Waktu baca yang dibutuhkan: 4 menit

Simak bagaimana caranya berhenti menunda pekerjaan.

Tentu saja kamu pernah nunda-nunda kerjaan.
Saya dulu kalau mau ngerjakan skripsi, biasanya nyasar dulu ke youtube. Atau nggak mainan twitter dan facebook sampe jam 11 malem. Abis itu baru ngetik. Itu juga paling banter satu jam, terus ngantuk.

Nggak efektif banget yes???
Sesungguhnya, menunda pekerjaan (saya sebut prokrastinasi ya) adalah hasil dari sebuah proses rumit.
Di dalamnya ada ketakutan, emosi, dan mental. Tapi, begitu kita memahami akar prokrastinasi, kita bisa kok melewati rintangan ini.

Siap?

penyebab seseorang menjadi pelupa, cara mencegah pelupa, penyebab sering lupa, penyebab mudah lupa, penyebab gampang lupa
hari ini enaknya ngapain yha~

1. Tentukan tujuanmu

Salah satu penyebab kita menunda pekerjaan adalah karena niat kita kurang kuat.
Niat aja nggak ada, ya pasti males lah!

Niat berasal dari tujuan. Kalau tujuan nggak jelas, niat kamu juga lemah.
Pernah nggak kamu beribadah karena mau memohon sesuatu yang pentiiing banget sama Tuhan?
Pasti beda deh rasanya sama ibadah yang sekedar “tandatangan absen”.
Kalau tujuan jelas, niat juga jadi kuat! Bekerja pun nggak nunggu nanti-nanti!

Makanya kalau mau kerja, niatkan dengan jelas mau ngerjain apa.
Kenapa kita lakukan, dan bagaimana cara melakukannya.
Kalau perlu, pejamkan matamu dan ucapkan dalam hati.
Kalau tujuan jelas, kita jadi lebih semangat.

cara menghilangkan kebiasaan menunda
pecahkan jadi kecil~

2. Pecahkan tujuanmu

“Aku mau ngetik skripsi!” Kata saya dulu.
Skripsi, tentu saja, terdiri dari 5 bab yang berisi tulisan, data-data, dan kutipan para ahli.

Skripsi = ribet.

Bukankah “menulis skripsi” kedengarannya serem dan bikin males?

Maka, pecahkan tujuanmu.
Jadi daripada kamu bilang “ngerjain skripsi”, niatkan dengan tujuan yang lebih kecil.

Misalnya, ngetik 10 paragraf. 10 paragraf kedengerannya dikit, kan?
Tapi kalau 10 paragraf udah selesai, kamu pasti semangat buat nambahin lagi.

Memecahkan tujuan juga membantu saya bekerja seproduktif mungkin, walaupun saya lagi males-malesnya.

Image result for typing fast gif

3. Panaskan Mesin

“kalo sekedar niat mah gampang mz, tapi ya tetep aja nih eug nunda-nunda kerjaan terus”

Pikiran manusia mirip kayak kendaraan. Perlu dipanasin dulu biar jalannya lancar.
Kalau udah panas, kerja 7 jam juga bisa.

Cara pemanasannya gimana?

Ini cara yang saya lakukan.
Misalnya saya mau ngetik nih, tapi nggak ada ide atau males.
Saya tetep buka microsoft word, tapi nggak langsung ngetik. Saya ngetik ngawur-ngawur aja, apapun yang ada di pikiran saya.

Misalnya yang saya pikirin saat ini adalah lirik lagu yang saya denger. Ya saya ketik aja.
Atau yang kepikiran di otak saya adalah perut saya agak laper. Ya saya ketik aja “saya laper”. Ketik terus apapun yang ada di pikiranmu, sampai dapet sekitar 100 kata.

Bahkan kalau kamu nggak kepikiran apapun sama sekali (otak kamu isinya apa sih), tekan-tekan aja tombol keyboard kamu. Pertahankan selama 5-10 menit.

Kalau udah gitu, biasanya otak panas.
Siap buat ngebaca referensi dan ngetik.

Cara ini saya dapet dari Mark Twain, si novelis terkenal.
Eh Mark Twain apa Stephen King ya? Lupa. Heheheh

Anu kak, ini saya ada tulisan lucu-lucu tentang mempraktikkan psikologi di dunia nyata.
Baca aja nggak papa.

Related image
lawan!

4. Lawan emosimu

Males banget ngerjain orderan klien kalau abis berantem sama pacar.

Tapi gimana, kita nggak mungkin kan nunggu “mood bagus” buat ngerjain sesuatu.
Kadang kita perlu menenangkan diri dan bekerja dalam keadaan bad mood.

Ada satu trik yang saya dapet dari buku Focus-nya Daniel Goleman.
Kalau kamu mau menyingkirkan emosi buruk, coba fokuskan dirimu dengan saat kini.

Maksudnya saat kini adalah… hmmm apa ya, kayak saat sekarang. Detik ini.

Gini deh!
Misalnya kalau kamu sekarang lagi tiduran di lantai. Rasakan dinginnya lantai menyentuh kulitmu.
Rasakan sejuknya kipas/ac menyentuh tengkuk dan wajahmu.
Kalau kamu lagi ngetik, rasakan permukaan keyboard bertemu dengan ujung jarimu.
Atau kalau kamu lagi dengar lagu, fokuskan pikiran pada salah satu instrumen pada lagu itu.

Dengan fokus pada saat kini, kamu akan teralihkan dari emosi. Pertahankan fokus itu, sampai kamu merasakan perasaan yang menggumpal di dadamu hilang.

cara menghilangkan kebiasaan menunda
hilangkan kebiasaan jelek, ganti dengan yang baru!

5. Ciptakan kebiasaan baru

Kita, manusia, tercipta dengan setumpuk kebiasaan.
Kebiasaan bisa menguntungkan, bisa juga nggak.

Misalnya kebiasaan ngecek notifikasi dari sosial media.
Kadang kita nggak cuma ngecek notifikasi.
Malah merembet ke yang lain-lain, malah stalking ke gebetan barunya mantan.
Abis itu galau terus bikin-bikin #pathdaily. Jadinya nggak kerja deh.

Maka, inget-inget lagi: kebiasaan apa aja nih yang bikin kamu nunda-nunda kerjaan?
Mulailah menyadarinya dan lawan dengan menciptakan kebiasaan baru.

Ngomong-ngomong tentang menciptakan kebiasaan, kami pernah nulis tentang cara menciptakan kebiasaan baru. Cek di sini deh!

Menunda pekerjaan adalah penghalang, yang kalau nggak segera diberantas ya jalan menuju kesuksesan malah tambah jauh. Kamu nggak perlu lakukan semua yang saya bilang tadi, cukup lakukan salah satu atau salah dua.

Tetep semangat ya!

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)