Waktu baca yang dibutuhkan: 11 menit

Hubungan ENFJ

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

Orang-orang dengan kepribadian ENFJ merasa hidupnya lebih nyaman bila punya pasangan, dan mereka sedikit ngotot dalam mempertahankan komitmen.

ENFJ melihat pacaran dan kencan sebagai sesuatu yang serius. Buat mereka, pacaran adalah langkah pertama dalam pernikahan, sehingga mereka cukup pemilih. Namun, bila ENFJ sudah dapet pasangan, sayangnya bukan main.

Satu hal yang asik dari ENFJ adalah dia stabil dan dewasa dalam hubungan. Orangnya penyayang dan nggak banyak nuntut.

Iklan!
Biasanya, saat baru-baru jadian, orang merasakan kasmaran ya? Setelah itu, sedikit demi sedikit api cinta itu akan menurun. Nggak demikian dengan ENFJ. Rasa sayangnya stabil, sejak awal hingga kelak akan selalu sama.
ENFJ membuktikan kasih sayangnya dengan kepedulian. Ia akan sering nanya “lagi ngapain“, “sudah makan belum“, atau “jangan lupa makan nanti mati lo“. Kepedulian ini kadang terlalu intens. Bila pasangannya nggak ngerti, si pasangan ini bisa ngerasa terganggu.
Walaupun gitu, ENFJ bukan pacar yang manja atau menuntut. Yang ia mau cuma melihat pasangannya bahagia, dan ia ingin pasangannya memperlihatkan itu.
Kebahagiaan lain bagi ENFJ adalah bila pasangannya berhasil berkat bantuannya dia. ENFJ akan berusaha sebisanya untuk membantu pasangan menggapai mimpi.
Kadang kelakuan ini malah menghambat cita-cita ENFJ sendiri, namun bila pasangannya berhasil, bagi ENFJ pengorbanan itu sepadan.

Bila berkonflik sama pasangan, ENFJ cenderung menghindari konflik itu. Misalnya pasangannya sering pergi gak ngabarin. ENFJ mungkin jengkel sama sikap itu, tapi dia berusaha buat memendamnya biar gak berantem.

Di sisi lain, tipe kepribadian ENFJ kadang-kadang suka ngasih kode-kode nggak jelas dalam pertanyaannya, pertanyaan yang kadang nggak dimengerti sama si pasangan.

Karena sifat penyayangnya yang besar, ENFJ memberi banyak ruang di hatinya untuk si pasangan, sehingga kadang ENFJ lupa mengurusi perkara-perkara lain daripada sekadar pacaran. Bila pasangannya nggak sepaham dengannya, hubungan ini akan cepat kandas.

Dan, bila kandas, ENFJ akan merasakan perasaan bersalah yang besar, karena sudah gagal membantu orang lain.

Itu kan kalo pasangannya nggak ngertiin dia. Kalau ngerti, lain ceritanya.

Jika si pasangan mengerti betapa penyayangnya si ENFJ, dan menghargai porsi cinta yang ENFJ berikan, hubungan mereka akan lama dan bahagia terus. Kan enak tuh kalau kita ngasih perhatian yang besar ke orang lain, dan orang itu menghargainya. Hubungan bisa awet lama.

 

4 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)