Waktu baca yang dibutuhkan: 3 menit

Saya tahu, kamu orangnya gak suka caper.
Gak semua orang suka jadi pusat perhatian. Dan kamu juga termasuk di dalamnya.

Tapi akan ada saat di mana kamu perlu “bersinar” di antara kerumunan orang-orang.

Akan ada masa di mana kamu perlu muncul, menarik perhatian semua orang, dan lalu menciptakan pengaruh.

Tapi gimana cara memunculkan magic semacam itu?

Bukan sulap bukan sihir!

Kamu bisa memunculkan tampilan penuh pengaruh dan lebih cerdas.
Ada 6 hal yang bisa kamu coba.

 

    1. Lihat para jagoan.
      Entah itu di kampus, sekolah, organisasi, perusahaan… Apapun itu, pasti ada sejumlah kecil orang yang punya pengaruh lebih besar dibanding yang lain.

      Dan kamu tahu? Sekumpulan kecil ini punya gaya berpakaian yang mirip. Entah itu saat formal ataupun santai, mereka punya gaya berpakaian yang menandakan kalo mereka adalah yang paling berpengaruh.

      NAH! coba analisa karakter berpakaian mereka, dan coba tiru sebisa kamu.
      Kalo lagi ada duit, coba aja beli pakaian yang sesuai dengan gaya mereka.

      Tapi kalo bisa jangan tiru pol-polan ya, usahain masih ada karakter kamu yang keliatan.

    2. Berpendapat.
      Orang berpengaruh akan memberikan pendapat saat ia diberi kesempatan. Kamu juga harus gitu.

      Kalo ada satu hal yang menjadi perhatianmu akhir-akhir ini, atau ketika kamu punya kesempatan membicarakan sesuatu yang kamu kuasai, maka katakan aja.

      Tapi sebelum itu, cari juga informasi tambahan. Jadi kamu nggak asal bunyi. Pastikan pendapat kamu bermanfaat untuk para pendengar ya.

    3. Ketika masuk ruangan, jangan langsung duduk.
      Sebelum memilih tempat duduk, gunakan momen beberapa detik untuk  diam dan lihat pilihan-pilihan tempat duduk yang tersedia. Lihat siapa aja yang ada dalam ruangan.

      Baru deh pilih mau duduk di mana.

      coba baca dan praktekkan 5 Tips untuk Jadi Mempesona ini, jadi kamu gak hanya berpengaruh tapi juga charming. *kedip kedip*

    4. Tanyakan pertanyaan bagus.
      Pernah nggak ketika kamu berada di suatu kelas, terus ada yang menanyakan sesuatu ke guru/dosen.

      Kamu mendengarkan pertanyaan itu, dan kamu mikir,”ehh iya ya. gak kepikiran mau nanya kayak gitu. apa jawabannya ya?”

      Itu, saudaraku yang budiman, adalah pertanyaan bagus.

      Menanyakan suatu pertanyaan kritis membuat kamu dikenal. Kamu dianggap cerdas dan kritis, juga dianggap peduli terhadap materi seputar pertanyaan kamu itu.

    5. Duduk dengan punggung tegak dan kaki menjejak lantai.
      Biar kamu punya kesan tegas dan berpengaruh. Coba bicara dengan nada yang bisa didenger sama orang yang paling jauh dari kamu, tapi suara kamu gak pake teriak. Males banget kan kalo kita udah ngomong terus ada yang gak ndengerin?

      Suara yang pelan juga mempengaruhi penilaian orang tentang tingkat kepedean kamu. Bahasa tubuh kita tidak hanya mempengaruhi orang lain, tapi juga mempengaruhi pikiran kita.

      Masalah yang ini akan saya bahas lebih jauh nanti, ya. Sementara kamu bisa cek Amy Cuddy’s TED Talk untuk belajar lebih lanjut.

 

Nah! Itu aja yang bisa saya sampein tentang gimana caranya menjadi orang yang terlihat lebih cerdas dan berpengaruh.
Hal-hal di atas ini penting untuk dikuasai kalo kamu mau naik jabatan atau dapet nilai bagus di sekolah/kampus.

Punya pengalaman tentang menjadi orang berpengaruh?
Ceritain di kolom komentar, ya!

 

Author: Robi Maulana

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

2 Replies to “Lakukan 6 Hal Kecil ini Agar Kamu Terlihat Lebih Cerdas dan Berpengaruh

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)