INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

oprah winfrey infj,infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Kali ini kita akan bahas tentang Tipe Kepribadian INFJ, sebuah tipe kepribadian MBTI yang cuma dimiliki 1% orang di dunia.

Walaupun langka, tapi mereka meninggalkan jejak-jejak kebaikan di dunia ini.

Kayak apa sih INFJ itu? Dan gimana sih kepribadian mereka, karir yang baik untuk mereka, dan seperti apa pasangan yang cocok buat INFJ? Yuk simak!

Iklan!

 

Daftar Isi (Klik untuk membaca)

Sekilas tentang INFJ

Kelebihan Orang dengan Kepribadian INFJ

Kekurangan Orang dengan kepribadian INFJ

Orang dengan kepribadian INFJ dan Pasangan

Karir Orang dengan kepribadian INFJ

Berteman dengan Orang berkepribadian INFJ

 

Sekilas tentang INFJ

 

Ini adalah artikel lanjutan dari pembahasan tentang MBTI di sini. Pembahasan paling lengkap ada di sana yaa.

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang ada di MBTI. INFJ sendiri adalah singkatan dari Introvert-iNtuition-Feeling-Judging.

Ciri khas dari Kepribadian INFJ adalah si lembut yang idealis. Mereka tenang, lembut, tetapi punya cita-cita dan value yang mulia. Biasanya cita-citanya bukan terkait pribadi; tapi terkait kebaikan bersama, ingin mengubah dunia.

Orang INFJ cukup sensitif dan simpatik sama orang lain. Mereka mau mendengarkan dan mencoba memahami orang lain, dan nggak sungkan membantu masalah orang lain meskipun sulit.

Orang dengan INFJ punya idealisme tinggi. Ketika dia punya sebuah prinsip, maka prinsip itu digenggam dan jadi pegangan hidup. Meski demikian prinsip itu dipendamnya sendiri, jadi yang terlihat cuma kelembutan dan ketenangannya aja.

Iklan!

Orang dengan INFJ punya pikiran yang rumit dan mereka menyadari itu. Karena mereka tau mereka orangnya rumit, maka mereka lebih banyak diam. Daripada ngomong dan orang lain nggak ngerti, maka mereka memilih diem aja. Ini membuat INFJ sukar dipahami.

Tokoh terkenal dari INFJ di antaranya:

Oprah Winfrey, Mozart, dan Nelson Mandela.

 


Kelebihan Orang dengan Kepribadian INFJ

 

Dari bahasan singkat barusan kita udah tau kalo iNFJ adalah si lembut yang rumit tapi berprinsip. Nah, sekarang kita bahas lebih lanjut tentang kepribadian INFJ.

 

1. Orang INFJ adalah introvert yang pinter bergaul.

INFJ sering dikira ekstrovert, karena mereka terlihat mudah bergaul dan bisa beradaptasi di berbagai model pertemanan. Padahal sebenernya INFJ adalah introvert.

INFJ paling hepi dan akan sering ngumpul bila teman-temannya baik, jujur, dan sesuai sama prinsipnya dia. Dan dia rela mengorbankan apapun demi teman-temannya ini.

Meski pinter gaul, tapi dia nggak suka berkerumun di tempat yang banyak orang. INFJ akan merasa cepet capek dan pengen segera pulang.

 

 

2. INFJ punya intuisi yang tajam.

INFJ pintar mengendus kebohongan dan kemunafikan. Dia tau kalo dia lagi dimanipulasi alias disetir, dan kadang dia biarkan saja si pembohong ini bicara.

Di sisi lain, dia juga bisa melihat sebuah masalah atau kejadian dengan sudut pandang berbeda. Ketika orang-orang mengalami masalah satu sama lain, INFJ dengan intuisinya bisa menganalisa dan menghadirkan solusi yang tepat sasaran.

Intuisi ini juga membantu dia membedakan mana sih orang yang jujur dan mana yang munafik. Dengan kemampuan membedakan kejujuran dan kemunafikan, INFJ bisa melindungi dirinya dari ditipu atau dimanipulasi.

 

3. INFJ merasa berbeda dari orang lain.

Orang dengan kepribadian INFJ tergolong langka, jadi dia agak kesulitan menemukan orang yang cara pandangnya sama dengan dia.

Makanya INFJ merasa kesulitan menemukan orang yang idenya, pendapatnya, dan sikapnya mirip dengannya. Selain itu dia juga punya kepribadian yang rumit, makanya dia sering merasa nggak dimengerti.

Makanya meskipun dia sering bergaul sama orang banyak, INFJ kadang ngerasa kesepian juga.

 

 

4. INFJ orangnya hangat dan mempesona.

INFJ orangnya ramah dan hangat. Makanya orang seneng saat dia ada. INFJ mendengar perkataan orang dengan baik, dan selalu siap membantu. Ini membuat orang selalu merasa nyaman dengan keberadaannya.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

 

5. INFJ punya empati yang tinggi.

Orang INFJ mudah memahami perasaan orang lain. Jadi kalo ada orang yang lagi sedih, atau lagi ada masalah, orang INFJ bisa mudah mengenalinya.

Dan intuisi tinggi akan perasaan orang lain ini dilengkapi dengan kepedulian, jadi INFJ siap membantu temennya yang kesulitan.

Ketidakegoisan dan kebaikan inilah yang membuat orang lain suka berada di sekitar INFJ.

Intuisi, empati, dan kebaikan hati ini membuat INFJ rela melakukan sesuatu tanpa mementingkan keinginan pribadi.

 

 

6. INFJ punya keinginan mengubah dunia.

INFJ punya rencana mengubah dunia, dan dia tau dia bisa mewujudkannya. Dia melihat hal-hal nggak baik terjadi di dunia. Dia terganggu akan hal itu, dan dia merasa bisa memberikan perubahan.

Karena INFJ adalah seorang yang berempati dan siap berkorban, makanya seringkali masalah yang berusaha dipecahkan INFJ adalah masalah kemanusiaan. Jadi yang ingin dimudahkan adalah hajat hidup orang banyak.

infj adalah, infj kepribadian, infj aneh, infj mbti, infj cocok dengan, infj artinya, infj ambivert, infj bahasa indonesia, infj indonesia, infj itu apa, infj karakteristik, infj kelebihan dan kekurangan, infj melankolis, infj misterius, infj marah, infj pekerjaan, infj penjelasan, infj singkatan dari, infj sebagai kekasih, infj wanita,

Keinginan mengubah dunia ini nggak selalu berupa jadi presiden atau pemimpin. Tapi bisa berupa menciptakan sesuatu yang memudahkan hidup banyak orang.

INFJ terkadang merasa ragu akan banyak hal, tetapi keyakinan akan cita-citanya nggak bisa digoyahkan.

INFJ juga nggak membiarkan apapun dan siapapun mengganggu keyakinan atas cita-citanya. Kalo kerjaan yang ia miliki saat ini ternyata nggak sesuai dengan prinsip hidupnya, maka dia nggak segan mengundurkan diri. Idealis memang.

Bagi INFJ, sukses itu bukan kekayaan pribadi, tapi keberhasilan memudahkan hidup banyak orang. Kelas!

 

 

7. INFJ adalah seorang visioner.

Kayak yang kita bahas barusan yaa, INFJ punya cita-cita mengubah dunia. Karena cita-citanya besar, INFJ selalu terfokus untuk bisa mewujudkannya. Cita-cita itu kemudian lambat laun berubah menjadi rencana yang kongkret, alias rencana yang bisa dikerjakan sedikit demi sedikit.

Selain mengerjakannya sendiri, INFJ nggak sungkan mengajak orang lain untuk bergerak bareng. Terutama kalo orang lain punya pemikiran atau rasa peduli yang serupa sama dia.

Karena punya empati yang tinggi dan bisa merasakan yang orang lain rasakan, INFJ jadi mudah terkoneksi dengan orang lain. Pun jadi mudah baginya untuk meyakinkan orang lain buat ikut bergabung dengannya.

 

Ini membuat INFJ seringkali pinter berorasi dan menulis, yang pada akhirnya digunakan untuk menggerakkan hati orang banyak.

Tapi karena selalu melihat masa depan, kadang INFJ lupa dengan urusan-urusan kecil yang perlu dia selesaikan juga. Makanya INFJ akan klop sama orang yang siap mengingatkan dan menyelesaikan urusan-urusan remeh temehnya.

