5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Penderita Depresi – Bikin Makin Parah!

depresi ringan, depresi artinya, depresi pada remaja, depresi, depresi adalah, depresi akut,

Kamu ngerasa stres? Depresi? Lelah dengan semua ini?

Ya, ya. Semua orang pernah mengalami masalah berat. Semua orang pernah mengalami patah hati, kesulitan keuangan, masalah dalam keluarga, sama kesulitan dalam kerjaan.

Mungkin masalah ini terlalu berat sampe-sampe kamu ngerasa depresi.

Salah satu penyebab kenapa seseorang mengalami depresi dan kecemasan, dan kenapa mereka makin lama makin parah, adalah salah dalam melakukan koping.

Ini adalah beberapa contoh kesalahan menghadapi masalah yang sering dihadapi penderita depresi. Plus, gimana caranya yang bener.

Catatan: Kalau beberapa hal di bawah ini kamu lakukan, kamu jangan nyalahin diri sendiri ya. Semua orang pernah melakukannya kok.

1. Kamu nggak menghadapi masalah yang membuat kamu frustrasi.

Merasa gampang marah dan gampang tersinggung adalah salah satu gejala utama depresi.

Ada beberapa masalah sepele yang mungkin gak perlu dipikirin banget, tapi pada pemilik depresi, bisa memicu amarah murka, dan frustrasi berulang.

Para pemilik depresi seringkali berusaha defensif dan tidak mengatasi masalah ini, meskipun sebenarnya masalah ini mudah diselesaikan.

Misalnya, kamu heran banget kenapa orang-orang di rumahmu nggak mau membuang isi tong sampah yang udah penuh, dan kenapa harus kamu terus yang melakukannya.

Atau kalo di kelas, kamu heran kenapa temen-temenmu nggak sigap menghapus papan tulis padahal guru berikutnya udah mau dateng.

Atau kamu heran kenapa pacarmu nggak mau ngertiin kamu.

depresi ringan, depresi artinya, depresi pada remaja, depresi, depresi adalah, depresi akut,

Ini kan sebenernya masalah yang bisa diselesaikan tanpa perlu jadi ribut? Kamu kan tinggal buang aja sampahnya ke luar, atau kamu aja yang bersihin papan tulisnya. Atau kamu tinggal cerita aja apa yang sebenernya kamu mau dari pacarmu.

Nah, orang dengan depresi seringkali bersikap defensif, nggak melakukan apa-apa kecuali terus mengeluh.

Tim Ferriss pernah menulis gini,”Kalau kamu terus memikirkan hal-hal sepele yang negatif, kamu jadi nggak bisa memikirkan hal besar yang positif”.

Hal buruk terjadi setiap harinya. Demikian juga hal baik, terjadi juga tiap hari.

Sekarang balik lagi ke kita kok, mau fokus ke yang mana.

Lain kali, supaya depresimu nggak bertambah buruk, cobalah lakukan tindakan simpel untuk mengubah keadaan. Sedikit aja cukup kok.

 

2. Terlalu fokus pada masalah susah tidur, dan nggak mencari jalan lain.

Susah tidur adalah gejala depresi yang paling sering muncul dan dampaknya lumayan buruk.

Kadang para penderita depresi sering menyalahkan kesulitan tidur sebagai sumber dari banyak masalah mental dan fisik yang dia alami.

Memang sih tidur cukup itu penting banget. Tapi kalo masalah susah tidur ini belum bisa kamu selesaikan, maka coba lakukan strategi lain.

Olahraga dong. Lakukan lari pagi minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali. Bikin tubuhmu capek. Atau minum teh chamomile, itu juga enak (murah kok sekotak 15ribuan).

Susah tidur seringkali adalah gejala yang selesai paling akhir, dari rentetan gejala depresi. Makanya kalo kamu depresi dan strategi utamamu adalah tiduran di kasur lebih awal, susah deh.

 

3. Kamu nyari pil atau obat penghilang depresi.

Antidepresan dan obat lainnya emang bakal ngebantu mengurangi depresi, tetapi ini nggak mengatasi kesalahan pola pikir dan perilaku.

Padahal kan depresi sering terjadi karena overthinking dan suka menunda-nunda. Ini adalah penyebab depresi, dan ini juga yang kudu diatasi.

Lagian kamu nggak boleh juga bergantung sama antidepresan dan obat untuk depresi lainnya. Kamu nggak mau make narkoba kan?

depresi ringan, depresi artinya, depresi pada remaja, depresi, depresi adalah, depresi akut,

Solusi: Coba deh buat diagram lingkaran, dan pikirin apalagi sih yang  bisa bikin depresi kamu pulih.

Tulis aja apapun yang menurut kamu bakal berhasil; ubah pola pikir, olahraga, meditasi, banyakin tertawa, mencoba memecahkan masalah, dll.

