8 Kalimat Biar Gampang Akrab Sama Orang


8 cara berkenalan yang bisa kamu terapkan pada siapapun.

Berkenalan itu gampang. Bikin akrabnya yang susah.
Bener nggak?

Padahal jadi akrab itu banyak untungnya.
Kalau kamu akrab sama papanya gebetan, kamu punya nilai tambah di mata gebetan. Kalau kamu akrab sama dosen, nilai kamu mungkin bisa digampangin. Kalau akrab sama atasan, kamu bisa aja promosi lebih cepet.

Kalau kamu akrab sama ibu kantin, mungkin kamu bisa ngutang lebih banyak.
Sukur-sukur ibunya lupa. Hehe~

Tapi gimana ya caranya biar bisa berkenalan dengan baik, dari nggak kenal bisa jadi akrab?

Berikut ini kami paparkan 8 kalimat yang bisa membantu kamu lebih mudah berkenalan dengan orang lain.
Kamu bisa praktekkan kalimat-kalimat ini ke temen baru, calon mertua, atau atasan.

1. Hai, nama saya…

Iya, nama dulu dong. Namanya kenalan.
Kenalkan dulu dirimu ke target. Ulurkan tangan untuk salaman. Pasang juga senyummu yang paling oke. Kalau bisa tatap matanya.

Kesan pertama sungguh penting! Kalau kamu menang di kesan pertama, langkah berikutnya lebih gampang.

Kesan pertama memang krusial, tapi kebanyakan orang melakukan kesalahan-kesalahan ini. Coba cek, supaya kamu nggak ikut salah! –7 Kesalahan yang Bikin Ilfeel pada Pandangan Pertama

2. Kesibukannya apa nih?

Saatnya membuka obrolan!
Tanyakan apa pekerjaan mereka sehari-hari. Tanyakan apa kesibukan yang mereka lakukan.

Contoh:

Sibuk apa nih pak sekarang?”

Misalkan kerjaannya sudah terlihat dari penampilannya, maka:

“Wahh, kerja di ini ya pak?”

Kalau belum kerja, nanya apa dong?

“Lagi sering denger lagu apa nih?”

Gunakan ini setelah kamu berkenalan dengan target. Tujuan bertanya seperti ini adalah sebagai umpan untuk langkah berikutnya.

3. Kepo Kesibukannya

8 cara berkenalan, cara berkenalan, tips berkenalan, tips cepat akrab
kepo aja kepooo~

Kamu sudah tahu nih kesibukannya.

Kamu bisa mengakrabkan diri dengan bertanya lebih jauh tentang kesibukannya itu.
Walaupun kamu sudah tahu, ya pura-pura nggak tahu aja.

Contoh:

“Kontraktor bangunan? Pernah bikin proyek di gedung apa nih pak?”
“Angkatan Laut? Markasnya di mana pak?”
“Ohh bapak bisnis burung? Fokusnya ke burung siapa apa nih?”
“Ohh… lagunya siapa tuh? Belum pernah denger”

Itu contoh aja yaa. Sekreatifnya kamu lah.

Intip juga tips dan trik psikologi yang lain:

4. Kok bisa, awal ceritanya gimana?

Tanyain dong gimana awalnya dia menemukan kesibukannya.
Kenapa sih dia memilih pekerjaan itu?
Apa yang mendasari dia mengambil proyek itu?
Kenapa dia bisa suka sama satu klub sepakbola?

Menanyakan latar belakang selalu menghadirkan cerita.
Biarin aja dia cerita, toh orang suka bercerita.

5. Apa yang paling asik dengan kesibukannya itu?

Tanyakan, apa sih yang paling asik dari pekerjaannya?
Apa sih bagian paling menyenangkan dari proyeknya?
Apa momen paling berkesan dari menonton klub favoritnya?

Dengan menanyakan hal yang paling menyenangkan, kamu membangkitkan perasaan senang dari dirinya.
Sambil dia cerita, kamu dengarkan sambil tersenyum. Senyum itu menular.
Dengan memberikan senyum, kamu akan terlihat antusias dan ikut menikmati kesenangannya.
Kalau dia ikut tersenyum, berarti dia sudah menikmati bercerita denganmu.

6. Targetnya apa nih?

cara berkenalan
Semua orang punya mimpi dan target. Sumber: High50

Setiap orang punya cita-cita sendiri. Kamu sudah menguak kesenangan dari kesibukannya, sekarang waktunya menguak impiannya.

Tanya target dia dalam pekerjaannya dan goal yang mau ia capai dalam proyeknya.
Berbagi impian selalu menyenangkan, apalagi bersama orang yang memahami dan mau mendengarkan (dalam hal ini, kamu)

7. Wah, hebat!

Orang sudah capek-capek cerita, berikan feedback positif dong!
Kamu bisa memberikan respon berupa kekaguman atas mimpinya, atau perjuangannya, atau pujian terhadap posisi yang sudah ia miliki saat ini.

Contoh:

“Iya pak, saya suka gedung yang bapak bangun di jalan blablabla”
“Teman-teman saya juga sudah baca karya bapak di blablala, dan jadi referensi penelitian mereka”
“Teman-teman saya suka gaya ngajar bapak”
“Nggak gampang lo padahal masuk angkatan… seleksinya ketat”

Walaupun rata-rata nggak ngaku, tapi sebenarnya semua orang suka pujian.
Apalagi kalau kamu memang serius mendengarkan semua ceritanya barusan. Pujian pasti terasa tulus.

Kalau sudah begini, pasti jadi akrab!

8. Tipsnya apa sih?

Orang suka memberi nasehat dan tips.
Dengan memberi nasehat, mereka merasa dihargai dan kecerdasannya diakui.

Maka, sebagai sentuhan akhir, tanyakan tips mengenai kesibukan mereka.

“Menurut bapak, apa sih yang harus dilakukan supaya bisa masuk tentara?”
“Apa sih trik bapak supaya mengajar jadi menarik?”
“Bagaimana cara bapak supaya burung yang bapak rawat tumbuh besar dan bulunya mengkilap?”
“Bagaimana sih pak caranya kayang yang baik dan benar?”

Walaupun mungkin kamu nggak bakal inget, ya dengerin aja.
Kuncinya adalah mendengarkan dengan seksama. Kalau kamu pede, kamu bisa tanya lebih jauh tentang tips-tips dari dia.

Nah, itu tadi yes 8 langkah membuat kenalan jadi akrab.
Inget, kunci komunikasi adalah mendengarkan dan menghargai. Dengan dua itu aja, kamu bisa punya kenalan baru dalam waktu singkat, dengan siapapun.

Jadi, kapan mau nyoba? 😉

Sumber

2 Replies to “8 Kalimat Biar Gampang Akrab Sama Orang

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)