Tipe Kepribadian ENFP, Si Kepo yang Punya Banyak Ide

kepribadian enfp adalah, kepribadian enfp cocok dengan, kepribadian enfp sebagai kekasih, tipe kepribadian enfp, tipe kepribadian enfp-t, tipe kepribadian enfp-a, arti kepribadian enfp, kepribadian enfp-a, ciri kepribadian enfp, kepribadian yang cocok dengan enfp, kepribadian enfp a, tipe kepribadian enfp (extraverted intuitive feeling perceiving), fakta kepribadian enfp, karakter kepribadian enfp, penjelasan kepribadian enfp, kepribadian enfp-t,

Kita akan bahas definisi tipe kepribadian ENFP, ciri-cirinya, kelebihan dan kekurangannya, serta pasangan yang cocok untuk ENFP.

 

Hai! Kali ini saya akan ngebahas satu lagi tipe kepribadian dalam MBTI, yakni ENFP.

Saya ngeliat respon tentang tipe kepribadian selalu positif, jadi saya pikir semakin lengkap pembahasan saya tentang ini, manfaat situs ini makin dirasakan banyak orang.

Iklan!

Kali ini kita akan bahas tentang ENFP, si petualang yang selalu ceria tapi gampang stres. Kelebihannya, kekurangannya, pasangan kayak apa yang dia butuhkan, serta karir kayak apa yang pas untuknya.

Siap?

 

Daftar Isi (Klik untuk membaca)

 

 

 

Sekilas Tentang ENFP

 

Kita mulai! Jadi, apa itu tipe kepribadian ENFP?

ENFP adalah salah satu tipe kepribadian di dalam MBTI. ENFP sendiri terdiri dari Extraversion, Intuition, Feeling, dan Perceiving.

Kombinasi ini membuat seorang dengan kepribadian ENFP punya sikap yang terbuka dan ramah. Ia mahir dalam memberikan inspirasi, serta mewarnai kehidupan orang di sekitarnya dengan kebaikan.

Selain suka petualangan, Dia juga punya rasa cinta yang dalam terhadap semua orang. Ini terlihat dari dominan Feeling dalam kepribadiannya. Dia punya kepedulian yang tinggi, dan mau berkomunikasi tanpa banyak memilih. Sikap antusias yang ia punya membuat orang merasa nyaman berada di dekatnya.

Dia juga memiliki prinsip-prinsip hidup yang selalu dijadikan pegangan dalam kehidupan.

Meski berpegang teguh pada prinsip, tipe kepribadian ENFP juga punya Intuition yang tinggi, elemen yang kerap ada pada orang kreatif.

Orang dengan tipe kepribadian ini memang menawan, energik, dan mandiri. ENFP juga akan bersinar di situasi di mana dia bebas menuangkan imajinasi.

 

 


Kelebihan Orang Dengan Tipe Kepribadian ENFP

ENFP adalah seseorang yang menjunjung tinggi kebebasan sejati. Ia kadang menjadi pusat “kemeriahan” di dalam geng atau kelas. Meski selalu terbuka dan bikin suasana jadi ceria, sebenernya ENFP kurang tertarik pada sekadar hura-hura. Dan dia sejujurnya lebih menikmati koneksi sosial dan emosional yang mendalam dengan orang lain, siapapun itu.

Kuy kita bahas lebih lanjut!

 

1. ENFP orangnya gampang penasaran

ENFP sejatinya bukan seorang yang suka merenung sendirian. Kalo butuh ide atau sumpek, ia secara random bisa pergi keluar rumah. Dia juga bisa berkenalan dengan orang-orang baru, ngobrol dengan orang yang nggak dikenal, dan mencicipi makanan yang belum pernah dimakan.

Karena imajinatif dan terbuka, ENFP nggak ragu untuk keluar dari zona nyaman. Stabil dan tenang bukanlah jalan hidupnya. Ia juga melihat hidup sebagai labirin yang perjalanannya harus dinikmati.

 

2. Suka mengamati

Perjalanan pemikiran ENFP selalu diawali dengan keingintahuan. Ini dilengkapi pula dengan kebiasaannya yang suka mengamati. Alih-alih menebak, ENFP akan mengamati dengan seksama apapun yang ingin ia tau, dan ia mencoba menyimpulkan setelah pengamatan yang lama.

Tanpa ia sadari, ENFP sebenernya percaya bahwa tidak ada sesuatu yang terjadi tanpa alasan. Setiap kejadian adalah bagian dari sesuatu abstrak yang lebih besar, dan ENFP ingin mengetahui apa sih si abstrak yang lebih besar ini.

Untuk memuaskan keingintahuannya, ENFP mencoba memperhatikan semuanya, dan berusaha untuk nggak melewatkan satu momen pun.

 

3. ENFP punya energi dan antusiasme yang besar

Saat mengamati, membentuk koneksi dan menemukan ide-ide baru, ENFP nggak memendamnya sendiri. Ia akan mengutarakan apa yang ia baru aja temukan, dan menceritakannya sama siapapun yang tertarik mendengarkan.

Ini membuat ENFP menjadi teman yang menarik untuk membicarakan ide dan konsep. Soalnya ngobrolinnya semangat.

Antusiasme ini menular, dan ini memudahkan ENFP dalam berkenalan dengan orang baru. Perkenalan ini juga membantunya menemukan sumber informasi dan pengalaman yang lebih baru lagi.

Karena punya elemen Perceiving, alih-alih mendebat pendapat orang, dia akan menyesuaikan pendapat teman-teman baru itu ke dalam pemikirannya sendiri.

 

4. Pintar bicara

Alasan lain kenapa ENFP punya banyak teman adalah karena dia pinter ngomong.

ENFP punya kemampuan komunikasi yang baik. Ia pintar mengutarakan idenya secara gamblang. Karena disampaikan dengan antusiasme yang tinggi, mood obrolan juga jadi lebih mudah terangkat, membuat ngobrol sama ENFP cukup seru.

ENFP menikmati semua jenis obrolan. Entah itu ringan atau yang agak dalam. Ia juga bisa mengarahkan obrolan ke arah topik yang disukai, tapi somehow terasa mengalir dan nggak menyinggung.

 

5. Tahu kapan bercanda

Nggak semua diskusi harus ribet. Bercanda dan kadang ngomongin yang nggak jelas pun perlu juga, untuk mengangkat mood dan lebih rileks.

ENFP pun tau hal ini, dan ia menganggap bahwa bergembira juga penting.

Elemen Intuisi dalam diri ENFP membuatnya tau kapan waktunya mengendurkan percakapan, jadi yang mungkin tadinya hampir jadi ribut tau-tau bisa diarahkan ke candaan.

 

 

6. Populer, tapi nggak sombong

Semua kemampuan berpikir dan berkomunikasi ini berhasil membentuk ENFP menjadi seseorang yang mudah didekati, menarik, dan mengasyikkan, tapi tetep mau membantu dan berempati sama siapapun yang membutuhkan.

kepribadian enfp adalah, kepribadian enfp cocok dengan, kepribadian enfp sebagai kekasih, tipe kepribadian enfp, tipe kepribadian enfp-t, tipe kepribadian enfp-a, arti kepribadian enfp, kepribadian enfp-a, ciri kepribadian enfp, kepribadian yang cocok dengan enfp, kepribadian enfp a, tipe kepribadian enfp (extraverted intuitive feeling perceiving), fakta kepribadian enfp, karakter kepribadian enfp, penjelasan kepribadian enfp, kepribadian enfp-t,

ENFP bergaul dengan hampir semua orang, dan lingkaran pertemanannya tergolong luas.

 

 


Kekurangan Orang dengan kepribadian ENFP

ENFP emang seorang people’s person. Orang-orang suka bergaul sama dia, dan dia pun orangnya petualang yang selalu berani keluar dari zona nyaman.

Tapi setiap kepribadian pun punya kekurangan, atau tantangan yang harus dikelola dengan baik.

Apa aja tuh?

 

1. Jago di konsep, lemah di pengerjaan.

Misalnya diharuskan memulai suatu proyek, ENFP punya lautan inspirasi yang luas. Bahkan kalo dia nggak punya ide sekarang, sedikit diskusi dan turun ke jalan, maka ENFP akan membawa oleh-oleh sejumlah ide yang siap dikerjakan.

Masalahnya, ENFP bukan tipe yang suka detail.

Duduk diam, berpikir, dan mengerjakan suatu ide sampe selesai bukan keahlian ENFP. Dia suka konsep besar, tapi kalo ditanya soal angka dan data yang mendetail, biasanya dia mundur pelan-pelan.

Makanya, ENFP butuh teman di dalam tim yang harus rela menendang dia setiap hari, memaksa dia mengerjakan idenya sampe selesai.

 

2. ENFP orangnya susah fokus

Serupa dengan kekurangan yang sebelumnya sih. ENFP memang lebih suka turun ke jalan dan memikirkan ide-ide besar. Tapi kesenangan untuk aktif ini menghambat dia saat harus duduk diam dan konsentrasi.

Sulit bagi ENFP untuk mempertahankan konsentrasi. Rutinitas yang menjemukan, angka dan data, dan harus bekerja tanpa inspirasi adalah neraka kecil baginya.

Dia juga suka mencoba hal baru. Misalnya mencoba main gitar, ngedance, belajar bahasa, apapun deh. Tapi biasanya cuma dicoba bentar terus bosen.

 

Iklan!

3. Suka overthinking

Kayak yang udah kita bahas, ENFP menganggap nggak ada sesuatu yang kebetulan. Ia selalu mencari makna dari hal-hal sederhana.

Tapi ini juga berdampak saat dia tersinggung sama bercandaan orang. Dia bisa mikirin itu semaleman. Atau kalo cowok yang dia suka ternyata ngeliatin dia. Itu bisa dia pikiriiin terus. Baperan lah pokoknya.

 

4. Gampang stres

Kelakuan overthinking ini nggak hanya terjadi ke masalah pribadinya doang. ENFP bisa sangat sensitif, dan sangat peduli dengan perasaan orang lain. Ini bisa membuat ENFP ikut kepikiran masalahnnya orang, sampe-sampe dia sendiri tanpa sadar jadi terbebani.

Terus juga ENFP emang susah konsentrasi dan overthinker, kombinasi yang cocok banget untuk bikin seseorang jadi gampang stres.

