Waktu baca yang dibutuhkan: 11 menit

Kepribadian ENFJ sebagai Teman

 

Dalam pergaulan, ENFJ termasuk orang yang aktif. Bila orang-orang kadang cuek dengan grup chat yang sepi, atau diem aja bila temen lama nggak ngasih kabar, ENFJ nggak demikian. Ia akan aktif nulis sesuatu di grup chat atau ngomen di postingan temennya, supaya hubungan pertemanan ini terjaga terus.

Semua orang suka ENFJ. Mereka asik diajak ngobrol, pengertian, dan tulus. Walaupun asik diajak ngobrol, tapi dia jujur-jujuran aja sama orang. Jadi kalau seseorang punya kekurangan, ENFJ akan bilang.

Saat pergi dan jalan bareng temen-temen pun dia biasanya enerjik dan banyak ngomong. Dia membawa keceriaan dan kehangatan, seolah dia adalah matahari pagi dalam geng.

Dalam lingkungan baru, ENFJ dikenal mudah membuka obrolan dan cepet beradaptasi dengan gaya orang lain. Bila berselisih pendapat pun ENFJ seneng-seneng aja, karena beda pendapat berarti perspektif baru.

ENFJ bertekad jadi teman terbaik semua orang, berusaha membahagiakan banyak orang. Ini terlihat dari upaya ENFJ dalam mengenal orang lain, mimpinya, harapannya, dan kekuatannya. Bagi ENFJ, nggak ada kebahagiaan yang lebih besar daripada melihat temannya berhasil, dan dia bangga bila pernah berkontribusi dalam membantu keberhasilan itu.

Tapi, nggak semua orang suka dicampuri urusannya.

Ada juga kan kepribadian yang sukanya kerja sendiri dan nggak diganggu orang lain. Kepribadian INTP misalnya, lebih suka kalau dia memegang kendali atas tiap usahanya.

ENFJ nggak suka nih ketemu yang kayak gini. Bila usaha tulusnya ditolak, ENFJ akan tersinggung. Biasanya ENFJ akan bersikeras buat nolong, menyebabkan muncul sedikit cekcok.

ENFJ cocok dengan yang suka membimbing dan memimpin, kayak INFJ, ESFJ, dan ENFP. Sementara, ketidakcocokan mungkin akan muncul pada tipe yang kurang serius kayak ESTP, atau tipe yang individual seperti ISTP IFTJ, dan ISTJ.

 

3 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)