Bersikap Dewasa Itu Seperti Apa Sih?

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,
Waktu baca yang dibutuhkan: 9 menit

Siang itu Chusnul dan Togar duduk berdua di bawah pohon kalpataru.

Dari jauh mereka tampaknya sedang memadu kasih. Namun, bila kamu mau menguping, sesungguhnya mereka lagi berantem.

“Kamu bersikap dewasa dikit bisa gak sih?” seru Chusnul dengan suara teredam.

“Maaf Bunda…” kata Togar perlahan,”tapi emang push rank itu penting banget buat tim aku di Mobile Legends Bang Bang…”

Chusnul diam saja, nggak memberi jawaban. Akhirnya, Togar berdiri, lalu bersimpuh di depan Chusnul,”Ayah janji deh, bakal bersikap lebih dewasa buat Bunda. Ayah nggak akan ngecewain Bunda lagi.”

Chusnul mengangguk. Lalu ia berdiri, sembari berkata,”janji ya Ayah…”

Tak lama setelah mengikatkan jari kelingking, suara klakson mobil terdengar mendekat.

“Eh, mama aku udah jemput tuh,”kata Chusnul, “mana topi sama dasi aku tadi?”

Togar, yang sedari tadi menahan dasi dan topi upacara Chusnul supaya dia mau bicara, akhirnya mengembalikannya. Chusnul pun berlalu, masuk ke mobil mamanya.

Sembari mobil itu berjalan menjauh, Togar bertanya-tanya…

Bersikap dewasa itu kayak apa sih?

Kamu mungkin pernah dikatain gitu. Kamu mungkin pernah dikatain nggak dewasa sama orang lain. Mungkin pernah dikatain kayak anak kecil.

Sebagian kita mungkin punya framework tentang “bersikap dewasa”. Tapi bersikap dewasa ini ambigu, soalnya kadang orang yang umur 30an pun kadang sikapnya juga nggak dewasa-dewasa amat.

Jadi dewasa itu apa dong? Dan bersikap dewasa itu sebenernya kayak apa?

Untuk membahas tentang dewasa itu apa dan sikap yang dewasa itu kayak gimana, ijinkan saya mengambil jawaban dari sudut pandang psikologi.

Di dalam psikologi perkembangan, manusia punya berbagai tahapan berkembang; dari lahir, balita, anak-anak, remaja, dan seterusnya.

Nah, fase dewasa sendiri adalah fase terakhir dan yang paling panjang. Fase ini merentang dari umur 18 hingga akhir hayat.

Saking panjangnya fase dewasa ini, Hurlock dalam bukunya Psikologi Perkembangan membagi dewasa ini jadi tiga lagi: dewasa dini, dewasa madya, dan dewasa lanjut.

Berasumsi bahwa kamu yang baca ini sekitar remaja yang mau masuk dewasa, maka di sini kita akan bahas dewasa dini doang yes.

 

Dewasa berarti berusaha menetapkan cita-cita

 

Bersikap dewasa berarti berusaha memilih soal mau ngapain di sisa umur kamu. Kamu udah memikirkan berkarir sebagai apa, memiliki pasangan yang seperti apa, dan menjadi pribadi yang seperti apa.

Layaknya masa remaja, kamu masih mencoba-coba.Tapi mencoba-coba di masa dewasa nggak random, karena kini kamu berusaha untuk mantap memilih. Memang sesekali tersirat keraguan di hati kamu, tapi kamu mulai tau dengan jalanmu.

 

Kamu mungkin sering merenung  soal belum kunjungnya kamu mendapatkan kepastian. Entah itu karir, pasangan, atau keuangan. Ini alami lo.

Naluri kamu untuk segera settle ini kadang jadi bumerang, karena kamu jadi gelisah. Ini nih yang populer disebut quarter life syndrome; sindrom gelisah di usia 20an akibat masa depan yang belum kunjung terjawab.

Kalaupun sekarang kamu masih melompat-lompat, entah itu di bidang karir atau pasangan yang bergonta-ganti, itu bukan karena kamu coba-coba; kamu lagi milih yang terbaik.

 

 

Dewasa berarti berusaha berkomitmen

 

Kalo settle down tadi adalah upaya reaktif terhadap jalan yang terbentang, maka komitmen adalah upaya proaktif.

Gimana caranya supaya jalan yang kamu pilih ini bisa kamu pertahankan selamanya? Bisakah kamu menjadikan karirmu ini sebagai jalan yang kamu tempuh seumur hidup, walaupun banyak rintangan?

Bisa nggak sih kamu menjadikan pasanganmu sebagai pasangan terakhir, walaupun nanti mungkin akan banyak halangan?

 

Ketika settle berarti berusaha memilih, dengan komitmen kamu berusaha menjalaninya. Bersikap dewasa, berarti tidak menyerah hanya karena satu atau dua hambatan. Kamu terus jalan, karena kamu udah memilih.

Demikian juga dalam hubungan. Seorang yang dewasa, kalo misalnya berantem, dia nggak mikir buat mengakhiri hubungan. Dia akan mikir untuk gimana caranya menyelesaikan masalah dan memperbaiki hubungan itu.

 

 

Bersikap Dewasa berarti bertanggung jawab sama dirimu sendiri

 

Kamu bisa mengeluh tentang hidupmu, kamu bisa mengeluh sama masalah yang kamu hadapi.

Okelah, memang kadang-kadang kita kena apes, dan ada hal-hal yang menimpa kita tapi nggak bisa kita kendalikan.

Sebagian orang, ketika tertimpa apes, akan playing victim; mereka bersikap sebagai korban, dan nggak ada yang bisa dilakukan lagi untuk mengubahnya.

Tapi, bersikap dewasa juga bertanggung jawab sama kejatuhanmu.

 

Bersikap dewasa berarti kamu meraih dirimu dari jurang kejatuhan. Kamu menerima kalo kamu mungkin gagal, tapi kamu nggak berpasrah diri karenanya.

Di masa dewasa, nggak ada yang mau mengusapi lukamu dan menggandengmu berjalan. Kamu harus mengusapnya sendiri, mengobatinya, dan menyingkirkan rintangannya.

Kamu harus belajar dari kegagalan, mengurus apapun yang masih bisa kamu kendalikan, terus jalan lagi.

Jangan salahkan orang lain. Tapi jangan salahin diri kamu sendiri juga. Fokuslah pada apa yang masih bisa dilakukan, dan lakukanlah.

 

Dewasa berarti mengejar jawaban, bukan menunggunya datang

 

Ini sebenernya masih masuk ke tanggung jawab, tapi saya pisahin biar gak kepanjangan.

Di masa dewasa kamu akan menemukan masalah. Tapi beda dengan saat kecil, di mana masalah bisa dibantuin sama orang tua, pas gede kamu harus nyelesaiin sendiri.

Kalo kata Paramore di lagu Ain’t It Fun sih, “Don’t go cryin to your mama, cos you’re on your own in the real world.” Kamu menanggung masalah kamu sendiri.

Seorang dewasa yang baik akan berusaha mengejar jawaban atas masalahnya. Alih-alih diam dan bergantung pada keajaiban Tuhan, dia akan mengejar solusi yang ia butuhkan.

Mencari solusi ini bisa berupa nyari alternatif, baca buku, baca artikel, tanya ke orang, dan macem-macem lainnya. Intinya sih nggak berpangku tangan.

 

 

Bersikap Dewasa berarti berusaha mengelola emosi

 

Ketika kamu bersikap dewasa, berarti kamu bersikap tenang.

Tenang itu nggak impulsif. Terukur, menggunakan logika. Bersikap rasional.

Bersikap dewasa berarti kamu berusaha mengambil tindakan berdasarkan logika. Jadi kamu mengambil langkah yang sesuai sama komitmen yang udah kamu ambil.

Kamu mungkin orang yang emosional, tapi ketika beranjak dewasa, kamu sadar kalo emosian itu salah. Apalagi ketika kamu memilih berkomitmen sama sesuatu.

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,
calm wae bosque~

Gimana sih cara mengelola emosi, jadi mood kita nggak down dan bete? Baca dan praktekin di sini.

 

Bersikap dewasa berarti menurunkan ego

 

Masih terkait sama komitmen dan tanggung jawab nih.

Seseorang yang dewasa adalah seorang yang mau menurunkan egonya. Dia bersedia ngurangin gengsinya, untuk sesuatu yang mau dia capai.

Semua orang sebenernya punya ego, dan pada dasarnya kita semua egois. Tapi egois yang beracun adalah ketika egoisme itu jadi pengendali sikap kamu.

Gengsi untuk minta maaf. Nggak mau mengakui kesalahan. Nggak mau merendahkan hati untuk minta masukan dari orang lain. Ini semua adalah tanda ego yang tinggi.

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,
dewasa berarti menurunkan ego dan minta maaf duluan

Ego yang nggak baik adalah ego yang jadi dinding, yang membatasi hubungan kamu dengan orang lain, yang membatasi kamu dari potensi terbaik kamu.

Padahal, betapa banyak hubungan yang bisa jadi baik setelah minta maaf. Betapa banyak kemajuan yang dicapai, kalo kita mau mengakui kita butuh masukan.

Ciri lain dari ego tinggi adalah selalu menuntut tapi nggak mau memberi. Seolah dunia harus berputar untuk kita, padahal nggak bisa kayak gitu.

Seorang yang dewasa akan mulai memikirkan kebaikan orang lain, mulai memberi manfaat buat orang lain.

 

 

Dewasa berarti siap dalam keterasingan

 

Ketika masuk masa dewasa, berarti kamu akan mengalami proses transisi, sendiri dan terasing.

Fenomena ini rentan terjadi di masa perpindahan lingkungan baru, dan di dalam psikologi disebut krisis keterasingan.

Ketika masa kuliah udah mulai beres, lambat laun temen kamu bakal tambah sedikit.

 

Belum lagi ketika mulai fokus kerja. Kamu jadi makin bersemangat buat bersaing dan meningkatkan kemampuanmu. Ini membuat kamu cuma bisa menyisihkan sedikit waktu buat kongkow sama manteman lama kamu. Malah kamu mulai agak terasing sama

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,

sendiri juga gapapa akumah~Bersikap dewasa berarti bersikap siap merasakan keterasingan.

Keterasingan ini, buat mereka yang terbiasa dalam kelompok, akan terasa menyiksa. Apalagi buat mereka yang terbiasa memutuskan sesuatu bersama dengan kelompoknya.

Tapi keterasingan ini bergantung pada masing-masing orang. Ada juga yang akhirnya menemukan lingkaran pertemanan baru, tapi ada juga yang butuh waktu lama untuk menggantikan lagi temen-temen yang lama.

 

 

Dewasa berarti mau menerima masukan

 

Di psikologi perkembangan, salah satu tugas perkembangan masa dewasa adalah mengenali karakteristik diri sendiri.

Proses perkembangan diri sendiri ini bisa melalui proses perenungan, alias ngeliat balik ke belakang. Seorang yang dewasa akan berusaha mengenali sifat baik dan buruk yang ada di dalam dirinya, dan nyari tau gimana orang lain menilai dirinya.

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,
akutu orangnya kayak apa sih?

Selain perenungan, pengenalan karakter ini juga berasal dari orang lain. Jadi, kalo ada orang yang ngasi masukan atau nasehat, seorang yang bersikap dewasa akan mau mendengar dan berusaha berubah.

Orang yang dewasa nggak akan ngamuk kalo mendapat feedback jelek, atau mungkin mendapat komentar negatif.

Malah, dia akan membuka pikiran terhadap ide baru, karena dengan demikian dia akan makin berkualitas.

Tapi gimana ya caranya biar nggak tersinggung kalo lagi dikritik? Kamu bisa baca dan terapkan lewat cara yang satu ini.

 

Dewasa berarti kreatif

 

Ketika kamu memasuki masa dewasa, kamu mulai mendapat kebebasan yang mungkin sebelumnya nggak kamu dapetin.

Seorang yang dewasa akan menggunakan kesempatan ini untuk berkreasi.

bersikap dewasa, cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari, cara bersikap dewasa di depan pacar, cara bersikap dewasa di depan mantan, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, cara bersikap dewasa di depan wanita, bersikaplah dewasa, bersikap dewasa dalam hubungan, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa dan bijaksana, bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa seperti apa, cara bersikap dewasa ketika ada masalah, bersikap dewasa dalam berpacaran, bersikap dewasa itu bagaimana, cara bersikap dewasa dalam menghadapi masalah, bersikap dewasa dalam segala hal, bersikap dewasa dalam hubungan,
dewasa berarti kreatif

Kreasi ini sebenernya nggak melulu dalam bentuk karya atau kerjaan. Kadang-kadang kreativitas seseorang kelihatan dari iseng-iseng mencoba gaya pakaian yang beda, mencoba musik yang berbeda, atau melakukan sesuatu yang sebelumnya nggak berani ia lakukan.

 


NAH!11!!!11!!

Itu tadi yes tentang bersikap dewasa dan ciri-ciri dewasa.

Kamu mungkin sekarang udah masuk usia dewasa, dan mungkiiiiin ada beberapa aspek kedewasaan yang belum kamu punya.

Nggak perlu berkecil hati! Fase dewasa awal, yang sedang kita alami sekarang, terbentang hingga umur 40 tahun. Masih ada banyak waktu untuk belajar memperbaiki diri.

Sejujurnya kedewasaan nggak ada hubungannya sama tipe kepribadian. Kedewasaan adalah usaha kita sendiri buat mendapatkannya.

Saya yang nulis pun nggak dewasa-dewasa amat. Ego saya masih tinggi, saya juga kadang emosian. Tulisan ini buat ngingetin saya sendiri (asli deh sambil baca buku Hurlock sambil ketampar-tampar) dan buat ngajak kamu kamu kawula muda untuk sama-sama jadi dewasa.

Sama-sama memperbaiki diri yuk bosfren! :* :* :*

 

Sitasi: Hurlock, E. B. (2001). Developmental psychology. Tata McGraw-Hill Education.

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)