Waktu baca yang dibutuhkan: 9 menit

Karena jodoh pun tetap butuh usaha untuk terus bersama.

Hubunganmu sama dia hampir berakhir ya?
Kamu galau?

Mencari pacar itu gampang, mempertahankannya yang susah.

Kadang-kadang, kita udah ngerasa baik, dia tetep aja pergi.
Kitanya udah sayang, eh dia sayangnya sama yang lain.

Dan mungkin hubungan kamu kali ini pun sekarang lagi koma.
Di ambang batas, sudah tinggal tunggu waktu buat putus!

Dan kamu bertekad, hubungan kali ini nggak boleh kayak sebelum-sebelumnya.
Gimana ya caranya membuat hubungan kamu dekat lagi, bertahan lama, dan langgeng?

1. Kontak fisik

senyum, cara mempertahankan hubungan, cara agar hubungan langgeng
menyentuh pundak masih aman kok~

Sentuhan fisik sering digunakan untuk menciptakan rasa intim. Kamu bisa memberikan sentuhan fisik yang lebih sering pada pasanganmu.

Ketika kamu dan orang lain bersentuhan, otakmu melepas hormon oksitosin.
Hormon ini menciptakan rasa dekat dan intim dengan orang yang kamu sentuh.
Selain itu, hormon ini bikin kamu lebih kebal penyakit.

Kamu bisa memperbanyak sentuhan dengan menggenggam tangannya.
Bisa juga dengan bersandar di bahunya. Atau sentuh pipinya. Atau coba kejutkan dia dari belakang, dengan memegang pundaknya.

Gimana kalau si pasangan nggak suka diperlakukan romantis?

Berikan sentuhan pada bagian fisik yang “biasa aja”.

Rambut bisa, tapi kalo lagi marah biasanya cewek nggak mau rambut sama tangannya dipegang.
Pundak dan lengan bagian atas biasanya lumayan aman, cewek biasanya nggak marah kalau pundak dan lengan atasnya disentuh sama pasangan (correct me if i’m wrong, ladies).

Lakukan saja sambil bercanda, seperti main kereta-keretaan.

Kalau kamu sudah menikah, ya bolehlah peluk-peluk pasangan kamu.
Pijat dengan lembut kakinya kalau dia capek.

Kreatif aja sih, yang penting banyakin sentuhan dengan dia ya.
Kalo mau ekstrim ya elus mata kakinya. Elusnya pake dagu, biar tambah gendeng.


2. Ciptakan romantisme dengan senyum

senyum, cara mempertahankan hubungan, cara agar hubungan langgeng
ciptakan romantisme dengan senyum

Senyum adalah mood booster paling mudah dan praktis.
Cukup senyum tulus selama lima detik, rasanya hatimu langsung disiram oleh mood yang bagus.
Beneran!

Senyum itu menular, betul?

Ketika kamu senyum ke pacar, kamu menularkan emosi positif ke dia.
Dia pun pasti balik senyum ke kamu!

Lagipula, siapa yang betah ngeliat pasangannya pasang muka kecut?


3. Minta maaflah

Minta maaflah untuk kesalahan yang pernah kamu lakukan.
Sebutkan kesalahanmu, dan apa yang kamu sesali dari kesalahan itu.
Berjanjilah kamu nggak mengulangi lagi.

Kadang-kadang, hubungan jadi renggang karena salah satu dari kamu terlalu gengsi untuk mengakui kesalahan.
Terlalu mahal untuk menundukkan kepala dan minta maaf.

Mau sampe kapan gengsian terus?


4. Berusaha tampil lebih keren dari biasanya

Salah satu alasan hubungan jadi renggang adalah kamu gitu-gitu aja.
Mentang-mentang sudah nggak jomblo, jadi cuek sama penampilan.
Nggak mau dandan kayak waktu PDKT.
Sudah jadi pacar, malah tambah gendut.

Tapi pacar aku nerima aku apa adanya kok!

Okelah, pacar nerima kamu apa adanya.
Tapi dia pasti lebih sayang dong, kalo kamu lebih cantik/ganteng daripada waktu awal ketemu?
Makanya, untuk menciptakan hubungan yang langgeng, tampillah lebih keren dari biasanya.
Dandan dikit dong kalo lagi sama dia.

Berusahalah memperbaiki penampilan, seperti diet, facial, dan lain sebagainya.
Ceritakan ke dia kalo “aku mau diet ah, biar kamu nggak ngelirik yang lain”.

Kok gitu?
Tujuannya adalah: agar dia merasa penting.
Dengan berusaha tampil lebih baik untuk dia, dia akan merasa dihargai dan dicintai.
Dia berpikir bahwa kamu rela melakukan apapun untuk bikin dia seneng.

Tapi jangan ngomong doang ya, diet beneran. Facial beneran.

rahasia tampil lebih “waw” dari biasanya – gunakan trik ini!


5. Dengarkan pasanganmu

dengerin dia dengan seksama. tatap matanya

Kapan terakhir kali kamu mendengarkan dia cerita?
Hubungan yang langgeng didasari oleh saling mendengarkan.

Seringkali, hubungan yang retak terjadi karena salah satu pasangan merasa nggak dihargai dan didengarkan lagi.

Makanya, sisakan waktu untuk mendengarkan ceritanya.
Tanya tentang harinya, dan bersikaplah tertarik.
Gali hal-hal menarik dari pengalamannya hari itu, dan diskusikan sama dia.

kalau bingung mau ngomong apa, pakai trik ini aja! klik di sini


6. Temukan dukungan dari luar

Pasanganmu nggak sempurna.

Dia nggak bisa memenuhi semua kemauanmu. Mungkin dia bukan pendengar yang baik, mungkin dia nggak bisa seru seperti teman gengmu.

So be it!

Nggak usah menuntut macem-macem dari pasanganmu. Terima aja kurang dan lebihnya dia.

Toh, kamu masih punya teman-teman geng. Mereka masih bisa kok jadi tempat kamu seru-seruan.

Kalau mau curhat pun, kamu masih punya orang tua dan sahabat kan?

Pacarmu bukan kantong ajaib yang bisa memenuhi segala keperluanmu lo, jadi sah-sah aja kok untuk mendapatkan support selain dari pacar.


7. Temukan passion

senyum, cara mempertahankan hubungan, cara agar hubungan langgeng
nggak harus selalu sama dia, kan?

Kamu juga perlu mencari passion dan cita-citamu sendiri.

Kenapa?

Salah satu penyebab seseorang jadi posesif dan pemarah adalah karena orang itu nggak ngapa-ngapain dan nggak punya tujuan hidup.

Karena nggak bisa apa-apa, pasangannya jadi pelampiasan emosinya.
Yang dipikirin cuma pacarnyaaa melulu.
Dikit-dikit ngelarang, dikit-dikit nggak boleh.

Makanya, temukan tujuan hidup dan kejarlah.
Serius deh! Mengejar passion bikin kamu bergairah dalam menjalani hidup.
Ketika kamu fokus dengan cita-citamu, kamu jadi nggak drama dan lebay dalam hubungan.

Dengan begitu, kamu jadi nggak membebani pasanganmu. Kamu jadi lebih lepas dan santai dalam hubungan.


8. Lakukan sesuatu yang menyenangkan

senyum, cara mempertahankan hubungan, cara agar hubungan langgeng
pengalaman baru bisa menghangatkan hubungan

Saatnya hidupkan lagi hubungan yang dingin!

Kamu bisa ngajak dia pergi ke tempat baru, yang belum pernah kalian kunjungi.
Ajak dia nonton film, atau makan di kafe yang baru buka.

Kalau lagi nggak ada duit, kalian bisa mencoba sesuatu dari tutorial YouTube.
Beberapa selfie juga biasanya bisa bikin kalian baikan lagi kok.

Sesuatu yang baru dan positif akan mendongkrak kebahagiaan di hubungan kalian!


9. Selesaikan bersama

Kadang-kadang, untuk mempertahankan hubungan, kita perlu mengalah.
Buat apa memenangkan pertengkaran, kalau ujung-ujungnya kehilangan dia?

Ketika kalian bertengkar, yang terjadi bukan kamu vs dia.
Tapi, kamu dan dia vs masalah!

Inilah penyakit orang yang hubungannya renggang.
Ada masalah, bukannya diselesaikan, malah diceritakan ke temen-temen geng.
Malah diumbar lewat sindir-sindir di sosmed.

Itu nggak dewasa!
Berhentilah bersikap drama!

Ketika bertengkar, pikirkan gimana caranya biar masalah itu selesai tanpa perlu bertengkar lebih jauh.
Kalau ada masalah, jangan sindir-sindir! Selesaikan langsung bersama dia.

Duduklah berdua, ceritakan apa yang salah. Komunikasikan bersama dia dengan kepala dingin.
Bila ingin menyelesaikan masalah, tanya dia dan minta masukannya.

Banyak masalah yang bisa selesai dengan ngomong baik-baik.
Bila kalian memang mulai renggang, utarakan saja sejujurnya ke dia.

Bilang aja “aku ngerasa kamu mulai jauh”, dan tanyakan kenapa.
Mungkin hubungan kalian hampir putus karena dia sedang fokus ke hal lain?

Bila muncul saling emosi, minta maaflah, agar kepalanya dia jadi dingin kembali.
Minta maaf jauh lebih baik daripada mementingkan emosi tapi hubunganmu hancur.

Supaya dia nggak jadi marah, gunakan teknik psikologi ini


10. Sisakan waktu untuknya

senyum, cara mempertahankan hubungan, cara agar hubungan langgeng
sediakan waktu untuk sekedar ngasih kabar

Hubungan yang retak bisa terjadi karena kamu terlalu sibuk, dan gak ada waktu untuk dia.

Saat bersama dia, kamu malah sibuk sendiri.

Jangan gitu!

Ketika kamu ada bersamanya, abaikan hapemu.
Saat dia bicara, kurangi volume TV dan fokus dengarkan kata-katanya.
Tatap juga matanya.

Ketika kamu memperlakukan dia seperti itu, dia jadi merasa dihargai.


11. Hargai usaha pasanganmu

Hubunganmu Dengannya Hampir Berakhir? Selamatkan Dengan Ini!

Pasanganmu mungkin pernah berusaha tampil baik di depan kamu.
Mungkin dia udah dandan sebisanya, tapi kamu cuek.
Mungkin dia udah capek-capek bikinin kamu makanan, tapi nggak kamu makan.

Itu namanya nggak menghargai.

Pasanganmu udah susah-susah membuktikan sayangnya ke kamu, masa nggak kamu kasih apresiasi?

Itu sama kayak menginjak-injak hatinya, meludahinya, dan membuangnya ke tempat sampah.

Makanya, mulai sekarang banyakin memuji dia.

Pujilah gurihnya telor dadar buatan dia, atau betapa simetrisnya alis yang dia gambar.
Atau pujilah gaya berpakaiannya, gaya dandannya. Pokoknya puji deh usaha yang dia lakukan buat kamu.

Ada empat prinsip memuji:

Spesifik – Harus detail. Jangan cuma bilang “kamu cantik”, basi! Puji keindahan matanya. Puji senyumnya yang bikin kamu tenang. Puji halus kulitnya, atau lembut tangannya.

Di depan banyak orang – Pujilah dia di depan temen-temenmu dan orang tuamu. Dengan memuji dia di depan banyak orang, itu membuktikan kamu bangga sama dia. Dia akan tersanjung dengan betapa kamu menyayangi dia.

Tersirat – Kalo memuji, jangan keliatan banget. Memujinya kayak gini: “daripada makan ginian, mending makan masakanmu deh” atau “apaan foto kayak gini yang ngelike sampe seribuan, cantikan kamu kali”. Dia mungkin nggak percaya, tapi yakin deh dia tetep seneng sama pujianmu.

Tulus – Pujilah dengan tulus. Pujian yang datang dari hati, dari kasih sayang, pasti diterima dengan hati pula.


12. Minta masukan

Minta aja masukan dari dia tentang kurangmu.
Mungkin ada sesuatu yang salah darimu, dan kamu nggak sadar.

Saat dia ngasih masukan, kamu nggak usah protes.
Tutup mulut, buka telinga lebar-lebar.
Dengarkan dengan hati yang lapang.

Kalau kamu mendengarkan apa maunya dia, hubungan kalian bisa baik lagi kok.
Kalau kamu tanya, dia mau kok bilang ke kamu. And then, you guys can work it out.


13. Ngasih masukan

Mungkin dalam hubungan ini bukan cuma kamu yang salah.
Mungkin dia juga perlu memperbaiki diri.

Tapi gimana caranya ngomongnya ya?

Mengkritik pasangan sih boleh. Gini caranya.
Dalam mengkritik dan ngasih masukan, lakukan rasio 5:1, alias lima banding satu.
Artinya, untuk satu saran yang kamu kasih ke dia, kamu harus kasih dia lima hal baik.

Hal baik ini termasuk memuji, ngajakin jalan, bikin dia seneng, bikin dia ketawa, dsb.

Masukan akan lebih diterima, karena kamu udah bikin dia seneng dan merasa dihargai.
Dengan saling ngasih masukan, kamu dan dia pun bisa jadi lebih baik, dan hubungan jadi langgeng.


14. Tetaplah positif

Hubunganmu dan dengannya mungkin lagi menemui badai besar.
Meski demikian, nggak ada salahnya untuk tetap berpikir positif.

Hanya karena dia agak lama ngebales chat, bukan berarti dia lagi selingkuh.
Hanya karena dia ngelike dan ngomen foto seseorang di IG, bukan berarti dia nggak setia.
Hanya karena dia belum ngabarin kamu, bukan berarti dia nggak peduli lagi sama kamu.

Berpikir negatif akan mendatangkan hal negatif pula.
Saya selalu yakin, apa yang kita pikirkan dan ucapkan akan berbalik ke kita sendiri.

Jadi, daripada mikir bahwa dia selingkuh dan sebagai-sebagainya, tetaplah positif.

Ngomong gampang bos, tapi tetap positif itu susah!

Bisa kok, sibukkan dirimu dengan kegiatan yang bermanfaat.
Kalau masih nggak bisa juga, mainlah ke rumah temen. Atau jalan-jalan aja sendiri.

Jangan biarin pikiranmu kosong, nanti malah mikirin yang macem-macem.

Tenang aja, dia sayang sama kamu kok.
Bentar lagi dia ngechat kamu. Santai~


Nah!

Demikianlah yang bisa kamu lakukan untuk melanggengkan hubungan.
Semoga hubungan kalian, yang jarak dekat maupun hubungan dan pacaran jarak jauh, bisa tetap langgeng.
Semoga pasangan atau pacarmu nggak selingkuh, semoga kalian berdua tetap setia bersama.

Amiin!

 

sumber
sumber

One Reply to “Hubunganmu Dengannya Hampir Berakhir? Selamatkan Dengan Ini!”

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)