Menyulap Kebosanan jadi Kreativitas

Orang kreatif gampang bosen. Beneran. Orang kreatif yang saya kenal hobinya melompat-lompat dari satu bidang ke bidang lain. Pokoknya kalau udah bosen, pindah.

Namun nggak semua orang yang bosenan itu kreatif. Sifat gampang bosen juga muncul pada orang-orang dengan antusiasme rendah dan minim niat kuat untuk menggapai sesuatu. Mungkin juga karena terjebak pada rutinitas yang nggak dia cintai.

Kamu pun mungkin sering juga ngerasa bosen. Biasanya orang, dan mungkin kamu juga, secepat mungkin mengisi kebosanan itu dengan suatu aktivitas, misalnya mainan hape. Betul?

Sebenarnya, menurut beberapa penelitian, rasa bosan adalah fase yang produktif. Ia bisa menjadi suspensi untuk otakmu yang tegang karena tekanan. Bosan adalah alarm di otak kita yang bilang bahwa “kamu sedang melakukan sesuatu yang kamu nggak ingin lakukan”. Kebosanan ini selanjutnya menggiring kita menuju perbuatan lain yang lebih menyenangkan atau menarik.

Kebosanan ini, jika didengar dan diarahkan dengan benar, dapat memantik ide kreatif di otak kita.

Daripada terus mencoba melawan bosan, ada kalanya kebosanan ini kita gunakan. Ada empat cara nih untuk menggunakan kebosanan sebagai senjata menciptakan kreativitas.

Apa aja tuh?

 

1. Biarkan pikiranmu berkelana

Pernahkah ketika kamu belajar atau baca buku, matamu terus bergerak tapi otakmu nggak membaca? Kamu kemudian mengulangi lagi proses membaca itu ke titik awal.

Membiarkan pikiran berkelana dan berimajinasi adalah sifat turunan nenek moyang kita, dan bisa membantu manusia ketika hidup dan mati digantung kepada solusi kreatif.

Bukannya teori relativitas terlahir ketika Einstein melihat orang sedang membangun gedung, dan berkhayal apa yang terjadi jika si konstruktor itu jatuh?

Dari sebuah penelitian, disebut bahwa ketika kita membiarkan pikiran kita berkelana, kita jadi 40 persen lebih baik dalam menemukan solusi kreatif. Ini lebih baik dibandingkan kita benar-benar beristirahat total.

 

Lain kali, saat kamu sudah mulai kehilangan konsentrasi dan mikirin hal lain, coba biarkan itu terjadi. Biarkan pikiranmu mengembara.

Cuma, hati-hati aja. Kadang ketika kamu ngelamun, kamu jadi mikirin pikiran negatif. Ketika itu terjadi, berhentilah.

 

Baca juga: 50 Cara Mendapatkan Ide Kreatif

 

 

2. Mencorat-coret

Cara lain menyulap rasa bosan menjadi kreativitas adalah dengan mencorat-coret. Penelitian psikologi dan neurosains menyebut bahwa: orang-orang yang mencorat-coret saat bosan sebenarnya sedang membangun ide kreatif. Menurut penelitian lain, mencorat-coret atau doodling membangunkan pikiran kita yang hampir “down”, yang akan tumpul jika tidak dibangunkan.

Makanya kalau kamu bosen, siapin aja beberapa kertas kosong dan pensil. Lain kali kalau kamu bosen di pelajaran atau saat kerja, ambillah pensil dan menggambarlah.

Nggak usah pedulikan gambarmu jadi apa. Mungkin gambarmu biasa aja, tapi fokus kita di sini kan mau membangunkan pikiranmu.

 

Baca juga: Hewan yang Kamu Liat di Gambar Ini Bisa Membongkar Kepribadianmu

3. Berjalanlah di treadmill

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan di treadmill sambil menatap dinding membuat kita berpikir lebih kreatif dibanding berpikir sambil duduk. Alasan kenapa berjalan meningkatkan kreativitas justru karena itu agak membosankan. Kita nggak perlu memikirkan yang kita lakukan. Jadi, pikiran kita secara nggak sadar beralih ke apapun yang pernah kita alami dan pelajari.

Untuk membantu proses kreativitas ini terjadi, jangan berjalan di treadmill sambil dengar lagu. Earphonenya ditinggal saja.

 

Baca juga: Cara Menjaga Pertemanan Walaupun Udah Sibuk Masing-Masing

4. Jauhkan hapemu

Dari berbagai manfaat kebosanan, psikolog khawatir bahwa kita mungkin sudah mulai kehilangan ketahanan kita terhadap rasa bosan.

Bayangkan di jaman dulu, saat kita antre menunggu sesuatu. Nggak ada yang bisa kita lakukan selain ngelamun, kan? Mau nggak mau kita telan kebosanan itu.

Hal semacam itu hampir nggak pernah keliatan lagi sekarang. Hampir di semua tempat yang ada antrean, kamu bisa ngeliat orang-orang tertunduk asik dengan hapenya sendiri-sendiri.

Bahkan ke kamar mandi pun bawa hape! Nggak takut hapenya nyemplung?

bagaimana cara menilai kepribadian orang, bagaimana cara menilai kepribadian seseorang, bagaimana cara menilai orang, bagaimana cara menilai orang lain, bagaimana cara menilai seseorang, bagaimana cara menilai watak seseorang

Bukannya menikmati momen tenang untuk berpikir, kita sekarang dengan cepat mengambil hape, lalu melakukan apapun yang bisa dilihat dari hape itu. Tanpa pernah mengizinkan otak kita untuk merasa bosan, kita membiasakan otak kita untuk terus menerus terpapar informasi baru, tanpa diberi kesempatan untuk mengolahnya jadi ide kreatif!

Ketika dihadapkan dengan tugas kreatif, matikan hapemu. Atau seenggaknya jauhkan dari jangkauanmu selama 20 menit. Tanpa ada gangguan, kamu jadi lebih bisa fokus pada pekerjaan, dan bisa fokus merasa bosan.

 

 

Nah, itu tadi empat hal yang bisa kamu lakukan untuk menyulap kebosanan jadi kreativitas.

Intinya sih gini: rasa bosan bukanlah musuh. Rasa bosan bisa kamu jadikan senjata mendapatkan ide, selama kamu mau membiarkan otakmu sendirian. Biarkan otakmu memproses semua yang ia pelajari, dan mendapatkan solusi dari apapun masalah yang lagi kamu hadapi.

Jadi, ide kreatif apa yang lagi perlu kamu cari?

 

You may also like...