Diagram buatan kamu pasti beda sama orang lain, karena campuran strategi yang cocok dan disukai tiap orang bisa beda-beda.

Ketika kamu mulai nulis dan menggambar macam-macam hal yang bisa membahagiakanmu, kamu akan ngeliat banyak penyembuh lainnya selain obat-obatan.

 

4. Terlalu mengandalkan satu orang untuk bertahan.

Orang-orang dengan gejala depresi seringkali mencoba berjuang sendiri untuk waktu lama sebelum bener-bener mencari bantuan yang efektif.

Namun, terkadang orang dapat menjadi terlalu bergantung pada orang lain ketika suasana hati mereka lagi jelek. Dan orang yang digantungkan ini biasanya cuma satu.

Contohnya termasuk terlalu sering meminta bantuan untuk membuat keputusan, diskusi, atau berbagi cerita.

Orang depresi terlalu mengandalkan diri sendiri pada beberapa hal, tapi pada beberapa hal lain dia terlalu bergantung pada satu orang.

Biasanya jadi kayak kelewat manja dan apa-apa harus sama satu orang ini aja, dan gak mau sama yang lain.

Ketika si pemilik depresi terus-menerus bersandar kepada orang lain, si orang yang disandarkan ini lama-lama capek juga kan.

 

5. Kamu menunda kehidupanmu, pekerjaanmu, dan kesempatanmu untuk belajar

Orang dengan depresi sering merasa otak mereka susah mikir dan susah konsentrasi. Makanya, wajar kalo mereka menarik diri dan menunda belajar/bekerja sampe mereka merasa lebih baik.

Ketika kamu depresi, memang bener untuk mencoba lebih santai dan mengurangi kerja berlebih.

Tapi bukan berarti kamu harus berhenti melakukan sesuatu. Bukan berarti juga kamu nggak perlu mencoba sesuatu yang baru, atau belajar sesuatu yang baru.

Ketika kamu berhenti berpikir, dan ketika kamu mengurung diri, apa yang kamu lakukan? Ngelamun. Dan percayalah, ngelamun ujung-ujungnya adalah negative thinking.

depresi ringan, depresi artinya, depresi pada remaja, depresi, depresi adalah, depresi akut,

Kalau kamu terus menutup diri, kamu akan terjerumus ke dalam lubang yang gelap, di mana kamu menarik diri dari hidup dan berbagai kemungkinan. Energi mentalmu juga akan terus menerus tersedot.

Ini yang sering dialami pemilik depresi: pikiran mereka jadi bener-bener sempit. Seolah nggak ada solusi untuk masalah mereka. Seolah jika satu orang yang bener-bener mereka taksir meninggalkan mereka, dunia mereka nggak ada artinya lagi.

Jangan memaksakan diri terlalu keras, tetapi kamu juga harus paham bahwa belajar sesuatu yang baru, dan bersenang-senang, bisa ngebantu memulihkan mood dan suasana hati.

Bersenang-senang di sini bukan berarti hidup hedon juga sih. Coba pelajari sesuatu yang baru, atau selesaikan hal-hal kecil yang selama ini mengganggu kamu. Ini langkah sederhana, tapi bisa membantu mengurangi rasa depresi kamu dalam jangka waktu yang panjang. Lakukan setiap hari.

Olahraga juga bisa kamu lakukan untuk mengurangi depresi. Olahraga kayak lari biasanya cukup menguras keringat. Malah, sekedar jalan-jalan di pagi hari bisa mengurangi stres lo.

Kami menulis 100 cara mengurangi stres di sini. Periksa deh!

Mengambil kendali terhadap hidup dan keadaan, walaupun untuk hal-hal kecil, biasanya cukup membantu mengurangi rasa depresi. Bukankah depresi muncul ketika keadaan seolah nggak bisa kamu kendalikan?

 

Nah, itu tadi yes lima kesalahan yang sering dilakukan orang depresi.

Jujur, membahas depresi sebenernya agak sensitif. Kadang apa yang sering orang anggap sebagai depresi, ternyata cuma sekedar stres biasa.

Alasan kenapa kami belum menulis ciri-ciri depresi atau semua hal tentang depresi ya karena ini. Takutnya kalo kami nulis tentang depresi, malah digunakan sebagai self-labeling yang justru akan memperparah keadaan.

Kalo kamu melakukan salah satu dari lima hal di atas, ya udah jangan menyalahkan diri sendiri ya. Kamu lebih kuat dari dugaan kamu kok. Kamu cuma belum nemu tempat cerita yang tepat, dan kamu sekarang lagi dikasi kesempatan untuk belajar.

Kamu juga nggak perlu merasa “depresi parah”. Orang kalo depresi parah nggak bisa mainan hape.

Kamu masih bisa kan? Berarti kamu masih kuat, dan kamu masih punya kesempatan untuk jadi bahagia.

Semangat!

 

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)