Waktu baca yang dibutuhkan: 7 menit

Cara paling berani mengatasi keseringan buka handphone.

 

Bagi sebagian orang, hape udah kayak organ tubuh.
Kalau ketinggalan, mending pulang dan ngambil daripada nggak bawa hape.

Kalau nganggur, sebagian orang langsung buka kunci layar dan tertunduk dengan smartphone-nya.
Kalau ada kecelakaan/berantem, bukannya misahin, malah direkam.
Anak-anak, yang harusnya bermain dengan teman dan alam, kini asik dengan youtube dan game online.

Itu adalah bukti nyata bahwa kita sudah nggak terpisahkan sama si ponsel pintar.
Tapi apapun yang berlebihan pasti nggak sehat.

Smartphone menyebabkan kemampuan konsentrasi kita berkurang.
Pada era 2000-an, kemampuan konsentrasi rata-rata manusia adalah 12 detik.
Saat ini, kemampuan konsentrasi manusia turun menjadi 7 detik!

Belum lagi, kemampuan sosial dan pengelolaan emosi kita yang semakin menurun.
Ini pun disebabkan oleh penggunaan smartphone berlebih.

Lalu, bagaimana cara menguranginya?

Saya pun pernah mengalami kecanduan smartphone.
Bangun pagi, langsung buka hape. Nganggur dikit, ngecek sosmed.
Bahkan sekali buka sosmed saya bisa habisin waktu sejam.

Ini tentu nggak efektif, apalagi saya kerja dari rumah.
Tapi untungnya candu ini mulai berkurang.

Berikut ini 10 cara yang saya gunakan untuk mengurangi kecanduan gadget.
Setelah ini, penggunaan gadgetmu bisa dikurangi secara efektif.


 

1. “Berapa banyak waktu terbuang?”

Renungkan, berapa banyak waktu terbuang karena main gadget?

 

cara mengurangi kecanduan hp, cara mengatasi dampak negatif hp, cara menghilangkan kebiasaan main hp, penyakit kecanduan smartphone, cara mengatasi dampak negatif hp bagi siswa, cara mengatasi penggunaan handphone, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi dampak negatif hp bagi pelajar, cara mengatasi kecanduan smartphone, cara mengihlangkan kecanduan smartphone

 

Anthony Robbins dalam bukunya Awaken the Giant Within menyebut, kalau mau mengubah suatu kebiasaan…
Kita perlu mengaitkan kebiasaan lama itu dengan kepedihan.

Bayangkan kepedihan dari kebiasaan kita, maka tekad berubah akan muncul.
Bingung maksudnya?

Kamu pernah minum obat?
Kalau kamu mengaitkan obat dengan kepedihan (pahit, susah diminum), kamu jadi males minum obat.
Tapi kalau dikaitkan dengan kenikmatan (cepet sembuh), kamu rela menelan obat berapapun banyaknya.

Itulah namanya mengaitkan kepedihan dan kenikmatan.

Kita mengaitkan kebiasaan main gadget dengan kenikmatan.
Santai, melihat foto-foto, berbagi di sosmed, main game online, dll.
Karena mengaitkan main gadget dengan kenikmatan, candu ini jadi terasa asik.

Tapi pikirkan: berapa banyak waktu yang terbuang percuma?
Waktu yang tersita untuk ngecek instagram dan main game itu, bukankah bisa digunakan untuk yang lain?
Saat orang-orang menggunakan waktunya untuk nyari duit, kenapa kita sia-siakan waktu untuk nyantai?

Rasakan malunya, rasakan perasaan bodoh itu.
Kaitkan candu main handphone ini dengan kepedihan.
Maka, sedikit demi sedikit, kamu makin males bolak balik ngecek hape.

 


2. Ganti tampilan handphone ke grayscale

Tau nggak kenapa notifikasi warnanya merah?

 

cara mengurangi kecanduan hp, cara mengatasi dampak negatif hp, cara menghilangkan kebiasaan main hp, penyakit kecanduan smartphone, cara mengatasi dampak negatif hp bagi siswa, cara mengatasi penggunaan handphone, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi dampak negatif hp bagi pelajar, cara mengatasi kecanduan smartphone, cara mengihlangkan kecanduan smartphone

 

Ada penjelasan psikologis di balik hal ini.
Di otak kita, merah adalah warna yang paling cepat direspon.
Merah terkait dengan bahaya, awas, dan cepat ditanggap.

Maka, ketika si merah bulet itu muncul, kita pengen cepet-cepet membukanya.
Kalau nggak dibuka, jadi penasaran.

Belum lagi tampilan layar smartphone yang makin hari makin jernih.
Mata semakin betah berlama-lama di depan hape kita.

Maka, ganti tampilan handphone-mu ke grayscale (hitam-putih).
Beberapa gadget seri terbaru udah bisa mengganti warnanya jadi hitam putih.
Cari aja di pengaturan tampilan.

Kalau nggak ada, kamu bisa gunakan aplikasi.
Nama aplikasinya CF.Lumen. Tapi ini baru bisa buat android 5.0 sih.
Buat android di bawah 5.0 kayaknya nggak bisa.

 


3. Bakar kapalnya

Bakar kapal agar tidak bisa pulang.

 

cara mengurangi kecanduan hp, cara mengatasi dampak negatif hp, cara menghilangkan kebiasaan main hp, penyakit kecanduan smartphone, cara mengatasi dampak negatif hp bagi siswa, cara mengatasi penggunaan handphone, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi dampak negatif hp bagi pelajar, cara mengatasi kecanduan smartphone, cara mengihlangkan kecanduan smartphone
biar greget, biasakan menelepon pakai ini

 

Pada 1519, seorang kapten kapal bernama Hernan Cortes menjejakkan kaki di Veracruz.
Bertekad menguasai tanah itu, ia memerintahkan awak kapalnya untuk membakar kapal.
Tujuannya? Agar mereka nggak punya pilihan lain selain terus maju. Menang atau mati!

Untuk menghilangkan kebiasaan main gadget, kamu juga bisa “bakar kapal”.
Nggak… saya nggak nyuruh kamu bakar hape. Saya menyarankan hapus semua aplikasi sosmed.

Ya! FB, twitter, instagram, path, snapchat… hapus semua!
Game juga. Hapus semua! Youtube juga sekalian!

Alasan kita selalu gagal menghilangkan kebiasaan adalah: kita masih menyimpan pemicunya.
Tentu, saat tekad kita masih kuat, kita sanggup menahan diri.

Tapi apa yang terjadi saat tekad mulai kendur?
Kamu akan berkata,”ngecek sebentar”.
Yang terjadi? Kamu menghabiskan setengah jam berleha-leha di sosial media.

Tekad manusia nggak stabil. Ada kalanya tekad kita tinggi.
Namun yakinlah, akan datang masa ketika tekad itu turun.
Ketika kita memberi “jalan keluar” bagi tekad yang kendur, kebiasaan itu akan muncul lagi.

Jangan mau mundur di tengah jalan. Jangan kasih kesempatan! Bakar kapalnya!

 


4. Lawan aplikasi dengan aplikasi

Biarkan mereka berkelahi

 

cara mengurangi kecanduan hp, cara mengatasi dampak negatif hp, cara menghilangkan kebiasaan main hp, penyakit kecanduan smartphone, cara mengatasi dampak negatif hp bagi siswa, cara mengatasi penggunaan handphone, cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, cara mengatasi dampak negatif hp bagi pelajar, cara mengatasi kecanduan smartphone, cara mengihlangkan kecanduan smartphone

 

Kebiasaan buruk dan baik itu satu paket.
Kalau yang buruk muncul, yang baik akan hilang.
Kalau yang baik diciptakan, yang buruk akan hilang.

Kebiasaan buruk harus diganti dengan kebiasaan baik. Saya pernah menulis itu di sini.
Mungkin semua aplikasi sosmed & game sudah kamu hapus. Sekarang apa?

Sekarang, ciptakan kebiasaan baru yang produktif.
Kalau kamu suka baca-baca status, alihkan kebiasaan itu jadi baca-baca buku.

Adakah buku yang belum selesai kamu baca?
Kalau ada, ambil dong buku itu. Mulai baca lagi bagian yang udah terlupa.

Atau kamu bisa gunakan waktu luang untuk berolahraga atau hobi yang lain.
Mungkin menggambar? Menulis? Main musik?

Kamu sudah keluar dari penjara smartphone.
Sekarang, gunakan kesempatan bebas itu untuk menjadi lebih baik.

 


5. Pasang timer

Jika nggak bisa berhenti, batasi.

 

Sebagian dari kamu mungkin bisnis olshop, humas perusahaan, atau seorang influencer.
Yang, mau nggak mau, harus menggunakan sosial media/aplikasi untuk nyari uang.

Tapi apakah setiap menit yang kamu gunakan selalu efektif?
Saat menggunakan hape, mana yang lebih banyak: nyari duitnya atau mainnya?

Untuk mengurangi kecanduan gadget, kamu bisa menggunakan timer.
Atur berapa waktu yang boleh kamu gunakan. 10 menit? 15 menit? Satu jam?
Gunakan waktu semaksimal mungkin.

Ketika waktu habis, jauhkan hapemu!
Lakukan aktivitas terkait pekerjaanmu, tapi yang nggak melibatkan hape.
Misalnya ngedit foto, nyari ide bikin caption, atau mendata penjualan.

Dengan begitu, kamu masih bisa menggunakan gadget untuk kerja, tanpa perlu kecanduan.

 

Bagaimana teman, lokasi, dan lagu mengurangi penggunaan smartphone?
Cek nomer 6-10 di sini.

