12 Hal yang Jangan Dikatakan ke Pacar

Kalau sayang sama pasangan, jangan katakan ini ke dia.

 

 

1. “Kamu beneran sayang nggak sih sama aku?”

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

“bodo amat ah”

Biasanya pertanyaan ini muncul ketika salah satu pihak nggak menunjukkan rasa cinta seperti yang diharapkan. Biasanya karena si pasangan terlalu cuek. Atau karena perilaku pacar udah beda sama waktu awal-awal pdkt.

Nggak papa deh sekali dua kali nanya kayak gini. Lumayan buat mancing perhatian si pacar.

Pertanyaan ini nggak bikin marah, tapi lama-lama bisa mengganggu pasanganmu.
Lagian jawabannya pasti: “ya sayang lah!“. Kamu mengharapkan apa, dia lebih sayang sama ibu kos?

Tapi kalau kamu ingin meyakinkan dia sayang sama kamu apa nggak, coba deh baca ini.
Itu bisa membantu ngeliat tanda-tanda fisik dia suka sama kamu atau nggak.

Mendingan kamu langsung bilang apa yang kamu mau.
Lebih gampang kayak gitu sih.

 

2. “Aku sama mantanmu gantengan/cantikan siapa?”

“kamu cantik yank kalo kayak gini”  “aku cantik kalo ketutup asap ya?”

Udah bagus dia nggak nyebut-nyebut mantannya. Ehhh malah kamu yang bawa-bawa masa lalunya.
Kamu tuh kayak ngiris bawang sambil merem, tapi heran kenapa jarimu berdarah.

Kalo jawabnya “kamu”, pasti kamu nggak percaya kan?
Kalo jawabnya “mantan”, pasti kamu kecewa kan?

Udahlah, tiap orang ada kisahnya sendiri-sendiri.
Kamu punya kelebihanmu yang mantannya nggak punya.

Nggak usah nanya soal cantik-cantikan. Cantik itu penting, tapi bukan yang paling penting.
Mungkin kamu nggak menang di penampilan, tapi kamu menang di karakter. Mungkin yaaa~

Sekarang dia udah sama kamu.
Manfaatkan kesempatan ini untuk memperlihatkan betapa layaknya dia memilihmu.

Sayang sama dia, kan?

 

3. “Kenapa sih kamu xxx banget jadi orang?”

 

Ini biasanya dikatakan pas salah satu nggak terima sama kekurangan pasangannya.

Semua manusia punya kekurangan dan kelebihan. Kamu tau itu, pasanganmu tau itu.
Tapi, kalau kamu bilang “kenapa sih kamu gitu banget jadi orang”, itu kesannya kayak kamu nggak terima kekurangan pasanganmu. Malah kamu kayak bener-bener benci sama kekurangannya.

Pacarmu bisa nggak terima lo kalau ngomongnya kayak gitu. Mungkin di depanmu, dia senyum aja. Tapi lama-lama dia akan nyari orang lain yang ngomongnya lebih diatur.

Lagian, kalau kamu nggak suka sama kekurangan pasanganmu ya ubah dong.
Bantu dia berubah. Kasih tau dia dampak sifat buruknya di masa depan.

Pacaran yang bener tuh ngebantu berkembang, nggak cuma sayang-sayangan.

 

4. “Coba dong kamu kayak si xxx (temenmu/temennya/mantanmu)”

Mungkin niatmu baik, ingin pasanganmu berubah.
Tapi caranya bukan dengan membandingkan dia dengan orang lain.

Nggak ada orang yang suka dibanding-bandingkan. Kamu aja nggak mau, kan?

Anggaplah kamu mau pasanganmu berubah. Mulailah dari memuji dulu. Masukan kita pasti lebih diterima kalau kita awali dengan pujian. Nanti setelah memuji, baru kita bilang apalagi yang bisa diperbaiki.

Akhiri dengan bilang “nanti bagus yang kalo kamu (melakukan apa yang kamu mau)”

Kalau misalkan mau bikin perbandingan, mendingan jangan pake temenmu/temennya/mantanmu.
Pake noh artis apa selebgram.

 

5. “Gitu aja marah”

 

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

“muuvin ea yhank” “yha tapi dagu aing kena duri nih”

 

Ini diucapkan ketika salah satu pihak becanda kelewatan, terus pacarnya ngambek.
Ini diucapkan oleh orang yang kurang peka sama perasaan orang lain.

Pasti akan datang suatu momen ketika kamu nggak sengaja menyakiti perasaan pasangan.
Itu wajar. Tapi, kalau kamu bilang “gitu aja marah“, seolah-olah pasanganmu yang terlalu sensitif, bukan kamu yang nggak ngerti.

Kadar sensitivitas orang itu beda-beda.
Ada yang cuma ketawa kalau diledek.
Ada yang ngebales, dan ada juga yang diem tapi sakit hati.

Nggak semua orang punya pikiran dan perasaan yang sama denganmu.

Jadi, kalau pacarmu marah sama bercandaanmu, minta maaflah.

Nih cara minta maaf yang bikin hatinya luluh.

 

6. “Halah kayak gini aja nggak bisa”

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

“halah loncat ke jurang di bawah aja nggak berani”

 

Ini dikatakan ketika salah satu nggak mampu melakukan sesuatu, tapi orang lain bisa.
Kalau kamu bilang “halah kayak gini aja nggak bisa“, kamu udah merendahkan pasanganmu.

Kalau cuma bilang sekali, mungkin nggak masalah. Kalau berkali-kali?

Tiap orang punya sesuatu yang dia nggak bisa. Semua orang mahir di satu hal, tapi bener-bener bolong di hal lain. Tugasmu sebagai pasangan adalah melengkapi kekurangannya.

Harusnya sih kekurangan pasangan itu bikin kita makin sayang.
Harusnya lo yaaa~

 

7. “Kalo si (nama mantanmu) tuh”

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

“kalo aku sama mantanku dulu seringnya minum es Jasjus”

 

Kenapa kamu ngungkit-ngungkit mantan? Masih suka sama dia?
Belum bisa ngelupain dia? Terus pacarmu kamu anggep apa? Pelarian aja gitu ya?

Pacarmu bisa sakit hati loh kalo kamu bawa-bawa nama mantan.
Seolah-olah dia hanyalah pengisi sementara sambil menunggu si mantan balik lagi.

Nggak ada satupun manusia yang mau diperlakukan kayak gitu.

Kalau memang kamu belum move-on, kok kamu mau sama pacarmu yang sekarang?

 

8. “Kamu nggak nerima aku apa adanya”

Ini diucapkan ketika pasangan menyebutkan kekuranganmu, dan dia memintamu berubah.

Bener bahwa cinta harus menerima semua kelebihan dan kekurangan pasangan.
Tapi kalau kamu bilang “kamu nggak nerima aku apa adanya”, tandanya kamu nggak mau berubah!

Udah bener tuh pacarmu. Dia menuntutmu jadi lebih baik.
Artinya dia peduli sama perkembanganmu, dia pengen kamu jadi lebih hebat dari sekarang.

Masa kamu mau jadi orang yang gitu-gitu aja?

 

9. “Jangan selingkuh ya”

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

 

Biasanya orang yang ngomong gini yang malah selingkuh.

Wajar sih kalau kadang-kadang kamu ngerasa nggak aman/insecure.
Apalagi kalau pacarmu dikelilingi lawan jenis yang lebih menarik dari kamu.
Tapi, ucapan semacam ini menunjukkan kamu nggak percaya sama pacar.

Seolah-olah dia bakal selingkuh kapan saja, saat ada kesempatan.
Jangan, jangan bilang gitu ke pacarmu!

Daripada mikirin sesuatu yang nggak pasti, lakukan aja yang terbaik yang kamu bisa.

Tunjukkan bahwa kamu lebih baik dari orang-orang di sekitarnya.
Tunjukkan bahwa kamu pantas dicintai.

Dengan gitu, dia akan selalu memilihmu.

