Waktu baca yang dibutuhkan: 2 menit

Halo!

Mau bertanding sesering apapun, mau menang sebanyak apapun, seorang atlet pasti ngerasain gugup. Terutama gugup menjelang pertandingan dimulai.

Gugup itu bagus, tandanya kamu nggak sombong. Tapi gugup kalo berlebihan bisa berujung ke blunder saat bertanding, penurunan performa, malah bisa bikin cedera.

Jadi, gimana sih caranya mengatasi gugup, terutama menjelang pertandingan?

Iklan!

 

Trik mengatasi gugup sebelum pertandingan ada banyak, dan salah satunya akan kami bahas berikut ini. Nama triknya adalah mental imagery, atau biasa disebut juga visualisasi.

Teknik ini sebenarnya simpel aja, kamu menggunakan imajinasi kamu. Kamu harus membayangkan. Tapi dengan sedikit modifikasi, imajinasi ini bisa efektif mengatasi gugup kamu.

Langkah-langkahnya gimana sih?

 

cara mengatasi gugup, cara mengatasi gugup sebelum bertanding, cara mengatasi gugup menjelang pertandingan

1. Bayangkan situasinya

Bayangkan situasi yang akan kamu bayangkan besok. Misalnya kalo kamu menghadapi pertandingan, maka bayangkan arena pertandingan itu. Kapan pertandingan itu dimulai? Seperti apa tempat bertandingnya? Lalu, berapa banyak penonton yang datang menyaksikan pertandingan tersebut?

 

2. Tambahkan situasi tekanan yang muncul

Setelah kamu bayangkan dengan jelas dan detail suasananya, bayangkan sesuatu yang buruk terjadi.

Misalnya saat bertanding kamu mendapat cemooh dari suporter lawan. Atau wasit nggak berpihak ke kamu, atau lawan ternyata lebih bagus dari kamu. Atau alat yang kamu pake rusak di pertandingan.

Bayangkan dengan jelas! Rasakan tekanan itu masuk ke pikiran dan hatimu.

 

3. Pikirkan cara mengatasinya

Setelah kamu membayangkan tekanan dan masalah yang mungkin terjadi, bayangkan gimana cara kamu menghadapi semua masalah itu. Bayangkan gimana kamu mengabaikan tekanan tersebut.

Bayangkan juga alat yang kamu gunakan, dan orang yang kamu libatkan dalam menyelesaikan masalah/tekanan yang datang tersebut. Kalau misalkan bantuan yang datang berupa dukungan, bayangkan bagaimana dukungan itu diberikan.

Misalnya dukungan datang dari suporter, bayangkan yel-yel yang mereka teriakkan. Bayangin gimana mukanya, bayangin gimana suara mereka, atau bayangin histeria mereka saat kamu berhasil menang/dapet poin.

 

4. Bayangkan bagaimana kamu berhasil mengatasinya

Setelah kamu berhasil melewati masalah atau tekanan yang datang, bayangkan gimana kamu akan melakukan selebrasi. Bayangin gimana sorak sorai suporter kamu. Terus rasakan juga saat kamu memegang medali atau piala yang kamu idam-idamkan.

 

Metode ini disebut dengan mental imagery, dan sebenarnya udah cukup populer digunakan di kalangan atlet. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mental imagery efektif dalam mengurangi rasa gugup menjelang pertandingan, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri.

 

Sumber

2 Replies to “Gimana Caranya Mengatasi Gugup Sebelum Bertanding?

  1. apakah metode ini hanya berlaku ketika ingin bertanding? bisakah metode ini digunakan ke dalam kegiatan lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *