10 Hal yang Bikin Kamu Menarik (Tips Agar Terlihat Menarik)

menarik, gangguan kepribadian narsisistik
Waktu baca yang dibutuhkan: 6 menit

Gimana sih caranya biar kamu terlihat menarik?

Don’t judge book by its cover.

Kita nggak boleh menilai orang dari sampulnya. Itu betul.
Ketika sampul, dalam hal ini muka, sudah nggak tertolong, maka kita masih punya satu senjata:

Pribadi yang menarik.

Maka, kali ini ayo kita bahas apa aja yang bisa dilakukan agar terlihat menarik, walaupun penampilan kita biasa aja.

Buat kamu yang penampilannya udah oke pun boleh baca ini. Siapa tau nanti kamu jadi makin oke dan memukau mata semua orang.

Siap?

 

1. Tidur Cukup

Tidur cukup nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, pun juga untuk kesehatan jiwa kamu.

Ketika kamu bobok dengan jam yang pas, dalam hal ini sekitar 6-7 jam, otak kamu jadi punya cukup waktu buat istirahat. Artinya, mood kamu lebih bagus, otak lebih fokus, dan gak gampang lupa.

Supaya tidur cukup, hindari ngopi lewat jam 5 sore. Efek kafeinnya bikin kamu terus-terusan melek, bahkan walaupun kamu udah mau tidur.

tidur cukup

 

Hentikan mainan laptop atau hape setidaknya dua jam sebelum jadwal tidur. Sinar biru dari laptop dan gadget bikin mata kamu terus waspada, jadinya susah tidur. Kalau memang harus tetap di depan laptop atau hape, cari aplikasi untuk memblokir sinar biru di layar gadget kamu.

Kalo di hape terutama Android lumayan banyak kok aplikasinya. Coba deh cari aplikasi namanya Twilight. Itu lumayan bagus juga. Kalo di laptop nggak tau, tapi kalo kamu udah pake Windows 10, coba update ke Creator Edition. Nanti di Settings, ada opsi namanya Night Light. Itu juga ngeblokir sinar biru.

 

2. Bersikap Baik

Cantik/ganteng, kalo jahat males juga kan. Makanya, bersikaplah baik sama orang.

Bersikap baik nggak harus selalu bersusah payah menolong. Menolong memang baik, tapi kalo kamu nggak sempat, maka murah senyum dan menyapalah. Tanyakan kabar orang lain. Dengarkan orang lain dengan sungguh-sungguh, jangan menyela pembicaraan. Mikir dulu sebelum ngomong. Itu udah nunjukin kalo kamu orang baik kok.

Image result for waving gif

 

Bahkan kata-kata pun punya dampak dahsyat pada kemenarikan kita. Sebuah penelitian di Cina membandingkan foto orang yang ada tulisan baik kayak “jujur” dan “sopan” dengan foto orang yang ada tulisan “jahat” dan “pembohong”.

Hasilnya? Sebagian besar partisipan menyebut orang di foto yang bertulisan baik, lebih terlihat menarik.

Mungkin itu sebabnya sebagian cewek posting foto di Instagram dengan caption yang bagus, walaupun nggak nyambung sama fotonya. Supaya jadi keliatan lebih menarik.

 

3. Bahasa Tubuh yang Bersahabat

Bahasa tubuh yang menyenangkan juga bikin kamu keliatan menarik.

Kalo ngomong sama orang, usahakan hadapkan tubuhmu secara full ke lawan bicara. Jadi nggak cuma noleh.
Hindari juga melipat tangan, soalnya melipat tangan adalah bahasa bawah sadar untuk menyatakan “aku nggak tertarik ngomong sama kamu”.

cara menjadi menarik

 

Katakanlah kamu ngomong sama lawan bicara yang berseberangan meja, dan ada beberapa benda di atas meja tersebut. Supaya kamu terlihat menarik, coba singkirkan minimal satu aja benda di atas meja.

Menyingkirkan benda yang menghalangi, menunjukkan antusiasme untuk terus ngobrol. Itu menunjukkan kalo kamu “tertarik buat terus ngobrol”, meskipun sebenernya nggak.

Pssst! Trik tadi adalah salah satu cara menguji orang lain naksir sama kamu atau nggak. Trik lainnya ada di sini!

Dan jangan lupa: senyum! Senyum adalah makeup paling murah dan paling efektif. Semakin sering kamu pake, semakin menarik kamu terlihat.

 

4. Bersikap Santai

Terlihat stres dan mengeluh bikin kamu keliatan lemah. Jadi, kurangilah mengeluh. Berhentilah bercerita tentang kepayahan hidup yang kamu alami.

Kurangi hidup tergesa-gesa. Bergerak cepat memang penting, tapi lakukan dengan pertimbangan matang. Kalo kamu bergerak cepat tapi nggak dipikir, atau malah kebanyakan nanya, orang males ngomong sama kamu.

Orang-orang suka bercanda. Sesekali ada juga yang ngeledek-ledek. Kalo ada yang ngeledek kamu, jangan dimasukin hati. Santai ajalah. Orang yang gampang tersinggung juga siapa yang mau ngedeketin, kan?

Santai!

Ada banyak cara menghilangkan stres. Kamu bisa cek 100 cara menghilangkan stres di sini. Semuanya gampang!

 

5. Rendah Hati

Jangan kebanyakan pamer. Kalau ngomong, jangan hanya berbicara tentang dirimu sendiri. Jangan terus-terusan cerita tentang dirimu sendiri.

Rendah hatilah. Tanyakan kehidupan orang lain. Tertariklah dengan kehidupan orang lain.

cara menjadi menarik

Tertariklah dengan ilmu baru, terbukalah dengan fenomena baru.

Ketika kamu merendahkan hati untuk menerima hal baru, menerima cerita baru… Orang akan menyukaimu.

 

6. Lucu

Ketika kamu nggak bisa membantu, setidaknya jadilah lucu.

Saya lupa denger kalimat itu dari siapa, tapi kalimat tadi ada benernya.
Ada dua pilihan: kamu serius tapi menolong, kamu nggak menolong tapi nggak bisa ngelucu.

kuliah psikologi susah gak sih, kuliah psikologi susah gak, kuliah psikologi itu gimana, kuliah psikologi itu seperti apa, kuliah psikologi itu gimana sih, kuliah psikologi ipa, kuliah psikologi kerjanya apa, kuliah psikologi kerja apa, kuliah psikologi lulus jadi apa, kuliah psikologi mau jadi apa, kuliah psikologi mempelajari apa saja, kuliah psikologi nanti jadi apa, kuliah jurusan psikologi ngapain aja, rasanya kuliah psikologi, resiko kuliah psikologi, kuliah psikologi seperti apa, kuliah psikologi susah, kuliah psikologi sulit, kuliah psikologi belajar apa, kuliah psikologi, kuliah psikologi jadi apa, kuliah psikologi ngapain aja, kuliah psikologi berapa tahun, kuliah psikologi bisa kerja apa, kuliah psikologi berapa lama, kuliah psikologi belajar apa saja, kuliah psikologi enak ga,

Semua orang suka humor. Humor bikin kita santai, bikin kita ketawa. Makanya orang yang lucu disukai.

Ketika kamu nggak bisa membantu, maka jadilah lucu. Ketika kamu nggak bisa dua-duanya, maka diem aja deh. Daripada ngeganggu.

 

7. Tekun

Jujur aja, nggak ada yang suka orang pemalas.

Apalagi buat cowok. Kalo cowok nggak tau masa depannya mau ke mana, nggak tau apa tujuan hidupnya, nggak punya keahlian…

Maka tamat sudah. Cewek akan mundur perlahan.

Tetapkan satu tujuan, lalu bertekunlah mengejar tujuan itu. Pelajari apa yang diperlukan. Lakukanlah satu hal yang bikin kamu makin deket sama tujuan itu, setiap harinya. Mungkin nggak langsung berhasil. Tapi ketika kamu tekun sama satu hal, dan orang melihatnya, orang-orang akan menyukai dan mendukungmu.

Bereskan kamar, cucilah baju. Kerjakan tugas-tugasmu dengan benar.

Bahkan pemalas pun nggak suka berteman sama pemalas. Bener nggak?

 

8. Jujur

Bohong memenangkan percakapan, jujur memenangkan hubungan.

Nggak ada yang suka sama pembual. Berceritalah dengan benar, katakanlah dengan jujur.

Orang kalo udah sekali bohong, biasanya nggak dipercaya lagi. Mungkin dimaafin, tapi kata-kata yang keluar dari mulutnya bakal diragukan.

 

9. Hidup Sehat

Orang yang berolahraga dan menjaga kesehatan tentu aja menarik.

Tidur cukup dan makan yang sehat adalah caranya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga.

Olahraga bikin mood kamu bagus, lebih konsentrasi, dan punya ingatan yang lebih tajem. Tentu aja ini bikin kamu lebih menyenangkan untuk diajak bicara.

 

 

10. Berkepala Dingin

Berbeda pendapat itu asik, yang nggak asik itu memaksakan pendapat.

Seringkali kita menemukan di sosial media ataupun di situs berita, orang-orang mudah sekali berdebat dengan orang lain yang beda pendapat sama mereka.

cara menjadi menarik

Menurut kamu, orang yang kayak gitu menarik nggak?

Pun demikian dengan di dunia nyata.

Orang yang asik adalah orang yang berkepala dingin. Nggak cepet marah, nggak emosi ketika pendapatnya di-counterĀ sama orang lain.

Ketika kamu mulai dikuasai emosi, cobalah untuk menarik nafas panjang. Atau bisa juga dengan menghitung angka 1 sampai 10.

Atau kalau kamu sedang beradu pendapat, coba pikirkan alasan kenapa orang lain bisa ngasi pendapat yang beda denganmu. Apa latar belakangnya? Seperti apa cara berpikirnya? Dengan memahami cara pikir orang lain, kamu jadi lebih mudah mengolah dan menerima pendapat.

 

Nah, itu aja 10 hal yang bikin kamu jadi menarik.

Jadi kalo penampilan kamu biasa aja, kamu nggak usah ngerasa minder. Nggak perlu juga ngumpulin kantong kresek untuk operasi plastik.

Kalo kamu punya kepribadian menyenangkan, kamu akan terlihat menarik dengan sendirinya.

 

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)