Waktu baca yang dibutuhkan: 5 menit

5 hal ini bisa membuat kamu lebih disegani dan disukai.

Banyak orang yakin uang dan harta benda bisa mendatangkan kebahagiaan. Katanya sih gitu. Tapi sejumlah penelitian menyatakan kalo yang sebenernya diinginkan orang adalah disegani dan disukai.

Bener juga sih. Buat apa punya banyak uang tapi dicela dan dibenci sama orang-orang? Hehehe.

Oke, balik lagi ke penelitian tadi. Ketika disegani dan disukai, seseorang jadi lebih bahagia. Gak cuma itu, perasaan disegani membantu menciptakan kedekatan dengan orang-orang di sekitar kamu.

Dalam bukunya berjudul Respect: An Explorationpeneliti Sara Lawrence-Lightfoot menyebut rasa segan sebagai “bahan terkuat untuk melanggengkan hubungan dan menciptakan sebuah kelompok yang solid”.

Enak banget ya kalo kita disegani. Kata-kata kita lebih dipercaya sama orang lain, pendapat kita lebih dihargai, dan pastinya kita lebih disukai.

Tapi gimana tuh caranya supaya lebih disegani?
Ada nggak nih perilaku-perilaku yang bisa kita coba?

Tokoh-tokoh besar yang mendapat respek punya kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa kamu praktekkan segera. Ini dia!

1. Ingin lebih disegani? Baca buku.

Nggak semua orang suka baca buku. Sejumlah orang yang saya temui mengaku pusing bila melihat tulisan yang terlalu banyak. Well, itulah yang membedakan antara orang penuh respek dengan orang biasa.

Warren Buffett barangkali adalah salah satu investor dan dermawan paling disegani di jaman ini. Kalo kamu googling tentang kebiasaan-kebiasaan Warren Buffett yang bisa kamu tiru, jumlahnya berlimpah.

Tapi salah satu kebiasaan Pak Buffett yang paling mencolok adalah membaca. Bahkan dilaporkan bahwa Buffett menghabiskan hampir 80% buat membaca. Wow!

Not all readers are leaders, but all leaders are readers.
-Harry S. Truman

Contoh orang-orang disegani yang terkenal gila membaca? Steve Jobs dan Bill Gates.

Membaca bisa membantu kamu ngembangin sejumlah skill, seperti:

Pengembangan inteligensi verbal
Pemahaman sosial yang meningkat
Meningkatkan inteligensi emosi

Skill-skill ini adalah skill para pemimpin. Dan yang pasti, membuat kamu lebih disegani dong.

Jadi kalo kamu mau disegani, perbanyaklah membaca.

2. Orang yang disegani nggak cuma jago di bidangnya…mereka juga ramah.

Banyak orang ngira kalo kamu cukup pinter, cukup berbakat, dan cukup berkompeten dalam pekerjaan kamu,
secara otomatis kamu disegani oleh orang-orang di sekitar.

Iya gak sih?

Ngomong-ngomong, berdasarkan psikolog Harvard Amy Cuddy, kemampuan adalah syarat kedua untuk jadi disegani. Syarat paling penting, ternyata… sikap ramah.

Menurut Mbak Cuddy, kalo kita kenalan sama orang baru, otak kita langsung mikir gini: “Aku bisa percaya gak ya sama orang ini?” dan “Apa aku perlu menghormati dia?” Kepercayaan datang dari sikap yang ramah.
Sementara respek datang dari kemampuan dan kecakapan.

Tapi, berdasarkan penelitiannya, kalo kamu mau disegani, harus dipercaya dulu.
Artinya, kamu perlu membuat orang percaya sama kamu sebelum mereka menghormati kamu.

Jika kamu mau disegani, ya pertama kamu harus jadi ramah dong sama orang. Tempatkan diri di posisi orang lain. Kalo ada orang cerita, dengerin. Tunjukin kalo kamu peduli. Dengan gitu, orang akan percaya kalo kamu layak disegani.

3. Orang yang disegani tau kapan harus menolak.

Orang yang tegas lebih disegani dibandingkan sama yang klemar klemer.

Ketika seseorang bersikap tegas, dia memperlihatkan aura seorang yang punya kemampuan dan berkuasa. Ini bagus untuk menciptakan rasa percaya. Menjadi tegas bisa dilihat dari banyak contoh; tapiii kamu bisa mengawalinya dari bilang “nggak”.

Heh?

Ya, kamu harus tau kapan kamu harus menolak permintaan orang. Kamu harus tau kapan harus TIDAK memaklumi orang lain.

lagian kalo terus-terusan ngalah dan menerima, kamu jadi dianggap remeh kan?

Mampu mengeluarkan pikiranmu dan mempertahankan pendapat itu penting. Ini untuk meningkatkan respek dari orang-orang di sekitarmu.

4. Orang yang disegani, menghormati orang lain.

Kalo kamu mau dihormati, ya hormati orang lain dulu.

Semua orang tahu hal ini, tapi gak semua bisa melakukan. Tapi di sini kita gak cuma menghormati orang lain…kita juga katakan sejelas-jelasnya kalo kita menghormati orang lain.

Berdasarkan prinsip-prinsip  spontaneous trait transference, orang lain cenderung menilai kita dengan nilai-nilai yang kita katakan ke orang lain.

Contoh: kalo kita ngatain yang jelek-jelek tentang orang lain, si pendengar juga menilai kalo kita jelek.

Jadinya kalo kita senang memuji orang lain, senang menghargai karya orang lain… Mereka pun akan menganggap kamu orang yang ramah dan menyenangkan.

Jadilah orang yang gampang memuji dan menghargai. Pujilah hal baik di diri orang lain — jadi orang lain menilai kamu baik. Jadi lebih dihormati deh.

5. Orang yang disegani punya rasa humor.

Tertawa memberi pengaruh positif pada kesehatan. Kamu juga pasti tau dong kalo humor bisa jadi cara yang sip untuk mempererat hubungan dan mengendurkan situasi tegang.

Tapi ketika ingin jadi disegani, seseorang seringnya berusaha bersikap keras dan kaku. Ketika kita ingin mendapatkan respek dari orang lain, kadang tanpa sadar kita jadi kaku.

Padahal, kita bisa lo menggunakan humor untuk mengurangi perbedaan sosial antara kita dengan orang lain. Humor yang santai dan ringan bisa membantu kamu terlihat lebih manusiawi, dan lebih suportif.

Tapi inget: ngejokes boleh tapi jangan keseringan. Terlalu sering melucu malah kamu dianggap remeh dan jadinya gak disegani deh.

 

 

Nah!

Itu tadi 5 hal yang harus kamu lakukan supaya kamu disegani.

Kamu gak bisa meminta atau mengharapkan supaya kamu disegani sama orang.
Kamu sendiri yang harus membentuk sikap itu.

Selamat mencoba ya!

Author: Robi Maulana

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

3 Replies to “Lakukan 5 Hal ini Agar Kamu Lebih Disegani

  1. hallo salam kenal aku medina dari banyuwangi boleh dong ya sharing2 tentang artikel yg anda buat 🙂

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)