 

5. Emosinya intens

Dengan elemen Feeling dalam kepribadiannya, rasanya gampang ditebak kalo ENFP punya emosi yang intens. Kalo bahasa gampangnya emosian. ENFP bahkan melihatnya sebagai bagian utama dari dirinya, dan emosian itu sering terlihat juga kok.

Emosian sendiri nggak selalu berarti gampang marah. Emosi sendiri berarti sebuah perasaan yang kuat. Ini bisa ditunjukkan dengan mudah ketawa, mudah nangis, dan gampang kesel juga. Kamu mungkin punya temen yang orangnya dataaaar banget, nah ENFP adalah kebalikan dari itu.

Kalo ketika berada di bawah tekanan, dikritik atau sedang ribut sama seseorang, ENFP bisa menyemburkan emosinya dengan cara yang kurang sehat.

 

6. Nggak mau diatur

ENFP nggak suka aturan ketat. Aturan ketat akan menghambat dia, si independen yang cinta kebebasan.

Padahal dia hidup dalam dunia yang semua ada peraturannya. Dan ini mungkin akan jadi tantangan baginya dalam kehidupan di masa dewasa.

 


Tipe Kepribadian ENFP dan Pasangannya

Orang dengan tipe kepribadian ENFP adalah kekasih yang seru.

Kalo mau jadi pacarnya, harus berani mencoba banyak hal baru dan harus siap mengimbangi semangatnya yang besar.

Bagi ENFP sendiri, pacaran adalah sarana untuk mengeksplorasi dan berimajinasi, dan nggak hanya untuk jalan-jalan; tapi juga buat ngobrol dan mendiskusikan banyak hal sepanjang malam.

Meski ramah dan kenal banyak orang, tapi ENFP sebenernya setia kok sama pasangan. Dia bisa berkomitmen penuh untuk menjaga hubungan itu.

Sekarang kita akan bahas gimana sih kepribadian ENFP terhadap pasangan, dan apa yang harus dilakukan seseorang yang punya pacar berkepribadian ini.

 

1. ENFP adalah pasangan yang antusias dan selalu mau tahu

ENFP selalu bersemangat terhadap kehidupan. Ia juga selalu ingin tau lebih dalam tentang keadaan dan orang-orang di sekitarnya.

ENFP mudah bersemangat bahkan pada hal-hal yang kecil. Ia mudah tertarik terhadap sesuatu, dan selalu mau mencoba sesuatu yang baru (walaupun mungkin gak diperdalam).

ENFP butuh pasangan yang punya semangat serupa. Pasangan yang sama-sama kepoan, mau mencoba sesuatu, dan gampang excited akan membuat hubungannya penuh keseruan dan hal-hal menarik.

Pasangan yang punya banyak hal buat diceritakan atau didiskusikan juga bakal cocok buat ENFP. ENFP selalu suka inspirasi baru, dan kalo pasangannya pinter, obrolannya bisa berjam-jam.

 

2. ENFP independen tapi sesekali mau dimanja.

Udah menjadi watak ENFP untuk peduli sama orang di sekitarnya. Dia selalu memperhatikan orang-orang di sekitar, keadaan temen-temen, dan mungkin paling kepo sama story atau postingan temen.

Kekepoan ini bukan tanpa alasan; ENFP juga orangnya peduli. Dia bertanya duluan karena mau membantu dan membuat orang lain hepi.

Sebenernya ENFP mau juga diperlakukan seperti dia memperlakukan orang lain. Dia juga mau dimanja dan ditanya, dan dia mau melemparkan “kode-kode” yang kemudian disambar dan dipenuhi oleh pacarnya.

Meski dia tau kalo dia pengen dimanja, tapi orang berkepribadian ENFP nggak mau mengutarakan kepengenannya itu. Karena balik lagi ke sifatnya yang independen dan gak mau bergantung. Makanya, pacarnyalah yang harus peka dan inisiatif.

Orang yang mau menggaet cinta ENFP harus bisa peduli sama dia, dan selalu menyediakan waktu untuk menanyakan kabar. Kontak rutin juga perlu sih, terutama di jam-jam kerjanya yang membosankan.

ENFP juga suka diberikan chat atau surprise kecil. Itu adalah bukti kalo ada orang yang selalu mikirin dia, dan dia bahagia dengan itu.

 

3. ENFP kadang genit tapi dia nggak serius kok.

ENFP orangnya ramah ke banyak orang, tapi dia setia. Keramahan ini kadang disalahartikan sebagai genit atau menggoda atau naksir, padahal nggak begitu.

ENFP emang pada dasarnya outgoing dan antusias sama banyak orang. Dan kadang orang yang diajak ngobrol ini ngerasa kayak dipeduliin banget, dan mereka yang baperan mungkin akan menganggap ini sebagai bentuk naksir.

Saya sering banget mendapatkan komentar tentang ini di artikel tentang ciri-ciri orang naksir. Sebagian emang punya tanda-tanda naksir, tapi lebih banyak lagi yang cuma salah paham aja.

Anyway! ENFP nggak suka disindir atau dianggap nggak bisa menjaga komitmen. Dan dia juga nggak suka kalo dilarang berkontak sama orang lain. Itu mengekang kebebasannya.

Kalo kamu adalah pasangannya orang dengan ENFP, maka percayalah sama kesetiaannya. Keramahan itu bukan genit, tapi emang dianya yang baik. Kamu sebagai pacarnya harus mengerti dan bangga dengan kebaikan itu, karena, di antara sekian banyak orang yang naksir sama dia si ENFP ini, dia memilih kamu.

 

Iklan!

4. ENFP punya kepribadian yang berlapis-lapis

Meski ramah dan outgoing, ENFP tetep bisa menyimpan masalah pribadinya untuk dirinya sendiri.

Dia kepoan terhadap masalah dan kebingungan orang, tapi dia nggak sembarangan menceritakan masalah dan kebingungannya sendiri.

Makanya sebagian orang merasa kalo mereka adalah temen deket si ENFP, tapi ENFP nggak ngerasa begitu.

Dia jarang membagikan rahasianya. ENFP memikirkan dan merasakan banyak hal, terlalu banyak sampe dia sendiri kadang nggak bisa menerjemahkan emosinya sendiri.

Karena begitu banyak hal yang ENFP pikir dan rasakan, maka rahasianya cuma untuk orang-orang yang sanggup mengimbanginya dalam pembicaraan yang dalam dan panjang. Dia memilah dan memilih pada siapa dia harus menceritakan lapisan terdalamnya.

Karena itu pasangan ENFP harus bisa mencintai setiap lapisan-lapisan kepribadiannya. Pasangan ENFP harus pintar menanyakan keadaan, perasaan, dan pikirannya. Karena ENFP jarang menceritakan masalah pribadinya, maka pasangannya kudu inisiatif nanya duluan.

 

 

5. Dia butuh pendengar yang baik

Ciri khas extrovert adalah mereka gampang bicara. Terlalu mudah sampai kadang kata-katanya keluar lebih cepet dibandingkan pikirannya.

Elemen ekstroversi ini juga ada di tipe kepribadian ENFP. Ini bikin dia suka salah ngomong, keceplosan, atau mengutarakan sesuatu yang akhirnya dia sesali.

ENFP juga sering bergumam atau mikir sambil ngomong. Jadi jalan pikirannya kadang bisa diikuti oleh orang di deketnya, yang penting orang itu kuat nguping aja. Atau kalo nyari sesuatu bukan pake mata, tapi pake mulut. Alias kalo nyari sesuatu mulutnya ikut ngomel.

Sikap asal bicara dan nyeplos itu akan berkurang seiring bertambah dewasanya dia. Tapi bagian bergumam dan banyak ngomong itu akan terus bertahan sih.

Makanya, ENFP butuh pasangan yang bisa dan mau mendengarkan. Pasangannya kudu sabar dalam mendengarkan dan memahami cerewetnya dia. Dan perlu diketahui juga kalo ENFP selalu ngomel bukan berarti dia minta bantuan. Dia cuma mau ngomong aja.

Dan selalu berikan ruang bagi ENFP untuk bebas berbicara. Dia yang dibiarkan bebas ngomong akan ngerasa kamu sebagai safe space-nya dia. Dan itu bikin dia makin nyaman.

 

6. ENFP butuh pasangan yang suka memuji dan ngegombal

Kita udah bahas tadi kalo ENFP orangnya overthinker. Dan dia juga gampang antusias. Ini sebenernya bikin dia gampang dibikin seneng juga.

Dia juga bisa melakukan segalanya demi orang lain. Di sisi lain, dia sendiri bertanya-tanya apakah orang lain juga merasakan hal yang sama dengannya.

Makanya ENFP seneng dipuji atau digombalin. ENFP orangnya verbal kan, jadi pujian atau gombalan verbal udah cukup bikin dia seneng. Pujian juga menegaskan kalo kita mengapresiasi semua usaha yang dilakukan oleh dia, dan ini bikin dia hepi.

Tapi tetep sih pujiannya harus yang spesifik dan jangan diulang-ulang. Kalo kamu kreatif dengan pujian kamu, dia akan terus merasa hepi.

Dan jangan muji melulu sih. Kasi juga dia apresiasi dalam bentuk perbuatan.

 

7. Jangan ribet sama detail, biarkan mengalir

ENFP adalah orang bebas yang mengikuti ke mana hidup membawanya.

Seolah kayak orang yang nggak punya tujuan, tapi sebenernya ENFP cuma mau melihat keseruan apa yang akan dibawakan hidup untuknya.

ENFP juga bisa kok punya rencana, tapi konsistensi dia dalam mengikuti rencana seringkali membuat rencana yang udah dia bikin akhirnya nggak terjalankan.

Dalam berhubungan, ENFP butuh pasangan yang nggak selalu ribet soal kapan nikah, kapan punya anak, kapan punya rumah, dan kapan-kapan lainnya. Dia nggak ada rencana untuk itu! Dan selalu mendiskusikan itu akan menjemukan.

 

Berencana boleh, tapi nggak perlu terlalu detail. Atau kamu rencanakan sendiri aja dengan detail, tapi nggak usah bilang-bilang sama dia.

 

8. Dia butuh pasangan yang konsisten

Saya udah bilang kan soal jeleknya ENFJ sama konsistensi?

