Waktu baca yang dibutuhkan: 4 menit

Karakter yang membuatmu disukai. Sudah punya 10 sikap ini, belum?

Ketika kita memasuki suatu lingkungan baru, kita pengen dong disukai sama orang di sekitar.
Masalahnya, kadang kita nggak tahu harus berbuat apa dan harus ngapain.
Salah-salah, malah dijauhi sama lingkungan sekitar. Adaptasi semakin susah, jumlah teman jadi terbatas.

Berikut ini 10 sikap yang akan ngebantu kamu untuk disukai. Apa aja tuh?

 


1. Pendengar yang baik

Kamu membiarkan orang lain bercerita sampai selesai.
Ketika dia selesai bicara, kamu bertanya lebih jauh tentang ceritanya dia.

Setiap orang suka didengar.
Ketika cerita seseorang didengarkan dengan sungguh-sungguh, dia merasa dihargai.
Ketika seseorang merasa dihargai, dia merasa lebih baik.

Orang lain akan tertarik dengan sikapmu ini.
Kamu akan jadi orang pertama yang dimintai pendapat atau sekedar diajak ngobrol.

 


2. Tahu kapan harus ngasih pendapat

Nguping percakapan orang adalah perilaku buruk, apalagi kalo kamu ngasi pendapat tanpa diminta.
Orang bisa menilai bahwa kamu lancang, nyambung-nyambung aja kayak kabel.
Orang paling-paling mikir,”yang nanya sama u siapa???”

Kalo ada orang ngobrol, jangan nguping… nggak baik.
Kalo emang kedengeran, ya udah nggak usah nimbrung.

Nggak usah ngasih pendapat kalo nggak ada yang nanya.


3. Nggak mendendam

Ngeri kan kalo berteman sama pendendam?
Kalo kita salah, susah minta maaf sama mereka.
Mereka bisa aja bilang mau maafin, tapi siap-siap aja suatu hari nanti dibales.

Kamu mengalah dari adu pendapat, supaya nggak jadi masalah lebih jauh.
Kalo kamu nggak mendendam, kamu membiarkan kesalahan seseorang di masa lalu.
Bukan berarti kamu melupakan kesalahannya, kamu cuma perlu melupakan rasa sakitnya aja.
Walaupun kamu punya kesempatan membalas, kamu memilih untuk nggak melakukannya.

10 sikap yang membuatmu disukai orang lain
sumber: stocksy


4. Sabar

Kamu bukan tipe yang cepet naik darah.
Kamu tersenyum saat orang lain melakukan kesalahan. Bukannya marah, kamu justru membantu memperbaiki.

Orang lain akan nyaman bersamamu, dan pastinya lebih menyukai kamu.

 


5. Nggak segan memuji orang lain

Siapa sih yang nggak suka Syekh Puji dipuji?
Siapapun suka dipuji. Dipuji membuat orang lain merasa baik.

Kamu bisa memuji hal kecil dari orang lain. Entah itu cara dia berpakaian, cara make upnya, atau hasil pekerjaannya.

Tapi nggak usah keseringan ya. Nanti disangka menjilat, hehehe.

hei! kamu nyari ide buat skripsi psikologi? bongkar nih inspirasi variabel!


6. Melihat sisi baik setiap orang

Seperti setiap orang punya kekurangan, mereka pun punya sisi baik.
Nah, kemampuan melihat sisi baik ini akan membuatmu disukai.

Kok bisa?

Jawabannya sih banyak, tapi sebab utamanya adalah…
Karena apa yang kita lihat dari orang lain, adalah cerminan dari pikiran kita sendiri.
Kalo kita berpikiran positif, kita mudah melihat sisi positif orang lain.

Kemampuan melihat sisi baik tiap orang, membuat orang lain merasa dihargai.

10 sikap yang membuatmu disukai, cara agar disukai orang lain


7. Nggak terburu-buru mengambil kesimpulan

Orang yang terburu-buru mengambil kesimpulan, biasanya gampang dipengaruhi.
Gampang kebawa emosi, dan plin-plan. Ini ngeganggu banget.

Tapi kalo kamu lebih percaya pada fakta, nggak gegabah, dan cermat dalam mengambil kesimpulan…

Orang akan lebih suka dan percaya sama kamu.


8. Apa adanya

Jaman sekarang kan banyak banget tuh orang yang bermuka dua.
Di depan ngomong apa, di belakang ngomong apa. Bahaya kalo nemu orang kayak gini.

Makanya, menjadi orang yang apa adanya lebih disukai.

Ketika temanmu melakukan kesalahan, kamu memberi pendapat yang membangun. Ketika kamu menolong orang, mereka akan percaya kamu tulus. Nggak seperti orang lain yang menolong karena ada maunya.

Inilah esensi apa adanya.

Dan yang pasti, kamu lebih disukai.


9. Pemurah

Kamu tipe orang yang nggak pelit berbagi informasi.
Kalo kamu mengetahui tips dan trik tentang suatu hal, kamu mengajarkannya pada orang lain.

Kamu nggak menyimpan peluang cuma untuk dirimu sendiri. Kamu juga memberikannya pada temanmu.
Selain itu, orang yang pemurah sering bawa jajanan atau makanan. Hehehe.

Siapa sih yang nggak suka punya temen kayak gini?


10. Bisa nyimpen rahasia

Rahasia orang lain aman bersamamu.
Ketika orang curhat, kamu nggak membuat “kode-kode nyindir” terus dibagiin di status BBM/sosmed.
Kamu sadar betapa sensitifnya informasi orang lain, dan kamu memastikan informasi itu nggak menyebar ke siapapun.

Pokoknya terkunci rapat.

Pribadi seperti ini selalu bisa diandalkan.

cara agar disukai

 


 

Nah! Itu tadi ya 10 sikap yang membuat kamu likeable.
Kalo kamu punya semuanya, kamu bisa jadi teman favorit semua orang.
Plus dipertahankan erat-erat sama pasanganmu.

Emang bener nggak ada manusia yang sempurna, tapi itu bukan alasan untuk berhenti memperbaiki diri.
Justru karena manusia nggak bisa sempurna, kita jadi selalu punya ruang untuk berkembang.
Iya, kan?

Semoga saya dan kamu bisa terus jadi orang yang lebih baik, bisa membahagiakan diri sendiri dan orang yang kita sayangi.

Dadaah!

sumber

note: Kamu introvert? Atau penasaran tentang introvert? Ada tulisan yang masih hangat tentang introvert, baru saya tulis kemaren. Baca dan ketahui di sini deh.

Author: Robi Maulana

Dalang sesungguhnya di balik PsikologiHore. Suka ngopi tapi kopi nggak suka sama dia.

Ada komentar? Mau nanya? Silakan tulis di sini :) (kalo mau tau dibales apa nggak, cek email kamu ya)