10 Tips Membuat Introvert Mau Membuka Diri

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

Cara membuat introvert merasa nyaman dan dicintai.

 

Kami sudah beberapa kali menulis tentang introvert. Bagaimana kepribadian mereka, apa yang mereka sukai, dan apa yang harus introvert lakukan dalam bergaul.

Tapi anggaplah yang introvert bukan kamu, tapi orang lain.

Mungkin saat ini kamu punya seorang teman yang tertutup dan gak mau bicara.
Yang ia lakukan hanya menyendiri, menundukkan kepala, dan selalu menggenggam hapenya ke manapun dia berada. Menegur orang pun seperlunya.

“Kasihan, dia nggak punya teman”, mungkin begitu pikirmu. Lalu, kamu bertekad mau membantu dia.
Kamu ingin agar dia bisa membuka diri.

Namun apa lacur, temanmu ini malah menarik diri darimu. Niat kita sudah bagus, eh dia malah menjauh.

Lalu bagaimana caramu membantunya? Bagaimana cara agar kamu bisa berteman dengan introvert? Bisakah kita mengubah kepribadian ini?

Well, sejujurnya kita nggak bisa mengubah kepribadian.
Lagipula apa salahnya dengan kepribadian introvert?

Namun tentu saja kepribadian introvert sering terbatas dalam hal bersosialisasi.
Terpenting dalam membantu introvert adalah membuat mereka merasa nyaman.
Bila mereka nyaman, kamu bisa membantu dia untuk membuka diri.

Bagaimana cara membuat introvert merasa nyaman dan mau membuka diri?

 

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

 

1. Pancing dengan sesuatu yang mereka suka

Introvert, siapapun mereka, pasti punya hobi. Entah itu drama korea, anime, atau apalah.
Dari situ kamu bisa masuk!

Agar mereka mau bicara denganmu, kamu berusaha tertarik dulu sama hobi mereka.

Tanyain itu apa yang di wallpaper laptop. Itu siapa, film apa, judulnya apa.
Dia lagi nonton apa, kenapa dia suka sama film itu.

Setertutup apapun seseorang, kalau diajak ngomongin yang mereka suka, pasti semangat.

Ya kamu juga pasang ekspresi tertarik saat dengerin mereka. Anggukkan kepalamu dan senyum.
Kasian kan kalo dia cerita, kamu malah menatap dengan ekspresi kasihan.

 

2. Tunggu tiga detik baru sambung obrolan

 

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

 

Introvert itu mikirnya banyak. Kalau mau ngomong, omongannya dipikir dulu.
Makanya, responnya mereka saat menjawab cenderung lama, ada jedanya.

Jadi, kalau mereka abis ngomong, jangan langsung kamu jawab. Tunggu dulu dua tiga detik, siapa tau masih ada yang mau dia katakan. Lewat dua detik dan dia diem, baru kamu yang ngomong.

 

3. Balas dengan kata-katanya sendiri

Dalam teknik konseling, ada istilah namanya parafrase. Parafrase adalah menyatakan kesimpulan dari kata-katanya, namun menggunakan kalimatmu sendiri. Tujuannya? Supaya orang lain tahu bahwa kamu memahami pembicaraannya.

Introvert itu ngomongnya agak ribet. Kadang dia sendiri ragu apakah orang lain ngerti apa yang dia bilang.
Kalau kamu melakukan parafrase, dia jadi tahu bahwa kamu ngerti ucapannya dia.

Contoh nih.

Dia: “Aku kemaren beli voucher di konter deket kampus
Kamu: “Ohh kamu beli pulsa? Terus?”
Dia: “Iya jadi pas di rumah vouchernya aku gesek, tulisannya Anda belum beruntung

Ya gitu lah kira-kira. Lihat kalimat yang saya tebelin? Nah itu tuh namanya parafrase.

 

4. Diam itu (kadang-kadang) emas

Dalam ngobrol dengan introvert, akan ada momen ketika kamu sama dia sama-sama diem.
Kalau belum ada materi ya nggak papa, diem aja. Dia biasa aja kok sama suasana diem.

Kadang orang malah ngomong gini,”kok malah diem?
Lah emang harus ngapain? Ngembek?

Yaudah kalau emang lagi gak ada materi ya diem aja.
Nanti kalau muncul bahan obrolan, baru ngomong lagi.

 

5. Jangan telepon, chat aja

 

cara mengurangi kecanduan hp, cara mengatasi dampak negatif hp, cara menghilangkan kebiasaan main hp, penyakit kecanduan smartphone, cara mengatasi dampak negatif hp bagi siswa, cara mengatasi penggunaan handphone, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi dampak negatif hp bagi pelajar, cara mengatasi kecanduan smartphone, cara mengihlangkan kecanduan smartphone

 

Sadar nggak sih kalau introvert saat ngomong beda sama saat chatting?
Itu karena chat memberikan mereka kesempatan untuk menyusun kata-kata.

Beda dengan saat ngomong langsung, yang nggak memberi mereka kesempatan merangkai kata.
Kalau chatting enak, mereka bisa mikir dulu. Jadi mereka bisa mikirin kalimat terbaik.

Makanya, kalau ada perlu sama introvert, mending jangan telepon. Chat aja!

 

6. Jangan potong omongan mereka

 

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

 

Jangan menyela orang ngomong, nggak sopan.
Orang lagi enak cerita, kamu malah memotong dengan ceritamu.
Itu jahat kan.

Hal ini juga berdampak pada introvert, bahkan lebih parah.

Introvert menyusun tiap kata dengan hati-hati, jadi mereka kalau ngomong dipikir dulu.
Kalau kamu menyela begitu saja tanpa berpikir, seolah kamu nggak menghargai mereka.

Jadi, biarkan mereka ngomong sampai selesai.

 

7. Ngobrol sambil jalan

Introvert kurang suka ngobrol berhadap-hadapan.
Mereka juga risih kalau matanya ditatap. Mereka akan memalingkan wajah.

Kalau mau membuat introvert merasa nyaman, ajak mereka ngobrol sambil jalan.
Atau di situasi apapun yang nggak berhadap-hadapan.

Jadi mereka nggak perlu memaksa diri menatap matamu.

 

8. Wakilkan dia dalam kelompok

 

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

 

Anggaplah kamu dan dia ada di satu kelompok.
Semua harus menyumbang ide, namun cuma dia yang daritadi diem.

Dia diam bukan karena nggak ada ide.
Dia diem karena nggak mau ngomong. Mungkin takut, atau nggak pede, atau entahlah.

Tugasmu adalah ajak dia bicara di luar kelompok.
Saat di luar kelompok, tanya apa pemikiran dan idenya.
Setelah kamu dapat, kembalilah ke kelompok, dan katakan ide dia ke kelompok.

Tentu, kamu harus bilang kalau itu idenya dia.
Akhirnya, bila ide mulai ditanggapi kelompok, dia akan ngomong.

Itulah caranya memaksa introvert bicara!

 

9. Beri dia waktu sendiri

Kami selalu bilang bahwa introvert butuh waktu untuk mengisi ulang energi sosialnya.
Caranya? Dengan menyendiri.

Menyendiri itu bisa dengan main hape, denger lagu, atau sekedar melamun.

Bila dia perlu waktu sendiri, berikan dia waktu sendiri.
Jangan paksa dia untuk terus berada di keramaian.
Kalau dia sudah mengisi energi sosialnya, dia akan kembali lagi kok.

 

10. Tanya apa yang dia pikirkan

 

cara agar mudah bergaul dan banyak teman, cara mudah bergaul bagi orang pendiam, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara bergaul dengan lawan jenis, cara bergaul agar disenangi orang, cara mudah bergaul dan bersosialisasi, cara mudah bergaul di lingkungan baru, cara berkomunikasi dengan orang introvert, cara merubah sifat introvert

 

Facebook selalu bertanya: Apa yang Anda pikirkan?

Kamu juga bisa bertanya seperti itu.
Tanya aja pendapatnya tentang suatu hal. Minta dia buat ngasih saran dan masukan.

Orang suka dimintai pendapat. Apalagi introvert, yang pikirannya selalu berputar-putar.
Karena itu, dengan menanyakan isi pikirannya, dia jadi semangat untuk bercerita dan membuka diri.

Kalau kamu dan si teman introvert ini ada di lingkungan sosial, paksa dia buka mulut!
Pancing dia buka mulut dengan bertanya.

Misalnya kamu dan temen-temen lagi ngomongin tempat liburan.
Terus si introvert temenmu ini diem seribu bahasa.

Agar introvert mau cerita, pancing dia dengan bilang:
eh kamu bukannya pernah ke (tempat liburan) ya? Bagus gak?
Bantu dia membuka obrolan.

Semua orang bisa bicara, memulainya yang susah.
Kalau kamu membantu dia buka mulut, biar dia menyelesaikan sisanya sendiri.


 

NAH! Demikianlah cara membuat introvert lebih mudah bergaul.
Kita nggak bisa mengubah kepribadian orang, beneran. Tapi kita bisa membantu mereka melewati batasan diri.

Niatmu mulia banget lo, mau membantu introvert agar mau bicara.
Semoga makin banyak orang sepertimu, yang, bukannya mengecilkan introvert dan menganggapnya penyakit,
Namun membantu mereka agar bisa beradaptasi di lingkungan sosial.

Terima kasih, ya!
Semoga berhasil!

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)