Waktu baca yang dibutuhkan: 19 menit

Ada bermacam-macam cara menjadi kreatif. 50 tips ini bisa kamu coba untuk mengembangkan kreativitas.

Seberapa penting sih menjadi kreatif?

Kreativitas adalah barang mahal, terutama di era informasi kayak sekarang.
Ketika kamu memiliki ide cemerlang, kamu dicari. Ketika idemu bisa jadi bisnis kreatif, kamu jadi jutawan.
Memangnya youtuber di luaran sana bisa beli mobil mewah karena kreatif, kan?

Makanya, kita butuh kreativitas!

Tapi gimana cara berpikir kreatif?

Kami di tim PsikologiHore! melakukan proses berpikir yang panjang dan melelahkan demi mengumpulkan 50 cara menjadi kreatif.
Berikut ini 50 tips kilat mengembangkan kreativitas!

 

  1. Mulai dari mindset
  2. Banyakin bersyukur
  3. Kencing berlari bersama gurumu
  4. Olahraga
  5. Corat coret
  6. Banyak bertanya (why)
  7. Banyak mengamati
  8. Nonton film
  9. Main game
  10. Baca buku!
  11. Minum kopi
  12. Jalan-jalan
  13. Catat ide liarmu
  14. Brainstorming
  15. Meditasi
  16. Konsentrasi penuh
  17. Lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan
  18. Anti rutinitas
  19. Pindah tempat
  20. Panjat gurumu
  21. Dandan
  22. Merasa nyaman
  23. Sering-sering istirahat
  24. Jangan sampe stres
  25. Mbah Google (amati tiru modifikasi)
  26. Konsultasi sama orang lain
  27. Dengarkan musik
  28. Beres-beres
  29. Benda ini gunanya apa sih?
  30. Tidur cukup
  31. Bangun pagi
  32. Peduli sama orang lain
  33. Idemu bermanfaat nggak? (Research!)
  34. Latih keterampilan baru
  35. Berani (Berani malu, berani salah)
  36. Komitmen buat mengerjakan
  37. Evaluasi
  38. Belajar bahasa baru
  39. Ikut komunitas
  40. Ngeyel (ngeyel ketika diserang, ngeyel ketika gagal)
  41. Ciptakan teman khayalan
  42. Ide lain pasti datang!
  43. Luangkan waktu untuk ngelamun
  44. Jangan mau terikat!
  45. Buat project pribadi
  46. Nongkrong dengan teman yang lebih pintar
  47. Berpikir pada waktu yang tepat
  48. SKSD
  49. Tantang dirimu sendiri
  50. Trust in process

 

 

1. Mulai dari mindset

Menjadi kreatif dimulai dari sugesti diri. Kamu harus meyakinkan diri bahwa kamu kreatif!
Ketika kamu yakin dan pede dengan kreativitasmu, ide akan lebih mudah datang.

Kalau dari awal nggak ngerasa kreatif, maka kamu susah memunculkan ide yang oke.
Inget, kita semua sebenarnya terlahir kreatif. Yang membatasi kita adalah rasa takut dikritik dan ditertawakan orang lain.

2. Banyakin bersyukur

Pemikiran kreatif seringkali dibutuhkan ketika menghadapi masalah.
Nah, tapi kadang-kadang ketika terbentur problem, kita malah jadi kurang bersyukur.
Perasaan ini membuat otak kita kurang bebas, membuat kita jadi gampang stres juga.

Bersyukurlah dengan apapun yang kamu punya.
Ketika kamu bersyukur, kamu bisa melihat potensi dari apapun yang kamu miliki dengan lebih besar.
Kalau sudah gini, biasanya muncul macam-macam ide, serius!

3. Kencing berlari bersama gurumu

Tau pepatah “guru kencing berdiri, murid kencing berlari?”
Untuk menjadi kreatif, kamu perlu menemukan mentor. Guru. Panutan.

Pilihlah dua atau tiga orang yang ahli dalam bidang pilihanmu. Simpan semua karyanya.
Baca pemikirannya, dan cari tau darimana mereka menemukan inspirasi dalam karya mereka.
Kamu nggak perlu ketemu mereka secara langsung kok. Yang paling kamu butuhkan dari mereka adalah karya-karya mereka, bukan keberadaan mereka. Kalau mau, kamu boleh mencari panutan dari mereka yang sudah tiada.

Kenapa dua atau tiga panutan, nggak cuma satu?
Agar perpaduan mereka dapat bersatu di dirimu.
Ketika kamu jadi gabungan dari semua panutanmu, kamu bisa jadi lebih hebat dari mereka!

kreatif, cara membangun kreativitas, cara menjadi kreatif

4. Olahraga

Olahraga itu perlu!
Selain membuat badan sehat dan seger, pikiran juga jadi lebih fresh.
Kalau pikiran lebih fresh, ide pasti lebih mudah muncul!

 

5. Corat coret

Corat-coret adalah cara saya dalam menemukan ide.
Biasanya kalau saya lagi mentok nggak ada ide, saya mencari kertas dan menuliskan masalah-masalah yang saya temui.

Saya akan menyambung-nyambungkan masalah tersebut dengan garis dan panah, lalu menambahkan coret catatan.
Ini membantu saya memetakan pikiran, sehingga saya bisa berpikir lebih jelas.

Kalau masih mentok juga, saya akan menggambar-gambar. Atau sekadar membuat coret-coret nggak jelas.
Nggak tau kenapa, ide saya kadang muncul ketika membuat coret-coret.

6. Banyak bertanya (why)

Mengapa kipas angin muter searah jarum jam?
Mengapa ketika pesawat take off dan landing, penutup jendela harus diangkat?
Mengapa di supermarket, sayur dan bahan makanan diletakkan di bagian paling kiri dari jalan masuk?
Banyak-banyaklah bertanya!

Semakin banyak bertanya, semakin banyak kamu menemukan jawaban.
Semakin banyak kamu tahu, semakin luas pikiranmu.

Ide hebat nggak pernah datang dari pikiran yang sempit, apalagi yang bodoh dan tak mau tahu.
Buka mata, bertanya, dan cari jawabannya!

7. Banyak mengamati

Oke, jadi darimana kita memunculkan pertanyaan?
Dari mengamati.

Dengan mengamati perilaku, mengamati fenomena, dan mengamati lingkungan, kita bisa memunculkan pertanyaan.
Dengan mengamati, kita jadi ingin tahu lebih banyak.

Rasa penasaran bisa menuntun kita menuju ide-ide baru.

8. Nonton film

Ahh… siapa sih yang nggak suka nonton film?
Film dengan cerita yang hebat selalu menginspirasi kita.

Kalau kamu mau cari banyak inspirasi, kamu bisa mulai dengan nonton film-film yang bagus!

9. Main game

Main game, kalau porsinya pas, bisa melepaskan penat.
Ketika kita main game yang seru, rasanya kita pengen selalu maju ke level berikutnya, kan? Ada reaksi kimia yang bermain di otakmu. si hormon dopamine – yang muncul ketika kamu puas melakukan sesuatu – terpicu. Perasaan ini membuat kamu ingin menambah main game lagi dan lagi.

Dopamin ini membantu otak lebih berenergi, meningkatkan motivasi dan tekad kamu.
Tapi kamu perlu tetep kontrol juga ya. Main gamenya lakukan saja pas istirahat dari aktivitas, jadi dopaminnya bisa kamu arahkan untuk kerjaanmu. Main game pun jangan berlebihan.

10. Baca buku!

Membaca buku mengasah otak, karena aktivitas ini memerlukan proses pengolahan kata yang dibaca dan memasukkannya ke otak.
Proses ini berat. Makanya, nggak semua orang suka baca buku.

Tapi ketika kamu kuat baca buku, otakmu semakin terasah dan tajam.
Kamu bisa melakukan proses berpikir lebih cepat. Ketika kamu memadukannya dengan kemampuan bertanya dan mengamati, nggak kebayang deh berapa banyak ide yang akan muncul.

