7 Fakta Unik tentang Mimpi

fakta unik tentang mimpi

Selain sebagai bunga tidur, mimpi punya manfaat dan fakta unik. Kuy kita bahas tentang fakta unik tentang mimpi!

Semalem saya mimpi balik lagi ke dunia perkuliahan. Di mimpi itu, saya kuliah di fakultas teknik informatika, tapi salah masuk ke kelas bahasa Indonesia. Pake acara telat pula.

Mimpi saya sering aneh dan campur-campur. Tapi mimpi itu bisa terjadi karena siangnya saya nonton sinetron Si Doel Anak Snack Video Sekolahan, dan di situ Si Doelnya mau ke kampus dan udah telat.

Saya sih taunya mimpi adalah cara otak kita ngerapiin memori setelah dipake seharian. Otak kita memutuskan memori mana yang mau disimpen dan mana yang mau dibuang. Proses perapian memori itu menciptakan image random, bikin saya memimpikan lagi apa yang saya liat di tv.

Selain buat beres-beres otak, mimpi punya fungsi lain. Mimpi juga punya fakta unik lainnya.

Apa aja yesh?

 

1. Mimpi buruk adalah latihan pertahanan diri

Siapa sih yang suka mengalami mimpi buruk? Kamu mungkin pernah mengalami mimpi yang begitu serem, sampe-sampe kamu ngerasa bersyukur karena itu cuma bunga tidur. Meski nggak menyenangkan, menurut penelitian sebenernya mimpi buruk punya manfaat. Mimpi buruk ngebantu kita mempersiapkan diri untuk menghadapi ketakutan dengan lebih baik.

Dalam sebuah penelitian di Universitas Jenewa, ditemukan bahwa orang-orang yang pada malemnya mengalami mimpi buruk, merasakan lebih sedikit ketakutan saat diperlihatkan gambar-gambar serem.

Para peneliti ini menganggap bahwa mimpi buruk adalah latihan yang dipersiapkan oleh otak untuk lebih menguatkan kita dalam menghadapi bahaya di kehidupan nyata.

Meskipun saya gak percaya arti mimpi, ada seorang psikolog yang menafsirkan masalah kliennya melalui mimpi yang mereka alami. Klik di sini untuk tau siapa dia!

 

2. Kita bisa menciptakan dunia di dalam mimpi, dan ini bisa dipelajari.

Bayangin kalo kamu bisa tersadar di alam mimpi. Kamu bisa mencipta, terbang, bahkan “menciptakan” Kim Jisoo dan pacaran sama dia.

Meski sulit, tapi ada orang-orang yang bisa melakukan ini. Namanya adalah lucid dream, alias mimpi sadar. Di alam lucid dream, si pemimpi sadar kalo mereka lagi bermimpi dan dapat mengendalikan apapun yang terjadi.

Meski kayaknya bakal menyenangkan, tapi tersadar saat lagi mimpi emang nggak gampang. Biasanya kalo kita mulai sadar lagi di alam mimpi kita langsung kebangun kan ya. Boro-boro mau sadar lagi mimpi, kadang mimpi semalem aja kita udah lupa.

fakta unik tentang mimpi

Tapi, sebuah penelitian di University of Adelaide, Australia , yang mengeksplorasi beberapa teknik yang memungkinkan lucid dream, menemukan ada satu teknik yang efektif. Ketika digunakan dalam lima menit sebelum tidur, teknik “MILD” (mnemonic induction of lucid dream) punya kemungkinan sukses sekitar 46% .

MILD sendiri cukup simpel. Kamu cukup mengulangi (kepada diri sendiri) kalimat: “Kalo saya bermimpi, saya akan ingat bahwa saya sedang bermimpi.”

 

 

3. Meskipun udah nggak bisa mikir, manusia masih bisa bermimpi.

Fakta unik tentang mimpi lainnya berasal dari dunia neurosains. Ada suatu kondisi otak yang dinamakan defisit aktivasi otomatis. Kondisi ini terjadi karena kerusakan pada basal ganglia, di mana seseorang jadi nggak punya pikiran dan kehilangan semua motivasi diri.

Orang dengan defisit aktivasi otomatis ini kehilangan semua reaksi penting yang dibutuhkan buat bertahan hidup. Mereka harus diingetin sama orang lain untuk melakukan apa aja yang dibutuhkan, mulai dari buang air sampe makan.

Meski pikiran mereka kosong, penelitian dari sebuah tim di Prancis menunjukkan kalo sebagian orang dengan kondisi ini masih merasakan mimpi.

Penelitian ini menyebut bahwa kemungkinan mereka untuk bermimpi lebih kecil daripada orang sehat, dan mimpi yang mereka miliki kurang kompleks dan nggak ada emosi yang dirasakan. Tapi mereka masih bisa bermimpi.

Misalnya, ada pasien yang bermimpi bercukur (sesuatu yang tidak bisa lagi dia lakukan sendiri), sementara yang lain bermimpi melakukan kegiatan yang sedikit lebih rumit seperti menulis. Jadi mimpi tetep ada, tapi mimpinya nggak ada ceritanya dan nggak ada emosinya.

Aktivitas Mimpi yang sederhana ini mendukung teori bahwa mimpi dimulai dari aktivitas di batang otak, lalu diikuti oleh input dari kortikal, sehingga memungkinkan pengalaman emosional dan sensorik yang kompleks.

 

 

4. Ada substansi tertentu yang bisa bikin kamu bermimpi tanpa tidur.

Fakta unik tentang mimpi lainnya apa nih?

Mimpi ternyata nggak selalu terjadi saat tidur. Sebuah obat psikedelik bernama DMT mampu menghasilkan ritme otak yang terlihat sangat mirip dengan saat kita bermimpi.

Iklan!

Tim di balik temuan ini melaporkan bahwa, dibandingkan sama peserta yang menerima obat plasebo, kelompok DMT memiliki aktivitas gelombang alfa yang jauh lebih sedikit dan juga menunjukkan peningkatan gelombang theta, yang terkait dengan bermimpi.

“ Dari perubahan gelombang otak yang berubah dan laporan dari peserta, orang-orang ini benar-benar tenggelam dalam sensasi yang mereka rasakan,” komentar kepala peneliti, Christopher Timmermann di Imperial College, London. “Ini seperti melamun yang jauh lebih hidup dan mendalam – seperti bermimpi tetapi dengan mata terbuka.”

 

 

5. Orang tuna netra masih bisa bermimpi

Apakah orang tuna netra atau buta bisa bermimpi?

Jawabannya bisa. Orang buta atau tuna netra bisa bermimpi, meskipun dia sudah jadi tuna netra sejak lahir. Tapi tentu mimpinya beda sama orang yang bisa melihat.

Mimpi yang dirasakan tuna netra sejak lahir adalah berupa suara atau sensasi emosi. Orang yang tuna netra yang sempat bisa melihat masih bisa bermimpi secara visual, tapi mimpi dalam bentuk visual semakin lama akan makin jarang dirasakan.

Penelitian menyebut bahwa orang yang terlahir dalam keadaan tuna netra mengalami mimpi buruk lebih sering dibandingkan sama orang yang bisa melihat. Dalam penelitian ini, orang-orang tuna netra bermimpi tersasar, ditabrak mobil, atau kehilangan anjing penuntun mereka.

 

 

6. Mimpi kamu ternyata beneran kejadian? ada penjelasan ilmiah untuk itu.

Kamu mungkin pernah ini: kayak pernah berada di suatu tempat, pernah mengalami suatu kejadian, padahal kamu tau kalo kamu nggak pernah berada di tempat itu atau mengalami kejadian itu. Ini namanya deja vu.

Deja vu punya variasi lain: déjà rêvé, atau mengalami kejadian atau berada di suatu tempat yang rasanya pernah kamu alami atau liat di dalam mimpi.

Déjà rêvé diambil dari bahasa Prancis yang berarti pernah bermimpi. 95% orang dilaporkan pernah mengalami déjà rêvé di masa lalu.

fakta unik tentang mimpi

Walaupun kayaknya mistis, tapi déjà rêvé punya penjelasan ilmiah. Sebuah Penelitian mengenai stimulasi otak menemukan bahwa déjà rêvé bisa terjadi pada orang yang mengalami stimulasi elektrik di lobus temporal medialnya. Bagian otak itu memainkan peran besar dalam ingatan episodik, atau ingatan jangka panjang tertentu (seperti mengingat dengan jelas apa yang Anda kenakan pada hari pertama Anda di sekolah.) Ini mungkin alasan mengapa orang dengan déjà rêvé bisa mengingat kembali mimpi dengan sangat jelas.

 

7. Mimpi pernah menyelesaikan sebuah kasus pembunuhan.

Boleh percaya boleh nggak, pernah ada kasus pembunuhan yang gak terdeteksi dan baru kebongkar melalui mimpi.

Pada 1828, seorang ibu di Inggris bernama Ann Marten dua kali mengalami mimpi buruk. Di dalem mimpinya, dia ngeliat anak sambungnya bernama Maria dibunuh dan dikubur di sebuah peternakan berjarak sekitar setengah mil dari rumahnya.

Ann nggak langsung percaya sama mimpi ini. Awalnya dia mikir, mungkin ini karena kecemasan; Ann udah lama nggak nerima kabar dari anaknya, dan yang dia tau anak sambungnya ini kabur sama pacarnya ke Ipswich.

Tapi karena kebawa mimpi sampe dua kali dan Ann gak bisa melupakan mimpi ini, akhirnya Ann cerita ke suaminya, sekaligus menyuruhnya buat meriksa langsung ke peternakan yang ada di dalam mimpi ini.

Suami Ann yang bernama Thomas akhirnya pergi ke peternakan itu. Peternakan bernama Red Barn ini nggak sulit dicari, karena ini adalah lokasi pertemuan Maria dengan pacarnya sebelum mereka kabur bareng.

Setelah menyelidiki, ternyata beneran ditemukan sekantung tengkorak dengan rambut merah dan bandana warna ijo. Bandana ini punya anaknya. Dan pelakunya adalah William Corder, pacarnya si mendiang Maria.

Penyelidikan lebih lanjut akhirnya membongkar bahwa Maria dan William nggak bener-bener kabur. Semua cuma jebakan yang disiapin William. Maria dibunuh di hari saat mereka janjian untuk kabur, dan dia dikubur di Red Barn. William pergi sendiri ke Ipswich dan nikah sama orang lain.

 

Nah, itu tadi fakta unik tentang mimpi. Kalo kamu, semalem mimpi apa sih? Coba ceritain di komentar!

 

https://www.bbc.com/news/blogs-ouch-28853788#:~:text=People%20who%20were%20born%20blind,life%20and%20can%20dream%20visually.&text=The%20same%20research%20says%20that,more%20nightmares%20than%20sighted%20people.

https://digest.bps.org.uk/2020/11/04/five-strange-facts-about-dreams/#more-40745

https://getpocket.com/explore/item/murder-in-the-red-barn-the-crime-solved-by-a-dream

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *