Waktu baca yang dibutuhkan: 19 menit

INFJ dan Pasangannya

 

Nah! Berikutnya kita bahas tentang gimana sih asmara dan kisah cinta versi INFJ. Jadi kayak apa sih pasangan yang INFJ idam-idamkan?

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Orang dengan kepribadian INFJ dikenal perfeksionis dalam mencari pasangan. Mereka punya standar yang sangat tinggi. Bagi mereka kalo nggak dapet pasangan pun nggak papa. Mereka puas sendirian, dan bagi mereka nggak perlu menurunkan standar cuma demi punya pacar.

Punya tipe ideal sebenernya bagus, soalnya INFJ jadi jarang terlibat dalam cinta monyet atau pacaran tanpa kepastian. Tapi ini juga bisa jadi hal buruk, soalnya INFJ jadi gampang kecewa dalam kekurangan pasangan.

Iklan!

INFJ yang sejatinya idealis jadi susah melanjutkan hubungan ketika tau pasangannya punya kekurangan. Padahal kan semua orang punya kekurangan, dan memakluminya adalah kunci hubungan harmonis.

Orang dengan INFJ punya beberapa hal yang diinginkan dalam sebuah hubungan. Apa aja ya?

 

1. INFJ ingin pasangan yang jujur

Para manusia berkepribadian INFJ sepakat bahwa kejujuran adalah prioritas utama mereka dalam suatu hubungan.

Sebagai seorang introvert yang berintuisi tajam, Orang dengan kepribadian INFJ pintar menemukan agenda dan kemunafikan, dan ini akan menjadi penyebab illfeelnya mereka kepada seseorang.

Salah satu hal yang paling penting bagi kepribadian INFJ adalah komunikasi terbuka. Apabila kepercayaan mereka udah dirusak sekali aja sama seseorang, maka setelahnya apapun yang keluar dari mulut si orang itu nggak dianggap serius lagi. Nggak ada kode-kodean, pujian kosong, atau omongan manipulatif.

 

2. INFJ ingin pasangan yang bisa diskusi

Orang dengan kepribadian INFJ adalah pemikir besar yang selalu ingin tahu dan ingin mengeksplorasi topik yang lebih jauh dalam kehidupan.

Mereka mau ngobrol tentang teori, hidup, visi jangka panjang, dan kadang mengajukan pertanyaan filosofis yang ngelantur.

Mereka menginginkan pasangan yang bisa mengimbangi mereka dan mendiskusikan obrolan cerdas yang seru.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

 

3. INFJ menginginkan komunikasi yang terbuka

Kalo nyaman sama seseorang, INFJ yang tertutup bisa jadi cerewet. Ini karena sepanjang hidup, mereka harus memendam isi pikiran mereka karena kebanyakan orang nggak ngerti sama cara dia memandang dunia.

Makanya di dalam suatu hubungan, INFJ berharap bisa membuka pikiran, perasaan, visi, dan persepsi mereka sebebas-bebasnya.

Mereka menginginkan pasangan yang transparan dan tulus dengan mereka; seseorang yang bisa membagi perasaan dan mendiskusikan kelebihan dan kekurangan mereka.

 

4. INFJ ingin mengejar tujuan bersama-sama

Orang dengan kepribadian INFJ selalu mencari cara agar bisa mengembangkan diri. Maka mereka selalu belajar, membaca buku, atau melihat-lihat video pengembangan diri.

Mereka nggak mau tetap stagnan; mereka selalu mengincar menjadi pribadi yang lebih baik.

Hal serupa diharapkan ada pada pasangannya. INFJ berharap pasangannya mau mengembangkan diri dan nggak puas sama potensi dirinya. Pasangan yang puas tetap stagnan atau yang cuma mau seneng-seneng akan membuat mereka bosan.

 

5. INFJ menginginkan pasangan yang berempati

Orang dengan kepribadian INFJ menginginkan pasangan yang bisa memahami sesuatu dari perspektif orang lain. Berada di deket orang yang egois akan membuat mereka kesal.

Orang yang mengambil keputusan tergesa-gesa dan egois akan susah akur dengan orang berkepribadian INFJ.

 

6. INFJ menginginkan kesendirian… sesekali

 

Sebagai seorang introvert yang intuitif, INFJ terkenal penyendiri dan independen.

INFJ menghabiskan banyak waktu sendirian untuk memikirkan berbagai hal dan menganalisisnya. INFJ menginginkan kebebasan untuk mengeksplorasi minat, tujuan, dan impian mereka sendiri.

Makanya, INFJ membutuhkan pasangan yang memberi ruang sendiri serta tidak berusaha mengekor atau kepo berlebihan.

 

7. INFJ menginginkan pasangan dengan prinsip yang sama dengannya

Sebagai idealis, Orang dengan kepribadian INFJ memegang erat prinsip-prinsip hidup mereka, dan menginginkan pasangan yang memiliki prinsip-prinsip yang sama.

INFJ memang bisa mencoba terbuka tentang banyak hal dan mereka nggak berharap pasangannya bisa sama persis kayak mereka, tetapi pasangannya harus punya pendapat yang sama dengannya tentang apa yang benar dan apa yang salah.

 

8. INFJ mau pasangan yang berkomitmen

Orang dengan kepribadian INFJ biasanya bukan tipe yang suka kencan, cinta monyet, atau pacaran yang cuma iseng.

Mereka mengharapkan pasangan yang mau bertahan dalam onak dan badai, hubungan yang lebih dalam dan serius. Pacaran yang dangkal jarang menarik minat mereka.

 

9. INFJ mau pasangan yang perhatian

Orang dengan kepribadian INFJ dikenal sebagai pendengar yang baik. Mereka penuh empati, sehingga kadang ketika orang cerita pun mereka ikut nangis.

Ketika mendengarkan, INFJ mencoba memahami bukan hanya kata-kata yang terucap, tetapi juga makna dan emosi di balik kata-kata itu. Jadi pokoknya kalo INFJ ngedengerin tuh mereka pahamnya mendalam.

Nah, INFJ mengharapkan perlakuan yang sama dari pasangannya. Orang dengan kepribadian INFJ berharap, dalam diri pasangannya, mereka menemukan seseorang yang mau mendengarkan, memahami, dan ngasi perhatian penuh.

 

10. INFJ menginginkan keintiman emosional.

Di dalam sebuah hubungan, orang INFJ nggak cuma mencari keintiman fisik, tetapi juga keintiman secara emosional.

INFJ bukan tipe pengumbar kisah cinta. Kisah cinta mereka adalah rahasia, jadi pasti bakalan jarang diumbar di sosmed. Bukan berarti mereka cuek, tapi emang orangnya tertutup kan.

INFJ juga nggak mengharapkan kedatangan seseorang yang hanya menyukai diri luarnya aja. Apalagi yang mendekati karena mengharapkan sesuatu, misalnya cuma suka parasnya aja atau duitnya aja.

INFJ mengharapkan adanya keintiman yang real, seseorang yang mau memahami dia secara emosional.

 

balik ke atas

 

 


Karir Orang dengan kepribadian INFJ

 

Setelah melihat INFJ dan apa yang dia mau dari pasangan, sekarang apa sih karir yang pas buat INFJ?

Orang berkepribadian INFJ menganggap kerja di perusahaan kurang cocok untuk mereka, karena buat mereka kerja kantoran semacam itu cocok buat yang mau fokus pada status dan materi mereka.

Meski gitu, INFJ sebenernya bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka di bidang apa pun.

Faktanya , orang berkepribadian INFJ cenderung bingung memilih mau kerja apa. Sebagian dari mereka bingung memulai, karena di tiap opsi pekerjaan dia melihat jenjang karir dan perjalanan yang berbeda-beda.

Mereka bekerja bukan hanya mau cari uang, tapi juga memikirkan nanti peluang “naik level” selanjutnya bisa jadi apa. Hal ini bisa menyulitkan, karena bagi mereka memilih satu berarti meninggalkan yang lain.

 

Motivasi utama INFJ dalam memilih karier adalah kesesuaian karir itu dengan prinsip hidup mereka. Misalnya prinsipnya pengen membantu orang, maka karirnya biasanya deket-deket ke situ, misalnya jadi perawat, dokter, atau relawan.