 

cara menjadi kreatif, cara agar kreatif, cara membangun kreativitas

11. Minum kopi

Kopi adalah menu wajib kalau saya sudah di depan laptop.
Kafein membantu otak kita “bangun” dan memproses semua lebih baik.

Ibaratnya otak kita mesin, maka kopi adalah pelumasnya.
Kalau sudah nyium bau kopi aja, biasanya ada aja ide baru.

12. Jalan-jalan

Pergilah jalan-jalan!
Kreativitas seringkali buntu ketika otak sudah butek.

Kalo jalan-jalan, kan bisa refreshing sekaligus liat sesuatu yang baru.
Kalau sudah segar, otak bisa meledak dengan kreativitas!

13. Catat ide liarmu

Ide-ide gila sering muncul di saat yang gak terduga.
Kadang pas mandi, pas nyuci piring, pas bangun tidur…
Atau saat lagi ritual di wc.

Siapkan buku catatan kecil yang mudah disimpan.
Kalau ada ide, segera lari ke buku itu dan catat!

Nanti kalau butuh ide, kamu bisa bongkar-bongkar.
Memang sih kadang idenya nggak bagus, tapi kan dari ide mentah itu bisa dikembangin.

14. Brainstorming

Kalau kamu bekerja dalam kelompok, kamu bisa melakukan brainstorming.
Brainstorming adalah menyatukan anggota kelompok, lalu kasih masalah.
Suruh tiap anggota untuk ngasih ide.

Satu hal yang sering keliru dari brainstorming adalah idenya langsung didiskusikan.
Misalnya, anggota baru ngasih satu ide, ehhh langsung dievaluasi idenya.

Salah!
Esensi brainstorming adalah menciptakan badai ide dalam jumlah masif.
Kumpulkan dulu ide ide kreatif sebanyak-banyaknya.
Walaupun ide dari anggotamu aneh, nggak papa! Kumpulin dulu.

Kalau semua ide ditampung, anggota semakin pede mengutarakan usulan.
Nahhh kalau jumlahnya sudah cukup, baru diseleksi mana yang bagus.

Kalau idenya bisa diperbaiki, ya benerin rame-rame.

cara membangun kreativitas, cara menjadi kreatif, orang kreatif

15. Meditasi

Meditasi bikin tubuh rileks. Kalau tubuh rileks, otak pun tenang.
Nah kalau otak tenang, masalah bisa lebih mudah dipikir…
Dan dicari ide kreatifnya.

Meditasi nggak harus dengan gerakan-gerakan rumit kok.
Kamu cuma perlu diam dan bernafas dengan tenang.
Selama bernafas dengan tenang, jangan pikirkan apapun.
Fokus aja ke pernafasanmu. Tarikkk… keluarkan lewat pantat.

16. Konsentrasi penuh

Satu hal yang saya alami selama bergelut di dunia blogging:

Ide baru muncul ketika sudah fokus tingkat tinggi.

Fokus tingkat tinggi ini biasanya muncul ketika otak saya sudah panas.
Dalam fokus tingkat tinggi, ada sesuatu yang disebut “flow”,
Yaitu fase ketika kita sudah nggak peduli dengan sekitar dan terus bekerja.

Untuk mengejar konsentrasi penuh dan flow,
bekerjalah terus menerus selama beberapa waktu.
Abaikan semua distraksi, dan fokuslah pada yang kamu kerjakan.

Satu trik lain yang bisa kamu lakukan:
Kalau misalkan kamu ngetik, rasakan jarimu menyentuh tombol keyboard.
Rasakan angin ac menyentuh kulitmu.
Perhatikan kursor di layar berkedip-kedip.
Ini manjur buat mengabaikan gangguan.

17. Lakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan

Belum pernah main airsoft gun? Mainkan.
Belum pernah nyoba paralayang? Naiklah.
Belum pernah nyoba kafe yang lagi hits? Mampirlah.
Belum pernah dengerin lagu-lagu progressive rock? Dengerin.

Sering-sering mencoba sesuatu yang baru, akan membuat pikiran lebih terbuka.
Mungkin ide nggak langsung muncul.
Tapi, dengan terbiasa mencoba sesuatu yang baru, otak lebih waspada terhadap ide.
Ujung-ujungya, lebih mudah dapet inspirasi.

18. Anti rutinitas

Selalu pergi pulang lewat jalan yang sama?
Sekali-kali, cobalah pulang dan pergi lewat jalan lain.

Orang kreatif anti rutinitas!
Selalu naruh hape di kantung kanan?
Coba simpen di kantung saya kantung kiri.
Cobalah melanggar beberapa rutinitas.
Kadang kreativitas buntu karena hidup kita terlalu datar.
Dengan sedikit naik turun, ide akan muncul.

19. Pindah tempat

Kalau bosen nulis di kamar, saya pindah ke kafe.
Kalau bosen dengan posisi saya di kamar pun, saya akan mengubah view.
Mengubah pemandangan sedikit pun bisa memicu ide.

20. Panjat gurumu

Di awal saya sempat menyinggung tentang mencari panutan, kan?
Sekarang, coba sediliki siapa sih gurunya gurumu?
Buku apa yang gurumu baca?
Bagaimana gurumu berlatih?
Seperti apa cara mereka berpikir?

Dengan memahami panutanmu, kamu bisa lebih mudah mengikuti mereka.
Skill yang kamu butuhkan pun bisa kamu curi lebih mudah.

21. Dandan

Trik ini saya temukan di buku 101 Creative Notes-nya Yoris Sebastian.

Ngerasa nggak sih bedanya kerja sebelum mandi sama sudah mandi?
Beda, kan?

Kalau sudah segar, pikiran pun lebih fokus.
Malahan kalau saya lagi butuh kerja intens, saya mandi dan pake parfum.
Saya pake baju yang paling nyaman, dan sisiran juga.
Padahal cuma di rumah.

Kalau tubuh nyaman, pikiran pun lebih siap membongkar ide.

22. Merasa nyaman

Ini buat menegaskan yang barusan sih.
Kalau sudah segar, temukan posisi duduk yang enak.
Bersihkan lantai dan meja tempat kerjamu.

Kalau ada sampah, ya singkirin dulu.
Kalau ada tugas bersih-bersih, ya lakukan dulu.

Ide susah muncul kalau kitanya risih.

cara menjadi kreatif, cara membangun kreativitas, cara agar kreatif

23. Sering-sering istirahat

Menurut penelitian, porsi kerja otak maksimal adalah 50 menit.
Setelah 50 menit, fokusnya hilang.

Setelah 50 menit kerja, selingi dengan beristirahat 10 menit.
Dengan begitu, otak bisa diperas dalam jangka panjang.

24. Jangan sampe stres

Seperti tubuh yang bisa pegel, otak pun juga bisa pegel.
Maka, jangan paksakan otakmu dalam proses membongkar ide.

Kalau lelah, ya istirahat.
Kalau bingung, ya nanya.
Kalau nggak tahu, ya cari tahu.
Kalau sudah nggak mood, ya berhenti dulu.

Dipaksa malah stres, malah nggak bagus kan.

25. Mbah Google (amati tiru modifikasi)

Salah satu trik favorit saya.
Saya kan kerja freelance juga nih, kadang butuh bikin ilustrasi.

Ketika saya udah mentok, maka saya akan buka Google.
Saya akan cari ilustrasi yang banyak.
Biasanya kalo sudah melihat ilustrasi yang banyak, saya nemu ide.

Kunci dari teknik ini adalah niatkan dengan pikiran bahwa kamu kreatif.
Ketika kamu ngerasa kreatif, kamu jadi gak mau ngejiplak.
Akan muncul ide lain dari inspirasi yang kamu lihat/dengar.

26. Konsultasi sama orang lain

Ketika kamu punya ide, akan bagus kalau kamu mendiskusikannya.
Dengan masukan dari orang lain, kamu bisa menambahkan kekurangan idemu.

Sebaiknya sih konsultasi dengan orang yang juga kreatif,
Jadi masukan yang kamu dapet juga bagus.

27. Dengarkan musik

Kalau kerja, saya biasanya sambil pasang headset.
Kebiasaan aja sih.

