Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

Mengenal lebih jauh tentang tipe kepribadian ENFJ, dan sisi yang tak pernah diceritakan.

Kepribadian ada macem-macem, namun tipe kepribadian ENFJ mungkin paling hangat.
Kasih sayangnya luas dan ia siap menolong.

Tapi walaupun gitu, ada juga yang nggak cocok sama dia. Siapa ya?
Lalu, karir apa yang ternyata TIDAK COCOK sama kepribadian satu ini?

Eh, tapi sebelumnya ENFJ itu apa?

Iklan!

ENFJ adalah salah satu tipe kepribadian dalam MBTI (MBTI dijelaskan di sini ya).

MBTI adalah pengorganisir yang idealis, bergerak untuk menerapkan visinya untuk kebaikan orang lain. Mereka juga bertindak sebagai “peramu” manusia, karena kemampuannya melihat bakat orang lain, dan memandu mereka untuk mengejar tujuan.

Seperti motivator, orang ENFJ berfokus pada nilai-nilai dan visi, dan bersemangat menemukan kebaikan untuk orang lain.

ENFJ adalah pemimpin sejati, penuh semangat dan karismatik. Ia pun termasuk tipe yang langka: hanya 2% orang di dunia merupakan kepribadian MBTI. Kepribadian ENFJ banyak ditemukan di bidang politik, pelatih dan guru, ada juga yang jadi motivator. Dengan pengaruh alami yang ia punya, ENFJ paling bahagia bila berhasil memandu orang lain untuk memperbaiki diri.

Semua orang tertarik dengan manusia berkarakter kuat, dan ENFJ memiliki itu. ENFJ adalah orang yang lurus, apa adanya, dan peduli untuk orang lain. Bila menurutnya ada sesuatu yang salah, ia akan bangkit dan mengutarakannya.

Kepribadian ENFJ mudah berkomunikasi dengan orang lain, terutama secara empat mata. Ini karena bakat Intuisi (N) yang ia punya, membantu ENFJ dalam mempengaruhi orang lain. Kecakapan ini bisa melalui fakta atau sekadar “mengaduk-aduk” emosi pendengarnya.

ENFJ punya kepedulian besar pada orang lain, sebuah tindakan tanpa mengharap balas.

Bila ENFJ melihat potensi dalam diri seseorang, ia akan sebisa mungkin membantu orang itu menggapai potensinya. Malah, secara polos ia mengira bahwa orang itu sama jujurnya dengan dia.

Hmmm sebenarnya bukan polos sih. Cuma, ENFJ percaya bahwa sejelek-jeleknya orang, pasti ada kelebihannya sendiri. ENFJ bisa melihat kebaikan dalam diri orang lain. Ia sampaikan kebaikan itu, sehingga mereka yang semula enggan jadi berniat berubah.

Karena terlalu peduli pada orang lain, kadang ENFJ menyusahkan diri sendiri. Masalah orang lain pun ikut ia pusingkan. Jika orang yang ia percaya sedang mengalami hambatan, ENFJ kadang ikut menyalahkan dirinya sendiri. Sesuatu yang bukan masalahnya dia, justru malah membuat ia terganggu.

Karenanya, penting bagi ENFJ untuk berhenti sejenak dan menenangkan diri. Terkadang masalah orang lain harus orang itu sendiri yang menyelesaikan. ENFJ dapat membantu, namun cara membantunya adalah dengan memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai masalah itu.

 

kepribadian enfj, tipe kepribadian enfj, karir enfj, pasangan enfj

Semangat Hidup a la ENFJ

ENFJ tergerak oleh rasa empati terhadap orang lain. Mereka punya kepekaan emosi terhadap orang lain, bahkan lebih peka dari orang yang merasakan emosi tersebut.

Hebatnya, kepekaan emosi ini tidak cuma untuk orang dekatnya saja; hati ENFJ selalu cukup untuk semua orang. ENFJ akan tergerak bila melihat seseorang menderita, walaupun orang itu tak pernah ia kenal. Rasa simpati yang kuat ini membuat dia gampang terharu.

ENFJ menginginkan hubungan yang dekat dan saling mendukung. ENFJ yakin, bekerja sama adalah cara terbaik mengerjakan sesuatu. Makanya, masukan dan saran selalu diterima oleh mereka.

ENFJ adalah orang dengan niat yang lurus, dan ia berharap orang lain pun memiliki niat yang sama. ENFJ akan kecewa dengan orang yang tidak berbuat tulus untuk orang lain.

 

Mengenali ENFJ

Bagaimana cara mengenali ENFJ?

ENFJ punya bakat murni sebagai guru. Sadar nggak sadar, ENFJ sering memimpin dan mengajari teman-temannya dalam belajar. Orang dengan tipe kepribadian ENFJ punya sifat suka memegang kendali, dan memimpin teman-temannya untuk sama-sama tumbuh dan berkembang.

ENFJ dapat melihat potensi orang lain. Dan, dengan kehangatan yang ia punya, ENFJ dapat meyakinkan orang lain untuk mau berkembang. ENFJ bersemangat dalam memimpin orang, sehingga orang yang dipimpin pun ketularan semangatnya.

ENFJ adalah komunikator yang baik, berbakat dalam menggunakan kata-kata untuk mempengaruhi. ENFJ juga suka mendengar orang lain. Mereka juga suka membantu menyelesaikan masalah orang lain, dan berdiskusi mengenai hidup dan masyarakat.

 

Tokoh ENFJ

ENFJ terkenal di antaranya ialah Oprah Winfrey, Pope John Paul II, Margaret Mead, Ralph Nader, Abraham Maslow, Dr. Phil McGraw, dan Martin Luther King, Jr.

 

ENFJ di populasi dunia

ENFJ adalah tipe kepribadian MBTI yang langka. Termasuk paling langka sih. Di dunia, jumlah orang dengan tipe kepribadian ENFJ sekitar 3%.

 

Kegiatan favorit ENFJ

Kegiatan favorit ENFJ di antaranya mengadakan acara sosial, baca buku, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, bercerita, dan menulis.

 

Fakta tentang ENFJ

Fakta menarik seputar ENFJ:

  • Di antara tipe kepribadian lain, ENFJ tipe yang paling mungkin menggunakan olahraga sebagai obat stres.
  • Di antara tipe kepribadian lain, ENFJ tipe yang paling percaya keberadaan Tuhan
  • Saat sekolah, tipe ENFJ adalah anak yang kalem dan nggak bermasalah
  • Di antara tipe kepribadian lain, ENFJ adalah yang paling merasakan kepuasan kerja, dan jarang pindah-pindah pekerjaan.

 

16 Replies to “Kepribadian ENFJ dan Kenapa Ia Seperti Matahari Pagi

  1. Bagi yg ENFJ mau dong sharing bareng 😂

    Aku mau meningkatkan bakat ENFJ & melatih kekurangan ENFJ.

    Biar bisa lebih bermanfaat luas seluas2nya hehe

    Yg mau sharing bisa line aku @yeyedrst

    Salam kenal ENFJers 😉

  2. hai aku ENFJ dan semua yang ditulis bener banget. Akhir akhir ini suka cari jati diri karena di tempat kerja sekarang (BTW pekerjaan pertama aku) aku bawaannya ngerasa beban banget. karena tugas kerjanya sebagai staff admin di finance/perbankan. karna udah kerja jalan 4 bulan dan masih ngerasa gak tenang idur dan batin. aku kepooin MBTI dan hasilnya ENFJ. aku bingung, walau emang bener aku harus sabar, kalau kerja nulis tentang laporan pasti suka gak sehati dengan manager sendiri. dan itu sering terjadi. trus kadang manager bingung ke aku, kenapa aku gak pernah fokus? kamu harus lebih kreatif, gitu, padahal aku sudah menulis sesuai cara pandang. Emang sih suka nyalahin siri sendiri, bego emang aku, gitu aja gak paham…

    cuma mau sering sebagai ENFJ yang baru melangkah di dunia baru.
    semangat ya semuanya, semua cobaan pasti ada jalan keluar yang lebih baik dari sebelumnya, dan bener banget, aku suka Nulis.. hihi

    1. Sekedar saran coba kenali juga Loop, Grup & Shadow dalam MBTI yaa..

      Ini yang menghambat kita dalam menjadi ENFJ yang sehat.

      Kalo aku kepoin itu di Quora.
      Semoga bermanfaat dan Salam kenal 🙂

  3. Bener banget ni.. mungkin tambahan bagi ENFJ yang sering nolong orang tulus dari hati tapi ga dihargai pesen saya : “Teruslah berbuat kebaikan meskipun kebaikan kadang tak dihargai” hehehe

    1. Bener banget ini ulasannya mulai dari hobi, sikap, kekurangan & kelebihan, dll wkwkwk kadang suka terlalu peduli sama orang dan kek pingin punya andil dalam keberhasilan orang lain. kalo ada temen yg ketahuan punya potensi apa, langsung diembat itu si temen “eh kamu cocok lho jadi ini, coba aja..” atau “kamu kan suka ini, boleh banget tuh dikembangin jadi ini..” dst dst hahaha.. suka geli sama diri sendiri.. aku ENFJ yg stelah tes MBTI berkali-kali juga tetep menunjukkan ENFJ dgn ekstrovert 75% 😂😂

  4. ENFJ is True.
    Kepribadian, kelebihan dan Kelemahan itu semua terjadi dan yang sering aku lakuin. Semua bagian itu ada contoh dalam kehidupanku. ☺️😉

  5. Wah ga aku sangka ternyata enfj itu langka 😍
    Oiya saran bagi enfj yg suka peduli sama orang jangan lupain diri sendiri (kamu juga berhak berkembang menjadi yg lebih baik lagi)
    Soalnya aku lagi belajar utk lebih peduli sama diri sendiri…
    Pokoknya jangan lupain diri sendiri 🤗
    Klo mau berteman bisa line songraeri

  6. bener banget, baru kali ini ngikutin tes kepribadian, yang hasilnya bener-bener sama banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *