.

  41. Terimakasih sudah menulis tentang kepribadian INFJ, jadi aku bisa melihat kelebihan dan kekurangan berdasarkan kepribadian INFJ

  42. Artikel yang sungguh mantap. Tapi dari artikel ini muncul pertanyaan dari saya. Apakah INFJ ini “perfectnya” ngumpul / berpasangan sama INFJ juga?

  43. Halo, Kak! Terima kasih banget udah nulis hal yg sangat menggambarkan INFJ. Bener2 merasa dipahami, dan perasaan yg sangat langka bgt sebenernya. :’) Sekali lagi terima kasih yaa, Kak! Smg segala yg disemogakan sm Kakak dapat tersemogakan, aamiin:)

  44. Pas baca artikel ini langsung…. “Wah ini bener-bener aku banget!”
    Sebagai INFJ saya mau ngucapin terimakasih sudah menulis artikel tentang ini ya! ^^

  45. Hampir nangis baca ginian asliiii, ngerasa g aneh lagi skrg
    Eh klo mau kenalan sesama infj bisa bgt dm ig @yaagituajasih

    Its really good if i have a chance to know u all

  46. Terima kasih, bberapa hari ini aku baru menemukan artikel ini, isinya sama persis yang aku rasakan :’)

    Salam kenal ya para INFJ ♡

  47. Wuah kok bisa mirip banget… Aku suka keramaian tapi tiap kali di keramaian ngerasa nggak nyaman dan pengen pergi.

  48. Terima kasih, setelah tes kepribadian dan hasilnya infj t terus nemu ini dan akhirnya pertanyaan saya selama ini tentang diri saya terjawab. Suka merasa aneh sendiri kenapa kebanyakan orang disekitar gk sepemikiran ternyata ini toh alasannya😭😭

  49. Menurut pengalamanku sebagai infj itu emg pendiam, selalu dibilang freak pdhl ga ngapain2 jg diblg begitu giliran deketin org disangka sok akrab serba salah jdnya, akhirnya lama2 lebih nyaman kalo sendirian.. kalo mau ke pesta atau pidato selalu gugup dan cenderung cr tmpat di pinggir, bahkan pas lihat org lain lg bicara di dpn umum aja malah dia yg gugup.. sebagai pendengar curhat emg plg baik sih karena seorang feeler/empath dan memberikan solusi tanpa menyerang perasaan. Yang plg penting infj selalu merasa ada yang salah dengan hidupnya atau dunia (meskipun dunia yg terlihat aman dan tentram) karena punya sense of justice dan ingin berubah menjadi lebih baik.

  50. Akhirya setelah coba untuk memahami diri sendiri tentang kenapa suka menyendiri dan berkelana memikirkan hal rumit; mempunyai temen dekat namun tiba” menarik diri untik sendiri; dll, ternyata terungkap semua disini

    Terima kasih untuk penulis yang memahami keprinadian ini
    semoga selalu diberi kebahagiaan selalu baik di dinia maupun akhirat nanti

  51. 10 kali mengikuti tes MBTI di web yang berbeda-beda. 8 kali hasilnya sama, yaitu INFJ.
    Saya sering merasa bingung dengan diri sendiri. Seperti tak ada yang mengerti saya. Sering juga saya berpikir berlebihan, bagaimana jika terjadi ini dan itu di masa depan, bagaimana jika orang lain membenci saya. Dan setelah membaca artikel ini, saya jadi semakin mengerti tentang diri saya. Terimakasih, author!

  52. Masya Allah, menggambarkan banget ini mah. Aku kira aku sendiri yang merasa aneh daripada orang-orang disekitar ternyata memang kepribadian INFJ itu seperti itu.
    Alhamdulillah, terimakasih artikel nya kak insya Allah sangat bermanfaat.
    Semoga selalu diberikan kelancaran dalam menyampai hal-hal yang bermanfaat. Semangat kak

  53. Thanks kak udah buat artikel ini,ngebantu buat memahami diri sendiri.emang sih aku ngerasa kalo aku INFJ dan emang banyak pemikiran pemikiran rumit yang kadang orang lain nggak ngerti jadi kadang sulit buat ngungkapinnya tapi adanya artikel ini kayak ngerasa ada yg ngertiin gitu..hehe. and at last hi para INFJ.

  54. serius.. tulisan ini bener” sesuai dengan diri aku banget, jadi ini alesannya aku ga suka krj kantoran :’) pgn deh meet up sama kalian yg infj juga.. keknya bakal seru karna kita 1 frekuensi haha

  55. WOW!!! Makasih banyak untuk penulis yang sudah menulis artikel tentang kepribadian INFJ ini. Semua poin-poin dan penjabarannya ngenak banget terutama di bagian “seorang INFJ yang kadang membutuhkan waktu untuk sendiri”. Dan kadang itu yang membuat banyak orang disekitarku yang merasa aneh denganku karena ada saat dimana aku menarik diri dari sekumpulan pertemanan. Bukan karena aku ada masalah dengan mereka atau mereka melakukan kesalahan yang tidak sesuai dengan prinsipku. Tapi, memang aku-nya yang sedang butuh ruang untuk sendiri. Kadang orang-orang sulit untuk bisa memahami itu. Tapi kemudian balik lagi aku berpikir bahwa “ya inilah aku”.

  56. aku baca ini sambil senyum-senyum, kok penulis bisa tau gitu :v seneng bgt berasa ada yg peduli sm kita 🙂 selama hidupku yg skrg sudah berumur 16 tahun, aku blm juga menemukan org yg sefrekuensi denganku:) tapi bukan berarti aku gak punya tmn deket ya, punya, tapi ya gitu kadang mereka ga bisa paham sm aku 🙂

    1. yashh me too, btw aku jga 16 tahun wkwk, bener banget apa yg ditulis di artikel ini, sama seperti yg aku rasain, seneng juga ada yg ngertiin kita, makasii ya buat yg nulis artikel ini skrng aku jdi ngerti knpa kadang aku jadi ngerasa asing sm orang” dan mereka suka ga paham sama cara berpikir aku…

  57. Hai semua, ayo bikin grup WA INFJ, pasti seru kalo sesama INFJ bisa ngumpul, bisa saling sharing dan bebas berekspresi. Ini nmr ku 089510060700 (WA)

  58. Seneng banget si hehe… Emang baru kemaren tes MBTI nya, tapi udah merasa punya sifat kayak di atas dari lama, jadi sekarang udah lumayan bisa dihandle kekurangannya

  59. sy INFJ juga & baru mengetahuinya beberapa bulan lalu. Sebelumnya sy begitu bingung dengan diri sy sendiri. Begitu banyak pros & cons yg terjadi dalam diri sy. Saat menemukan bahwa sy infj, sy bersyukur ternyata itu bukan masalah mental sy tp karena kompleksitas infj yg dimiliki. Sy sekarang lebih merangkul diri sy sendiri. Dan artikel ini membuat sy merasa tidak sendiri. Terima kasih 😁😁

  60. Saya sebenarnya lumayan bingung dengan MBTI, jadi, terkadang saya ngga terlalu ngurusin tipe kepribadian apa yang paling cocok dengan saya. Tapi, setelah ditelusur, ternyata saya cenderung ke INFJ. Saya senang sekali karena langsung mendapatkan tipe MBTI yang bener-bener cocok sama saya, soalnya pada saat itu saya ikut tes online untuk mencari minat dan bakat; jadi, pada dasarnya ngga sengaja ikutan tes.

    memang benar sih kalau terkadang orang jarang mengerti saya, kadang saya yang harus mengalah agar konflik ngga terjadi, atau terkadang punya intuisi kalo sedang disetir (seperti pengalaman hampir ditipu sales bodong di sekolah) atau cuma sekadar tahu kalau temen sedang bohongin saya; intinya, saya merasa cocok sama INFJ.

    Tapi kadang-kadang orang mereehkan saya karena mengaku INFJ, ada yan bilang saya cuma ingin populer karena menjadi orang dengan MBTI paling langka–karena pada dasarnya, saya malah baru ngeh kalau INFJ itu paling langka setelah mereka mengomentari saya.

    Saya cuma ingin menyampaikan, menjadi INFJ itu terkadang juga menyenangkan karena kita punya sifat natural untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, suka mengekspor, banyak imajinasi, empatinya tinggi, walau terkadang memang agak sulit untuk berkomunikasi secara sosial. Namun yang perlu dicatat: memanipulasi kepribadian itu jauh lebih buruk daripada memahami dirimu dengan baik tanpa tes kepribadian. Karena sekalinya kita mengubah diri menjadi sesuatu yang benar-benar bukan diri kita, itu akan jauh lebih menyesatkan.

    Wah, panjang sekali ya~ semangat untuk hari ini dan besok!

  61. Berharap keluarga, teman-teman dan orang-orang sekitarku bisa baca artikel ini.
    Jadi mereka ga suka nethink dan salah paham dgn pribadi ku ya langkah ini 🙂

    Salam kenal untuk seluruh INFJ di dunia✨🤍

  62. Hallo dari si INFJ, terima kasih kak emang ini yang paling mudah untuk dipahami. Jadi paham untuk kedepanya hehe;) ternyata aku emang terlalu banyak sendirian ya;

  63. True Mint. Beberapa waktu lalu aku tes MBTI hasilnya aku INFJ-A. Dari tulisan di atas hampir semua benar sama yang aku rasain si. Yang kekurangannya aja aku kurang setuju. But, overall, sad but true. Sini yg INFJ kita kenalan biar bisa saling memahami. : )

  64. Oh God ternyata sangat2 related bgt sama aku. Aku memang udah ngerasa beda dari dulu. Bener2 sama tulisannya sama aku. Sad but true

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *