Fidget Spinner: Bisa Mengurangi Stres?

Internet lagi diributkan sama fidget spinner, benda aneh yang diputer-puter di tempat umum dan sekolahan. Kamu pemerhati anak-anak gaul pasti ngeliat benda ini mulai diupload di instagram. Atau, kalau nggak, kamu akan mendapati nak kanak muda gaul sedang nongkrong bersama teman, dengan fidget spinner, vapor, dan hape di meja.

Buat kamu yang belum tau fidget spinner, berikut ini gambarnya.

fidget spinner, fidget spinner adalah, fidget spinner fungsi, fidget spinner kegunaan, fidget spinner apa, fidget spinner apa itu, fidget spinner asli, fidget spinner buat apa, fidget spinner fungsinya, fidget spinner guna, fidget spinner itu apa, fidget spinner kegunaannya, fidget spinner untuk apa,

Jadi itu bagian tengahnya adalah tumpuan. Kamu pegang tengahnya, dan sentil dengan tanganmu yang satunya. And boy you watch that thing spin forever.

Fidget spinner buat apa sih? Apa manfaatnya benda ini?

Sebagian orang menggunakan fidget spinner untuk melakukan trik-trik tertentu. Sebagai hobi.
Tapi, sebenarnya fidget spinner punya manfaat lebih besar: kesehatan mental.

Fidget spinner ini fungsinya bisa mengurangi stres, ADHD, dan kecemasan. Kok bisa?

Manfaat Fidget Spinner

Bisakah fidget spinner beneran mengurangi kecemasan, meningkatkan fokus, dan bikin tenang? Dilansir dari health.com, Pilar Trelles, MD, menyatakan bahwa ya, fidget spinner bisa mengurangi kecemasan.

Manfaat fidget spinner bisa membantu kamu menyalurkan energi berlebih saat kamu terpaksa duduk diem. Katakanlah saat kamu harus duduk diam di kelas.

Atau saat kamu mengalami kecemasan. Bila kamu suka memainkan kancing, menggerakkan kaki, menggigit kuku… Fidget spinner maupun fidget cube bisa jadi cara kekinian untuk mengurangi kecemasan.

Kalau kamu punya kebiasaan ngegigit kuku atau mengelupas kulit jari, fidget spinner juga bisa sarana pengalihan. Daripada kukumu rusak dan jarimu berdarah kan.

Memainkan fidget spinner bisa dikatakan sebagai teknik pengelolaan stres cepat (RSMT), dan orang-orang dengan ADHD dan kecemasan cocok untuk menjalani penanganan ini.

Tapi, kalau kecemasanmu sudah akut seperti karena PTSD, kamu nggak bisa hanya mengandalkan fidget spinner. Tetep lah ya perlu ke psikolog. Untuk stres dan kecemasan akut, alat seperti fidget spinner ini bisa jadi pengalihan sementara, tapi nggak bisa menggantikan penanganan medis.

Karena gangguan kecemasan masing-masing orang bisa beda-beda, maka tingkat efektivitasnya bisa beda-beda juga. Tapi secara umum, fidget spinner bisa meredakan kecemasan. Dan bisa juga digunakan pada orang dengan autisme yang mengalami kecemasan.

Dan untuk orang dengan ADHD, aktivitas yang berulang-ulang seperti memutar fidget spinner bisa membantu mereka “menahan diri”.

Misalkan guru/dosen/bos ngelarang kamu mainan fidget spinner. Atau kamu mau beli tapi belum ada duit. Apa dong alternatifnya?

Masih dari Dr. Pilar Trelles, kamu bisa menempelkan sedikit lem kertas di jarimu. Saat kering, kamu bisa mengupasnya sedikit-sedikit. Ini juga bisa meredakan kecemasan, dan lebih baik dibandingkan ngerusak kuku/kulitmu sendiri.

Kalau menurutmu uangmu terlalu berharga untuk benda gituan, ya kamu puter-puterin aja pena atau pensil. Hehehe.

Tapi kalau ada uang lebih dan nggak ada yang ngelarang, ya nggak papa juga sih beli aja fidget spinner. Selama kamu jadi tenang dan orang lain nggak terganggu, ya beli dan nikmatilah.

Lagian bentuknya juga keren-keren.

Jadi, kamu mau beli fidget spinner?

You may also like...