Mengenal Kepribadian Tipe ESTJ

ESTJ itu apa?

Kepribadian Tipe ESTJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI (selengkapnya di sini).
ESTJ dikenal karena tanggung jawabnya, tekun, dan sikapnya yang cepat bertindak. Kecakapan ini dilengkapi dengan kemampuan mengambil keputusan dan perhatian terhadap detail. Ini membuat Kepribadian Tipe ESTJ bagus menjadi pemimpin.

Sifat ESTJ dikenali dari bicaranya yang blak-blakan, efisien, dan rendah hati. ESTJ banyak ditemukan di politik, manajemen, administrasi, dan penegakan hukum.

Kalau kamu kenal seorang ESTJ, yang akan segera kamu lihat adalah kemampuannya berpikir extrovert (Te).

Karena ESTJ adalah orang yang logis dan sense, kamu akan tahu bahwa dia cukup disiplin. Karena kedisiplinan ini, ESTJ ditempatkan di posisi pemimpin.

Kamu akan mudah menemukan ESTJ di kegiatan amal, dan melatih anak-anak bermain sepakbola. Melakukan tugas dan tanggung jawab dengan maksimal adalah hal utama bagi mereka. Makanya, ESTJ nggak suka bermalas-malasan. Mereka lebih suka turun tangan.

ESTJ bagus dalam mengorganisir, mengarahkan, dan memperbaiki sistem. ESTJ bisa melihat sebuah aktivitas organisasi dan melihat apa yang salah.

Dan juga, ESTJ efisien dan blak-blakan. Kamu mungkin akan jengkel dengan kata-katanya yang menusuk, tapi seenggaknya mereka jujur.

Selain itu, ESTJ orangnya taktikal. Cara kerja mereka adalah mereka melihat fakta, meneliti detail-detail yang penting, dan memastikan solusinya bisa dikerjakan dengan waktu yang tepat.  Jadi, kalau mereka bilang bisa dikerjakan, itu berarti bisa dikerjakan.

Karena ESTJ punya atribut S (sense), ESTJ lebih suka mengambil keputusan dengan cara yang baku. Jadi bukan tipe yang mau mencoba-coba, apalagi kalau itu belum tentu berhasil.

Dalam menilai suatu kejadian, ESTJ memilih fakta dan meminta bukti. Ini membuat dia jadi orang yang fair. Kalau kamu menginginkan jawaban yang rasional dan blak-blakan, orang dengan kepribadian ESTJ adalah sosok yang tepat.

Dalam memecahkan masalah, ESTJ melakukannya dengan cara memecahkan masalah menjadi bagian-bagian kecil. Setelah memisahkan bagian-bagian itu, dia mencari solusinya berdasarkan petunjuk yang jelas dan terbukti.

Salah satu alasan ESTJ adalah pemimpin bagus adalah karena dia bagus dalam menunjukkan petunjuk yang jelas dan bertahap. Ini membuat pekerjaan tidak hanya mudah diselesaikan, tapi juga akurat.

 

Ciri-ciri ESTJ:

– Jujur dan berpijak pada realita

– Bertanggung jawab

– Obyektif

– Berpegang pada fakta

– Pengambil keputusan

– Menjunjung tinggi nilai-nilai dan aturan

– Suka memimpin

– Bagus dalam mendelegasi dan mengatur

– Memilih efisiensi

– Kaku

– Detail-oriented

 

Dario Nardi, penulis The Neuroscience of Personality menulis bahwa ESTJ adalah orang yang efisien karena dia hanya memilih solusi yang sudah terbukti. ESTJ memilih agar masalah segera selesai secepatnya, tidak mencoba solusi yang inovatif namun belum terbukti.

 

Apa Benar ESTJ Sok Ngatur?

 

kepribadian estj, kepribadian estj adalah, tipe kepribadian estj extrovert sensing thinking judging, karakter kepribadian estj, apa itu kepribadian estj, kepribadian tipe estj, estj adalah, estj itu apa, estj sifat, estj artinya, estj arti, estj indonesia, estj kepribadian, estj keirsey, estj tes kepribadian, hasil tes mbti estj,

 

Karena punya karakter yang blak-blakan dan pengambil keputusan, kadang-kadang ESTJ disangka sok ngebos.
Padahal sebenarnya ESTJ bukan tipe yang akan ngatur-ngatur (kecuali dikasi kesempatan untuk itu).

Jadi gini. Orang dengan kepribadian ESTJ cenderung memandang dunia sebagai hitam dan putih. Ada banyak pilihan solusi dalam satu masalah, namun menurut ESTJ cara paling benar adalah cara yang paling efisien.

Kadang-kadang ESTJ juga mengkritik. Ini karena atribut E dan T yang membuat dia otomatis menangkap kesalahan dan kekurangan. Orang bisa mengira bahwa ESTJ suka cari-cari kesalahan. Padahal itu sudah seperti refleks. Dan dia juga nggak bermaksud buruk.

Mereka sendiri nggak suka disebut mengontrol, karena mereka sukanya kerja bersama-sama. Ini ditunjukkan oleh ESTJ dengan cara memberi saran pada orang lain tentang solusi suatu masalah yang lebih efisien dan logis.

Karena ESTJ nggak memiliki atribut Feeling (F), mereka kesulitan untuk “membungkus” saran dan masukannya dengan kalimat yang manis. ESTJ nggak bisa berbasa-basi, bisanya to the point. Mereka juga mau orang melakukan hal yang sama, dan ESTJ akan menghormati hal itu.

Satu hal lain dari ESTJ adalah mereka nggak akan menikammu dari belakang. Mereka bukan tipe yang manis di depan dan busuk di belakang. Kamu tau apa yang mereka rasakan tentangmu, dan apapun yang mereka katakan di depanmu, itu pula yang ia katakan di belakangmu.

 

Nilai Hidup ESTJ

kepribadian estj, kepribadian estj adalah, tipe kepribadian estj extrovert sensing thinking judging, karakter kepribadian estj, apa itu kepribadian estj, kepribadian tipe estj, estj adalah, estj itu apa, estj sifat, estj artinya, estj arti, estj indonesia, estj kepribadian, estj keirsey, estj tes kepribadian, hasil tes mbti estj,

 

Banyak orang tidak menyadari bahwa ESTJ termotivasi dari dalam. Ketika membuat keputusan, ESTJ akan mencoba fokus pada fakta objektif dan pendekatan logis, namun mereka juga punya rasa tenggang rasa yang kuat juga. Inilah kenapa, kadang-kadang ESTJ meleburkan aktivitas kesehariannya dengan tujuan jangka panjang mereka. Ketika ESTJ kelihatannya hanya hidup dalam fakta dan data, namun sebenarnya juga punya feeling yang kuat dan peduli pada sesama.

Makanya, orang-orang ESTJ di masa senja mereka cenderung melunak, lebih peka terhadap emosi, dan lebih peduli sama perasaan orang lain.

 

Fakta lain tentang ESTJ

– Dalam studi mengenai konflik dan tipe kepribadian, ESTJ memilih berkompetisi dengan orang lain dalam menangani kondilk tersebut.

– ESTJ banyak terdapat di pemilik bisnis.

– Bagi ESTJ, salah satu aspek yang dicari di pekerjaan adalah masa depan yang pasti dan terjamin.

– ESTJ adalah tipe yang paling banyak muncul di tata usaha sekolah.

– ESTJ adalah tipe kepribadian yang paling banyak mundur dari kuliah.

– Di sekolah, ESTJ cenderung menggemari mata pelajaran matematik dan yang bersifat praktik.

 

Disadur dari Psychologyjunkie.com

You may also like...