5 Trik ini Membuat Kepercayaan Diri Kamu Meroket

meningkatkan kepercayaan diri, cara biar pede

Kepercayaan Diri adalah senjata buat melawan semua tantangan. Ini cara meningkatkan kepercayaan diri.

Kita semua punya cita-cita.
Kamu mungkin punya cita-cita mau jadi pengusaha sukses.
Kamu yang lagi tiduran (iya, kamu) mungkin bercita-cita membuat band kamu terkenal.
Kalo kamu, mungkin cita-cita kamu adalah hidup bahagia sama dia (asik asik jos).

Kalo saya, hmmm cita-cita saya membuat blog psikologi yang bisa dibaca dan dimengerti semua orang. Keren gak.

Pertanyaannya: bisa gak kita menggapai cita-cita kita?
Bisa iya, dan bisa nggak.

Sebenernya, semua dimulai dari kepercayaan diri. Seberapa besar keyakinan kamu terhadap mimpimu, dan seberapa besar kepercayaan diri kamu.

Yuk ah kita bahas 5 hal yang bisa meroketkan kepercayaan diri kamu.
Gampang kok, tapi siapin kertas sama pena ya.

Kita mulai!

1. Menjauhlah dari negativitas, dan bergabunglah sama orang-orang positif.

Untuk memiliki kepercayaan diri, yang pertama adalah kamu harus memiliki pikiran positif.

Banyak berprasangka baik, gak gampang marah, selalu merasa yakin bahwa ada solusi dari tiap masalah.

Cara paling mudah adalah:
coba pas bangun tidur, tarik nafas panjang, keluarin (lewat hidung aja jangan lewat pantat).
Terus kamu senyum.
Serius deh, senyum bisa bikin mood kamu langsung bagus. Dan kalo mood pagi udah bagus, biasanya mood kamu bakal enak seharian.

Membangun pikiran positif itu susah kalo lingkungan kamu penuh negativitas.
Temen-temenmu sukanya ngeluh di sosmed, kalo gagal sukanya mencari alasan, sukanya males-malesan.

Saran aja sih, mending jangan terlalu akrab sama mereka. Carilah temen-temenmu yang (menurut kamu) punya pikiran positif dan selalu optimis, dan bergaullah sama mereka.

Mau jadi orang sukses, tapi gabungnya sama tukang ngeluh dan pemales?
Ya mana bisyaaa.

2. Perbaiki bahasa tubuh kamu.

Orang yang pede dengan gak pede bisa diliat dari bahasa tubuhnya.
Kalo tatapan matanya kuyu, tubuh lesu, langkah lemah, gerakan lunglai, ya berarti dia mah gak pedean.

Kalo orang pede?
Langkahnya tegap kayak seluruh dunia berada di kakinya.
Tatapan matanya penuh keyakinan kayak elang ngeliat mangsa.
Kepala tegak seolah semua orang gak bisa meremehkan dia.

orang pede

Nah, supaya bisa pede… 
Tirukan bahasa tubuh orang pede.

Coba tegakkan badanmu. Pundakmu tarik ke belakang dikit. Punggung juga ditegakkan.
Nah, itu aja udah ngeliatin ke orang-orang kalo kamu pede.

Tambahkan sedikit senyum saat ngomong sama orang. Lihat mata mereka.

Kalo kamu ada duit, kamu juga bisa beli sedikit aksesoris biar tambah keren, kayak gelang atau jam tangan baru. Atau beli baju baru.
Atau memperbarui gaya rambut.

Berpenampilan bagus juga bisa bikin kamu tambah pede, lo.

Soal bahasa tubuh juga dibahas sama Tung Desem Waringin di sini:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=3-2AJJ-Q1Qk]

3. Jangan Menyerah, dan Abaikan Pikiran Buruk.

Minder biasanya terjadi karena kamu terlalu mendengarkan pikiran buruk di otakmu.

“Aku kan nggak ganteng”
“Dia mah enak punya bakat. Lah gua??”

Inget ya: kamu adalah buah dari pikiranmu.

Kalo kamu sering mikir yang jelek-jelek, itu ngaruh lo ke kehidupanmu.
Kalo gak percaya, coba kamu inget berapa sering kamu gagal karena kamu udah nyerah duluan.
Udah pesimis duluan.

Abaikan tuh pikiran jelek.

Caranya?

Kenali pikiran-pikiran jelek yang sering kamu pikirkan.

Pikiran jelek itu apa? Yang bikin kamu minder, males, pesimis, dan bikin kamu nyerah sebelum berusaha.

Kalo sudah, sekarang ciptakan pikiran baik dan menguatkan untuk melawannya.

Misal kamu mau ngedeketin cewek,
tapi gak pede karena muka kamu kayak aspal panas (misalnyaaaa).

Kamu bisa menciptakan pikiran baik dan menguatkan, misal:
1. kamu orangnya lucu
2. kamu baik
3. selama janur belum melengkung, semua boleh menikung

Kenali pikiran jelek, lawan dengan menciptakan pikiran baik.
Cadas! Gak ada seorang pun yang bisa menghambat ambisi kamu.

soal pesimisme dan pikiran jelek, baca lebih lengkap di sini
ingin terlihat lebih karismatik? cek aja di sini.

 

4. Persiapkan Semuanya

Ketahui semua yang diperlukan. Pelajari, dan persiapkan.
Misal kamu minggu depan harus tampil ngomong di depan umum.

Biar nggak gugup,
Coba pelajari “arena” tempat kamu ngomong nanti. Di mana kamu berdiri. Di mana microphone-nya, ada tiangnya apa nggak.

Pelajari bahan-bahan yang mau diomongin. Pahami materinya.
Pahami siapa yang bakal ngeliat kamu ngomong.

Kalo perlu, siapkan baju dan sepatumu dari sekarang.

Mempersiapkan semuanya membantu meningkatkan kepercayaan diri.

5. Ketika Semua Gagal, Bukalah “Catatan Hebat”

Akan muncul waktu saat semua upayamu terasa sia-sia.
Kamu merasakan minder, pesimis, dan putus asa.

Gimana supaya gak berlarut-larut?

Sekarang, coba ambil kertas dan pena.
Tuliskan apa aja hal-hal yang kamu syukuri saat ini.

Bisa berupa hape yang kamu pake buat baca tulisan ini,
bisa berupa baju yang lagi kamu pake, atau kasur yang lagi kamu pake buat rebahan.
Tulis aja yang banyak.

Habis itu, ambil lagi kertas lain.
Tulis apa aja pencapaian kamu yang membanggakan.
Kalo nggak ada gimana? Yaa pencapaian simpel yang bikin kamu hepi juga gak apa-apa.

Kalau sudah, tempel di tempat yang mudah keliatan.
Bisa di kaca, di deket saklar lampu, di pintu kamar, terserah.
Yang penting spotnya sering kamu liat.

Ini buat ngingetin kamu bahwa kamu punya hal-hal yang gak semua orang punya,
Pencapaian yang gak semua orang raih.

Ketika kamu lagi ada masalah yang bikin kamu down, liat aja list-list di atas buat mendongkrak kepercayaan diri kamu.


Nah!
Itu tadi yang bisa saya sampaikan tentang mendongkrak kepercayaan diri. Gampang kan?

Dicoba ya, karena biar gimanapun orang yang bisa menentukan kesuksesan ya diri kamu sendiri.
Kalo kamu gak berbenah, kesuksesan malah gak dateng-dateng.

Oh iya, kalo kamu punya cerita dan tips tentang mendongkrak kepercayaan diri, share di sini dong.

Nanti kita diskusiin bareng 😉

Selamat mencoba!

 

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

7 Replies to “5 Trik ini Membuat Kepercayaan Diri Kamu Meroket

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)