Saran aja, sebaiknya sering-sering mendengar lagu baru.
Coba dengar lagu lewat Spotify atau YouTube, jadi muter lagunya acak.

Proses mencari ide akan lebih asik bila kamu mendengar lagu baru.
Kalau lagunya itu-itu melulu, malah ngantuk dan mentok.

28. Beres-beres

Ketika ide mentok, saya mundur dari laptop.
Saya beralih melakukan tugas-tugas fisik, kayak nyuci piring.
Atau nyapu, atau menyetrika.

Kalau mikir sambil beres-beres, kadang muncul inspirasi.
Otak kita kan jenuh, jadi sedikit bergerak bisa membuat dia “bangun” lagi.

29. Benda ini gunanya apa sih?

Salah satu cara melatih kreativitas adalah mencari kegunaan suatu benda.

Anggaplah di depan saya ada sendok.
Apa gunanya sendok selain buat menyendok?
Bisa buat menggali, buat mukul, buat alat musik, buat ngaca… Banyak!
Permainan ini membantu kamu berpikir di luar kotak, yang bikin kamu lebih kreatif.

30. Tidur cukup

cara menjadi kreatif, cara membangun kreativitas, orang kreatif

Tidur adalah jatah istirahat buat otak.
Kalau tidur kita cukup (dan nyaman), otak pun lebih siap berpikir kreatif.
Jumlah waktu tidur orang dewasa adalah 8 jam.
Kalau kurang tidur, bawaannya susah mikir.
Kurang tidur membuat otak kita bereaksi lebih lamban.
Jadi selain susah mikir, otakmu pun nggak bisa mikir dengan cepat.

Biasakan tidur yang cukup.
Kalau malem cuma dapet 6 jam, siangnya tambahin satu jam.

Ini supaya otak lebih kuat buat dipakai mikir.

 

31. Bangun pagi

Ada banyak artikel yang menulis manfaat bangun pagi.
Intinya sih, bangun pagi bikin kita lebih berenergi.
Selain berenergi, juga bikin lebih hepi dan mengurangi stres.

Kok bisa ya?
Soalnya, pagi adalah momen yang tenang.
Udaranya segar dan sejuk.
Dengan perasaan lebih berenergi dan hepi ini, otak juga jadi lebih kreatif!

32. Peduli sama orang lain

Saya lagi membaca bukunya David Sturt yang judulnya Great Work.
Di situ ditulis, salah satu kunci karya besar adalah:
Ia merupakan jawaban dari kebutuhan orang lain.

Ide besar seringkali datang dari pertanyaan:
Apa kesulitan orang lain? Apa solusinya?

Maka, mulailah lihat sekitar. Lihatlah kesulitan orang lain.
Dan mulai bertanya: Apa solusinya?

Jawaban besar lahir dari pertanyaan besar!
Maka, mulailah peduli dengan orang lain.

33. Idemu bermanfaat nggak? (Research!)

Ada perasaan luar biasa ketika kita terinspirasi.
Ketika menemukan ide, rasanya seperti disambar petir.
Kita segera mengerjakan ide itu, menyusun konsep.
Kita menganggap ide itu sempurna!

Itu nggak salah. Tapi, jangan buru-buru.
Ide kreatif perlu “didinginkan”. Setelah idemu selesai dikonsep, tanya pendapat orang lain.
Survei, kira-kira idemu ini bermanfaat nggak buat banyak orang.

Inilah penyebab kenapa banyak startup dan bisnis kecil berguguran.
Ide mereka bagus, tapi nggak bermanfaat buat orang lain.
Kalau idemu mau kamu nikmati sendiri gak masalah.
Tapi, kalau kamu mau kaya dari idemu, yakinkan bahwa ide kamu bermanfaat buat orang.
Survei!

34. Latih keterampilan baru

Coba belajar keterampilan baru.
Kamu bisa belajar masak, bela diri, atau berlatih melukis.

Nggak perlu jadi ahli, cukup belajar aja.
Keterampilan baru membuka sudut pandang berbeda bagi otak.
Dengan gabungan beberapa keahlian, mungkin nanti ada ide keren yang muncul.

Lagu tentang memasak, mungkin?

35. Berani

Semua orang bisa menggambar.
Semua orang bisa menyanyi.
Semua orang bisa menulis cerita.

Tapi kebanyakan pasti bilang,”aku nggak bisa…”
Bukan nggak bisa, tapi nggak berani!

Ide besar lahir dari keberanian.
Nggak hanya berani mencoba, tapi juga berani malu.
Dan berani salah.

Ketika kamu berani malu dan berani salah, akan ada ide besar yang muncul.

36. Komitmen buat mengerjakan

Dulu saya punya ide membuat gorengan sehat.
Gorengan ini tidak bikin gemuk, dan nggak meninggalkan minyak di tangan.
Tapiiiii… tidak dikerjakan.

Sebuah ide, sehebat apapun, hanya omong kosong bila tidak dikerjakan.
Ide hebat kalau nggak ada buktinya buat apa?

Ini juga kunci kreativitas: dikerjakan!
Toh, ide baru bisa disebut kreatif ketika sudah ada buktinya dan bisa dimanfaatkan.
Kalau cuma ide sih, semua juga punya!

37. Evaluasi

Guru nulis saya bilang: kalau habis nulis, jangan langsung diupload.
Diamkan dulu sehari dua hari. Habis itu, periksa.

Kenapa? Soalnya, ketika kita sudah selesai nulis, rasanya puaaas banget.
Rasanya seolah karya itu sempurna. Padahal, kalau diperiksa lagi….
Hmmmm banyak banget yang bisa diperbaiki.

Ide juga begitu.
Dinginkan, beberapa hari kemudian periksa lagi.
Pasti deh ada yang bisa diperbaiki dan disempurnakan.
Dari situ, idemu bisa makin bagus!

38. Belajar bahasa baru

Beberapa hari yang lalu saya download aplikasi namanya Duolingo.
Duolingo ini buat belajar bahasa. Macem-macem, ada Inggris, Spanyol, Itali…

Belajar bahasa baru bisa menambah kreativitas juga lo.
Soalnya, menurut penelitian, melatih bahasa asing meningkatkan kemampuan proses berpikir dan memori.
Dua aspek ini penting buat menunjang kreativitas!

39. Ikut komunitas

cara menjadi kreatif, cara agar kreatif
Apa keahlian yang mau kamu kembangkan?
Coba cari komunitasnya. Biasanya komunitas punya grup di sosial media.
Perkenalkan diri, dan tanya boleh gabung apa nggak.
Habis itu, ikut aja kopi daratnya.

Di komunitas, kamu bisa ketemu orang-orang dengan minat sama denganmu.
Kamu bisa tanya dan berbagi mengenai banyak hal.
Kamu juga bisa mengukur kemampuanmu.
Dengan kenalan dan ilmu baru, kamu pasti makin kreatif!

40. Ngotot

Ada beberapa fase yang terjadi dalam mengerjakan ide gila:

Orang menertawakanmu.
Lalu, mereka mengucilkanmu.
Lalu, mereka berusaha menghentikanmu.
Ketika idemu berhasil, mereka akan memujimu.

Ini selalu terjadi.
Orang-orang akan berusaha menghentikan kamu.
Banyak orang benci perbedaan, banyak orang mengingkari perubahan.
Mereka benci ketika ada orang yang berbeda dari kebanyakan.
Ketika menghadapi orang seperti itu, mereka akan berusaha menghentikannya.

Ketika kamu punya ide gila, kamu pun akan mengalaminya.
Untuk menghadapinya, kamu harus yakin dari lubuk hati bahwa idemu bagus!
Idemu luar biasa dan akan mengubah hidupmu.
Dari sinilah, kamu bisa ngotot memperjuangkan ide besar yang kamu miliki.

41. Ciptakan teman khayalan

Ciptakan teman khayalan.
Teman ini punya cara pikir yang berbeda denganmu.
Teman yang selalu berusaha mempertanyakan idemu.

Ketika kamu punya ide bagus, tanyakan pada teman khayalanmu.
Bagus nggak idenya?

Kamu nggak perlu khawatir dibilang gila.
Teman khayalan ini ada di otakmu kok.

Buktinya, kalau kamu menulis atau ngetik di hape.
Pasti ada suara lain yang berusaha mengoreksi tulisanmu, ya kan?
Itu dia teman khayalanmu.

Ciptakan sebuah figur (bisa artis, bisa orang biasa) untuk pikiran tersebut.
Ketika nggak ada teman diskusi, tanya aja ke dia.

42. Ide lain pasti datang!

Waktu SMA, saya bikin komik.
Ide ceritanya lengkap, sampe ke endingnya juga sudah kepikiran.
Tokoh-tokohnya juga ada. Jurusnya pun lengkap dan bagus-bagus.

Bisa dibilang, gaya gambar saya mirip komik Naruto.
Nggak sebagus Naruto sih, cuma ya keliatan banget lah pengaruhnya.
Sayangnya, komik saya gak pernah selesai. hehehe

Satu hari, saya baca-baca komik Naruto.
Saya mengernyitkan dahi saat itu.

Ending Naruto NYARIS SAMA dengan ide komik saya!
Beberapa jurusnya pun mirip dengan ide jurus saya!

Kesel sih, tapi itulah ide.
Kalau kita punya ide kreatif, pasti ada orang lain yang sudah memikirkannya.

Sekarang tinggal masalah siapa yang mau action duluan.
Kalaupun idemu sudah dikerjakan orang lain, jangan kecil hati!

Ide kreatif baru akan selalu muncul. Tinggal kamu aja mau terbuka atau nggak.
Yakinlah, ide besar berikutnya akan lahir dari otakmu!

43. Luangkan waktu untuk ngelamun

Kata orang tua, jangan ngelamun. Nanti kemasukan setan.
Padahal ngelamun nggak sepenuhnya jelek.

Di dunia yang penuh informasi dan notifikasi, sesekali perlu juga ngelamun.
Nggak mikirin apa-apa.

Ngelamun juga kadang memunculkan ide, kan?
Makanya kita dapet banyak inspirasi di kamar mandi.

44. Jangan mau terikat!

cara menjadi kreatif

Dalam dunia teater, ada istilah yang disebut “dinding keempat”.
Dinding keempat adalah kita. Penonton.
Saat berakting, aktor dan aktris berusaha mengabaikan dinding keempat, yaitu penonton.
Jaman dulu, penonton nggak boleh dianggap ada. Tujuannya, supaya aktor bisa berakting dengan bebas.

the fourth wall, dinding keempat, ide kreatif

Kemudian lahirlah inovasi baru dari Oliver Hardy, seorang sutradara.
Dalam filmnya berjudul “Animal Crackers”, ada adegan di mana aktor menatap ke kamera,
seolah ia sadar bahwa penonton ada dan menyaksikan kejadian bersama-sama dengannya.
Memecahkan dinding keempat ini kemudian menjadi terkenal.
Ia menjadi salah satu metode untuk menciptakan kelekatan dengan penonton.
Memecahkan dinding keempat juga terlihat di film Deadpool, di mana ia banyak ngobrol dengan audiens.

Oliver Hardy menolak untuk terikat oleh dinding keempat.
Ia melanggar aturan dalam film yang harus mengabaikan penonton dan kamera.
Ia mendobrak sebuah standar yang telah lama ada di dunia teater.
Oliver Hardy menolak dibatasi!

Kreativitas lahir dari pikiran yang bebas.
Ia datang dari pikiran yang benci stagnansi.
Ia hadir dari otak yang benci terikat.

Ketika kita nyaman oleh batasan, otak pun sulit “melar”.
Kalau terikat batasan, pastinya sulit menciptakan ide-ide besar.
Berontaklah sedikit!
Sesekali kamu boleh kok mengabaikan norma dan aturan.
Bebaslah! Dari situ, ide besar akan muncul.