18 Replies to “Kecanduan Gadget? 10 Cara Ini Efektif Menghilangkannya

  1. Terimaksih ATas sarannya gan .. saya sudah kelas 3 Smk dan kecanduan Gadget akut padahal april udah UN … Terimakasih saya akan mencoba

  2. Kalo buat pelajar kan harus apa apa sekarang pake hp, misal nyatet, kalo catetannya blm lengkap pasti minta fotoin temen. Trs kalo yang ujiannya pake hp kaya aku gimana? Tapi ujiannya ga ditentuin waktunya jadi bisa sewaktu waktu ujian, dan kalo ke sekolah kadang lebih terganggu kalo kita bawa hp. Jadi alternatif solusinya gimana?

    1. halo Amira 🙂

      kalo emang harus megang hape untuk keperluan kamu tadi (nyatet, ujian, dll) ya itu bukan kecanduan… itu emang kamu menggunakannya untuk sesuatu yang penting.

      definisi kecanduan gadget lebih tepat untuk kebiasaan melakukan sesuatu yang kurang penting dan nggak produktif kayak buka2 instagram, mainan game, dsb.

      kalo misalkan kamu mau mengurangi penggunaan gadget, tapi masih butuh buat keperluan penting, hapus aja dulu sosmed sama gamenya. nanti berkurang sendiri kok.

  3. Terimakasih atas sarannya ….akan saya coba…soalnya saya kecanduan sma sosmed…..😥😥😥

  4. Terimakasih atas saran-sarannya. Saya saat ini sedang mencoba mematikan hape ketika adzan Maghrib berkumandang hingga nanti waktu dhuha tiba dan saya sengaja tidak mengisi kuota, sehingga ketika di luar rumah tidak memegang hape sama sekali. Jadi, hanya mengecek pesan masuk sesekali ketika sedang berada di rumah. Mohon doanya ya semoga saya dapat istiqomah melakukannya sehingga dapat produktif mengerjakan skripsi.

  5. Wanna try…😊 Terimakasih tipsnya..
    Jujur saja saya kesel sama diri sendiri yang lupa waktu kalo main hp… Padahal tahu ada hal yg lebih penting..huhuu😭

  6. Makasih ka sarannya saya merasa terbantu walaupun keliatannya berat banget. Saya ngabisin waktu lbh dari 12 jam perhari main gadget itu bikin indra penglihatan saya menurun. Saya sangat kecanduan bermain gadget dan saya sangat merasa tersiksa.

  7. Dulu saya pernah punya HP layar lebar, akhirnya saya jual karena kecanduan, akhirnya beli yg layar 3.5 inchi dgn harapan kalau layar kecil pasti cepat bosen dan beralih ke aktifitas lain. Bertahan 2 bulan, hidup tenang tanpa kecanduan gadget, setelah 2 bulan bosen sama layar kecil, jual, beli lagi yg lebar 🙁

    Memang susah keluar dari kubangan candu gadget, mohon solusinya 🙂

  8. Alhamdulillah kok kak…. sebelum saya baca artikel ini pun saya udah bisa jauh dari yg namanya hape.. saya hapus semua apk sosmed dan yang gak penting… saya juga mematikan (power off) hape ketika sedang belajar… kalau pun itu masih kurang itu tergantung orangnya masing2 kalau udah punya tekad yang kuat mesti bisa… artikel ini bener banget kak… 👍🏽👍🏽 thank u a lot of ur info sangat membantu ☺

  9. Terima kasih sarannya.Akan saya coba 😀
    Ternyata saya tidak sendiri…
    saya termasuk yang kecanduan gadget.
    Pagi-pagi sampai ke kantor, yang dinyalakan komputer dan hp.
    Hp ditaro di sebelah keyboard ato di depan monitor. Jadi dikit2 liat hp, cek notif, atau sekedar dengerin lagu dan nonton video. Ini sangat tidak berguna ketika sedang bekerja >_<
    akibatnya, kerjaan ga kelar2, ngerugiin diri sendiri. Ga enak dilihat rekan kerja dan atasan. Malu rasanya. masak kerjanya main hape mulu. Gak produksif.

  10. sebenernya gw ga terlalu ambil pusing kalo gw kecanduan hp, tapi gw ini hanyalah seorang remaja yg sedang labil :v

    kesepian, padahal uang ada, temen ada, hape ada

    dah itu aja

  11. sy punya ade seorang ibu rumah tangga & hampir seluruh waktunya pegang gadget jadi timbul rasa malas…sampai2 rumah berantakan…anak & suaminya ga keurus…kalo dilarang dia bilang suka pusing kalo ga denger musik & lebih galak ke suaminya…apa ada solusinya agar ade sy tidak kecanduan lg…terima kasih.

    1. terima kasih sudah mau berbagi bu 🙂
      biasanya seseorang tidak mau berubah sampai dia merasakan dampak buruk dari kebiasaannya. kalau dia tidak merasa perbuatannya buruk, mau dilarang pun dia tidak akan berubah.
      yang perlu ibu lakukan adalah cukup sampai mengingatkan tentang konsekuensi buruk yang akan terjadi, kalau dia meneruskan kecanduan gadgetnya.

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)