Ini bisa berdampak buruk pada hidup dan masa depannya. Kita nggak bisa meraih sukses tanpa perencanaan yang baik, dan diperlukan upaya konsisten setiap hari untuk mencapai kesuksesan itu.

Bahkan hidup yang kayaknya bebas seperti influencer atau travel blogger pun tetep butuh perencanaan yang matang.

Konsistensi inilah yang perlu diisi sama pasangannya ENFP.

Misalnya dia lagi berencana untuk bisnis atau memulai hobi baru, kamu harus jadi yang konsisten mendukung dia. Bantu dia membuat perencanaan, dan ingetin dia untuk harus kuat dan teguh dalam mencapai apa yang dia mau.

Cara kamu dalam ngobrol dan memperlakukan dia juga harus konsisten. Kamu nggak bisa sesekali ngingetin dia dengan lembut, tapi kadang kamu marahin atau bentak.

Kalo lembut ya lembut aja, kalo galak ya galak aja. Kalo berubah-ubah, ENFP akan overthinking dan ngeliat perubahan sikap kamu sebagai perubahan rasa sayang kamu ke dia.

 

9. Tetaplah di dekatnya walaupun nggak saling bicara

ENFP punya karakteristik yang mirip seperti sobat-sobat introvert: mereka butuh waktu sendirian untuk berpikir, memproses harinya, dan merenungi lagi apa aja yang udah terjadi hari ini.

Walaupun bisa bersosialisasi dengan banyak orang, dia juga bisa ngerasa overwhelmed, informasi atau cerita yang dia dapet lebih banyak daripada yang sanggup ia handle. Dia butuh waktu sendirian.

Ini membuat orang berkepribadian ENFP membutuhkan waktu tenang untuk mengurai lagi semua informasi yang dia terima, sekaligus mengisi energi.

Tapiii sebagai seseorang dengan kepribadian extrovert, sendirian nggak enak. Dia butuh ada yang nemenin.

Makanya setelah beraktivitas seharian, dia cuma mau berada di samping seseorang spesial, yang tau lapisan terdalam dirinya. Bersama seseorang yang dia cintai udah cukup, dia nggak perlu pasangannya ngomong. Pasangannya cuma perlu ada.

Kalau kamu adalah pasangan dari seorang dengan tipe kepribadian ENFP, luangkan waktumu untuk menemaninya. Bisa di malam hari atau saat weekend.

Kamu berada di sana bersamanya bisa membantu dia mendapatkan keseimbangan sekaligus mengisi lagi energinya yang udah terkuras.

Iklan!

 

10. ENFP perlu didorong untuk berkembang.

ENFP membutuhkan ruang untuk berkembang. Dia melihat hidup sebagai perjalanan dan percaya bahwa Dia harus terus berkembang dalam perjalanan itu.

Tipe kepribadian ENFP, seperti yang udah kita bahas, menyukai hal baru dan selalu antusias dengan ide-ide yang belum pernah ia coba.

Meski mungkin dia nggak akan menekuni hobi barunya (dia selalu punya hobi baru) sampe selesai, seenggaknya diam aja deh nggak perlu komentari. Biarkan dia melakukan perjalanan hidupnya sendiri.

Karena, setiap pengalaman adalah peluang untuk belajar lebih banyak tentang dirinya sendiri.

 

Kalau kamu menjadi pasangan seorang ENFP, maka doronglah ia untuk selalu mencoba hal baru. Dia mungkin nggak tau apakah hobi barunya (atau apapun yang lagi ia lakukan) itu harus dia teruskan selamanya; kamulah yang harus membantu dia memilih.

Kalo menurut kamu dia harus teruskan, maka doronglah ia untuk konsisten. Tapi kalo kamu ngeliat sesuatu yang lagi ia tekuni saat ini cuma angin-anginan, seperti dia yang biasanya, maka biarin aja.

 

11. Libatkan dia dalam hidupmu

ENFP punya empati yang tinggi. Karena dia suka mengamati orang, dan selalu kepo, kamu sebagai pasangannya juga akan jadi sasaran kepoannya.

ENFP mau tau apa yang lagi kamu kerjakan. Dia ingin tau seperti apa duniamu, dan gimana cara kamu menghadapi dunia.

Maka, kalo kamu jadi pasangannya ENFP, sesekali libatkan dia dalam aktivitasmu. Ceritakan ide-ide yang kamu punya, dan ceritakan pekerjaan yang baru kamu lakukan hari itu.

Kalau sempet, coba ajak dia ke tempat kerjamu, dan perlihatkan meja kerja yang selalu kamu gunakan. Dia akan merasa dilibatkan, dan kekepoannya akan terpuaskan.

kepribadian enfp adalah, kepribadian enfp cocok dengan, kepribadian enfp sebagai kekasih, tipe kepribadian enfp, tipe kepribadian enfp-t, tipe kepribadian enfp-a, arti kepribadian enfp, kepribadian enfp-a, ciri kepribadian enfp, kepribadian yang cocok dengan enfp, kepribadian enfp a, tipe kepribadian enfp (extraverted intuitive feeling perceiving), fakta kepribadian enfp, karakter kepribadian enfp, penjelasan kepribadian enfp, kepribadian enfp-t,

 

12. Kritik boleh, tapi yang halus.

Sifat overthinking yang dimiliki ENFP membuat ia agak sulit dikritik.

Sekalinya dikasi tau, dia bisa menganggapnya personal, dan mungkin dia akan jengkel atau sakit hati karenanya. Makanya dia kadang menghindari kritik, dan agak susah dikasi tau kalo salah.

Kalo kamu berpasangan sama ENFP, maka kamu perlu bersikap lembut.

Dia mau berkembang, dan dia membutuhkan bimbingan untuk jadi lebih baik. Tapi cara ngasi taunya jangan dikonfrontir. Apalagi sampe dimarahi.

Sebaliknya, pilihlah kata-kata yang baik, dan lakukanlah dari sudut pandang seseorang yang mencintai dia.

Dia butuh berkembang, dan dia butuh kamu untuk melakukannya.

 

13. Tipe kepribadian ENFP butuh seseorang untuk menjadi sumber inspirasi.

Sebagai seseorang yang selalu mau tau hal baru dan seru, ENFP butuh seorang pasangan yang wawasannya luas.

Pasangan yang udah pernah pergi ke berbagai tempat, mencoba berbagai hal, dan tau banyak hal, adalah sumber inspirasi bagi dia.

Orang pinter adalah tipe yang diharapkan oleh tipe kepribadian ENFP, dan dia akan menjaganya erat-erat supaya dia terus terinspirasi.

Kalo kamu adalah pasangannya ENFP, maka bagikan ide dan ceritamu padanya. Beritahukan apa buku yang lagi kamu baca, seperti apa kota yang pernah kamu datangi, dan seperti apa pantai yang belum pernah ia lihat.

Bagikan impianmu dengannya, karena dia pasti akan mendukung kamu untuk mencapainya.

Libatkan pula ia dalam aktivitas sehari-hari kamu, karena mungkin caramu melakukan sesuatu beda dengan yang dia lakukan. Perbedaan itu bukannya bikin kalian bersinggungan, justru malah bikin dia excited dan mungkin dia malah jadi mencobanya.

 

14. Jadilah tempat yang aman untuknya

Ini adalah sikap ultimate yang harus dilakukan seorang pasangan dari ENFP. Ini udah mencakup semua yang udah kita bahas tadi.

Dengan sifatnya yang suka kebebasan dan selalu mencoba, ENFP bisa terbang tinggi dan mungkin terbang terlalu jauh. Dengan sifatnya yang selalu peduli, dia jadi tempat curhatan banyak orang hingga dia sendiri jadi kewalahan.

Kamu sebagai pasangannya harus bisa jadi tempat bersandar yang aman.

Kalo dia udah sama kamu, biarkan dia jadi dirinya sendiri. Biarkan dia membuka lapisan terdalam pribadinya, dan jadilah tempat baginya untuk melepas penat.

Jika dia melakukan kesalahan, bimbing dia dengan cara yang halus.

Jika dia bosan, jadilah sumber inspirasi untuknya.

Kalau sudah melakukan semua itu, hatinya akan selalu jadi milikmu.

kepribadian enfp adalah, kepribadian enfp cocok dengan, kepribadian enfp sebagai kekasih, tipe kepribadian enfp, tipe kepribadian enfp-t, tipe kepribadian enfp-a, arti kepribadian enfp, kepribadian enfp-a, ciri kepribadian enfp, kepribadian yang cocok dengan enfp, kepribadian enfp a, tipe kepribadian enfp (extraverted intuitive feeling perceiving), fakta kepribadian enfp, karakter kepribadian enfp, penjelasan kepribadian enfp, kepribadian enfp-t,

 

 


Karir Orang dengan kepribadian ENFP

Kalo tadi kita udah bahas banyak tentang pasangan yang cocok untuknya, maka sekarang kita akan bahas tentang karir orang berkepribadian ENFP.

Ciri khas ENFP tentu aja adalah ketertarikannya terhadap hal baru; entah itu dalam bidang ia kuasai atau dalam bidang yang baru dia dengar.

Terus juga suka turun ke lapangan langsung sambil ketemu banyak orang, sambil ngeliat sendiri permasalahan yang ada.

Dia juga cenderung mau bebas. Dia mau menggunakan kreativitasnya dalam menyelesaikan masalah, serta mau membantu lebih banyak orang sambil bekerja.

Orang berkepribadian ENFP perlu memperhatikan lagi kelebihan-kelebihan ini. Kalo dia berhasil menemukan kerjaan yang memungkinkan dia menemukan masalah baru dan orang-orang baru, dia bisa banget menapaki jenjang karir yang brilian.

ENFP sejujurnya akan kesulitan di profesi yang nggak meminta kreativitas. Pekerjaan yang gitu-gitu aja, jam kerjanya udah fixed, dan membutuhkan detail yang tinggi akan bikin ENFP segera putar balik dan gatel pengen resign. Apalagi ada banyak angkanya, mampus dah.

Kualitas terbaik ENFP akan terlihat kalau kerjaannya punya tujuan kemanusiaan, serta sesuai dengan prinsip hidup yang dia pegang. Akan lebih bagus kalo lingkungan kerja dan bosnya juga punya prinsip serupa.

Lingkungan kerja yang ideal untuk ENFP adalah lingkungan yang santai dan friendly, dan membolehkan dia untuk bebas berkreasi. Dia menikmati pekerjaan yang butuh solusi kreatif atau masalah yang solusinya bisa langsung dinikmati orang lain.

 

Seni dan Humaniora

Salah satu panggung terbaik ENFP untuk bersinar adalah bidang seni. ENFP biasanya punya kemampuan seni meski kadang kurang diasah. Kalo dia berani, ya bisa aja berkarir di bidang ini.

Contoh kerjaan di bidang seni dan humaniora misalnya jadi MC, main peran, jadi musisi, penulis, atau komika.

 

Media Komersil

Mirip dengan Seni dan Humaniora, industri Media Komersial menawarkan banyak peluang bagi ENFP untuk mengekspresikan diri secara kreatif.

Malah risikonya lebih kecil dan ada kepastian gaji. Beberapa pekerjaan ini juga membolehkan ENFP untuk turun ke jalan dan mengamati kehidupan, sesuatu yang dia suka lakukan sejak lama.

Contoh kerja di media komersil misalnya reporter, Jurnalis, Copywriter, Designer web dan grafis, Youtuber, Fotografer, Video editing (dan Animasi 3D? Tapi detail juga kan ya kerjaannya).

 

Sales dan dunia penjualan lainnya

Karena udah bawaannya mereka untuk bersikap ramah, ENFP secara alami mahir dalam berhubungan sama orang dan pinter nyepik. Dua keterampilan ini pas banget untuk menjual barang secara langsung.

Dengan keadaan manusia yang terus berubah, dan diperbolehkannya dia untuk menjual secara kreatif, orang ENFP cukup mampu bertahan di bidang ini.

Menjual produk akan menyenangkan buat dia, apalagi kalo dia ngeliat bahwa orang-orang tertarik dan suka sama produk yang dia jual.

Yang penting sih produknya sesuai sama value yang dia pegang. Kalo dia sendiri gak sreg sama produknya, atau dia sendiri nggak pake, ini akan jadi tantangan tersendiri sih.

Beberapa contoh kerjaan di bidang ini adalah entrepreneur, sales manager, customer service, konsultan produk, dan real estate agent.

Temen saya ada yang nyoba MLM dan dia sekarang udah level tinggi. Dia nggak pernah nyoba MBTI sih, tapi karakteristiknya sesuai sama ENFP ini.

 

Pendidikan

ENFP nyaman berada di tengah perhatian. Dia juga peduli dan mau membantu orang lain berkembang. Kualitas ini pas untuk kerja di bagian pengajaran.

Apalagi ruang kelas juga membutuhkan dia untuk ngomong di depan dan presentasi. Cuma butuh sabar aja kalo ada siswa nakal.

Contoh yang pas, ya apalagi kalo bukan jadi guru. Konselor kelompok juga bisa kok.

 

Kerja sosial dan bidang kesehatan

ENFP juga bisa kerja di bidang kesehatan kok. Tapi dia lebih pas di peran yang butuh interaksi intens dengan pasien atau kliennya, dan bukan kerja di laboratorium atau ruang operasi yang butuh kejelian tinggi.

Jadi psikolog bisa kayaknya. Tapi perhatikan lagi soal obyektivitas yang dibutuhkan seorang psikolog; saat dicurhatin atau dikonsultasiin, psikolog harus menjaga netralitas alias gak memihak.

Atau kerja jadi relawan bencana? Bagus juga tuh.

Ini catatan tambahan ya: Kalo misalnya cita-cita kamu ternyata kurang pas sama kepribadianmu, gak masalah kok. Terusin aja mengejar cita-citamu.

Semua tipe kepribadian bisa berhasil dalam berbagai bidang. Bukan tipe kepribadian yang menentukan kesuksesan kamu, tapi kerja keras. Dan kerja keras nggak terikat pada satu kepribadian tertentu, semua bisa kalo emang mau.

Cumaaaa menyesuaikan karir dengan bakat dan kepribadian akan membuat kamu bekerja lebih hepi dan stresnya bisa diminimalisir. Kalo misalnya masih mau jadi dokter atau jadi pilot ya nggak apa-apa, terusin.

 


Berteman dengan Orang berkepribadian ENFP

Gimana sih ENFP sebagai seorang teman? Dan apa yang harus dilakukan seseorang yang jadi sahabatnya orang dengan tipe kepribadian ENFP?

Sebagai teman, ENFP selalu ceria dan suportif. Dia selalu mau berbagi dan mendiskusikan ide-ide, tapi tetap berpikiran terbuka, menerima pikiran dan masukan orang lain.

Kehangatan dan ketulusan ENFP membuat dia mampu membuka orang yang dingin sekalipun. Karena ENFP melakukannya tanpa ada pamrih, dia jadi punya banyak temen.

Tapi kamu inget kan kalo ENFP punya kepribadian yang berlapis-lapis? Walaupun pas baru kenal kayaknya ENFP selalu keliatan ceria, pas udah kenal deket baru keliatan beberapa sifat ENFP yang lain.

Yaaa Orang dengan tipe kepribadian ENFP pun bisa mengeluh, kadang dia bisa juga needy dan pengen sesuatu dari temennya. Keliatan juga kalo dia overthinker dan mungkin moody-an.

Di sisi lain, ENFP juga bisa berkomitmen banget pada persahabatan yang dia punya. Bahkan sampe menganggap sahabatnya yang baik-baik dan tanpa cela. Dia sendiri mungkin kaget kalo sahabatnya punya kekurangan atau kesalahan.

Tapi untungnya orang dengan kepribadian ENFP berpikiran terbuka. Dia juga tulus dalam bersahabat, sehingga kalo sahabatnya bikin salah atau punya kekurangan yang nggak pernah diceritakan, ywdc alias yaudahlah alias ya nggak papa sih.

Model persahabatan yang pas untuk ENFP adalah yang mau diajak jalan-jalan ke tempat yang baru, banyak ngobrolin ide-ide walaupun nggak jelas, dan mengapresiasi keberadaan satu sama lain dengan kata-kata yang positif.

Bercanda dan ledek-ledekan juga bisa dilakukan sama ENFP, tapi ledekan personal sebenernya bikin ENFP risih. Itu bisa bikin kepikiran sampe gabisa tidur.

 

Iklan!

Nah!

Itu aja ya pembahasan kita tentang tipe kepribadian ENFP ini.

Intinya sih tipe kepribadian ENFP orangnya suka mencoba hal-hal baru, dan selalu suka mengamati keadaan dan orang-orang. Dia punya banyak ide dan suka mendiskusikan banyak hal. Dia peduli dan mau membantu, serta rela melakukan banyak hal demi kebahagiaan orang-orang di sekitarnya.

Kekurangannya adalah agak susah fokus. Dia kurang bisa berkonsentrasi pada satu hal, cenderung susah diatur, dan nggak mau ribet sama detail.

Kalau ada yang harus dikembangkan sama tipe kepribadian ENFP, adalah tetaplah jadi orang yang ingin tau, tapi pilih satu passion untuk dikembangkan. Gimanapun kesuksesan diri ditentukan sama kemampuan kita berkonsentrasi mengembangkan satu hal. Tetep boleh mencoba hobi baru dan hal baru, tapi try just for the sake of your curiosity.

Cukup puaskan kekepoan kamu aja. Kalo kamu mau ninggalin sesuatu yang baru itu, ya nggak papa, toh kamu punya satu passion yang kamu tetap jaga dan kembangkan.

Kepribadian bukanlah batasan apalagi alasan untuk berhenti berkembang. Gunakan semua kelebihan kamu ini untuk menemukan apa yang sebenernya kamu mau. Dan gunakan kekurangan ini sebagai perenungan diri dan mengenali dirimu lebih baik.

Dan tetaplah memberi kehangatan orang-orang di sekitarmu, seperti yang udah kamu lakukan selama ini.

Semangat terus ya!

 

Sumber

https://www.truity.com/personality-type/ENFP/relationships

https://www.16personalities.com/enfp-careers

 

8 Replies to “Tipe Kepribadian ENFP, Si Kepo yang Punya Banyak Ide

  1. Heyho psikologihore!
    Terimakasih penjelasan yg puanjang dan spesifik ini! Sebagai ENFP saya merasa dingertiin banget.. hadu jadi enak😂
    Pokonya penjelasan disini bener semua. (Sampe senyum-senyum sendiri bacanya wkwk)
    Karna saya pun mbti-mania jadi udah sering cari tau ttg enfp diplatform lain hehe
    Sukses terus psikologihore!😊

  2. GILAASEEH! bisa 90% pas ginii 😅. Ternyata ada jg yg ngerti diri ini lebih daripada diri sendiri. Selalu bingung knp gak pernah bisa Fokus, penasaran mulu, pengen coba hal baru terus, ternyataaaaaaaaa jelas banget disini penjelasannya sampe pilihan karir jg PAS! BANGET!. KEREEEN 😍

  3. Sumpahh ini 1000000% aku banget(ehelebaybtgasi) tapi beneran deh semua hal yg disini aku banget. Aku selaaaaaaalu coba hal baru dan aku ngerasa aku selalu bisa nguasain itu semua dengan baik dgn bbrp kali percobaan, jadi suka heran sendiri. Selalu pengen nge-gali lagi tentang seni terutama dance,nyanyi,nge-gambar sama akting tapi ortu kyk gak suka klo aku disini dan berakhir menyerah sajjah krn gak punya orang yg support mimpi aku yg satu ini padahal pengen fokus dan konsisten

  4. Gila ini keren bgt alias aku bgt 😂😆👏👏panjang tapi bikin keterusan baca, ko relate bgt ya 1000000000% thanks author^^

  5. Asli ini bener banget mahh.. 10000% bwennerr pwooll… ENFP banyak banget yg dicoba, banyak banget yg disukai.. ampe2 bingung sebenernya bakatku itu yg mana sih.. wkwkwkwk nice lahh

  6. sebelumnya aku udah pernah nyoba tes mbti ini dan hasilnta introvert apaaa gitu, trus nyoba lagi dan hasilnya enfp kemudian nyari2 di google dan ketemu sama blog ini. aku baca dari awal sampe akhir dan kemiripannya 95%. aku ketawa dan senyum2 sndiri karna benar bgt dan nangis terharu juga🥺🥺 big thanks to the author yg menuliskan blog ini. sukses selalu, dan buat temen2 enfp yg lain tetep semangat terus yaaa, salken🤭

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *