14 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi, Walaupun Kamu Lagi Capek

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
Waktu baca yang dibutuhkan: 9 menit

14 cara simpel ini membantu kamu tetap konsentrasi, bahkan saat jam bobok siang.

Jam segini adalah jam tidur siang, betul?

Apalagi kalau habis makan. Beuhhhh rasanya pengen tiduran di keramik musholla yang adem.
Tapi hidup memang tidak seindah impian kita! Kita perlu tetap fokus dalam waktu lama, bahkan di jam-jam ngantuk seperti ini.

Terus apa yang bisa kita lakukan agar tetap tajam saat jam ngantuk?

Berikut ini 14 cara yang bisa kamu coba agar tetap konsentrasi.

 

 

1. Ganti Pemandangan

cara agar tetap fokus, cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
jangan pindah-pindah terus mb kayak kucing beranak~ sumber: stocksy

Kehilangan fokus bisa terjadi karena posisi kita dari tadi gitu-gituuu aja.
Misalnya kamu di kantor, ya posisi kamu gitu-gituu aja. Sudut yang kamu lihat pun cuma monitor kamu sama mejanya temen kerjamu.

Karena bosen, konsentrasi kamu jadi hilang deh.
Cobalah ganti “pemandangan” baru. Misalnya, pindah tempat duduk.

Ketika ada “pemandangan” baru, otak kamu bangkit karena harus beradaptasi dengan tempat baru ini. Konsentrasi kamu jadi muncul lagi deh.

Demikian juga dengan rapat. Kalau kamu dalam rapat yang butuh waktu lama, coba dong tukar tempat duduk dengan peserta rapat yang lain, biar kamu nggak ketiduran. Kalau bisa yang deket sama yang paling sering ngomong.

Kalau nggak boleh pindah-pindah gimana?

Misalnya kamu ngetik nih. Coba warna fontnya diganti tiap 15 menit. Misalnya fontnya yang harusnya item, kamu ganti jadi kuning laut. Atau merah toska. Atau ganti aja jadi putih muda (ngeliatnya gimana dah nggak tau).

Pokoknya kalau udah bosen, coba lakukan sedikit variasi biar “melek” lagi.


 

2. Beralih Ke Aktivitas Lain

cara agar tetap fokus, cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,

Kadang kalau udah nggak konsentrasi, kita membiarkan Microsoft Word kita kebuka tapi pikiran kita malah ke yang lain. Mata kita ke layar, tapi pikirannya ke kisah masa lalu bersama mantan.

Nah biar otak kita nggak ngelantur, coba beralih ke kesibukan lain.

Misalnya kamu ngerjain tugas tapi nggak ada ide.
Daripada ngelamun, manfaatkan “kekosongan” otak buat berburu referensi tambahan.
Kalau otak sudah nggak fokus sama referensi, coba bikin kerangka tulisan.
Kalau sudah nggak fokus sama kerangka, coba bikin desain slide presentasi.

Kamu harus pindah ke aktivitas lain supaya tetap fokus.
Jadi, walaupun udah nggak bisa fokus, kerjaan kamu tetep ada progresnya.

Tapi pindahnya jangan ke aktivitas yang nggak nyambung sama kerjaan.
Nanti bukannya kerja malah stalking akun Lambe Turah.
Jadinya malah nggak produktif.


3. Tulis Hal yang Mengganggu Pikiranmu di Selembar Kertas

 

Secara psikologis, salah satu yang bikin kita susah konsentrasi adalah karena ada masalah yang belum selesai.

Mungkin masalah sama pacar, sama temen, atau masalah duit.

Supaya kamu bisa mengusir keresahanmu, kamu coba deh tulis masalah itu di selembar kertas. Tulis juga apa yang meresahkanmu di  kertas itu.

Ini memang nggak menyelesaikan masalah kamu, tapi lumayan buat mengusirnya dari pikiran.

Cara menulis di selembar kertas ini juga efektif buat mengelola emosi lo. Buat pengen tau lebih lanjut, kamu bisa baca dan praktekin di sini.

Kalo emang pengen curhat, kamu juga bisa curhat di sini.

 


4. Kalo Sudah Nggak Kuat, Melamunlah Sebentar

 

cara agar tetap fokus, cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
“loh ngapain mb naik atep?” “ini cuma bosen aja ehe~” sumber: Pexels

Kalo emang udah nggak kuat berkonsentrasi, kamu boleh kok istirahat 10 menit.

Misalnya kamu daritadi belajar tapi ngelamun terus. Daripada dipaksain dan konsentrasi kamu kacau, yaudah dibawa ngelamun aja sekalian.

Jadi silakan lepasin buku tulismu, silakan jauhkan diri dari laptopmu. Lihatlah ke luar dan melamunlah.

Otak kita kalo dibawa konsentrasi terus bisa terlalu tegang. Jadi biar lemes lagi, ya istirahat sebentar.


5. Kalo Sambil Denger Lagu, Dengerin Satu Lagu Aja

Cara ini selain untuk mempertahankan konsentrasi kerja, juga cocok untuk mempertahankan konsentrasi belajar.

Kalo kamu suka denger lagu waktu belajar, usahain denger satu lagu aja. Pilih lagu yang lagi sesuai sama mood kamu, dan dengerin lagu itu aja berulang-ulang.

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,

Nggak ada penelitian khusus tentang hal ini sih, tapi trik ini dipake sama beberapa orang-orang sukses kalo lagi kerja.

Dengan mendengarkan satu lagu doang, otak kamu nggak perlu menyesuaikan diri dengan lagu yang berbeda tiap beberapa menit. Malah, kamu bakal lupa kalo kamu lagi nyetel lagu.

Jadi mengurangi gangguan, dan konsentrasi belajar kamu bertahan lebih lama.

 


6. Minum Kopi Mempertahankan Konsentrasi Juga

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
kopi adalah teman. sumber: istock

Ahhh… nothing tastes better than sweet sweet caffeine.
Buat saya, kopi adalah senjata pamungkas paling efektif.

Kopi bisa membantu kamu tetap fokus. Bahkan kafein bisa memberikan rasa hepi.
Yah, walaupun bikin deg-degan sih.
Tapi asal dosisnya pas, ya nggak papalah minum kopi.

Kalau kamu nggak suka kopi, sebutir apel juga memberi manfaat serupa.


 

7. Berolahraga Juga Bisa Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

cara agar tetap fokus, cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
olahraga biar fokus dan badan tetep oce. sumber: elitedaily

Saran-saran tadi memang memberikan dampak jangka pendek, tapi cepat atau lambat kamu nggak bisa terus-terusan mengandalkan cara di atas.

Kamu juga perlu memberikan “maintenance” pada otak.

Caranya? Salah satunya adalah olahraga rutin.
Jogging kek, futsal kek. Terserah, yang penting membuat tubuhmu bergerak.

Olahraga membangkitkan hormon endorfin, membuat kamu bisa fokus lebih lama.
Selain meningkatkan konsentrasi, daya ingat kamu juga terbantu. Kamu juga jadi lebih hepi.
Stamina kamu juga jadi lebih tahan lama. Jadi enak kan bisa konsentrasi terus.

Kalau kamu bingung mau olahraga apaan, coba deh download Nike Training Club.
Itu pilihan olahraganya banyak, dan bisa dipraktekin di ruangan sempit kayak kamar.
Belakangan ini saya mulai merutinkan lagi olahraga rutin di rumah.
Lumayan, badan jadi terasa lebih seger dan udah jarang deg-degan lagi.


 

8. Pastikan Nutrisi Otakmu Selalu Terpenuhi

cara agar tetap fokus,cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
Bunga bukan nutrisi otak (halah bilang aja males nyari gambar)

Salah satu cara tetap fokus adalah memastikan otak mendapat nutrisi yang cukup.
Kalau kamu males googling nutrisi buat otak, ya coba aja yang gampang-gampang seperti:

  • Jangan makan sampai kenyang. Memproses makanan jadi tenaga pun butuh tenaga lo. Makanya, kita kalau habis makan jadi ngantuk. Soalnya kalau kenyang, tenaga malah terfokus ke memroses makanan.
  • Sarapan, walau cuma biskuit. Atau minuman sereal. Tapi perasaan biskuit lebih tahan lama deh dibanding minuman sereal.

9. Meditasi Melatih Konsentrasi dan Bikin Tetep Kalem

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
berdiri diam dan tenang pun udah termasuk meditasi. sumber: pexels

Kita hidup di era informasi. Informasi yang kita terima selama sebulan, lebih banyak daripada informasi yang diterima manusia abad 18 seumur hidup mereka.

Dengan gempuran status fesbuk, foto instagram, video snapchat, twit, dan BBM, bagaimana mungkin kita bisa tetap fokus?

Lakukan meditasi.

Meditasi nggak harus rumit-rumit kok.
Ibadah yang khusyuk sebenarnya sudah termasuk meditasi.
Pernafasan yang dalam dan panjang pun sudah termasuk meditasi.

Meditasi seringkali dikaitkan dengan filsafat-filsafat dan religius. Tapi, sebenarnya hakikat meditasi adalah menenangkan diri dan berlepas dari kebisingan dunia.



 

10. Kurangi Multitasking, Jadi Konsentrasimu Nggak Ke Mana-mana

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,
matikan internet di smartphonemu! sumber: Pexels

Salah satu hal yang bikin susah konsentrasi adalah banyaknya program sama layar yang terbuka di hadapan kita.

Kamu kerja di depan laptop, tapi layar hape nyala.

Kamu ngetik, tapi browser dan program-program lain juga kebuka.
Kamu nyari bahan buat ngerjain tugas, tapi juga ngebukain tab Twitter dan berita-berita nggak penting.

Itu namanya multitasking. Dan multitasking nggak baik buat otak kamu.

Sejatinya, otak kita nggak bisa loncat-loncat fokus dari satu topik ke topik lain. Misalnya sebentar kerja, sebentar ngebalesin WA. Sebentar kerja, sebentar ngecekin instagram.

Otak kita butuh waktu buat fokus total ke satu hal. Jadi, supaya konsentrasi kamu bisa maksimal, kurangi jumlah layar dan program yang terbuka di hadapan kamu.

Saya sendiri kalo udah di depan laptop, sebisa mungkin menjauhkan diri dari hape. Kadang internetnya saya matiin. Tab di browser pun maksimal tiga. Kalo udah nggak kebaca mending langsung ditutup.

Kalo kamu kecanduan gadget, kamu bisa lo menghilangkannya. Baca dan coba triknya di sini.


 

11. Pastikan Kebutuhan Air Kamu Terpenuhi, Jadi Bisa Konsentrasi Terus

Salah satu penyebab susah konsentrasi adalah dehidrasi. Kurang cairan ini bikin energi kamu rendah, sakit kepala, hormon nggak seimbang, dan gampang capek.

Makanya, biar bisa terus menerus konsentrasi, pastikan kebutuhan air kamu terpenuhi.

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,

Rata-rata kebutuhan air kalo cowok sekitar 3 liter per hari, sementara cewek sekitar 2 liter per hari. Itu sebenernya nggak harus dari air putih, karena kebutuhan cairan kita juga bisa dipasok dari buah dan sayuran.


12. Pastikan Kebutuhan Tidur Kamu Terpenuhi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa: kemampuan kita berkonsentrasi, berhubungan juga sama kualitas tidur kita. Tanpa waktu pemulihan otak yang tepat, kita jadi susah lo mempertahankan konsentrasi.

Makanya, pastikan tidur kamu cukup. Dengan tidur yang cukup, otak kamu dapet jatah istirahat yang pas, dan bisa dipake berkonsentrasi dengan bener.

Waktu tidur yang pas adalah 8 jam. Tapi nggak 8 jam bulet sih; bisa juga dipisah jadi enam jam malem, sisanya dua jam buat tidur siang.


13. Kurangi Konsumsi Gula dan Manis-manisan lainnya

Otak kita udah kecanduan gula dan makanan olahan. Malah, adiksi gula di dunia termasuk salah satu adiksi yang nggak kelihatan.

Faktanya, kebutuhan gula kita sehari adalah 36 gram. Tapi konsumsi gula manusia modern justru mencapai 95 gram!

cara meningkatkan konsentrasi belajar, cara meningkatkan konsentrasi otak, cara meningkatkan konsentrasi bekerja, cara meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan konsentrasi berpikir, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara meningkatkan konsentrasi dan ketelitian, cara meningkatkan konsentrasi dan fokus anak, cara meningkatkan konsentrasi dalam diri individu, cara efektif meningkatkan konsentrasi, cara meningkatkan fokus konsentrasi, cara meningkatkan daya ingat konsentrasi, cara meningkatkan kemampuan konsentrasi, cara meningkatkan konsentrasi orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi pikiran, cara meningkatkan konsentrasi pada orang dewasa, cara meningkatkan konsentrasi saat membaca, cara meningkatkan tingkat konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar,

Gula sendiri adalah karbohidrat sederhana, yang kalo kita konsumsi akan merangsang endorfin di otak.

Endorfin emang bagus, tapi efek samping yang diciptakan gula adalah kita jadi pengen lagi dan lagi.

Kalo kita udah mengkonsumsi gula, kita akan ngerasain yang namanya “sugar crash”. Sugar crash ini adalah sensasi bete, males, dan nggak nyaman, karena endorfin hasil produksi gula tadi udah habis. Bawaannya pengen nyari yang manis-manis lagi.

Makanya kita tanpa sadar nyimpen cemilan manis di laci, atau beli minum yang bergula waktu istirahat.

Dampak lain dari sugar crash adalah jadi sulit konsentrasi. Nah makanya, biar konsentrasi kamu terus bertahan lama, pastikan kamu menjaga konsumsi gula kamu.

Kurangi minum yang manis atau jajan yang manis. Kan kamu udah manis.



14. Peregangan Bisa Membantu Meningkatkan Konsentrasi

 

Cara satu ini bisa dilakukan para guru, kalo butuh cara meningkatkan konsentrasi siswa.

Kalo udah duduk diem selama beberapa lama, coba deh lakukan sedikit peregangan. Kamu bisa berdiri dan merentangkan tangan, atau tarik sedikit tanganmu ke belakang.

Kalo kamu seorang guru, kamu bisa mengajak siswa buat berdiri sebentar dan melakukan peregangan sama-sama. Selain meningkatkan konsentrasi, kalo dilakukan bersama, peregangan bisa jadi sarana bercanda.

 

 

Nah! Demikianlah 14 cara yang bisa kamu lakukan agar tetap konsentrasi.

Kamu nggak perlu lakukan semua, cukup pilih aja yang paling nyaman.
Yang penting action!

Kalau kamu, mau coba yang mana nih?

2 Replies to “14 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi, Walaupun Kamu Lagi Capek

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)