45. Buat project pribadi

Orang kreatif biasanya punya proyek pribadi.
Nggak harus menghasilkan uang sih, tapi sekadar untuk kepuasan diri aja.
Sekadar pelarian kalau suntuk.

Proyek ini macam-macam.
Ada yang berusaha bikin lagu, ada yang membuat lukisan besar,
ada yang membuat guci dari tanah liat.
Proyek ini jadi tempat mereka melarikan diri kala bosen.
Ketika bosennya hilang, mereka kembali lagi ke rutinitas mereka.

Kamu juga bisa melakukan hal ini.
Ketika pekerjaanmu nggak memungkinkan jadi kreatif,
Ciptakan proyek untuk menyalurkan ide-idemu.

46. Nongkrong dengan teman yang lebih kreatif

Kamu adalah teman-temanmu.
Kalau kamu ngumpulnya sama pupuk bawang, kamu pun akan jadi pupuk bawang.
Kalau kamu ngumpulnya sama orang cerdas, kamu juga ketularan cerdas.
Sebuah penelitian bilang, kamu dan lima teman terdekatmu punya pendapatan yang sama.

Jadi, kalau mau berubah jadi lebih cerdas dan kaya…
Ngumpullah dengan yang lebih cerdas dan kaya dari kamu.

Kalau mau jadi lebih kreatif, ngumpullah dengan yang lebih kreatif dari kamu.
Supaya, kamu ketularan kreatifnya.

Susah nemu yang kayak gitu?
Gampang! Sekarang kan ada sosmed.
Buat akun baru, dan bertemanlah hanya dengan orang-orang kreatif di sosmed.
Dengan begitu, pikiranmu akan berkembang.

47. Ide sesuai kondisi

Youtube bukanlah situs berbagi video pertama di dunia.
Pendahulunya bernama shareyourworld.com. Namun, situs ini udah tutup pada 2001.
Alasannya, internet tahun segitu masih pake sambungan telpon.
Lagipula kamera masih jarang ada yang punya.
Dengan situasi seperti itu, orang-orang masih belum siap dengan berbagi video.

Tapi kenapa saat YouTube datang, ia jadi raja?
Jawabannya: karena saat Youtube hadir, kondisi sudah siap.
Kecepatan internet sudah memadai, harga kuota murah, dan hampir semua handphone sekarang bisa internetan.

Sebuah ide yang kreatif harus datang di saat yang tepat.
Ide yang terlambat akan gugur.
Ide yang terlalu cepat pun akan gugur.

Ngomong memang gampang.
Tapi itulah, kenapa ide yang sudah jadi harganya mahal.

48. SKSD

Cobalah kenalan dengan orang baru.
Orang baru dari lingkungan berbeda akan memberimu pikiran berbeda.

Ujung-ujungnya apaaaaa?
Makin kreatif!

Kalau kamu bingung cara kenalan, baca petunjuk lengkapnya di sini.

50 Cara Meningkatkan Kreativitas

49. Tantang dirimu sendiri

Sebuah jawaban besar lahir dari pertanyaan besar.
Dalam menghadapi situasi sulit, orang kecil berkata,”kenapa aku yang harus mengalami ini?”
Sementara, orang besar berkata,”apa yang bisa aku lakukan untuk mengendalikan situasi ini?”

Tantanglah dirimu setiap harinya.
Lakukan sesuatu yang melewati batasmu.
Gagal tak masalah. Tapi, esok berusahalah lagi.
Dari sana, otak dan tubuhmu akan berkembang.

50. Trust in process

Kebanyakan orang ingin segera menggapai hasil, namun enggan melewati proses.
Hasil memang segalanya, namun segala yang baik memerlukan proses.

Percayalah pada proses.
Ciptakan kesalahan, ciptakan ide yang buruk.
Jadi kreatif juga butuh waktu.

Dalam proses menyelesaikan artikel ini, saya merenung:
Benarkah saya sudah kreatif?

Nggak, saya nggak kreatif sama sekali.

Namun, saya dalam perjalanan menuju ke sana.
Ayo, jadi kreatif sama-sama!

 

2 Replies to “50 Cara Meningkatkan Kreativitas

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)