 

8. Kamu Orangnya Ngotot

Sikap idealis INFJ membuat mereka berpikir bahwa jika ada sesuatu yang dia rasa penting, maka dia akan mengejarnya sampai dapat. Kengototan dan energinya kadang membuat orang lain kelimpungan, nggak sanggup mengimbangi.

Passion yang besar ini kadang tidak disukai orang, tapi ini adalah bagian tak terpisahkan dari orang INFJ.

 

balik ke atas

 

 

Kekurangan Orang dengan kepribadian INFJ

 

Seperti yang kita tau INFJ orangnya berempati, idealis, punya cita-cita yang besar, peduli, visioner, dan ngotot.

Tapi setiap kelebihan adalah pedang bermata dua, alias ada kekurangannya juga. Apa aja c???

 

1. INFJ orangnya sensitif

INFJ selalu berpegang teguh sama prinsip hidupnya. Prinsip hidup yang dimiliki selalu jadi jalan ninjanya. Makanya ketika prinsip hidup ini dikritik, dipertanyakan, atau diledek, maka INFJ bakalan tersinggung.

Orang dengan kepribadian INFJ juga susah menerima kritik, kalo idenya disanggah atau dipertanyakan, maka dia bakal tersinggung dan dimasukkan ke dalem hati.

 

2. INFJ memaksa orang melebihi kemampuan mereka.

INFJ memang berpassion dan bisa menggerakkan orang, tapi kadang dia mendorong orang melebihi kapasitasnya. Kalo seseorang nggak siap atau nggak mau, bisa jadi konflik.

 

3. INFJ sulit membuat keputusan yang berat.

Kadang INFJ menemui masalah sulit yang solusinya nggak memuaskan orang. INFJ yang karakternya berempati akan berat kalo harus membuat orang lain kecewa, jadi susah banget kalo harus membuat keputusan semacem ini.

Dan INFJ memang orangnya gemar menolong. Di sisi lain, kegemaran menolong ini membuat INFJ susah menolak kalo dimintai tolong.

 

4. INFJ cenderung menghindari konflik, jadi malah dimanfaatkan.

INFJ ingin membahagiakan dan menyenangkan orang lain, tapi kadang mereka melakukannya dengan mengorbankan diri mereka sendiri. Kalo nggak hati-hati malah bisa dimanfaatin.

 

5. INFJ orangnya perfeksionis.

Orang dengan kepribadian INFJ terobsesi dengan pengejaran cita-citanya. Keinginan yang besar dan kuat ini membuatnya ingin semua proses menggapai cita-cita itu berjalan sempurna.

Meskipun obsesi ini baik, kadang ada juga hambatan yang datang tanpa terduga. Atau cita-citanya mustahil terwujud. INFJ yang ingin semua berjalan sesuai keinginan kadang sulit menerima ini.

 

6. Enggan mengurusi masalah sepele.

Seperti yang kita bahas tadi, INFJ orangnya visioner. Dia mengincar perubahan besar, dan dia merasa semua yang ia lakukan sehari-hari harus mendekatkan dia ke tujuannya.

Ambisinya ini membuat INFJ enggan menyelesaikan urusan sehari-hari. Beresin kamar, cuci baju, atau belajar pelajaran yang nggak dia suka, adalah hal membosankan yang nggak mau dia lakukan.

 

7. INFJ mudah stres.

Punya passion, nggak suka urusan sepele, idealis, dan tertutup membuat INFJ susah melampiaskan beban pikiran.

Karena sulit menyeimbangkan kerja dengan main, kadang dalam waktu singkat aja INFJ udah merasa capek pikiran dan jadi lebih cranky.

 

balik ke atas

89 Replies to “INFJ, Si Lembut Hati yang Idealis

    1. Aku berdoa smg sepanjang hidup penulis artikel ini dipenuhi warna bahagia 💙 Yaampun, makasih byk ya kak, tiap kali aku cape sama dunia ini dan ngerasa gak ada seorang pun yg cukup sabar utk pahamin aku, aku dgn sengaja balik kesini cuma buat baca berulang-ulang. Aku ngerasa bener² dimengerti dan rasanya terharu, nggak percaya klo trnyata seenggaknya ada sesuatu yg bisa pahamin aku!! It seems too much but thats the truth!! Makasih byk ya kaaak 💙💙

  1. Dari beberapa artikel yang saya baca tentang INFJ, artikel ini yang paling mengena(k) dan sejiwa dengan INFJ sebenarnya. Terimakasih sudah merangkai pemahaman mendalam seperti ini 🙂

  2. Terimakasih sudah menulis artikel tentang INFJ dengan sangat rapi. Saya merasa terharu sekaligus senang karena ada orang yang memahami kepribadian saya. Tetap semangat menulis, kak! 💖

  3. Terimakasih telah menulis artikel tentang kami yang kadang kebingungan dengan diri sendiri,sering merasa sendiri,selalu berpikir banyak hal yang tidak hanya menguntungkan jangka pendek tapi merugikan jangka panjang..

  4. Gak sengaja nemu artikel ini. Dan benar-benar mirip dengan apa yang selama ini saya alami. Akhirnya saya tidak benar-benar merasa aneh sendiri 🙂

    1. Semua yang aku pertanyain selama hidup akhirnya terpecahkan :’) seneng banget jadi kenal sama diri sendiri. Hai sobat #INFJ pengen deh bisa ketemuan :” kayanya asik.

  5. Hallo. Aku INFJ dan aku sangat suka artikel ini. Semacam merasa ada yang mengerti aku xD thanks!!!

  6. Akhir nya nemu artikel yg bener2 ngerti luar dalam kepribadian ini, aku jadi sedikit dapet petunjuk untuk kedepan nya harus gimana

  7. terima kasih sudah menulis artikel ini, aku INFJ, terkadang memang butuh waktu sendiri meski senang bergaul

  8. Makasih akhirnya saya gak merasa sendiri lagi.. Bener2 artikel yang ngertiin perasaan ku luar dalam…. Saya belum mnemukan teman yg cocok.. Saya tinggalkan kontak wa saya 082250590719 mari berteman sesama org aneh yg sulit di pahami hehee

  9. This is the first time aku baca artikel yg bnr2 mengena(k) ttg diri aku sndiri, berasa kaya baca buku harian diri sndiri, dan liat komen lainnya aku ngerasa senang krn trnyata aku ga bnr2 sndirian :’) Rasany kaya ad yg bner2 ngertiin diri aku, thank you

  10. this is interesting! saya gadis INFJ , umur saya 15 tahun .beberapa yg di sebutkan di atas hampir semua benar dengan tipe kepribadian unik saya. saya sangat mudah memahami derita, beban,masalah orang lain dan bahkan saya bisa menyelesaikan masalah masalah tersebut dengan mudah. saya juga bisa membuat orang agar bisa terbujuk atau terpengaruhi dengan suatu pemikiran saya, beberapa teman saya mengatakan bahwa setelah saya memberikan nasehat atau saran kepada mereka, mereka merasa lebih baik dan sangat berterima kasih kepada saya. saya pun senang bisa membantu mereka karena saya berpikir seperti ini : ” KITA SEMUA SUDAH TINGGAL DI DUNIA INI CUKUP LAMA, KONTRIBUSI APA YANG HARUS KITA BERIKAN, DARI KITA DATANG KE DUNIA INI SAMPAI MENINGGALKAN DUNIA INI NANTINYA” .intinya bagi seorang infj, Sukses itu adalah hal yang dimana jika anda mengerjakan suatu hal bukan hanya berguna bagi diri saya tetapi berguna juga untuk jutaaan orang di luar sana . Tetapi sebagai seorang introvert, terlebih saya seorang INFJ saya juga selalu berpikir mengapa orang sangat sulit memahami pikiran saya. tetapi sy juga sadar kalau saya ini benar benar berbeda dari orang lain dan saya hanya bisa seperti yaa sudahlah its ok. . . . . .Yang lebih saya sayang kan adalah kepribadian INFJ itu langka, Padahal seharusnya Dunia ini sangat membutuhkan orang orang seperti kami. .Salam INFJ 🙂

  11. Artikel ini benar-benar berguna bgt bagi aku kak. Aku jdi paham sma diri aku sendiri. Bener bgt klo selama ini aku tuh merasa jdi org yg aneh. Dengan baca dan memahami artikel ini aku jdi paham sma diriku sendiri. Makasih bgt kak uda menulis artikel ini dgn saat detail.

  12. Terimakasih buat artikelnya yg dimuat dalam bahasa indonesia dan bener2 bisa dimengerti. Aku akan balik kesini terus jika butuh semangat. Aku INFJ-T dan dengan artikel ini bisa membuatku paham dg diri sendiri dan mulai merencanakan satu persatu rencana buat masa depan.

  13. Awalnya aku mikir ada yang aneh sama diriku, aku aslinya introvert kok kadang kayak ekstrovert😀 akhirnya aku ngerti, thx ya kak😇

  14. Makasih banget buat pembuat artikel ini😭, aku pikir aku orangnya aneh dari orang lain dan mulai pikiran aneh2 ttg diri sendiri, eh taunya aku punya kepribadian INFJ dan setelah baca artikel ini akhirnya aku tau kepribadian aku yang sebenarnya itu kek apa

  15. Hey kamu gak sendirian, ayo kita buat dunia ini lebih baik lagi, mulai dari yang terkecil dan yang terdekat. Salam INFJ.

  16. Dari kecil udah ngerasa beda dari yg lain, mulai dari tau seseorang bohong, mau manfaatin sampe munafiq pun udah ketebak banget. Dan percaya ga percaya gw cuman punya 2 temen loyal selama 19 tahun ini, karena tau banget mana yg bener temen atau sekedar ‘temen’. Thank’s buat yg udah nulis ini, jadi bisa lebih tau tentang diri sendiri dan lebih pd aja kedepannya 🙂
    *pas baca artikel ini kek gw banget nih wkwk

  17. Selama ini aku suka bertanya2 sifat seperti apa yg aku miliki ini. Dan setelah ngelakuin tes MBTI + baca ini artikel, akhirnya aku paham dengan sifat ku yg selama ini aku pertanyakan. Makasih buat yg udah nulis artikel ini☺

  18. Terimakasih karena sudah mendeskripsikan INFJ dengan sangat baik. Akhirnya ada yg memahami kami as a human being. Di saat teman-teman saya membahas tentang artis, atau sesuatu yg sedang hits, sy merasa terasing krn tidak tahu sama sekali (& tidak berminat untuk tahu). Sy merasa hidup ini terlalu sayang jika dihabiskan untuk membahas artis/ gosipin orang lain. Tp di sisi lain kita akan dianggap aneh jika tidak ikut membahas hidup orang lain, karena dengan begitulah kebanyakan manusia akan lebih akrab, dengan membahas hal yg tidak penting. Sekian curhat saya, hehe.

  19. all of them, its “ME” basically from top to toe. hahaha thanks for this article 🖤 i literally dont see much from everyone surrounding me, its like “they could never understand me” and yes, up till now, i havent met people who really did.

  20. Wah, baru kali ini nemu artikel yang bener2 cocok sama diri gw sesungguhnya. Akhirnya jadi makin ga bingung sama tingkah diri gw sendiri ini wkwk. Terimakasih ya mas Robi selaku penulis artikel ini.

  21. Luar biasa.. tulisannya ngena bgt, ibarat penulisnya udah lama interaksi/ kenal lama sama diri saya, padahal belum 😄
    Keren.. jadi tambah wawasan & lebih bisa nerima diri sendiri sbg pribadi yg unik
    Terimakasih byk penulis 👍

  22. Ayo temen-temen INFJ kita ketemuan huhu 🙁 seneng banget baca komentarnya serasa bertemu kawanan sepemikiran

  23. Terima kasih banget dengan artikel ini cocok sama guwe terimakasih telah menjelaskan dengan baik , bener bener ngerasa sulit dipahami sama teman” dan sering berasa aneh beda dengan yang lain, kok aku gampang pergaul tapi aku ini introvert ,mudah stress banget,

  24. aku baru nemu artikel ini dan terharu karena sevalid itu :” Terima kasih untuk kalimat-kalimatnya yang sangat menggambarkan apa yang aku sering rasakan. Rasanya seperti ada yg meluk dan bilang gpp jadi rumit. Keep inspiring!

  25. Artikel yang mendalam dan detail. Bikin saya jadi bisa flashback semua kejadian dalam hidup saya dan tarik benang merahnya.

    Saya ga yakin dengan kepribadian saya, setiap tes kadang intj, kadang infj. Kalo baca-baca lagi koq mirip infp juga. Hahaa sudahlah. Terlalu sering tes kepribadian bikin saya jadi punya pola jawaban yang sama.

    Baca artikel ini harus sampai habis, karena kita bisa lihat kemiripan karakter yang tertulis dengan kita bisa sampai 90% dari sisi positif maupun negatif.

    Thank you so much for the article 👍😊

  26. Selama ini suka bingung sama kepribadian sendiri, akhirnya menemukan yg sama. Ini aku bgt .

  27. Seandainya bisa ketemu sama sesama INFJ secara ga sengaja. Pasti seru, di bumi yang bulat ini kenyataannya INFJ sering merasa kesepian karena kepribadiannya yang sulit dipahami.

  28. Persis banget kyak yg aku rasain selama ini. Semua hal udah aku laluin selama ini dan artikel ini mewakili perasaan gw selama ini, gw kira gw yg paling idealis😭

    1. Sangat relate. Ngerasa baca tulisan sendiri. Thanks a lot for ur article. I wonder whether u r INFJ. Salam kenal semua teman2 di kolom komentar yang selama ini merasa aneh sendiri. You are not alone guys. Semoga bisa meet up in person ya. I wish to keep in touch with you, the INFJs. If u don’t mind, just contact me on my Instagram: syasa_ma. I’d like to have people in this rarest personality. I feel the same way with yours. Happy feeling in iNtuition teman-teman :-))

  29. Aku pernah request tentang INFJ, sekarang udah ditulis yeee.Terimakasih banyak, tulisanya lengkap banget. Dari berbagai artikel INFJ yang ku baca cuma ini yang paling lengkap. Terimakasih ya,banyak tulisanya yang aku ss wkwk.

    Semangat nulisnya lagi mas robi, aku banyak terinspirasi dari website ini ;))

  30. Hai, terima kasih sudah menulis versi bahasa Indonesianya dengan bahasa yg tidak kaku, jadi bisa lebih memahami.

    1. Sebenarnya sy tdk terlalu percaya dengan hasil akhir tes mbti krn sy pikir kepribadian orang bisa berubah2 tp tetep coba2 tes mbti 2x malah😅 krn kesenangan tersendiri aja sih. Dan hasilnya selalu INFJ-T. Dan saya baca2 mengenai INFJ ada benarnya tp ada juga kata yg kurang saya pahami, pas cari lg tentang INFJ nemu dan baca artikel ini saya sangat paham dan mengerti dr setiap katanya krn 90% mirip dengan saya. Mulai dari kelebihan, kekurangan sampai pertemanan dsb-nya pun hampir sama. Diantara semua teman ada satu yang membuat saya merasa dimengerti yah artikel ini. Makasihh ya udah buat artikel ini😊 sy aslinya pendiam tp klo nemu yg nyambung dan ngerti sampe nulisnya panjang lebar gini sesama INFJ pasti paham dong haha. Suskses terus yahh

  31. Dear writer,

    Makasih udah terlahir.
    Makasih udah hadir. Dan,
    Makasih udah nulis artikel ini :’)

    Salam kenal ya İNFJ’ers ;).
    Calon2 orang hebat full manfaat insha’Allah

  32. Thanks ya, akhirnya ada yang benar-benar memberikan pemahaman soal kami dengan baik, dan ngeliat komen temen2 diatas, akhirnya nemu yang sepemikiran😊 panjang umur semuanya😙

  33. Artikelnya bermanfaat sekalee kak, isinya jg padet dan mudah dimengerti. Rasanya aku jd lebih bersyukur dan bisa mengenal diri sendiri dgn lebih baik. Smngt trs ya kak dlm berkarya, bagus bgt nih artikel, isinya mendalam bgt. Terimakasih kak 🙂

  34. dari tadi selama baca artikel ini selalu bilang sendiri YES,YES.YES :),karena memang yang dituliskan di artikel ini itu benar benar apa yang selalu aku lakukan dan inginkan selama ini 🙂

  35. Hmmm bnr cm klo g mau beresin kamar, cuci baju, dan belajar ko g sesuai y ma ak sdg ak malah nglakuin itu smua. Hehe..anyway thank you udh atas penjelasannya.

  36. Tim INFJ merapat yuk guysss, aku tinggalin nomor WA ku yah semoga bisa jadi teman hehe. 0878 5355 5676 | IG : rakawica

  37. Aku kepo-kepo setelah tau aku INFJ. eh gak sengaja Nemu page ini. Dan setelah ngebaca semuanya, aku bener-bener ngerasa tenang dan seneng banget. Tiap katanya itu detail terus sesuai banget sama aku. Makasih banyak buat yang nulis,artikelnya bener-bener bermanfaat🥰😘

  38. Sangat relate. Ngerasa baca tulisan sendiri. Thanks a lot for ur article. I wonder whether u r INFJ. Salam kenal semua teman2 di kolom komentar yang selama ini merasa aneh sendiri. You are not alone guys. Semoga bisa meet up in person ya. I wish to keep in touch with you, the INFJs. If u don’t mind, just contact me on my Instagram: syasa_ma. I’d like to have people in this rarest personality. I feel the same way with yours. Happy feeling in iNtuition teman-teman :-))

    1. Salam kenal.. Aku infj juga.. Senang akhirnya semua kebingunganku selama ini tentang diri sendiri ternyata memang termasuk salah satu jenis kepribadian hehe.. Aku kira aku orang aneh sendiri atau aku punya masalah kejiwaan apalah.. Ternyata emang seperti ini yaaa… Hah sy lega. Terima kasih penulis 😊🙏🏻

  39. Yg selama ini kurasakan tp gak bisa mengkalimatkan, dan artikel ini bisa membuat kami kaum INFJ bahagia setelah membacanya, sebab kami merasa di mengerti, kami merasa legah sebab kami bisa lebih mengenali diri sendiri, kami juga akhirnya gak merasa sendiri lagi sebab ternyata di sini banyak juga kaum INFJ. Salam Hangat💕

  40. Seneng banget bisa baca kepribadianku secara lengkap di sini.
    Well yg ditulis mengenai INFJ di sini, bener² pas banget sama yg aku rasakan selama ini.

    Hai kalian para INFJ, apakah ada grup khusus bagi kita?
    Sepertinya akan seru jika kita berkawan baik, meski jarak jauh.
    Anyone, silahkan mampir ke IG ku ya @timoybudhyarto, mari kita berteman. Jangan lupa sapa aku dan katakan jika kalian menemukanku melalui artikel INFJ ini.

  41. Terimakasih sudah menulis tentang kepribadian INFJ, jadi aku bisa melihat kelebihan dan kekurangan berdasarkan kepribadian INFJ

  42. Artikel yang sungguh mantap. Tapi dari artikel ini muncul pertanyaan dari saya. Apakah INFJ ini “perfectnya” ngumpul / berpasangan sama INFJ juga?

  43. Halo, Kak! Terima kasih banget udah nulis hal yg sangat menggambarkan INFJ. Bener2 merasa dipahami, dan perasaan yg sangat langka bgt sebenernya. :’) Sekali lagi terima kasih yaa, Kak! Smg segala yg disemogakan sm Kakak dapat tersemogakan, aamiin:)

  44. Pas baca artikel ini langsung…. “Wah ini bener-bener aku banget!”
    Sebagai INFJ saya mau ngucapin terimakasih sudah menulis artikel tentang ini ya! ^^

  45. Hampir nangis baca ginian asliiii, ngerasa g aneh lagi skrg
    Eh klo mau kenalan sesama infj bisa bgt dm ig @yaagituajasih

    Its really good if i have a chance to know u all

  46. Terima kasih, bberapa hari ini aku baru menemukan artikel ini, isinya sama persis yang aku rasakan :’)

    Salam kenal ya para INFJ ♡

  47. Wuah kok bisa mirip banget… Aku suka keramaian tapi tiap kali di keramaian ngerasa nggak nyaman dan pengen pergi.

  48. Terima kasih, setelah tes kepribadian dan hasilnya infj t terus nemu ini dan akhirnya pertanyaan saya selama ini tentang diri saya terjawab. Suka merasa aneh sendiri kenapa kebanyakan orang disekitar gk sepemikiran ternyata ini toh alasannya😭😭

  49. Menurut pengalamanku sebagai infj itu emg pendiam, selalu dibilang freak pdhl ga ngapain2 jg diblg begitu giliran deketin org disangka sok akrab serba salah jdnya, akhirnya lama2 lebih nyaman kalo sendirian.. kalo mau ke pesta atau pidato selalu gugup dan cenderung cr tmpat di pinggir, bahkan pas lihat org lain lg bicara di dpn umum aja malah dia yg gugup.. sebagai pendengar curhat emg plg baik sih karena seorang feeler/empath dan memberikan solusi tanpa menyerang perasaan. Yang plg penting infj selalu merasa ada yang salah dengan hidupnya atau dunia (meskipun dunia yg terlihat aman dan tentram) karena punya sense of justice dan ingin berubah menjadi lebih baik.

