Kuliah Psikologi itu Gimana? (dan pertanyaan seputar itu)

Robi Maulana

Content writer dan dalang di balik PsikologiHore. Kerjaannya menulis, menggambar, dan menghabiskan stok kopi di dapur.

You may also like...

  • Dea Aprillia

    Halo ka! Beruntung bgt ketemu blog ini. Memang seputar psikologi gk bnyk bisa ditemui di internet. Kebetulan aku udh kls 3 dan kepikiran mau ambil psikologi, awalnya pertamanya emng bingung, “ini kuliah plng cm seputar pikiran2 tp knp lama ampe 4thn juga?” Tp klo ditelaah lbh jauh ternyata emng gk segampang itu. Tp msh agk bingung2 juga, nanti kerjanya mau ngapain, semoga tetep stay di jurusan ini deh wkwk:) klo bole kaka pernah gk kesulitan analisis gitu? Kan diagnosa orng keliatannya susah ya ka, kalau tau2 salah gmn ka?? Maaf ya ka pertanyaanku aneh hehe

    • Robi Maulana

      halo dea, makasih sudah mampir!

      Kesulitan analisis sih pasti ya, apalagi kalau pemula.

      kalo masih kuliah dan ada praktikum, biasanya proses analisa akan dibimbing sama dosen dan asisten lab.
      Tapi kalo misalkan psikolog bingung dalam penegakan diagnosa, dia boleh minta bantuan sama psikolog yang lebih senior, atau ke himpunan psikologi.

      Untuk menghindari salah diagnosa sih, biasanya dilakukan klarifikasi lagi ke keluarga atau temen deketnya, kira-kira ciri-ciri yang kita dapet udah sesuai sama kesehariannya belum.

      Kalo misalnya salah… ya harus cepet dilakukan diagnosa ulang dengan alat tes atau cara diagnosa yang lebih bagus. Psikolog juga harus jujur, soalnya kalo klien merasa dibohongi atau merasa jadi korban malpraktik, klien bisa aja lo menuntut.

      kuliah psikologi seru kok! 😉

  • Setyawan Dendy

    makasih bang sangat membantu, Bang mau tanya juga kalo jurusan psikologi bisa daftar beasiswa tni apa gak bang ?