Waktu baca yang dibutuhkan: 5 menit

3. Tempel teman yang mudah bergaul

Kalau kamu berteman sama pedagang parfum, kamu akan kecipratan harumnya.
Kalau kamu berteman sama pandai besi, kamu akan kecipratan api.

Orang yang gampang bergaul biasanya temennya banyak.
Karena kamu sulit bergaul, carilah seseorang yang gampang bergaul.

Kamu ceritakan aja ke dia, kalo kamu sulit punya temen.
Kamu ingin minta bantuan dia buat dapet temen banyak.
Bantuan yang seperti apa? Kamu pengen ngikut dia saat dia main sama temen-temennya.

Masa sih dia nggak mau bantu. Kan cuma ngikut doang.
Nanti kan pas ngumpul-ngumpul, orang-orang baru itu akan jadi temenmu.

Kalau mereka ketawa, kamu ikut ketawa aja. Kalau kamu bingung mau ngomong apa, ya udah diem aja.
Nanti pasti mereka akan bertanya sesuatu ke kamu. Tinggal jawab kan?

 


4. Temukan kesamaan dengan orang lain

Bayangkan kamu, seonggok makhluk jelata, mendadak masuk ke pestanya orang-orang eksekutif.
Pasti kamu diem seribu bahasa kan? Nggak tau harus bilang apa kan?

Salah satu alasan susah gaul adalah: MERASA BERBEDA.
Betul?

Karena kamu ngerasa sangat berbeda dengan orang lain, kamu menjauhkan diri dari lingkungan barumu.
Padahal ya sama-sama manusia, sama-sama makan nasi.

Maka, agar bisa ngomong, temukan satu aja persamaan antara kamu dengan seseorang.
Bisa aja kamu berasal dari kota yang sama, atau kelurahan yang sama.
Atau kalau kalian ngupil dengan gaya yang sama, yaudah jadikan itu sebagai kesamaan.

Saya pernah ngumpul di suatu komunitas. Karena baru pertama, saya bingung nggak tau mau ngomong apa.
Lalu saya menemukan bahwa orang di sebelah saya menggambar dengan spidol yang sama.

Yaudah spidol itu saya jadikan persamaan saya dengan dia.
Spidol seharga 2500 itu saya jadikan topik pembicaraan.

Serius! Dengan menemukan satuuuu aja persamaan dengan seseorang, kamu akan merasa lega.
Kamu jadi nggak merasa terasing atau terkucilkan.
Percakapan pun bisa dimulai dari situ, kalau kamu cukup berani.

 


5. Temukan kebaikan dan pancarkan kebaikan

 

cara agar mudah bergaul, tips mudah bergaul, cara bergaul, tips bergaul dengan baik, cara bergaul yang baik

 

Kamu adalah buah dari pikiranmu.
Kalau kamu mikir yang jelek-jelek, kata-kata dari mulutmu akan jelek. Perilakumu akan jelek. Ekspresi wajahmu akan jelek.

Kamu akan menyerap hal-hal buruk dari alam, dan membuat pengalaman hidupmu nggak menyenangkan.

Jika kamu sulit bergaul, mungkin karena kamu sering ngomong hal-hal jelek ke dirimu sendiri.
Mungkin kamu nggak menganggap bahwa dirimu indah.

Why focusing on negativity?

Temukanlah hal-hal baik di sekitarmu. Lihatlah hal-hal positif pada orang lain.
Memikirkan hal baik akan membuatmu merasa baik.

Jika kamu menyerap hal-hal baik dari alam, kamu akan memancarkan kebaikan.
Berbuatlah baik! Bantulah orang yang kesulitan.
Bukakan pintu, tarik kursi agar orang lain duduk.

Perbuatan baik yang sederhana akan membuatmu disapa orang.
Malah, orang lain jadi ingin bergaul sama kamu.

Ingin menghilangkan pikiran buruk? Coba tips ini.


6. Dengarkan Orang Bicara

 

cara agar mudah bergaul, tips mudah bergaul, cara bergaul, tips bergaul dengan baik, cara bergaul yang baik

 

Kita seringkali mendengar untuk membalas, bukan mendengar untuk memahami.

Kamu pasti sering mengalaminya, kan?
Ketika orang ngomong, wajahmu seolah memperhatikan. Tapi otakmu diam-diam berusaha merangkai kalimat untuk membuat jawaban. Akibatnya? Kamu malah gak konsentrasi dengan apa yang lawan bicara bilang.

Kalau kamu mau bergaul dengan baik, kamu harus siap menjadi pendengar yang baik.
Dengarkan saja! Nggak usah mikir harus balas apa, jangan biarkan pikiranmu teralihkan.

Kalau kamu nggak tau mau ngomong apa, seenggaknya kamu masih bisa mendengarkan dengan baik.
Jadikan itu senjatamu!


NAH!

Itu tadi yes cara bergaul yang baik. Buat kamu introvert yang sulit bergaul, semoga ini membantu kamu jadi lebih mudah bergaul.

Kalau mau cerita-cerita, silakan share di kolom komentar!

3 Replies to “6 Cara Mudah Bergaul Untuk Introvert

  1. Dear Maulanski,

    Choy Soo Bin itu sapah? Artis Korea abad ke berapa?

    Saya biasanya males komen, tetapi hari ini komen karna minta pertanggungjawaban.
    Gara-gara baca tulisanmu, saya jadi gak bisa berenti klik tulisan-tulisan lain di blog ini.
    Ngetem entah berapa jam, baca-baca sambil ketawa sendiri.
    Saya jadi tahu banyak hal.
    Tulisan-tulisan di sini informatif, edukatif, menginspirasi, sekaligus menghibur.
    Terima kasih.

    Ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya.
    Semangat!

    1. Halo Ana, terima kasih sudah mampir! 😁

      Choy Bin Soo? Hahaha kabur ah~ 🏃

      Makasih ya sering baca tulisan-tulisan di sini. Seneng deh kalo ada yang suka 😆
      Semoga kamu makin betah buat baca-baca, ya.

      Sampai ketemu di tulisan yang lain! 👋

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)