  50. Akhirya setelah coba untuk memahami diri sendiri tentang kenapa suka menyendiri dan berkelana memikirkan hal rumit; mempunyai temen dekat namun tiba” menarik diri untik sendiri; dll, ternyata terungkap semua disini

    Terima kasih untuk penulis yang memahami keprinadian ini
    semoga selalu diberi kebahagiaan selalu baik di dinia maupun akhirat nanti

  51. 10 kali mengikuti tes MBTI di web yang berbeda-beda. 8 kali hasilnya sama, yaitu INFJ.
    Saya sering merasa bingung dengan diri sendiri. Seperti tak ada yang mengerti saya. Sering juga saya berpikir berlebihan, bagaimana jika terjadi ini dan itu di masa depan, bagaimana jika orang lain membenci saya. Dan setelah membaca artikel ini, saya jadi semakin mengerti tentang diri saya. Terimakasih, author!

  52. Masya Allah, menggambarkan banget ini mah. Aku kira aku sendiri yang merasa aneh daripada orang-orang disekitar ternyata memang kepribadian INFJ itu seperti itu.
    Alhamdulillah, terimakasih artikel nya kak insya Allah sangat bermanfaat.
    Semoga selalu diberikan kelancaran dalam menyampai hal-hal yang bermanfaat. Semangat kak

  53. Thanks kak udah buat artikel ini,ngebantu buat memahami diri sendiri.emang sih aku ngerasa kalo aku INFJ dan emang banyak pemikiran pemikiran rumit yang kadang orang lain nggak ngerti jadi kadang sulit buat ngungkapinnya tapi adanya artikel ini kayak ngerasa ada yg ngertiin gitu..hehe. and at last hi para INFJ.

  54. serius.. tulisan ini bener” sesuai dengan diri aku banget, jadi ini alesannya aku ga suka krj kantoran :’) pgn deh meet up sama kalian yg infj juga.. keknya bakal seru karna kita 1 frekuensi haha

  55. WOW!!! Makasih banyak untuk penulis yang sudah menulis artikel tentang kepribadian INFJ ini. Semua poin-poin dan penjabarannya ngenak banget terutama di bagian “seorang INFJ yang kadang membutuhkan waktu untuk sendiri”. Dan kadang itu yang membuat banyak orang disekitarku yang merasa aneh denganku karena ada saat dimana aku menarik diri dari sekumpulan pertemanan. Bukan karena aku ada masalah dengan mereka atau mereka melakukan kesalahan yang tidak sesuai dengan prinsipku. Tapi, memang aku-nya yang sedang butuh ruang untuk sendiri. Kadang orang-orang sulit untuk bisa memahami itu. Tapi kemudian balik lagi aku berpikir bahwa “ya inilah aku”.

  56. aku baca ini sambil senyum-senyum, kok penulis bisa tau gitu :v seneng bgt berasa ada yg peduli sm kita 🙂 selama hidupku yg skrg sudah berumur 16 tahun, aku blm juga menemukan org yg sefrekuensi denganku:) tapi bukan berarti aku gak punya tmn deket ya, punya, tapi ya gitu kadang mereka ga bisa paham sm aku 🙂

    1. yashh me too, btw aku jga 16 tahun wkwk, bener banget apa yg ditulis di artikel ini, sama seperti yg aku rasain, seneng juga ada yg ngertiin kita, makasii ya buat yg nulis artikel ini skrng aku jdi ngerti knpa kadang aku jadi ngerasa asing sm orang” dan mereka suka ga paham sama cara berpikir aku…

  57. Hai semua, ayo bikin grup WA INFJ, pasti seru kalo sesama INFJ bisa ngumpul, bisa saling sharing dan bebas berekspresi. Ini nmr ku 089510060700 (WA)

  58. Seneng banget si hehe… Emang baru kemaren tes MBTI nya, tapi udah merasa punya sifat kayak di atas dari lama, jadi sekarang udah lumayan bisa dihandle kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *