Kepribadian INTJ, Si Dingin yang Jenius

apa saja tanda seorang intj, apa itu intj dan infj, apa itu intj-t, apa beda intj a dan t, apakah intj langka,

Kali ini kita akan membahas tentang tipe kepribadian INTJ. Si jenius penyendiri, punya imajinasi tinggi, tapi cenderung dianggap dingin dan ngomongnya nyelekit.

Kita juga akan bahas ciri-ciri kepribadian INTJ, apa saja kelebihan dan kekurangan seorang INTJ, pasangan yang cocok untuknya, dan jenjang karir yang akan pas sama kepribadiannya.

Siap?

Daftar Isi (Klik untuk membaca)

Sekilas tentang Kepribadian INTJ

Ini adalah artikel kepribadian ketujuh yang saya buat. Masih sisa sembilan. Banyak amat yak. Tapi harus konsisten menulis semuanya sampe selesai! Hyaaaatttt!!!! #semangatorangyangbarunikahmemangbedayabundt

Saya berencana menulis jatah ekstrovert dan introvert bergantian. Kebetulan, kali ini jatahnya introver, dan kebagiannya INTJ.

Sebelum kita bahas lebih jauh, INTJ itu sebenernya apa si? Apa saja tanda seorang INTJ?

INTJ adalah kepribadian di dalam 16 tipe kepribadian MBTI. Tipe kepribadian INTJ memiliki empat trait: Introvert, Intuitive, Thinking, dan Judging.

Kalo dilihat dari trait dasarnya, kita bisa liat bahwa INTJ punya karakteristik introvert (I), fokus pada konsep dibandingkan detail (N), mengambil keputusan berdasarkan logika (T), dan bertindak secara terencana (J).

INTJ cukup menonjol dalam aspek berpikir. Dia selalu mengandalkan logika, dan selalu mempertimbangkan perencanaan yang matang dalam bertindak.

 

via GIPHY

INTJ juga merupakan penyelesai masalah yang andal. Karena mampu melihat konseptual dan berpikir dengan tenang, INTJ bisa menganalisa masalah dan mampu menemukan solusi yang paling tepat. Ini juga diterapkan pada dirinya sendiri; INTJ selalu mengintrospeksi dirinya dan terus berusaha meningkatkan kemampuan berdasarkan introspeksi itu.

INTJ menikmati masalah yang membutuhkan logika dalam penyelesaiannya. Contohnya ya komputer atau matematika, atau sesuatu yang berhubungan sama ilmu pasti. Kalau berhubungan sama manusia, emosi, dan intrik-intrik gitu kan sifatnya subyektif, nah itu INTJ kurang nyaman.

Ketertarikan INTJ dalam mengembangkan diri dan berpikir sebenernya udah keliatan sejak dini. Sejak kecil mereka sudah haus akan ilmu pengetahuan. Itu tercermin dari kesukaannya akan buku, informasi, atau artikel-artikel yang bermanfaat.

Dengan mengkonsumsi banyak ilmu mereka jadi tau banyak hal. INTJ bangga dengan banyaknya hal yang mereka tau, dan mereka dengan senang hati berbagi ilmu yang dia punya.

Tau banyak hal dan melihat fenomena berdasarkan logika, membuat INTJ selalu memandang sesuatu secara realistis. Kalo dia menginginkan sesuatu, biasanya dia udah merancang harus melakukan apa secara rinci.

Kalo dia bilang sesuatu bisa dilakukan ya berarti bisa; kalo nggak bisa pun emang karena dia tau bahwa sesuatu itu nggak mungkin bisa dilakukan. They know because they do the research fellas.

 

Kelebihan Orang Dengan Tipe Kepribadian INTJ

INTJ punya karakteristik yang mencolok: logikanya melampaui emosinya. Berpikirnya kuat, dan inilah senjatanya dalam menghadapi hidup.

Influencing People | The New Yorker

Apa aja sih kelebihan kepribadian yang satu ini?

 

1. Berpikirnya tajam

INTJ selalu mengasah otaknya dengan belajar dan membaca. Udah dari kecil tuh. Kebiasaan membaca ini juga disesuaikan dengan bidang yang dia suka, meski dia juga nggak milih-milih sama ilmu pengetahuan.

Kebiasaan membaca emang mempertajam otak, dan ini terlihat juga dalam diri INTJ.

Logika yang tajam juga membantu INTJ melihat suatu fenomena dari banyak sisi, membuat dia mampu menemukan solusi dari tempat yang orang lain abaikan.

 

2. Efikasi dirinya tinggi

INTJ mungkin bukan orang yang paling pede. Tapi untuk sesuatu yang udah jadi keahlian atau minatnya, dia nggak ragu dengan keputusan dan pertimbangan yang dia ambil.

Iklan!

INTJ mempercayai kemampuan berpikirnya. Saat memutuskan sesuatu, INTJ nggak ragu dengan keputusan dan pertimbangannya.

Logika yang selalu dia utamakan membuat emosi semacam gugup, marah, takut, jarang menguasai dirinya. Kan emang orang yang punya kemampuan berpikir baik dan tajam cenderung lebih tenang dan tahan goncangan.

Lagian dia udah melihat dan mempelajari berbagai kemungkinan yang ada. Jadi kalo INTJ bilang bisa ya bisa.

 

3. Pendiriannya teguh

Kombinasi kreativitas, logika, dan efikasi diri yang tinggi membuat INTJ jadi orang yang teguh sama pendirian dan keputusannya sendiri. Menghadapi orang yang lebih berpengaruh atau tokoh yang udah punya reputasi nggak membuat INTJ keder atau minder. Nggak ada istilahnya seorang INTJ berpikir berlebihan atau overthinking.

Dan terlepas dari aturan atau kebiasaan yang ada, kalau INTJ punya pendapat yang lebih baik, dia akan menyebarkan dan menyampaikannya ke semua orang.

Meskipun yang dia hadapi adalah orang yang lebih berkuasa, orang dengan tipe kepribadian INTJ akan mempertahankan pendapatnya sekuat tenaga.

 

4. Pekerja Keras

Kalau menemukan sesuatu yang menarik, INTJ akan menghabiskan banyak waktu untuk fokus terhadap sesuatu itu.

Kalo ada suatu masalah (terkait kerjaan) yang dia temui, dan dia ngerasa bisa menyelesaikannya, dia rela gak tidur demi menemukan solusinya. Gak tenang hidupnya kalo belum selesai.

Kalau ada suatu tugas atau kegiatan yang akan berdampak positif terhadap cita-citanya, yakinlah bahwa INTJ akan menyelesaikannya dengan maksimal.

 

5. Open-Minded

Walaupun pendiriannya teguh, bukan berarti INTJ selalu keras kepala. Kalo dia mendapati argumen atau pikiran orang lain lebih masuk akal, atau ternyata ada kekurangan dalam pemikirannya sendiri, INTJ dengan senang hati menerima masukan.

Toh pada hakikatnya INTJ adalah seorang yang haus pengetahuan. Jika pengetahuan itu baru dan baik, dia dengan senang hati menyerapnya.

 

6. Tahu Banyak Hal

Karena pikirannya terbuka dan suka belajar, INTJ jadi punya kecakapan dalam banyak hal.

Orang dengan kepribadian INTJ emang gampang penasaran dan suka mencoba-coba. Kalo dia ingin tau sesuatu, dia akan pelajari sampai seenggaknya bisa sedikit. Nggak sampai mahir, tapi bisa.

Ini juga bikin obrolan sama INTJ nyaris ga habis-habis. Dia bisa mengeluarkan dan ngasi tau fakta menarik tentang sesuatu yang lagi dibahas.

 

 

Kekurangan Orang dengan kepribadian INTJ

Kita udah bahas lumayan banyak kelebihan INTJ nih.

Dari sekian banyak kelebihan INTJ tadi, kayaknya yang mencolok adalah kecerdasannya, open mindednya, dan pengetahuannya yang luas. Tapi apa aja sih kekurangannya INTJ ini?

 

1. Arogan

Kepribadian INTJ kan orangnya pede nih. Tapi kepedean yang terlalu jauh ini bisa mengarah jadi sikap angkuh. Mereka kadang mengecilkan masalah, menganggap mereka cukup mengerti dan mampu membereskannya dengan gampang.

Sempet dibahas juga kalo INTJ orangnya open minded kan? Nah, keterbukaan pikiran ini gak ke semua orang. Kalo masukan atau pendapat ini berasal dari orang yang rasanya nggak secerdas dia, biasanya nggak dia dengerin.

INTJ yang cuek dengan kehidupan sosial juga jadi nggak sensitif sama perasaan orang di sekitarnya. Ini membuat kemampuan komunikasinya cenderung tumpul. Opininya, meskipun benar, tapi kadang disampaikan dengan sikap yang kurang halus, bikin dia cenderung gak disukai orang.

 

2. Judgmental

INTJ menyandarkan kepercayaan dirinya pada logikanya yang setajam pedang. Dia berpikir bahwa selama yang dia sampaikan benar, maka dia benar. Orang lain seharusnya menerima kebenaran, terlepas dari gimana cara kebenaran itu tersampaikan.

Yang INTJ sering lupakan adalah cara menyampaikan argumen seringkali sama pentingnya dengan isi argumen itu sendiri.

Dan orang dengan tipe kepribadian INTJ nggak sensitif sama emosi orang lain. Dia lupa bahwa meskipun argumen benar, kalo menyampaikannya nggak enak ya orang lain bisa aja nggak terima.

Nah, INTJ tuh menganggap sikap nggak mau menerima ini sebagai sikapnya orang-orang yang nggak logis dan nggak pintar. INTJ berpikir bahwa orang-orang yang nggak menerima apa udah ia sampaikan adalah orang bebal yang nggak mau berubah. Sikap suka ngejudge ini juga menghambat INTJ dalam bersosialisasi.

 

3. Logika melulu

INTJ tentu kuat di logikanya. Tapi, nggak semua masalah bisa diselesaikan dengan logika.

Contohnya adalah hubungan dengan orang lain. Kadang meskipun kita benar, kita harus mengalah demi keutuhan hubungan. INTJ nggak bisa kayak gini.

Dan dia selalu menilai sesuatu pake akal. Padahal dalam hubungan antar manusia, berempati dan memaklumi juga penting. Dan ini bukan kekuatannya INTJ.

Makanya nggak banyak orang-orang yang toleran sama INTJ.

 

4. Nggak Romantis

Mengandalkan logika dan kurang andal dalam berempati membuat orang dengan tipe kepribadian INTJ nggak peka sama perasaan orang lain.

Apa-apa pake akal, dan nggak melibatkan perasaan. Ini membuat INTJ jadi nggak romantis. INTJ butuh usaha lebih kalo dia ingin punya pasangan. Kelogikaannya yang susah dihilangin membuat semakin keras usahanya mencari cinta, hasilnya malah makin berantakan.

INTJ biasanya baru akan menemukan pasangan ketika dia lebih santai dan nggak ngotot mencari.

 

INTJ dan Pasangannya

 

intj adalah, intj kepribadian, intj t, intj jatuh cinta, intj cocok dengan siapa,


Dalam hubungan dengan orang lain secara umum, INTJ adalah orang yang logis, efikasi dirinya tinggi, pemikir yang orisinal, idealis, tegas, dan ambisius. Namun, INTJ bisa jadi cranky dan menjauh saat orang-orang di sekitarnya dirasa nggak sesuai sama dirinya, seperti “penuh dengan orang yang malas dan nggak bisa apa-apa.”

Dalam hubungan bisa dibilang INTJ cukup idealis. INTJ bisa aja menggunakan “metode ilmiah” dalam memilih pasangan. Dan kalo udah menemukan pasangan yang sesuai sama kriteria ribetnya, dia akan jadi pasangan yang setianya setengah mati hingga maut memisahkan. Idealisme INTJ tentang cinta dan hubungan nyaris tak tergoyahkan, dan dia akan menjadikan idealismenya tentang cinta itu menjadi kenyataan.

INTJ punya passion terhadap perbaikan diri, dan dia mendorong pasangannya untuk melakukan hal serupa. Makanya, dia selalu mau mendorong cita-cita pasangannya.

Buat orang dengan tipe kepribadian INTJ, inilah bentuk cinta yang murni. Mendorong dan membantu pasangan menggapai tujuan karir atau cita-cita pribadi, jauh lebih baik dibandingkan sekedar mesra-mesraan.

Buat mereka, orang lapar ya pasti makan. Nggak usah ditanya udah makan apa belum. Kalo makan ya di mana juga terserah. Tapi untuk tujuan karir? INTJ siap menyingsingkan lengan baju dan ikut bahu membahu bareng sang belahan jiwa.

Ini bisa jadi masalah kalo pasangannya nggak ngerti. Pasangan INTJ mungkin akan merasa bahwa INTJ sulit dibaca. Ini karena INTJ bukan orang yang ekspresif soal emosi mereka. Mendiskusikan perasaan selalu ribet dan nggak ada rumusnya, maka bagi mereka mendingan nggak usah deh.

INTJ menghargai pasangan yang memberikan kebebasan untuk mencapai cita-cita pribadi mereka. Pasangan yang menghargai keyakinan, wawasan, dan kemampuan mereka dalam mencari solusi kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Apa sih yang diharapkan oleh INTJ terhadap pasangannya?

 

1. INTJ berharap pasangannya mau membagikan visi dan cita-citanya.

Daripada cerita tentang cinta atau gosip, INTJ lebih suka ngomongin cita-cita dan visi. Dan orang dengan tipe kepribadian INTJ suka dimintai bantuan sama pasangannya untuk hal ini.

Sebagai salah satu tipe MBTI yang paling percaya diri, INTJ menghargai individu lain yang juga percaya diri dan tahu mau ngapain di masa depan. INTJ akan berusaha sekuat tenaga agar pasangannya meraih cita-cita.

Kalo kamu punya pacar INTJ, ceritakan pada mereka tentang cita-cita kamu dan harapan kamu tentang masa depan. INTJ akan dengan senang hati ngedengerin dan siap membantu.

 

2. INTJ mau pasangan yang bisa mengimbangi logika dan ambisinya.

Ciri-ciri INTJ adalah logis, yang observasi mendalam dan ide orisinalnya bisa membuat orang lain diam-diam terpukau.

Dikombinasikan dengan kepribadian yang kuat, mereka punya kemampuan untuk menelisik dan mengkritisi pemikiran-pemikiran konvensional. Hubungan yang baik dengan INTJ bisa membuat diri orang lain berubah jadi lebih baik.

Kalo kamu punya pasangan INTJ, keseringan mengkritisi hal rumit dan berat mungkin bakal ngebosenin. Tapi di sinilah pembeda pasangan sejati INTJ; kalo kamu sanggup mengimbangi pikiran mereka, kamu akan jadi pasangan yang pas untuk INTJ.

 

3. INTJ ingin pasangan yang bisa memahami pikiran rumitnya.

INTJ memikirkan banyak hal. Ini membuat pikirannya menjadi kompleks dan kadang menular juga ke cara bicaranya yang berbelit-belit.

Kalo kamu adalah pasangannya INTJ, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengenal mereka secara langsung, dan memahami bagaimana pikiran mereka memproses informasi.

Orang dengan tipe kepribadian INTJ menghargai pertanyaan yang mendalam. Mereka juga selalu senang berbagi informasi dan menunjukkan orang tentang cara yang benar dalam melakukan sesuatu.

Kalo kamu bisa memahami mereka sepenuhnya, kamu udah mendapatkan hatinya.

 

4. INTJ ingin pasangan yang mau mendiskusikan masa depan dengannya.

INTJ hidup dengan memikirkan masa depan. Apa yang terjadi ya udah, nggak dikenang lagi. Karena selalu visioner, maka kamu perlu tanyakan cita-cita pribadi atau terkait hubungan kamu dengannya.

Berdiskusi dan merencanakan masa depan adalah hal menyenangkan buat INTJ, jadi kalo ngomongin itu sama mereka, obrolan jadi seru dan dalam.

 

5. INTJ diam-diam ingin pendapatnya selalu didengar.

INTJ punya pendapat atau teori tentang berbagai hal. Mereka, orang-orang berkepribadian INTJ, berpikir dengan cara yang tidak dilakukan kebanyakan orang, seperti menghubungkan satu fenomena dengan fenomena lain, serta mengaitkannya dengan situasi, orang, dan segala sesuatu di antaranya.

Mereka pada dasarnya analitis, yang mungkin bisa sedikit mengintimidasi orang lain yang belum kenal. Makanya, INTJ akan menghargai banget orang-orang yang mau mendengarkan pendapat analitis mereka.

Kalo kamu punya pasangan INTJ, coba deh tanyain pendapat mereka tentang berita atau fenomena yang lagi hangat. Dia akan bercerita panjang lebar tentang itu.

 

6. INTJ punya ide yang luas, maka dengarkanlah.

INTJ adalah orang yang sikap optimistisnya setinggi langit. Mereka percaya diri dengan kemampuan problem solving yang mereka miliki. Di mata INTJ, masalah cuma gangguan kecil yang hanya butuh sedikit penyelesaian.

Terlepas dari rintangan yang menghadang, mata mereka selalu terpaku pada tujuan yang udah ditetapkan. Berkat visi masa depan yang jelas, semua jalan keluar untuk berbagai potensi masalah udah terpeta di benak mereka.

Kalo kamu berpasangan sama INTJ dan menemukan rintangan, coba deh dengerin rencana cadangan mereka. Karena mereka mungkin punya ide gila yang mungkin bisa dipake.

 

7. INTJ menghargai pasangan yang jujur dan blak-blakan.

Dalam berkomunikasi, INTJ lebih menghargai kejujuran yang blak-blakan dibanding sindir atau kode-kodean. INTJ sendiri memang cenderung blak-blakan, dan mendapatkan hal serupa adalah sesuatu yang mereka terima dengan tangan terbuka.

Kalo kamu berpasangan dengan orang berkepribadian INTJ, perjelas apa yang kamu mau dari hubungan tersebut dan hal-hal yang harus dilakukan. Komunikasi yang jelas didasari argumentasi yang solid akan membuat hubunganmu dengannya lebih lancar.

 

8. INTJ butuh waktu untuk percaya sama pasangannya.

Setelah merasakan kecewa berkali-kali, INTJ akan banyak mempercayai orang-orang dan banyak pula dikecewakan karenanya.

Sehingga, setelah melalui proses pembentukan karakter di fase remaja, dalam pikiran INTJ yang logis, kepercayaan dan kesetiaan hanya akan diberikan pada mereka yang layak mendapatkannya. Dan proses mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan ini mungkin butuh waktu.

Kalo setelah berbulan-bulan berhubungan, si INTJ masih menyimpan rahasia atau masih belum terbuka sepenuhnya sama kamu, ya itu karena kepercayaan dan kesetiaannya mahal. Itu bukan sesuatu yang bisa kamu minta darinya, tapi kudu kamu dapetin dengan usaha kamu sendiri.

 

9. INTJ akan mendorong kamu melakukan yang terbaik.

INTJ, kayak yang udah kita bahas, lebih suka ngomongin cita-cita dan masa depan. Inipun akan dilakukan padamu. Orang dengan kepribadian INTJ akan mendorong kamu menjadi orang yang lebih baik, dengan semua yang bisa ia lakukan.

Kalo kamu udah mendapatkan kepercayaan darinya, INTJ akan membayar semua usahamu dengan membantu kamu menjadi lebih baik.

Tentu bukan berarti dia nggak nerima kamu apa adanya. INTJ melakukan ini karena percaya kamu bisa jadi lebih baik dari sekarang, dan dia percaya kalo setiap orang memiliki banyak potensi daripada yang orang itu sadari.

Karenanya, syukurilah karena ada orang yang cara sayangnya tuh bikin kamu jadi lebih baik, bukannya nyuruh kamu jadi budak cintanya dia.

 

10. INTJ mengharapkan pasangan yang bisa berdiskusi dan berdebat.

INTJ suka diskusi dan berdebat, karena mereka memiliki banyak pendapat dan pikiran tentang berbagai hal, seperti politik, filsafat, dan mungkin tentang ketuhanan.

Namun, INTJ punya kebiasaan ngomong yang blak-blakan dan gak peka sama emosi. Kadang bisa aja kata-katanya jadi menyinggung atau nyelekit. Dan dia yang dasarnya selalu berpikir, akan beranggapan bahwa semua perlu didebatin. Kalo salah ya kudu dibenerin.

Jadi, kalo kamu adalah pasangan INTJ, kamu nggak perlu menganggap serius bantahan dia. Dia emang pendebat, jadi kalo kamu lagi males mending diem dan iyain aja.

 

 

Karir Orang dengan Kepribadian INTJ

Tipe kepribadian INTJ butuh karir yang bisa memaksimalkan kemampuan analitisnya yang dalam dan visinya yang luas. Makanya, memilih pekerjaan membosankan atau yang kegiatannya gitu-gitu aja akan jadi neraka buat orang dengan tipe kepribadian ini.

intj adalah, intj kepribadian, intj t, intj jatuh cinta, intj cocok dengan siapa,

Untungnya, tipe INTJ punya sejumlah pilihan karir yang bagus. Terus juga, kejeniusan INTJ akan diterima di banyak bidang profesi; ilmuwan, insinyur, peneliti, pembuat software, pengacara, dan macam-macam lagi.

INTJ juga terdorong untuk mendobrak dogma jadul bin konvensional. Mereka bisa menemukan ini di sejumlah bidang — politik, bisnis, pendidikan, dan sains.

Tempat kerjalah yang biasanya jadi masalah bagi INTJ, karena mereka butuh wadah agar ide-ide dan kreativitas mereka bisa dimanfaatkan.

Mereka membutuhkan atasan yang ngerti dan mau menjembatani kemampuan mereka. Dan, membentuk hubungan dengan orang-orang pembuat keputusan bukanlah bagian dari kekuatan inti INTJ. Politik bermanis-manis bukan kemampuan mereka, pun bukan sesuatu yang pengen mereka lakukan.

Di awal karir mereka, INTJ akan harus melakukan tugas-tugas membosankan yang tidak menantang mereka dan berurusan dengan ide mereka yang berulang kali ditolak. Namun, seiring waktu, mereka cenderung mengembangkan kemampuan mereka menjadi rangkaian keterampilan yang sangat efektif sehingga mereka diperhatikan.

Ciri lain dari orang dengan tipe kepribadian INTJ adalah biasanya mereka lebih suka kerja sendiri atau dalam kelompok kecil. Semakin sedikit orangnya, semakin mereka bisa memanfaatkan kreativitas dan fokus semaksimal mungkin tanpa direcokin temen kerja atau supervisor.

Sekilas kayaknya INTJ hanya mau playing with their own rules. Nggak juga kok, karena INTJ juga bisa bekerja dalam sistem. Selama sistem itu terkelola dengan baik, dan bebas dari korupsi atau nepotisme, INTJ akan menurut sama sistem birokrasi yang ada.

Ini juga berimbas pada sikap para orang berkepribadian INTJ dengan rekan kerja. INTJ nggak respek sama para penjilat, orang-orang yang suka cari muka, atau yang mendapat jabatan karena permainan politis. Bagi mereka sih respek hanya diberikan untuk siapapun yang INTJ anggap punya kemampuan.

Orang berkepribadian INTJ menghargai kecerdasan, sikap gigih, wawasan yang luas, dan komit sama pekerjaan maupun sama diri sendiri. Mereka percaya bahwa setiap orang harusnya menyelesaikan pekerjaan mereka dan selesaikan dengan kualitas sebaik mungkin.

INTJ pun akan frustrasi ketika politik organisasi yang nggak fair menghambat perubahan atau kemajuan nyata. Sebaliknya, kalo tempat kerjanya lebih mementingkan kemampuan daripada popularitas, INTJ akan dengan cepat mencapai puncak.

Ya gitulah, INTJ bisa bersinar selama tempat dia kerja bisa mengapresiasi kapasitasnya.

Dalam bekerja, INTJ punya metode yang khas. Mereka biasanya bisa memilah-milah kekacauan yang ada dari suatu masalah, kemudian menemukan titik penting yang perlu ditarik untuk mengurai kekacauan. Dalam prosesnya, mereka menghasilkan solusi paling elegan atas masalah yang ada ini.

Seni bekerja inilah yang selalu dan akan diterapkan oleh para INTJ saat menyelesaikan masalah di tempat kerjanya.

Kalo mereka menemukan tempat kerja yang bagus, mereka akan beradaptasi dengan cepat. Kalo udah bisa nyetel sama kerjaan dan lingkungan kerjanya, maka kepercayaan diri, antusiasme, serta kreativitas mereka biasanya mengarahkan mereka ke jabatan atau job desc yang lebih seru.

Ujung-ujungnya, mereka cenderung mendapatkan kemerdekaan yang biasanya mereka inginkan. They’ll always find their way.

Kalo INTJ berada di tempat yang tepat dan menghargai kemampuannya, naik jabatan atau tugas yang makin menantang akan segera tiba. INTJ pun menyambut gembira hal ini, karena emang mereka tergila-gila dengan kemajuan diri. Ide-ide dan gagasan baru udah siap dieksplorasi, dan masalah baru pun siap diselesaikan sama INTJ.

Promosi pun cukup mudah didapatkan oleh tipe kepribadian satu ini. INTJ sendiri kurang suka sorotan; buat mereka nggak masalah bekerja dalam sunyi, asalkan dia punya kontrol penuh terhadap pekerjaannya itu.

Visi, kreativitas, dan kapasitas INTJ dalam menjalankan rencana memungkinkan orang-orang berkepribadian ini mampu bersinar di berbagai pilihan karier.

Sebagian pekerjaan yang mengharuskan ketemu banyak orang dan kudu banyak ngomong mungkin akan sedikit bentrok sama kepribadian mereka, tapi mereka tetep bisa sukses kalo mereka mau. Toh kalopun nggak betah, opsi untuk berbisnis dan self-employed selalu ada.

 

Berteman dengan Orang berkepribadian INTJ

Kita udah bahas cukup banyak tentang INTJ. Kamu mungkin salah satunya, atau kamu ngerasa kenal orang yang kayaknya mirip sama yang udah kita bahas panjang lebar ini.

Kamu mungkin ngeliat si INTJ ini sebagai temen yang nggak akrab sama banyak orang, atau mungkin temenmu yang INTJ ini adalah si anak pinter yang jarang punya pacar.

Emang sih buat INTJ, berteman dan punya hubungan akrab sama orang bukan suatu prioritas utama. INTJ punya lah satu atau dua temen yang sefrekuensi. Itupun yang diobrolin bukan urusan curhat atau gosip, tapi ngomongin pelajaran atau sesuatu yang serius. Lepas dari itu, nggak banyak yang tau tentang orang berkepribadian INTJ ini.

Ini karena INTJ emang sulit diketahui orang, dan sebaliknya INTJ nggak mau repot-repot mengakrabkan diri sama orang yang dia rasa kecerdasannya nggak setingkat sama dia.

Dalam persahabatan, prioritas utama para INTJ adalah orang yang kecerdasannya selevel. INTJ ngerasa perlu punya tempat membagikan gagasan atau argumen. Ngobrol ringan adalah sesuatu yang biasanya mereka hindari.

Alasan lain kenapa temennya sedikit adalah INTJ nggak mau kesendiriannya terganggu. INTJ akan dengan senang hati menjauh dari popularitas untuk memastikan dirinya selalu bebas merdeka.

Kebutuhan untuk sendiri ini membuat INTJ sebagai teman yang low-maintenance. Kamu nggak perlu menghubungi dia tiap hari untuk membuat dia sebagai sahabatmu. Hubungi aja sesekali dan obrolkan sesuatu yang serius, maka itu udah dianggap sebagai berhubungan akrab oleh INTJ.

INTJ pun, di sisi lain, nggak akan ngerecoki temannya setiap waktu. Mereka mendorong setiap orang dalam hidup mereka untuk merayakan momen sendiri untuk belajar dan mengeksplorasi diri.

Tapi INTJ tetep bisa juga hangout atau main bareng temen. Kalo semua temen itu akrab dengannya, sefrekuensi dan punya kecerdasan setara, INTJ cukup santai dan bisa having fun. Mereka sesekali bisa ngejoke, meskipun jokenya buat orang lain mungkin garing atau membingungkan.

Tapi INTJ agak kikuk di tempat ramai kayak reuni, kumpul keluarga, atau kondangan. Mereka sulit membaur dalam situasi sosial. Mereka bakal banyak diem dan gak tau harus ngomongin apa.

Begitu juga dengan situasi yang melibatkan emosi, kayak temen lagi berduka, temen marah, tersinggung, dan semacemnya. Karena orangnya selalu rasional, INTJ nggak tau cara menghandle situasi penuh emosi.

Terlepas dari itu, orang dengan kepribadian INTJ adalah teman yang baik, mendorongmu untuk berkembang, dan selalu punya informasi menarik untuk didiskusikan. Dia mungkin bukan tempat curhat yang baik, tapi dia selalu punya pendapat cerdas yang bisa membantu melihat masalah dari sudut pandang berbeda.

Nah!! Itu tadi yes pembahasan tentang orang-orang berkepribadian INTJ. Mereka adalah sekumpulan makhluk cerdas yang selalu ingin memperbaiki diri, si visioner yang mungkin kata-katanya bisa sedikit menyinggung. Bersahabat dengannya akan mendorongmu berkembang, dan meraih kepercayaannya berarti akan mendapatkan kesetiaannya yang akan bertahan sepanjang waktu.

Kamu ngerasa berkepribadian INTJ? Atau punya temen yang mirip kayak gini? Ceritain di kolom komentar yes!

Sumber

https://www.psychologyjunkie.com/2015/09/27/are-you-compatible-intj-relationships/

https://www.truity.com/blog/11-ways-be-good-partner-intj-life-and-work

https://www.16personalities.com/intj-careers

4 Replies to “Kepribadian INTJ, Si Dingin yang Jenius

  1. Sebelumnya terimakasih telah membuatkan artikel tentang INTJ. Saya dahulu mengira jika diri saya adalah seorang INTP-T, namun semakin mendalami karakter masing masing MBTI dan nilai fungsi kognitif. Saya merasa jika diri saya bukan lah seorang INTP, apalagi setelah melihat artikel-artikel tentang INTJ dan apa saja plus minusnya dan juga melihat hasil test Psikologi saya ketika SMA. Ada kecenderungan INTJ, akhirnya saya mencoba test di salah satu website dan ternyata hasilnya INTJ.

    Dan berkat postingan ini saya merasa terutama di bagian judgementalnya itu paling ngena, karena seringkali saya berkomentar sesuatu suka tidak di filter :v anyway, i’am female INTJ-T wkwkwk

  2. Baru kemarin ikut tes MBTI. Hasilnya INTJ dan semua pembahasannya Correct 100% wkwkwkwk… Saya minus bgt untuk urusan sosial dah…

Ada komentar? Mau nanya? Mau curhat? Silakan tulis di sini :)