Waktu baca yang dibutuhkan: 11 menit

ENFJ sebagai Orang Tua

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

ENFJ punya bakat sebagai orang tua. Ia bisa menyeimbangkan antara sikap friendly dan menanamkan nilai moral.

Kelebihan terbaik ENFJ sebagai orang tua adalah sikapnya yang empatik. Ia bisa melihat masalah dari sudut pandang anak, sehingga ia bisa memancing anak dalam melihat pilihan-pilihan dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Orang tua ENFJ akan menggugah anaknya untuk berkembang dan mengeksplorasi. Selain itu, ENFJ selalu mengawasi dan mengapresiasi tumbuh kembang anaknya dan memastikan anak itu berada di jalan yang tepat.

Sebagai orang tua, tipe kepribadian ENFJ menjunjung tinggi nilai-nilai moral, dan ia memastikan nilai moral tersebut tertanam di hati anak. Jadi, perbuatan baik anak tidak muncul karena patuh, tapi karena kesadaran.

Berhubung ENFJ punya sifat membenci konflik, maka sebagai orang tua, mereka memastikan lingkungan keluarganya aman dan bebas dari pertengkaran. ENFJ bisa sih marah. Tapi itu bukan senjata utama mereka, sehingga marah dan hukuman fisik jarang muncul.

Seiring perkembangan, anak akan tumbuh menjadi abg yang labil. Abg tentu saja mulai memilih pilihannya sendiri. Dan, bila pilihan si anak berbeda dari bayangan orang tuanya, ENFJ sebagai orang tua akan merasa terluka.

Rasa terluka ini hadir karena ia merasa gagal membimbing anak sesuai tujuan awalnya. Mungkin perasaan ini nggak diungkapkan sih. Seiring waktu, ENFJ mencoba memakluminya.

Tapi kejadian semacam ini jarang terjadi. ENFJ punya bakat dalam menanamkan nilai moral pada anak, sehingga kemungkinan yang paling besar adalah anak ngerti tentang nilai-nilai moral. Kepemahaman ini akan muncul seiring kedewasaan anak.

Dan, ketika anak dewasa, ia akan menyadari berharganya cinta dan perhatian yang ENFJ berikan.

3 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)