INFJ adalah pemikir, dan karier yang memungkinkan mereka untuk banyak mikir akan menjadi opsi menarik.

INFJ acapkali ditemukan sebagai pekerja di bidang sosial. Tapi ada juga sih yang kerja di bidang permesinan atau sains.

INFJ juga pintar ngomong, sehingga dunia broadcasting juga bisa dipilih oleh mereka. Contohnya Oprah Winfrey, yang terkenal dengan acara Oprah-nya, yang mengundang tamu inspiratif dari berbagai golongan.

Pilihan karier teratas untuk INFJ meliputi:

 

Bidang Kesehatan

Karier di bidang kesehatan adalah opsi bagi INFJ yang mau memadukan sikap empati dengan kemampuan intelektual mereka. Banyak INFJ menikmati belajar sains dan merasa puas menggunakan pengetahuan ilmiah mereka untuk membantu orang lain.

 

Pelayanan Sosial

INFJ, kayak yang udah kita bahas berulang kali, adalah pendengar sekaligus pemikir yang hebat. Kemampuannya menempatkan diri melalui perspektif orang lain membuat dia mudah memahami perasaan orang.

Mereka memiliki intuisi yang tinggi dalam menilai orang serta sabar dalam menghadapi situasi emosional yang sulit.

Semua kualitas ini menjadikan mereka cocok juga menjadi psikolog, guru BK, relawan, dan pekerja agama.

 

Sains

INFJ menikmati kerumitan sains, dan gairahnya terlihat bila prinsip/cita-cita yang ingin ia capai ternyata terkait dengan ilmu pengetahuan.

 

Bisnis dan Hukum

Secara umum INFJ bukan tipe pekerja kantoran, walaupun ada juga posisi di perusahaan yang bagus kalo INFJ yang menempati.

INFJ bisa cocok di pengembangan SDM, pelatihan, atau profesi yang lebih bersifat kemanusiaan dalam hukum. Contoh karir untuk INFJ di bidang bisnis dan hukum meliputi:

 

Mengajar

Mengajar adalah kegiatan yang agak terbuka dan banyak orang. Sebagai introvert tentu ini bisa jadi tantangan tersendiri, tapi INFJ yang prinsipnya ingin mendidik orang lain akan puas dengan dunia ajar mengajar.

Karier pendidikan yang siswanya hanya terdiri dari kelompok-kelompok kecil, atau satu-satu, bisa cocok buat mereka. Kalo sesuai dengan prinsip hidupnya, menjadi guru TK, guru SD, atau guru untuk anak berkebutuhan khusus pun akan dilakukan INFJ dengan senang hati.

 

Terkait Seni dan Bahasa

Banyak INFJ pintar berbahasa, dan mereka biasanya punya fokus dan konsentrasi yang dibutuhkan untuk jadi penulis dan yang hebat.

 

Jenis karir yang harus dihindari INFJ

 

Sebenernya sih tipe kepribadian apa pun bisa berhasil dalam pekerjaan apa pun. Memang ada jenis pekerjaan yang cocok banget sama tipe kepribadian tertentu, dan ada juga pekerjaan yang ternyata NGGAK BISA BANGET buat dijalani.

INFJ juga gitu. Dengan karakternya yang cerdas, berempati, dan idealis, maka jenis pekerjaan yang nggak membutuhkan tiga aspek ini bisa menyulitkan INFJ dalam berkarir.

Pekerjaan-pekerjaan berikut ini kurang disukai kalangan INFJ, berdasarkan data yang dikumpulkan dari survei populasi umum.

  • Kontraktor
  • Mekanis
  • Engineering
  • Surveyor
  • Petani
  • Agen properti
  • Teknisi Rekam Medis

 

INFJ Saat Bekerja Sebagai Anggota Tim

INFJ adalah problem solver yang kreatif, membawa ide-ide inovatif untuk mengembangkan potensi banyak orang.

Mereka biasanya pinter mengendus bakat orang lain, dan pandai memotivasi rekan tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

Mereka peduli dengan situasi di dalam tim, mendengarkan opini semua orang, lalu menyatukan keinginan semua anggota untuk dikerjakan bersama.

Kalo bekerja dalam tim, INFJ adalah sumber inspirasi. Kehadirannya bisa menggerakkan kelompok, dia mampu menenangkan anggota kelompok lain yang kebingungan.

INFJ bekerja dengan hebat kalo rekan-rekannya mau bekerja pake etika dan fair. Jika diibaratkan dengan olahraga, INFJ mau dia dan timnya menang dengan terhormat. INFJ mau berhasil, tapi pake cara yang etis.

Tim yang tergesa-gesa bergerak dan menghalalkan segala cara akan membuat INFJ merasa terasing.

 

INFJ sebagai pemimpin

Seandainya dijadikan pemimpin, INFJ siap memotivasi orang lain dengan berbagi visi positif.

Para pemimpin dari kalangan INFJ seringkali pendiam dan tertutup, tetapi memenangkan hati orang lain melalui action, prinsip-prinsip yang dipegang teguh, dan ide-ide yang menginspirasi.

INFJ akan memimpin dengan baik kalo didukung tim yang berkomitmen sama visi yang udah disepakati, serta kalo tim itu memang sejak awal berniat memberi kebaikan pada orang banyak.

Karena para pemimpin INFJ sering dimotivasi oleh prinsip-prinsip pribadi, mereka akan melakukan yang terbaik kalo visi dari perusahaan sesuai dengan prinsip ini. Tantangan mereka adalah menjaga gagasan dan inisiatif mereka tetap realistis, dan mempertimbangkan kepraktisan saat mereka merencanakan perubahan.

 

balik ke atas

 

 


Berteman dengan Orang berkepribadian INFJ

 

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Tadi kita udah bahas tentang gimana INFJ sebagai pasangan dan apa yang ia inginkan. Sekarang anggaplah kamu ternyata berkepribadian INFJ, teman seperti apa yang pas buat kamu? Apa yang diharapkan seorang INFJ dalam hubungan pertemanan?

 

1. Dalam hubungan, INFJ Perlu Merasa Aman

INFJ perlu merasa aman dalam persahabatan yang mereka rasakan. Siapapun nggak suka disakiti. INFJ pun demikian, bahkan mereka bukan seorang yang mudah memaklumi. Kalo ada seorang teman yang mengecewakannya atau merusak kepercayaannya, maka itu sudah cukup bagi INFJ untuk pergi menjauh.

INFJ yang kepribadiannya tertutup enggan membuka diri kecuali dia merasa si teman ini bisa dipercaya; baik secara fisik maupun emosional.

 

2. INFJ Ingin Pikirannya Dipahami

INFJ sadar kok kalo mereka aneh.

Sebagian besar INFJ telah menerima fakta ini dan mereka terbiasa bertemu orang yang tidak memahami pikiran mereka.

INFJ tau, jika mereka bicarapun, orang lain tidak benar-benar mendengarkan dan nggak memahami apa yang terjadi di kepala INFJ.

Jika kamu mau berteman dengan orang berkepribadian INFJ, kamu harus menunjukkan bahwa kamu adalah satu dari sedikit orang yang berusaha memahami INFJ.

3. INFJ berharap orang lain menyapa duluan

INFJ jarang mengajak bicara lebih dulu.

Banyak dari INFJ menahan diri untuk memulai percakapan, soalnya mereka nggak yakin apa orang lain benar-benar mau ngobrol dengan mereka.  INFJ nggak suka dicuekin, apalagi jika obrolannya kemudian nggak ditanggapi serius.

 

4. INFJ menginginkan teman yang apa adanya

INFJ  punya intuisi tinggi yang membuatnya mahir mendeteksi kebohongan.

Kemampuan  mereka dalam membaca emosi orang membuat INFJ mudah sekali menemukan kemunafikan.

Jika INFJ mendapatkan tanda-tanda kebohongan darimu, kamu mungkin tidak akan pernah berhasil masuk ke lingkaran pertemanan INFJ sama sekali.

 

5. INFJ membutuhkan koneksi yang dalam

INFJ, layaknya kebanyakan jenis introvert lain, membenci obrolan yang dangkal atau nggak bermutu.

Energi sosial INFJ terbatas dan INFJ lebih suka menggunakannya untuk pertemanan yang akrab dan sepemikiran.

INFJ membutuhkan teman yang nggak jaim, ngobrol tentang hal-hal yang random dan mendalam, saling membantu saat keadaan menjadi sulit, dan seorang yang bisa diandalkan saat INFJ membutuhkan.

Singkatnya, INFJ ingin persahabatan yang dalam dari segi obrolan dan komitmen.

 

6. INFJ berharap bahwa mereka diinginkan

INFJ nggak mau keliatan insecure, tapi diem-diem dia sering berpikir bahwa kok temen-temennya mau ya berteman sama dia.

Sebagian dari mereka pernah ditolak di masa lalu. Kepedihan itu nggak ingin mereka rasakan lagi, dan makanya mereka kemudian jadi selektif dalam berteman. Ketika akhirnya mereka menemukan teman yang menyayangi mereka apa adanya, haduhhh surga banget.

Makanya ketika mereka beneran menemukan teman yang tulus, mereka bertanya dalam hati,”kamu kok mau ya temenan sama aku?”

 

7. INFJ butuh temen yang sabar

Kayak yang udah disebutkan, INFJ butuh waktu untuk terbuka dan menjadi diri sendiri ke orang lain.

Saat INFJ membangun persahabatan yang lebih dekat dengan seseorang, mereka membutuhkan waktu untuk mencari tahu apakah orang ini emang bener-bener aman dan trusted.

Makanya kalo kamu mau berteman dengan INFJ, sikap tertutupnya bukan berarti karena dia sombong; dia mau kamu bersabar selagi dia membuka diri sedikit demi sedikit.

 

8. INFJ membutuhkan persahabatan yang saling percaya

Kebanyakan INFJ sangat intuitif dan sensitif. Perasaan yang mudah terluka ditambah ketajaman mengendus kebohongan membuat INFJ kadang merasa tidak dipercaya.

Kadang seorang seperti INFJ memang mau perlindungan dan rasa nyaman, tapi mereka bukan manja.  INFJ mandiri dan jauh lebih kuat daripada kesan yang pertama kali mereka perlihatkan.

INFJ nggak mau teman-temannya membantu secara berlebihan, menutup-nutupi sesuatu, atau apapun yang membuat INFJ merasa cemen.

 

9. INFJ adalah sahabat yang sesekali mau sendirian

Orang berkepribadian INFJ tetaplah introvert dan membutuhkan waktu sendiri. Itu bukan karena mereka lagi bete, dasar dari sananya udah begitu.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Jika INFJ sedang menarik diri sementara waktu, maka jangan tersinggung yes. Lebih baik lagi, jangan membuat INFJ merasa bersalah karena sedang butuh waktu sendiri dari kamu. INFJ akan kembali kalo mereka sudah siap. Yang penting jangan diburu-buru.

 

10. Percayalah, INFJ siap memberikan segalanya untuk sahabat

INFJ memiliki standar tinggi untuk persahabatan, tetapi INFJ juga akan ngasi standar tinggi sebagai seorang teman. Kalo INFJ meminta sesuatu, maka mereka juga akan memberikan yang sama.

INFJ ingin berteman dengan orang-orang yang percaya bahwa INFJ tidak akan menyakiti. INFJ memperlakukan sahabat sebagaimana INFJ ingin diperlakukan. INFJ akan tulus, berusaha keras membangun hubungan yang lebih dalam, dan berkomitmen total demi persahabatan.

INFJ butuh orang-orang yang mengerti dengan mereka, dan teman yang menyadari bahwa INFJ siap berkorban segalanya demi temen-temen terbaiknya.

 

 

Sumber

https://www.yourtango.com/2018314935/dark-side-negative-traits-enfj-t-myers-briggs-personality-type

https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/

https://www.16personalities.com/infj-personality

https://www.truity.com/personality-type/INFJ

 

Author: Robi Maulana

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

2 Replies to “INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)