Waktu baca yang dibutuhkan: 3 menit

Introvert adalah orang-orang yang menyukai kesendirian, lebih dari siapapun. Buat mereka, berada sendirian di kamar adalah anugerah yang indah.

Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya ditemani lagu atau sebuah buku. Bukan berarti mereka nggak suka orang lain sih, cumaaa ya gimana ya. Buat mereka, sendirian justru malah bikin semangat.

Karena terlalu suka sendirian, maka kadang introvert sering dianggap jelek. Orang yang sukanya sendirian malah dianggap penyendiri, punya masalah, dan bisa cenderung jadi psikopat.

Sebenarnya ada 8 hal yang cuma dimiliki introvert, tapi jarang disadari oleh “kaum” mereka.
Apa aja ya?

1. Introvert jago menilai orang

Dalam diam, introvert mengamati dan berpikir. Mereka punya banyak waktu untuk mengamati orang-orang di sekitarnya dan memahami seperti apa Mereka itu. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau introvert lebih “aware” terhadap aspek-aspek kepribadian yang biasanya dianggap negatif.

Makanya, introvert bisa membedakan mana sih karakter yang asli dan mana karakter yang cuma topeng.

2. Introvert lebih kreatif

Introvert lebih banyak menghabiskan waktu dengan pikiran. Karenanya, introvert lebih “tajam” untuk urusan imajinasi dan kreativitas.

Banyak juga lo kerjaan yang perlu dihabiskan dalam sunyi. Introvert suka kesendirian. Klop banget kan?

kepoin artikel lainnya di sini:

3. Introvert adalah pengambil keputusan yang baik

Kembali lagi ke senjata utama introvert yaitu banyak menghabiskan waktu dengan pikiran. Kepribadian introvert banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan mikir, sebelum mereka mengambil resiko.

Ini membuat mereka bisa menimbang pro dan kontra, sebelum melangkah lebih jauh.
Introvert mikir dulu baru ngomong. Ini membuat mereka pandai dalam mengambil keputusan.

4. Introvert menikmati hal-hal sederhana

Image result for dancing in the rain gif

Introvert suka hal-hal sederhana. Contohnya, bau rumput yang habis dipotong. Pelangi. Langit penuh bintang.

Otak orang introvert lebih peka terhadap stimuli, sehingga rangsangan yang kecil pun cukup untuk memicu respon di otak.

5. Introvert orangnya mandiri

Karena suka bekerja sendirian dan menikmati waktu sendiri, mereka jadi belajar untuk lebih mandiri.

Penelitian menunjukkan bahwa introvert bekerja lebih baik ketika nggak mengandalkan orang lain. Hal inilah yang kemudian membuat mereka lebih mandiri,

Mereka lebih mampu melakukan banyak hal sendirian, tanpa bergantung sama siapapun.

6. Introvert serius memandang hidup

Introvert seringkali ngeribetin hal sepele. Makanya, introvert lebih hati-hati sama tindakan mereka.
Mereka melakukan segala cara untuk memastikan hidup mereka stabil dan aman.

7. Introvert nggak gampang kebawa emosi

Image result for calm down gif

Karena lebih suka diem, introvert jarang mengeluarkan perasaan mereka. Adem, tenang, kalem.

Introvert lebih mampu mengendalikan emosi mereka. Ketika emosi terasa mengganggu pikiran, mereka memilih diam. Mereka sadar, kalau emosinya lepas bisa bahaya. Introvert nggak membiarkan masalah tambah rumit.

Ini juga yang membuat mereka jago menengahi masalah.

Itu tadi yes 7 hal istimewa milik introvert.
Siapapun kamu, seperti apapun kepribadianmu, bersyukurlah…

Setiap orang punya sinarnya masing-masing kok.

One Reply to “7 Kelebihan Introvert (yang Jarang Mereka Sadari)”

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)