 

10. “Kenapa kamu sayang sama aku?”

 

kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pasangan, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada istri, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada suami, kalimat yang tidak boleh dikatakan kepada pacar

“aku milih kamu soalnya di hutan ini nggak ada yang lebih ganteng” 

 

Kalau udah jadian ya udahlah, nggak usah bahas apa dan kenapa.

Kalau dia udah memperjuangkan kamu, artinya dia sayang sama kamu.

Udah, itu udah cukup. Lanjutkanlah hubungan kalian ke tahap lain!
Kembangkan hubungan kalian ke sesuatu yang lebih seru.

Bahaslah mimpi, bahaslah masa depan.
Banyak pembahasan yang lebih menarik daripada sekadar ngomongin perasaan.

 

11. “Kamu maunya apa sih?”

Ini biasanya diucapin sama cowok tumpul yang mulai marah sama ceweknya.
Biasanya ini karena si cowok udah putus asa sama ceweknya yang mulai banyak tingkah.

Well… cara bicara kayak gini cuma memperkeruh suasana.

Dengan ngomong kayak gini, cewekmu bukannya cerita maunya apa.
Yang ada, kamu malah tambah didiemin.

Daripada bilang kayak gitu, mending kamu tanya apa kesalahanmu.
Kamu juga salah lo, karena udah ngecewain dia.

Kalau sudah denger kesalahanmu, minta maaflah. Cara minta maaf paling sip ada di sini.
Terus janji bakalan berubah.

Cara ini lebih efektif membongkar maunya dia, daripada nanya pake marah.
Masih sayang sama dia kan? Yaudah, tahan marahnya.

Tapi kalo dia nggak ngasih tau, gimana bg?

Kalau misalnya dia bilang,”kamu pikirin aja sendiri!” itu artinya, dia masih emosi.
Tunggu aja sampe besoknya. Biasanya emosi si cewek mulai reda.

Baru tanya lagi.

Kalau masih nggak mau bilang, itu tandanya dia cari alesan biar putus.
Udah diemin aja, sambil siap-siap buat kemungkinan terburuk.

 

12. “Kamu nggak pernah ngertiin aku”

Ini biasanya diucapkan sama cewek yang cerita nggak pernah, curhat nggak pernah, tapi mengharapkan cowoknya secara ajaib bisa memahami perasaan dia. Maunya pacaran sama cenayang, bisa tau pikiran tanpa perlu nanya.

Ya kalo nggak pernah cerita, gimana cowok mau ngerti?

Dear cewek, ogut kasi tau ya: Cowok tuh bukannya SENGAJA nggak peka, cowok tuh punya banyak hal lain yang mau diurusin. Ada juga urusan lain yang perlu dipikir, nggak cuma mikirin kamu doang.

Di otaknya cowok nggak ada google translate, yang bisa menerjemahkan kode-kodemu di caption atau status sosmed.

Kalau mau sesuatu dari cowokmu, ngomong aja!
Kalau kamu mau dia ngasih waktu lebih buatmu, bilang aja.
Kalau kamu mau dia memilih kamu dibandingkan futsal, kasih tau aja!

Serius, sesuatu yang surprise dan yang diminta rasanya sama. Awalnya doang yang lebih waw, tapi ujung-ujungnya sama.

Kalo kamu berharap dia sibuk tapi mendadak bisa ngerti maunya kamu, silakan close aplikasi pemutar film dan drama di Laptopmu, silakan unfollow akun-akun galau di IG, dan mulailah berpijak pada realita.

 


Pikiran negatif dalam pacaran itu kayak tinta ditetes ke air. Kalau cuma setetes, dia menyebar lalu hilang. Kalau terus menetes, dia akan mengubah warna airnya.

Ketika kamu berpikiran buruk tentang pacar, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah pindahkan fokusmu ke hal lain.

Jangan biarkan pikiran buruk menguasaimu. Semakin kamu pikirkan, semakin berubah pandanganmu tentang dia. Itu akan mengganggu hubunganmu.

You may also like...