Waktu baca yang dibutuhkan: 3 menit

Sebutlah hewan apa yang paling menakutkan. Kamu mungkin menjawab ular, buaya, atau mungkin ada yang bilang anjing.

Tapi sebenernya hewan apa  sih yang paling ditakuti banyak orang?

Sejumlah psikolog di Universitas Charles di Republik Ceko telah melakukan survei terhadap banyak orang, untuk mengukur hwan apa yang paling menakutkan.

Iklan!

Hewan yang digunakan ada 24 jenis, yang terinspirasi dari sumber fobia kebanyakan orang.

Hasilnya?

Ternyata, berdasarkan survei psikologi, ditemukan bahwa laba-laba adalah makhluk yang secara umum paling menakutkan.

Kamu mungkin berpikir,”ah masa sih? Perasaan urang gak takut sama laba-laba.”

Oke, mungkin secara umum kamu nggak takut sama laba-laba. Tapi, setelah ditelaah lebih lanjut, psikolog menemukan bahwa laba-laba punya beberapa keistimewaan –yang kalo diaplikasikan ke bentuk lain- bisa menciptakan rasa takut dan jijik.

Pertama, laba-laba punya kaki-kaki panjang yang berbulu. Kaki laba-laba yang kurus sekilas kayak tulang, ditambah lagi gerakan merayapnya yang bikin merinding.

Kedua, laba-laba bersembunyi di tempat gelap dan lembab. Habitat laba-laba yang satu ini membuat ia kerap dikaitkan sama rumah hantu, rumah kosong, atau tempat yang terkait hantu. Makanya di dekorasi terkait hantu-hantuan, jaring laba-laba adalah hiasan yang nggak pernah terlewat.

Ketiga, laba-laba seringkali muncul secara mengagetkan. Kadang kita lagi masuk kamar mandi, tau-tau entah dari mana dia nangkring santuy di pojokan langit-langit. Terus juga kadang kalo diusir suka pura-pura gak tau.

Beberapa hewan lain yang digunakan sebagai perbandingan adalah ular, banteng, siput, belatung, dan kadal. Hewan-hewan ini dipilih karena sering jadi fobia orang.

Hewan-hewan ini ada yang berbahaya, tapi nggak menjijikkan. Ada yang bikin jijik, tapi nggak berbahaya. Nah, laba-laba mendapat porsi seimbang di serem dan menjijikkan. Porsi yang seimbang ini menjadi alasan keempat kenapa laba-laba hewan paling menakutkan.

Kelima, karena (sebagian) laba-laba berbisa. Berkat evolusi, meski kini nggak semua laba-laba menggigit, tapi warisan instingtif dari leluhur membuat kita takut sama hewan berkaki delapan ini.

Referensi dari bentuk, cara bergerak, dan sifat laba-laba lainnya bisa nih jadi referensi bentuk monster serem.

Sebenernya selain laba-laba, ada juga hewan lain yang bikin jijik sekaligus nyeremin. Makhluk parasit kayak cacing pita dan cacing gelang cenderung menjijikkan, dan sebagian orang juga merasa takut sama dua cacing ini. Malah dianggap lebih serem dibanding ular atau tawon hutan.

Ketakutan ini, menurut para peneliti, berdasarkan pengetahuan kita bahwa cacing pita dan gelang adalah penyebab sejumlah penyakit. Makanya kita memilih menghindar dan gak menyentuhnya sama sekali.

Juga, para peneliti bertanya kepada peserta tentang pengalaman traumatis masa lalu dengan hewan, seperti digigit anjing secara atau dicakar kucing.

Secara mengejutkan, ditemukan bahwa orang yang pernah punya trauma masa lalu dengan hewan justru punya ketakutan lebih rendah dibanding mereka yang tidak.

Ini sebenernya masuk akal. Kadang kan ketakutan yang kita rasakan adalah buah dari pikiran kita sendiri. Sesuatu yang sepintas terlihat super menakutkan, sebenernya gak seserem yang kita kira.

Makanya, mereka yang lebih takut merasakan demikian karena mereka nggak pernah berkontak langsung sama hewan yang ditakutkan.

Memang kita dianugerahi ketakutan sebagai pelindung dari ancaman. Tapi, jika diikuti terus menerus tanpa dipertimbangkan secara rasional, ketakutan inilah yang menghantui dan menggigit.

Kamu sendiri takut sama hewan apa?

Referensi:

Psychologists Have Identified The Creatures We Find Most Scary And Revolting

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/bjop.12409

Author: Robi Maulana

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)