Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

Hubungan ENFJ

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

Orang-orang dengan kepribadian ENFJ merasa hidupnya lebih nyaman bila punya pasangan, dan mereka sedikit ngotot dalam mempertahankan komitmen.

ENFJ melihat pacaran dan kencan sebagai sesuatu yang serius. Buat mereka,Β pacaran adalah langkah pertama dalam pernikahan, sehingga mereka cukup pemilih. Namun, bila ENFJ sudah dapet pasangan, sayangnya bukan main.

Satu hal yang asik dari ENFJ adalah dia stabil dan dewasa dalam hubungan. Orangnya penyayang dan nggak banyak nuntut.

Iklan!
Biasanya, saat baru-baru jadian, orang merasakan kasmaran ya? Setelah itu, sedikit demi sedikit api cinta itu akan menurun. Nggak demikian dengan ENFJ. Rasa sayangnya stabil, sejak awal hingga kelak akan selalu sama.
ENFJ membuktikan kasih sayangnya dengan kepedulian. Ia akan sering nanya “lagi ngapain“, “sudah makan belum“, atau “jangan lupa makan nanti mati lo“. Kepedulian ini kadang terlalu intens. Bila pasangannya nggak ngerti, si pasangan ini bisa ngerasa terganggu.
Walaupun gitu, ENFJ bukan pacar yang manja atau menuntut. Yang ia mau cuma melihat pasangannya bahagia, dan ia ingin pasangannya memperlihatkan itu.
Kebahagiaan lain bagi ENFJ adalah bila pasangannya berhasil berkat bantuannya dia. ENFJ akan berusaha sebisanya untuk membantu pasangan menggapai mimpi.
Kadang kelakuan ini malah menghambat cita-cita ENFJ sendiri, namun bila pasangannya berhasil, bagi ENFJ pengorbanan itu sepadan.

Bila berkonflik sama pasangan, ENFJ cenderung menghindari konflik itu. Misalnya pasangannya sering pergi gak ngabarin. ENFJ mungkin jengkel sama sikap itu, tapi dia berusaha buat memendamnya biar gak berantem.

Di sisi lain, tipe kepribadian ENFJ kadang-kadang suka ngasih kode-kode nggak jelas dalam pertanyaannya, pertanyaan yang kadang nggak dimengerti sama si pasangan.

Karena sifat penyayangnya yang besar, ENFJ memberi banyak ruang di hatinya untuk si pasangan, sehingga kadang ENFJ lupa mengurusi perkara-perkara lain daripada sekadar pacaran. Bila pasangannya nggak sepaham dengannya, hubungan ini akan cepat kandas.

Dan, bila kandas, ENFJ akan merasakan perasaan bersalah yang besar, karena sudah gagal membantu orang lain.

Itu kan kalo pasangannya nggak ngertiin dia. Kalau ngerti, lain ceritanya.

Jika si pasangan mengerti betapa penyayangnya si ENFJ, dan menghargai porsi cinta yang ENFJ berikan, hubungan mereka akan lama dan bahagia terus. Kan enak tuh kalau kita ngasih perhatian yang besar ke orang lain, dan orang itu menghargainya. Hubungan bisa awet lama.

 

15 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

  1. Bagi yg ENFJ mau dong sharing bareng πŸ˜‚

    Aku mau meningkatkan bakat ENFJ & melatih kekurangan ENFJ.

    Biar bisa lebih bermanfaat luas seluas2nya hehe

    Yg mau sharing bisa line aku @yeyedrst

    Salam kenal ENFJers πŸ˜‰

  2. hai aku ENFJ dan semua yang ditulis bener banget. Akhir akhir ini suka cari jati diri karena di tempat kerja sekarang (BTW pekerjaan pertama aku) aku bawaannya ngerasa beban banget. karena tugas kerjanya sebagai staff admin di finance/perbankan. karna udah kerja jalan 4 bulan dan masih ngerasa gak tenang idur dan batin. aku kepooin MBTI dan hasilnya ENFJ. aku bingung, walau emang bener aku harus sabar, kalau kerja nulis tentang laporan pasti suka gak sehati dengan manager sendiri. dan itu sering terjadi. trus kadang manager bingung ke aku, kenapa aku gak pernah fokus? kamu harus lebih kreatif, gitu, padahal aku sudah menulis sesuai cara pandang. Emang sih suka nyalahin siri sendiri, bego emang aku, gitu aja gak paham…

    cuma mau sering sebagai ENFJ yang baru melangkah di dunia baru.
    semangat ya semuanya, semua cobaan pasti ada jalan keluar yang lebih baik dari sebelumnya, dan bener banget, aku suka Nulis.. hihi

    1. Sekedar saran coba kenali juga Loop, Grup & Shadow dalam MBTI yaa..

      Ini yang menghambat kita dalam menjadi ENFJ yang sehat.

      Kalo aku kepoin itu di Quora.
      Semoga bermanfaat dan Salam kenal πŸ™‚

  3. Bener banget ni.. mungkin tambahan bagi ENFJ yang sering nolong orang tulus dari hati tapi ga dihargai pesen saya : “Teruslah berbuat kebaikan meskipun kebaikan kadang tak dihargai” hehehe

    1. Bener banget ini ulasannya mulai dari hobi, sikap, kekurangan & kelebihan, dll wkwkwk kadang suka terlalu peduli sama orang dan kek pingin punya andil dalam keberhasilan orang lain. kalo ada temen yg ketahuan punya potensi apa, langsung diembat itu si temen β€œeh kamu cocok lho jadi ini, coba aja..” atau β€œkamu kan suka ini, boleh banget tuh dikembangin jadi ini..” dst dst hahaha.. suka geli sama diri sendiri.. aku ENFJ yg stelah tes MBTI berkali-kali juga tetep menunjukkan ENFJ dgn ekstrovert 75% πŸ˜‚πŸ˜‚

  4. ENFJ is True.
    Kepribadian, kelebihan dan Kelemahan itu semua terjadi dan yang sering aku lakuin. Semua bagian itu ada contoh dalam kehidupanku. β˜ΊοΈπŸ˜‰

  5. Wah ga aku sangka ternyata enfj itu langka 😍
    Oiya saran bagi enfj yg suka peduli sama orang jangan lupain diri sendiri (kamu juga berhak berkembang menjadi yg lebih baik lagi)
    Soalnya aku lagi belajar utk lebih peduli sama diri sendiri…
    Pokoknya jangan lupain diri sendiri πŸ€—
    Klo mau berteman bisa line songraeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *