Waktu baca yang dibutuhkan: 11 menit

Kelebihan dan Kekurangan ENFJ

Kelebihan ENFJ

  • Toleran – Ia mendengarkan pendapat orang lain dengan sungguh-sungguh, bahkan walaupun pendapat itu berlawanan dengannya. ENFJ tipe yang menerima kritik dengan terbuka, selama kritik itu membangun.

 

  • Bisa dipercaya – Orang ENFJ anti mengecewakan orang lain. Ia melakukan apapun agar kepercayaan orang tidak ternodai. Makanya, bila pekerjaan dipercayakan ke dia, akan dikerjakan sebaik mungkin.

 

  • Karismatik – ENFJ punya bakat alam untuk menarik hati orang lain. Mereka tau cara memikat audiens, membawa mood dan memotivasi orang. Bisa membangkitkan emosi dan passion orang lain, apapun situasi yang muncul.

 

  • Tanpa pamrih – Bakat memikat orang lain tidak digunakan untuk diri sendiri, ia menggunakannya untuk menolong orang lain. ENFJ bertekad untuk berbuat baik untuk orang-orang di sekitarnya, baik di lingkungan maupun di dunia. Hangat dan tidak egois, ENFJ percaya bahwa dengan bersama-sama, mereka bisa menciptakan kebaikan.

 

  • Pemimpin alami – ENFJ punya perilaku layaknya pemimpin, membuat dia sering ditunjuk memimpin padahal ia sendiri nggak meminta. Bila ENFJ ditunjuk jadi leader, orang-orang di sekitarnya setuju dan malah merayakannya.

 

Kekurangan ENFJ

  • Idealis – Orang dengan kepribadian ENFJ kadang lupa bahwa nggak semua orang mengerti pikirannya. Toh, mengubah kebaikan nggak semudah yang ENFJ pikir. Makanya, kadang-kadang orang lain mengira dia punya maksud tertentu, padahal dia sendiri nggak bermaksud demikian. Biasanya, bila dilawan, ENFJ gak marah, tapi menyalahkan diri sendiri.

 

  • Terlalu cuek sama diri sendiri – Karena terlalu ngurus orang lain, kadang ENFJ lupa mempedulikan diri sendiri. Kadang ENFJ terlalu memikirkan masalah orang lain, sehingga masalahnya sendiri nggak keurus. Bila nggak hati-hati, rasa cuek ini bisa menghambat upaya mereka dalam menolong orang.

 

  • Terlalu sensitif – ENFJ memang menerima kritikan, tapi bila kata-katanya negatif, biasanya dia sering kepikiran. Kadang kepikiran ini malah bikin stres. Ketika ENFJ pernah dikritik atas suatu hal, kadang ia takut melakukan hal tersebut lagi, karena kepikiran sama kritik sebelumnya.

 

  • Self-Esteem naik turun – ENFJ mematok kualitas dirinya berdasarkan seberapa jauh dia berhasil menggapai tujuannya. Bila ia berhasil menggapai sesuatu yang ia targetkan, rasa pedenya meningkat. Namun, ketika ia gagal menggapai sesuatu, atau gagal menolong orang, dia langsung jatuh dan bad mood.

 

  • Sulit mengambil tindakan tegas – ENFJ bukan tipe pemikir tegas. Ini karena aspek Feeling dan Extrovert-nya yang kuat. Dua aspek E dan F ini membuat ENFJ sulit membuat keputusan tegas, karena terhalang emosi dan selalu kepikiran dampaknya buat orang lain. Makanya, bila ENFJ dihadapkan dua pilihan yang sama-sama beresiko, ENFJ akan mati kutu.

 

5 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)